Quidditch dari Masa ke Masa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Quidditch dari Masa ke Masa
Quidditch dari Masa ke Masa indo.JPG
Pengarang J. K. Rowling
Judul asli 'Quidditch Through the Ages'
Negara Inggris Raya
Bahasa Indonesia
Seri Harry Potter
Genre Fiksi, Fantasi
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Tanggal rilis Maret 2002
Versi Inggris 2001
Halaman 80 halaman
ISBN ISBN 979-686-556-4

Quidditch dari Masa ke Masa (dalam bahasa Inggris, Quidditch Through the Ages) adalah buku fiksi yang terdapat di dunia Harry Potter, sekaligus juga buku nyata yang dikarang oleh J. K. Rowling sendiri. Buku yang asli dibuat seperti reproduksi dari buku fiksi yang berada di perpustakaan Hogwarts.

Mengenai buku fiksi[sunting | sunting sumber]

Di dalam dunia fiksi Harry Potter, Quidditch dari Masa ke Masa ditulis oleh seorang karakter minor, seorang ahli Quidditch bernama Kennilworthy Whisp.

Buku ini mencatat sejarah Quidditch, yang pada awalnya sebagai permainan berbasis sapu. Menurut petugas perpustakaan Hogwarts, Madam Pince, kopi buku yang ada di perpustakaan ini "tercakar, tertetes, dan dianiaya" hampir setiap hari, perlakuan yang menurut Albus Dumbledore adalah penghargaan yang tinggi untuk buku manapun. Harry Potter sangat menikmati buku ini. Ketika Severus Snape mendapati Harry di luar sekolah memegang buku ini (dalam Batu Bertuah), Snape menciptakan peraturan bahwa buku-buku perpustakaan tidak diizinkan dibawa ke luar sekolah. Ketika Harry hendak meminta buku ini kembali, ia mendapati Snape sedang bersama-sama Filch, dan menemukan Snape digigit oleh Fluffy.

Buku di dunia nyata[sunting | sunting sumber]

Buku di dunia nyata ditulis oleh J. K. Rowling, walaupun nama Kennilworthy Whisp yang tertera di sampul buku. Pendapatan dari buku ini diberikan ke organisasi sosial Comic Relief sama seperti buku karangan Rowling lainnya, Hewan-hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan.

Pujian fiksi[sunting | sunting sumber]

Banyak tokoh fiksi Harry Potter memberikan pujian bagi buku Quidditch dari Masa ke Masa.

Penelitian Kennilworthy Whisp yang sungguh-sungguh telah menyingkap harta karun fakta-fakta yang belum ditemukan yang masih terpendam hingga saat ini mengenai olah raga sihir ini. Buku yang mengagumkan.
  • Bathilda Bagshot, Sejarah Sihir
Whisp telah menciptakan buku yang sungguh-sungguh menyenangkan; para penggemar Quidditch sungguh-sungguh akan menemukan baik pelajaran maupun hiburan dalam buku ini.
  • Editor, Sapu yang Mana?
Karya yang nyata akan asal mula dan sejarah Quidditch. Sangat direkomendasikan.
  • Brutus Scrimgeour, Bibel para Beater
Tn. Whisp sungguh menjanjikan. Jika ia memelihara terus karya baiknya ini, ia akan suatu hari menemukan dirinya berfoto bersama dengan sama saya hari-hari ini.
Aku bertaruh buku ini akan menjadi buku paling laku. Ayo, saya tantang Anda.
Saya pernah membaca yang lebih buruk dari ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Seri Harry Potter[sunting | sunting sumber]