Ā

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
A with macron.svg

Ā (kecil: ā) adalah A Latin dengan sebuah tanda pengulur (macron). Huruf ini digunakan di beberapa ortografi.

Dalam alfabet Latvia, Ā menunjukkan sebuah vokal yang jelas dan terdapat di setelah A dan sebelum B di susunan alfabet. Untuk contoh baznīca terdapat sebelum bārda dalam sebuah kamus bahasa Latvia. Huruf ini dianggap sebagai sebuah huruf terpisah dalam alfabet Latvia. Ā digunakan untuk menyatakan sebuah A panjang dalam bahasa Latvia.

Dalam beberapa bahasa pula, Ā digunakan untuk menyatakan sebuah A panjang. Contohnya dalam bahasa-bahasa Polynesia, termasuk bahasa Maori, juga pada beberapa romanisasi dari bahasa Jepang (rōmaji) dan bahasa Arab, dan pada beberapa teks Latin. Huruf ini digunakan pada beberapa transkripsi yang berbasis ortografi dari bahasa Inggris untuk menunjukkan diftong [eɪ], dan juga pada beberapa nama dagang seperti Drāno dan Powerāde.

Dalam Alfabet Internasional dari Transliterasi Sanskrit, Ā menunjukkan vokal tak bulat yang terbuka belakangnya (open back unrounded vowel), आ, tidak untuk dipusingkan dengan karakter Devanagari yang mirip dari vokal pusat tengah (mid central vowel), अ.

Dalam bahasa-bahasa ini, Ā diurutkan dengan A yang lain dan tidak dianggap sebagai sebuah huruf yang terpisah. Kalau tidak, tanda-pengulurnya hanya diperhitungkan saat menyusun kata-kata yang mirip. Contoh, dalam bahasa Māori, tāu (berarti milikmu) muncul setelah tau (berarti tahun), tapi sebelum taumata (bukit).

Unicode[sunting | sunting sumber]

Dalam Unicode, Ā berkode 256 (hex 100) dan ā berkode 257 (hex 101).


Aa Bb Cc Dd Ee Ff Gg Hh Ii Jj Kk Ll Mm Nn Oo Pp Qq Rr Ss Tt Uu Vv Ww Xx Yy Zz
Huruf A dengan diakritik
Áá Àà Ăă Ắắ Ằằ Ẵẵ Ẳẳ Ââ Ấấ Ầầ Ẫẫ Ẩẩ Ǎǎ Åå Ǻǻ Ää Ǟǟ Ãã Ȧȧ Ǡǡ Ąą Āā Ảả Ȁȁ Ȃȃ Ạạ
Ặặ Ậậ Ḁḁ Ⱥⱥ Ɐɐ Ɑɑ
Huruf dengan tanda makron ( ◌̄ )
Āā Ēē Ḡḡ Ī ī Ōō Ūū Ȳȳ Ǣǣ