L

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

L adalah huruf ke-12 dalam alfabet Latin. Huruf ini disebut el, dibaca [ɛl].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hieroglif Mesir
"tongkat" 
Proto-Semitik
lamd 
Fenisia
lamd 
Yunani Kuno
lambda 
Yunani Modern
lambda 
Etruska
Latin Kuno
Latin Modern
L
S39

Huruf L berasal dari bentuk huruf Semitik "tongkat" atau "kambing" yang mewakili bunyi /l/. Ini mungkin berdasarkan hieroglif Mesir yang telah diadaptasi oleh orang Semit untuk tujuan penulisan. Huruf Yunani Lambda Λ (huruf besar) atau λ (huruf kecil), yang juga merupakan huruf Etruska serta Latin, mewakili bunyi yang sama sebagaimana huruf Semitik tersebut.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Inggris, L memiliki beberapa nilai, tergantung kemunculannya sebelum atau setelah huruf hidup. Bunyi konsonan hampiran-sisi rongga-gigi (bunyi yang dilambangkan oleh Alfabet Fonetik Internasional sebagai "L" kecil) diucapkan bila mendahului vokal, seperti pada kata lip atau please, sementara bunyi hampiran-sisi rongga-gigi tervelarisasi (IPA: [ɫ]) dilafalkan pada kata bell dan milk. Velarisasi ini tidak muncul pada banyak bahasa-bahasa Eropa yang menggunakan L; itu juga merupakan faktor yang membuat pelafalan L menjadi sulit bagi pengguna bahasa yang tidak memiliki, atau memiliki nilai bunyi berbeda, untuk L^, eperti pada bahasa Jepang atau bahasa Tionghoa dialek selatan.

L dapat muncul sebelum hampir setiap bunyi letup, desis, atau gesek dalam bahasa Inggris. Dwihuruf umum seperti LL, yang memiliki nilai sama seperti L dalam bahasa Inggris, namun memiliki nilai berbeda yaitu konsonan desis-sisi ronga-gigi tak bersuara (IPA: /ɬ/) dalam bahasa Welsh, yang muncul pada awal kata.

Bunyi hampiran-sisi langit-langit atau L palatal (IPA: /ʎ/) muncul dalam berbagai bahasa, dan dilambangkan dengan GL dalam bahasa Italia, LL dalam bahasa Spanyol dan Katalan, LH dalam Portugis, dan Ļ dalam Latvia.

L adalah lambang angka 50 (lima puluh) atau tahun 50 dalam angka Romawi.

L juga digunakan dalam ilmu pasti. Dalam fisika, L adalah simbol panjang. L singkatan dari unit volume dalam sistem Satuan Internasional: liter.

Kode komputasi[sunting | sunting sumber]

Representasi alternatif huruf L
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
Lima ·–··
ICS Lima.svg Semaphore Lima.svg ⠇
Bendera isyarat Semafor Braille
Titik kode Huruf besar
L
Huruf kecil
l
Unicode U+004C U+006C
ASCII Desimal 76 108
Biner 01001100 01101100
EBCDIC 211 147

Lihat pula[sunting | sunting sumber]