Ą

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ą atau ą adalah sebuah huruf di alfabet Polandia, Kashubia, Lithuania, Creek, Navajo, Apache Barat, Chiricahua, Hocak, Mescalero, Gwich'in, Tutchone, dan Elfdalia. Huruf ini dibentuk dari huruf a dan sebuah tanda-bunyi ekor (ogonek) dan biasanya menunjukkan sebuah bunyi a sengau.

Bahasa Polandia[sunting | sunting sumber]

Dalam alfabet Polandia dan alfabet Kashubia, ą berada tepat setelah a di alfabetnya, tapi tidak pernah muncuk di awal dari sebuah kata. Aslinya, ą adalah a sengau tapi di zaman modern, pengucapan dari vokal ini telah diangkat menjadi sebuah suara o sengau. Huruf ini paling umum dilafalkan sebagai /ɔw̃/, /ɔn/, /ɔm/.

Tidak seperti bahasa Prancis tetapi lebih ke ão Portugis, vokal sengau di bahasa Polandia asinkronis, berarti bahwa mereka dilafalkan sebagai sebuah vokal mulut + sebuah semivokal sengau pengucapan bahasa Polski: [[Wikipedia:IPA untuk bahasa Polski|ɔw̃]], atau sebuah vokal sengau + sebuah semivokal sengau. Untuk kemudahan, ini kadang-kadang disebutkan sebagai /ɔ̃/.

Beberapa contoh,

Sebelum semua hentian dan afrikat, ini dilafalkan sebagai sebuah vokal mulut + konsonan sengau, dengan /ɔn/ muncul sebelum sebagian besar konsonan, sementara /ɔm/ muncul sebelum p atau b. Untuk contoh,

Dalam dialek dari beberapa daerah, ą di posisi akhir dilafalkan sebagai /ɔm/, jadi, robią terkadang dilafalkan sebagai [ˈrɔbjɔm].

Bahasa Lithuania[sunting | sunting sumber]

Di bahasa Lithuania, huruf ini dulunya menunjukan sebuah a sengau, tetapi kualitas sengaunya sejak saat itu telah hilang. Di bahasa modern ą dilafalkan sebagai sebuah a panjang.

Amerika[sunting | sunting sumber]

Di beberapa bahasa pribumi Amerika, ą menunjukkan sebuah bunyi a sengau.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Aa Bb Cc Dd Ee Ff Gg Hh Ii Jj Kk Ll Mm Nn Oo Pp Qq Rr Ss Tt Uu Vv Ww Xx Yy Zz
Huruf A dengan diakritik
Áá Àà Ăă Ắắ Ằằ Ẵẵ Ẳẳ Ââ Ấấ Ầầ Ẫẫ Ẩẩ Ǎǎ Åå Ǻǻ Ää Ǟǟ Ãã Ȧȧ Ǡǡ Ąą Āā Ảả Ȁȁ Ȃȃ Ạạ
Ặặ Ậậ Ḁḁ Ⱥⱥ Ɐɐ Ɑɑ
Huruf dengan tanda ogonek ( ◌̨ )
Ąą Ą̈ą̈ Ęę Į į Ǫǫ Ǫ̈ǫ̈ Ųų