R

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari R (huruf))
Langsung ke: navigasi, cari

R adalah huruf Latin modern yang ke-18. Dalam bahasa Indonesia disebut er, dibaca [ɛr], sedangkan dalam bahasa Inggris disebut ar (dibaca [ɑr]).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hieroglif Mesir
"kepala" 
Proto-Semitik
ra’s 
Fenisia
rosh 
Yunani Kuno
ro 
Yunani Modern
ro 
Etruska
Latin Modern
R

Bentuk huruf Semitik asalnya mungkin diilhami dari hieroglif Mesir yang berarti "kepala", disebut t-p dalam bahasa Mesir Kuno, tetapi dipinjam oleh orang Semit untuk lambang bunyi /r/ karena dalam bahasa mereka, kata "kepala" berbunyi Rêš (akhirnya menjadi nama hurufnya). Huruf tersebut berkembang menjadi Ρ ῥῶ (Rhô) Yunani dan R Latin. Kemungkinan beberapa bentuk huruf tersebut dalam bahasa Etruska dan Yunani Barat dibubuhi satu garis lagi agar berbeda bentuknya dari huruf P sekarang.

Yunani
ro
Etruska
R
Latin
R
Greek Rho pointed.svgGreek Rho normal.svgGreek Rho round-tack.svg Greek Rho 01.svgEtruscanR-01.svgEtruscanR-02.svg LetterR.svg

Bangsa Romawi mengadaptasi huruf P Etruska menjadi bentuk P yang sekarang, sedangkan bentuk P mirip sekali dengan huruf R dalam alfabet Etruska dan Yunani. Untuk membedakannya, maka bangsa Romawi menciptakan huruf R yang mirip dengan variasi huruf R dalam alfabet Etruska dan ro dalam alfabet Yunani, yaitu dengan garis diagonal di bawah lekukannya.

Pelafalan[sunting | sunting sumber]

Dalam Alfabet Fonetik Internasional (AFI), simbol [r] menandakan bunyi konsonan getar rongga-gigi. Variasi bentuk [r] dalam AFI digunakan untuk melambangkan konsonan getar dan rhotik lainnya. Beberapa bahasa memakai huruf r menurut ortografi (atau skema alih aksara Latin) masing-masing, baik sebagai konsonan getar maupun konsonan rhotik.

Konsonan Bahasa Contoh bunyi
Getar rongga-gigi [r] bahasa Inggris Britania (beberapa dialek), Albania ("rr"), Arab, Armenia, Bali, Belanda (baku), Bulgaria, Finlandia, Hongaria, Indonesia, Italia, Jawa, Jerman (beberapa dialek), bahasa Katalan, Lithuania, Latin, Melayu, Norwegia, Polandia, Romania, Rusia, Skotlandia, Spanyol ("rr"), Sunda, Swedia, Wales
Hampiran rongga-gigi [ɹ] Inggris (kebanyakan dialek), Belanda (pada kedudukan tertentu dalam kosakata beberapa dialek), Faroe
Kepakan rongga-gigi [ɾ] Albania ("r"), bahasa Katalan, Yunani, Hindi 'र', Italia, Portugis, Spanyol ("r"), Turki
Kepakan-sisi rongga-gigi [ɺ] Jepang
Desis tarik-belakang bersuara [ʐ] Mandarin (alofon)
Hampiran tarik-belakang [ɻ] bahasa Inggris Amerika (beberapa dialek), Malayalam, Mandarin (alofon), Tamil
Kepakan tarik-belakang [ɽ] Hindi 'ड़', Inggris Skotlandia (kadangkala), Nepali, Norwegia, urdu
Getar tekak [ʀ] Jerman (baku), Perancis; Belanda (di Belgia dan beberapa dialek di Belanda), bahasa Swedia (Swedia Selatan)
Desis tekak bersuara [ʁ] Jerman, Denmark, Perancis (sekitar Paris), Ibrani Modern, Portugis

Kode komputasi[sunting | sunting sumber]

Representasi alternatif huruf R
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
Romeo ·–·
ICS Romeo.svg Semaphore Romeo.svg ⠗
Bendera isyarat Semafor Braille
Titik kode Huruf besar
R
Huruf kecil
r
Unicode U+0052 U+0072
ASCII Desimal 82 114
Biner 01010010 01110010
EBCDIC 217 153

Lihat pula[sunting | sunting sumber]