N

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

N adalah huruf Latin yang ke-14. Namanya disebut en (dibaca [ɛn]).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hieroglif Mesir
"ular" 
Proto-Semitik
naḥš 
Fenisia
nun 
Yunani Kuno
nu 
Yunani Modern
ni 
Etruska
Latin Modern
N
D

Salah satu hieroglif berupa ular di Mesir Kuno digunakan untuk melambangkan bunyi huruf J seperti dalam kata "jari", karena perkataan Mesir bagi "ular" berbunyi djet. Dipercaya bahwa bangsa Semit di Mesir menyesuaikan hieroglif untuk menciptakan abjad pertama, dan maka dari itu menggunakan lambang ular bagi bunyi /n/, karena kata "ular" dalam bahasa mereka mungkin sekali diawali dengan konsonan tersebut, namun nama huruf ini dalam abjad Fenisia, Ibrani, Aramea dan Arab berbunyi nun, yaitu "ikan" dalam beberapa bahasa tersebut. Huruf ini berbunyi /n/, seperti dalam alfabet Yunani, Etruska, Latin dan semua bahasa di masa sekarang.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

N berfungsi sebagai konsonan sengau gigi atau konsonan sengau rongga-gigi dalam hampir semua bahasa yang memakai alfabet.

Dalam Alfabet Fonetik Internasional, huruf kecil [n] melambangkan konsonan sengau rongga-gigi. Huruf besar N yang dikecilkan ([ɴ]) melambangkan bunyi konsonan sengau tekak.

Salah satu dwihuruf yang menyertakan huruf <n> adalah <ng>, yang menghasilkan konsonan sengau langit-langit belakang (dibaca [ŋ]), seperti pada kata "sengau".

Dalam bahasa Inggris, n biasanya tidak diucapkan saat diikuti oleh m, dalam kata seperti hymn (meskipun dilafalkan pada kata damnation). Pada beberapa kata, n dapat melambangkan bunyi konsonan sengau langit-langit belakang, contohnya kata think (dibaca [θɪŋk]) dan bank (dibaca [bæŋk]).

n adalah huruf kedua yang paling sering dipakai dalam bahasa Inggris. Yang pertama adalah t.

Dalam beberapa bahasa seperti Italia dan Perancis, <gn> melambangkan konsonan sengau langit-langit (/ɲ/). Ejaan Portugis untuk bunyi tersebut adalah <nh>, sementara dalam bahasa Spanyol dan beberapa bahasa lainnya menggunakan tanda istimewa <ñ> (n dengan tanda tilda di atasnya).

Kode komputasi[sunting | sunting sumber]

Representasi alternatif huruf N
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
November –·
ICS November.svg Semaphore November.svg ⠝
Bendera isyarat Semafor Braille
Titik kode Huruf besar
N
Huruf kecil
n
Unicode U+004E U+006E
ASCII Desimal 78 110
Biner 01001110 01101110
EBCDIC 213 149

Lihat pula[sunting | sunting sumber]