Bahasa Nepali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bahasa Nepali
नेपाली Nepālī
Dituturkan di Nepal, India, Bhutan
Wilayah Asia Selatan
Jumlah penutur kira-kira 35 juta  (tidak ada tanggal)
Rumpun bahasa
Indo-Iranian
 Indo-Aryan
  Pahari
Sistem penulisan Huruf Devanagari
Status resmi
Bahasa resmi di Nepal
Diatur oleh Language Academy of Nepal
Kode-kode bahasa
ISO 639-1 ne
ISO 639-2 nep
ISO 639-3 nep
Aksara Hindi
Halaman ini mengandung aksara Hindi. Tanpa dukungan penerjemahan anda akan mendapatkan penempatan huruf hidup dan kekurangan konjugasi. Lebih lengkap...

Bahasa Nepali merupakan anak cabang Bahasa Indo-Arya dari kelompok Pahari. ia merupakan bahasa resmi Nepal dan digunakan oleh sekitar 35 juta orang yang tersebar di Nepal, India dan Bhutan.

Di Nepal, bahasa yang juga disebut ‘Khaskura’, ‘Parbhatia’ dan ‘Ghorkali’ ini telah dijadikan sebagai bahasa negara sejak tahun 1768 Masehi. Sedangkan di India, bahasa Nepal mendapat pengakuan dari konstitusi pada tahun 1992.

Bahasa Nepal di India dipakai di utara Bengala Barat terutama distrik Darjeeling, Sikkim, Arunachal Pradesh, Assam,dan Meghalaya. Bahkan terdapat kelompok kecil penutur bahasa Nepal yang berada di Bangladesh dan Bhutan.

Bahasa Nepal ditulis dengan menggunakan huruf Devanagari seperti halnya Bahasa Hindi, terdiri atas 13 huruf hidup, dan 36 huruf mati. Bahasa Nepal yang merupakan keturunan langsung bahasa Sanskerta masih mempertahankan tatsam dan ungkapan-ungkapan kuno Sanskerta yang tidak lagi dipakai oleh bahasa-bahasa Indo-Arya lainnya. Bahasa ini juga diperkaya dengan pengaruh berbagai bahasa seperti Arab, Tionghoa, Persia, Inggris disamping bahasa-bahasa kesukuan di sekitarnya.

Contoh :

  • Ye kasto? Ye kya ho? = Halo
  • Kasto chhasa? Kasto chhau? = Apa kabar?
  • Malaai sanche cha = Baik-baik
  • Dhanyavad = Terima kasih
  • Timro naun ke ho? = Siapa namamu?
  • Mero naun….ho = Nama saya….
  • Has ta/ La jaun he = Sampai jumpa!

Lihat pula[sunting | sunting sumber]