Orde Phoenix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Orde Phoenix
Asosiasi Harry Potter
Orderphoenix.jpg
Beberapa anggota Orde Phoenix seperti terlihat pada film Harry Potter and the Order of the Phoenix, dari kiri ke kanan: Alastor Moody, Nymphadora Tonks, Sirius Black, Remus Lupin, dan Albus Dumbledore
Markas Besar 12 Grimmauld Place, London[HP5][HP6]
The Burrow [HP7]
Pemimpin Albus Dumbledore
Maksud Untuk mencegah Lord Voldemort dari penguasaan dunia
Asosiasi
yang berhubungan
Dumbledore's Army
Musuh Lord Voldemort, Pelahap Maut; Sebelumnya: Ministry of Magic

Orde Phoenix adalah sebuah organisasi fiksi dalam seri Harry Potter karya J. K. Rowling. Frase ini dipergunakan juga dalam judul buku kelima seri ini, Harry Potter dan Orde Phoenix.

Orde Phoenix didirikan oleh Albus Dumbledore untuk melawan Voldemort dan para pengikutnya, Pelahap Maut. Alasan mengapa organisasi perlawanan ini diberi nama Phoenix tidak dijelaskan di dalam buku, tetapi kemungkinan berhubungan dengan burung Phoenix milik Dumbledore, Fawkes. Dalam perjuangannya melawan Voldemort, organisasi ini juga didukung oleh Laskar Dumbledore sejak buku kelima, dan bahu-membahu bertempur melawan Voldemort dan Pelahap Maut di buku ketujuh.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal Mula dan Perang Sihir yang Pertama[sunting | sunting sumber]

Orde Phoenix didirikan oleh Albus Dumbledore ketika Lord Voldemort pertama kali membangun kekuatan. Dumbledore membentuk Orde untuk menghentikan Voldemort. Auror dari Kementrian Sihir juga bergabung dengan Orde untuk berpatisipasi, untuk bergabung dalam serangan yang bertujuan untuk menghancurkan kekuatan kegelapan. Pada Perang Sihir Pertama inilah Lily dan James Potter dibunuh dan Alice serta Frank Longbottom menjadi gila akibat Kutukan Cruciatus. Orde menderita kerugian besar sampai pada kejatuhan Lord Voldemort.

Pembentukan Kembali Orde[sunting | sunting sumber]

Ketika Voldemort kembali, Orde kembali dibentuk dalam waktu sejam atas perintah Dumbledore, yang mengirim Sirius Black dalam penyamaran Animagus untuk memperingatkan para anggota utama seperti Arabella Figg, Mundungus Fletcher, dan Remus Lupin untuk mendapat tugas baru.

Setelah pembentukan kembali, Orde menempati Markas Besar di Grimmauld Place Nomor 12, London - Rumah Keluarga Sirius Black. Dumbledore adalah Penjaga Rahasia untuk Orde Phoenix, yang berarti hanya Dumbledore sajalah yang bisa memberitahukan orang-orang dimana letak Markas besar Orde.

Hubungan dengan Kementrian Sihir[sunting | sunting sumber]

Walaupun Dumbledore dan para anggota Orde percaya bahwa Lord Voldemort telah kembali, para pejabat di Kementrian Sihir terutama Cornelius Fudge, tidak mempercayai hal tersebut. Fudge yakin bahwa itu hanya akal-akalan dari Dumbledore untuk mengambil alih kedudukannya sebagai Perdana Mentri Sihir. Pada Tahun-tahun awal Fudge menjabat sebagai Perdana Mentri Sihir, Fudge selalu menghubungi Dumbledore, terutama untuk meminta saran darinya. Hal ini menunjukan sisi paranoid dari Fudge, dimana di takut Dumbledore akan mengambil alih jabatannya.

Kementrian memaksa koran sihir, Daily Prophet, untuk tidak menuliskan berita mengenai segala sesuatu yang dikenal sebagai 'Gosip Dumbeldore dan Harry Potter' . Orde dipaksa bekerja secara diam-diam dan beberapa anggotanya, seperti Kingsley Shacklebolt, tidak dijinkan untuk saling bertegur sapa dalam kegiatan sehari-hari terutama menunjukan adanya keterkaitan di antara mereka. Hal-hal yang dilakukan Kementrian terbuktif efektif, sehingga sebagian besar masyarakat sihir yakin Dumbeldore dan Harry telah menjadi gila. Voldemort dan para Pelahap maut bahkan bisa mengumpulkan kekuatan dengan tenang akibat tidak waspadanya masyarakat sihir.

Dumbledore, bagaimanapun juga, terbukti benar ketika Lord Voldemort menunjukan dirinya di Kementrian Sihir. Fudge pun akhirnya percaya bahwa Dumbledore selama ini benar; dan akibat kegagalannya, Fudge dipecat dan digantikan oleh Rufus Scrimgeour sebagai Menteri SIhir.

Perang Sihir yang Kedua[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Sihir yang Kedua, Orde adalah kekuatan utama dalam menghadapi Voldemort. Sebagian anggotanya terlibat dalam pertempuran melawan Voldemort dan Pelahap Maut. Orde mengalami kemunduran yang besar ketika pemimpinnya, Albus Dumbledore meninggal.

Anggota Orde Phoenix[sunting | sunting sumber]

Orisinil[sunting | sunting sumber]

Karakter berikut adalah anggota Orde Phoenix selama kenaikan awal Lord Voldemort berkuasa dan beberapa tahun sebelum peristiwa utama dari seri Harry Potter. Banyak dari karakter kemudian menjabat sebagai anggota Orde dihidupkan kembali.

