Ğ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ğ, atau ğ, adalah sebuah uruf, dikenal sebagai g-breve dalam bahasa Inggris, digunakan di bahasa Turki, Azerbaijan, Berber, Tatar Krimea dan bahasa Tatar. Kode unicode-nya adalah U+011E untuk huruf besar dan U+011F untuk huruf kecil.

Penggunaan di Turki[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Turki, ğ dikenal sebagai yumuşak ge 'g lembut' dan huruf kesembilan dalam alfabet Turki. Ketika diucapkan suaranya sama dengan Guttural R lembut, atau kebalikannya hanya memanjangkan vokalnya, yang secara normal tidak muncul dalam bahasa Turki ketika ğ tidak ada. Contohnya dağ (pegunungan) diucapkan seperti [da:], yağ (minyak) diucapkan seperti [ja:]. Huruf ğ haris diletakkan setelah huruf vokal dan bukan huruf awal sebuah kata. Ketika ditemukan setelah huruf vokal e, i, ö atau ü, ğ diucapkan seperti-tapi tak sama dengan—[j]. Juga bila ditemukan di antara dua huruf vokal, kadang-kadang diucapkan seperti-tapi tak sama dengan-[j]'. Terkadang g salah digunakan. Dalam beberapa hal yang jarang, fonetik ɣ (gamma) atau huruf Yunani γ digunakan. Beberapa halaman web juga menggunakan Ð dan ð karena encoding yang tidak memadai; lihat aksara Turki untuk sebabnya.

Penggunaan di Azerbaijan, Tatar Krimea dan Tatar[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Azerbaijan, Tatar Krimea dan Tatar, ğ diucapkan gh ([ʁ]), sebuah suara frikatif uvular. Ğ digunakan sebagai huruf awal dalam bahasa Tatar Krimea dan Tatar. Contohnya Ğabdulla adalah cara Tatar dalam menulis nama Arab Abdullah. (Dalam bahasa Tatar huruf Arab `ayn ع dan ghayn غ digantikan dengan ğ.)

Ğ dalam nama[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Aa Bb Cc Dd Ee Ff Gg Hh Ii Jj Kk Ll Mm Nn Oo Pp Qq Rr Ss Tt Uu Vv Ww Xx Yy Zz
Huruf G dengan diakritik
Ǵǵ Ğğ Ĝĝ Ǧǧ Ġġ Ģģ Ḡḡ Ǥǥ Ɠɠ
Huruf dengan tanda breve ( ◌̆ )
Ăă Ĕĕ Ğğ Ĭ ĭ Ŏŏ Ŭŭ