Ou (ligatur)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ȣ)

Ou (ȣ besar, Ȣ kecil) adalah ligatur alfabet Yunani dan Latin yang merupakan gabungan dari omikron (ο) dan upsilon (υ) yang sering digunakan dalam naskah-naskah Romawi Timur. Ligatur ini masih terlihat sampai sekarang pada karya seni di gereja-gereja Ortodoks Yunani, dan terkadang dalam graffiti atau bentuk tulisan informal atau dekoratif lainnya.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Tanda tukang pemangkas rambut di Yunani (ΚȣΡΕΙΟΝ). ȣ melambangkan bunyi ΟΥ (Ʊ)
Kalender bahasa Algonquin tahun 1871 ini memiliki "ȣabikoni kisis" yang sekarang ditulis sebagai wàbigonì-gìzis ("Mei").

Ligatur ini sekarang lebih banyak digunakan dalam alfabet Latin, ditafsirkan sebagai gabungan dari o dan u: misalnya, dalam ortografi bahasa Wyandot dan bahasa-bahasa Algonquia mis. dalam bahasa Abenaki Barat melambangkan bunyi /ɔ̃/, dan dalam bahasa Algonquin melambangkan bunyi /w/, /o/, atau /oː/. Saat ini, dalam bahasa Abenaki Barat, "ô" lebih sering digunakan, dan dalam bahasa Algonquin, "w" lebih disukai.

Sebuah ligatur ou jauh berbeda dalam bentuk (dengan dua huruf berdampingan seperti pada kebanyakan ligatur, berlawanan dengan satu di atas yang lain) digunakan dalam Alfabet Pengajaran Awal.

Ligatur ini, baik dalam bentuk huruf besar maupun kecil, kadang-kadang digunakan sebagai alternatif dari huruf "У" kecil dalam Alfabet Kiril Romania, karena glif untuk monograf Uk (ꙋ) jarang tersedia dalam kumpulan fon.

Alfabet Fonetik Ural menggunakan U+1D15 latin letter small capital ou dan U+1D3D modifier letter capital ou[1] untuk menunjukkan vokal belakang dengan keseksamaan yang tidak diketahui.

Pengkodean komputer[sunting | sunting sumber]

Dalam Unicode, ligatur ini dikodekan untuk digunakan dalam bahasa Latin sebagai "Latin Capital Letter OU" (U+0222 Ȣ) dan "Latin Small Letter OU" (U+0223, ȣ) dalam rentang Latin Extended-B,[2] dan untuk gunakan dalam alfabet Kiril sebagai huruf monograf Kiril Uk (uppercase U+A64A, Ꙋ, lowercase U+A64B, ꙋ), selain "huruf Kiril Uk" (U+0478, Ѹ huruf besar, U+0479, ѹ huruf kecil), yang dapat diwujudkan dengan "о" dan "у" baik berdampingan atau digabungkan secara vertikal.

Terlepas dari asal ligatur dalam bahasa Yunani, tidak ada ketentuan terpisah untuk penyandiannya dalam aksara Yunani, karena dianggap hanya sebagai pengikat pada tingkat font tetapi bukan karakter dasar yang terpisah. Sebuah proposal untuk mengkodekannya sebagai "Greek letter ou" dibuat pada tahun 1998,[3] tetapi ditolak.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]