T

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

T adalah huruf Latin modern yang ke-20. Dalam bahasa Indonesia disebut te; dalam bahasa Inggris disebut tee, dibaca [tiː]. Huruf ini merupakan huruf konsonan yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Proto-Semitik
taw 
Fenisia
tau 
Yunani Kuno
tau 
Yunani Modern
tau 
Etruska
Latin Modern
T

Taw merupakan huruf terakhir abjad Semitik Barat dan Ibrani, kemungkinan melambangkan silang atau salib. Nilai bunyi huruf Taw, Tαυ (Tau) Yunani, dan T Italik Kuno dan Romawi sama, yaitu menandakan fonem /t/; begitu juga dengan bentuk dasarnya dalam semua abjad-abjad tersebut.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Dalam banyak bahasa, huruf ini melambangkan konsonan letup rongga-gigi nirsuara. Dalam Alfabet Fonetik Internasional, konsonan tersebut dilambangkan sebagai [t].

Dalam bahasa Finlandia, Italia, Portugis, Swedia, dan beberapa dialek bahasa Indonesia, huruf ini melambangkan konsonan letup gigi nirsuara. Huruf ini juga dipakai dalam kebanyakan bahasa yang mengandung konsonan tersebut.

Dalam bahasa Inggris, jarang ditemui bahwa huruf ini melambangkan fonem [t͡ʃ] (konsonan gesek rongga-gigi nirsuara), contohnya dalam kata nature (dibaca [ˈneɪt͡ʃɚ]). Huruf H yang mengikuti T membentuk dwihuruf "th" yang melambangkan bunyi konsonan desis gigi, baik nirsuara (dibaca [θ]) maupun bersuara (dibaca [ð]).

Kode komputasi[sunting | sunting sumber]

Representasi alternatif huruf T
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
Tango
ICS Tango.svg Semaphore Tango.svg ⠞
Bendera isyarat Semafor Braille
Titik kode Huruf besar
T
Huruf kecil
t
Unicode U+0054 U+0074
ASCII Desimal 84 116
Biner 01010100 01110100
EBCDIC 227 163

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lewand, Robert. "Relative Frequencies of Letters in General English Plain text". Cryptographical Mathematics. Central College. Diakses 2008-06-25. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]