Karakter Prestasi dan Operasi
Sirius Black Lolos dari Azkaban dan mulai melayani di Orde dihidupkan kembali. Membantu mengalahkan dua Pelahap Maut dalam pertempuran. Dibunuh oleh sepupunya Bellatrix Lestrange, dalam pertempuran di Departemen Misteri. Juga Godfather untuk teman Harry dan terbaik untuk James Potter.
Edgar Bones Dibunuh bersama dengan istri dan anak-anak oleh Pelahap Maut selama Perang sihir pertama. Edgar Bones adalah saudara dari Kepala Departemen Pelaksanaan Hukum Sihir, Amelia Bones. Keponakannya, Susan Bones, adalah siswa Hufflepuff disaat tahun Harry Potter di Hogwarts.
Caradoc Dearborn Hilang selama Perang Sihir Pertama; diduga dibunuh oleh Pelahap Maut.
Dedalus Diggle Bertemu Harry Potter beberapa kali sebelum terungkap bahwa ia adalah anggota Orde Phoenix. Diggle adalah bagian dari Garda muka yang membantu Harry melarikan diri dari rumah keluarga Dursley di buku kelima. Dalam seri buku terakhir, ia membantu mengambil Dursley ke daerah yang dilindungi. Para Pelahap Maut kemudian membakar rumahnya di razia, tapi Diggle tidak terluka. Diggle digambarkan oleh David Brett dalam film adaptasi dari Philosopher's Stone.
Elphias Doge Teman sekolah Dumbledore. Dia menulis sebuah berita kematian Dumbledore untuk The Daily Prophet dan secara terbuka membela integritas Dumbledore selama buku terakhir dari seri. Dia juga bagian dari Garda Muka di buku kelima. Dalam Order of Phoenix, Doge dimainkan oleh Peter Cartwright tetapi digantikan oleh David Ryall di Harry Potter And The Deathly Hallows.
Aberforth Dumbledore Saudara Albus Dumbledore. Bartender dari The Hog's Head di desa Hogsmeade dan mungkin anggota Orde yang masih hidup. Dapat memperoleh informasi yang berguna bagi Orde karena jabatannya. Membantu Harry dalam menghindari Pelahap Maut dan masuk Hogwarts di Deathly Hallows. Dia mengirim Dobby untuk menyelamatkan Harry dan tahanan lain dari ruang bawah tanah Malfoy Manor. Dia juga membantu mempertahankan sekolah selama Pertempuran Hogwarts, mengalahkan Augustus Rookwood.
Albus Dumbledore Pendiri Orde asli dan menghidupkannya kembali setelah kembalinya Voldemort berkuasa. Dibunuh oleh Severus Snape, tapi kematiannya direncanakan.
Benjy Fenwick Mengecam-potong oleh Pelahap Maut. Hanya "bit dari dia" itu ditemukan.
Arabella Figg Seorang perempuan Squib lanjut usia, yang didaftarkan oleh Dumbledore untuk mengawasi Harry selama masa kecilnya dari rumahnya di lingkungannya. Dia kemudian mengatakan kepada Harry bahwa ia menyesal memperlakukan dia dengan buruk ketika ia mengunjunginya, tetapi bahwa keluarga Dursley tidak akan mengirimkan Harry padanya apakah mereka berpikir ia menikmatinya. Bertugas di Orde yang masih hidup.
Mundungus Fletcher Pencuri dan seorang penipu yang Dumbledore pernah membantu "keluar dari tempat yang ketat" dan sebagai imbalannya disimpan Dumbledore diberitahu tentang hal-hal yang akan mendengar dari unsur pidana Dunia sihir. Dia anggota kelompok yang enggan dikirim untuk menjadi Harry di Deathly Hallows dan ketika ia panik ketika Voldemort mengejarnya, ia ber-Disapparate ke lokasi yang tidak diketahui dan meninggalkan Alastor Moody untuk dibunuh oleh Voldemort.
Rubeus Hagrid Guru Perawatan makhluk ajaib di Hogwarts serta Penjaga Tombol dan Grounds. Dia didakwa dengan tugas menyelamatkan Harry Potter dari rumah hancur di Godric yang berongga di Halloween 1981 dan membawa dia melalui sepeda motor Sirius terbang ke rumah Dursley itu. Bertugas di Orde dihidupkan kembali. Selama pelarian dari keluarga Dursley, Harry dan Hagrid berdua hampir tewas dalam kecelakaan sepeda motor terbang.
Frank dan Alice Longbottom Orang tua Neville Longbottom. Mereka juga Auror yang menonjol, dan telah "tiga kali menantang" Voldemort pada 1981. Tersiksa ke titik kegilaan dengan Kutukan Cruciatus oleh sekelompok Pelahap Maut yang dipimpin oleh Bellatrix Lestrange, yang mencari informasi tentang keberadaan Voldemort. Sejak itu, Frank dan Alice berada di bangsal tertutup Rumah Sakit St Mungo untuk Penyakit dan Luka-luka Sihir. James Payton digambarkan Frank Longbottom sebentar di Order of the Phoenix.
Remus Lupin Seorang anggota urutan pertama, juga bertugas di Orde dihidupkan kembali sebagai bagian integral dari Garda muka dikirim untuk melindungi Harry Potter, karena dia seseorang yang Harry akan mengenali dan langsung percaya. Kemudian bergerak di bawah tanah untuk menyusup ke masyarakat Werewolf, untuk melihat yang timnya mereka akan mengambil dalam perang. Dibunuh oleh Antonin Dolohov dalam Pertempuran Hogwarts.[1]
Minerva McGonagall Wakil Kepala Sekolah, guru Transfigurasi, dan Kepala Asrama Gryffindor di Hogwarts. Juga ikut melayani dalam Orde, sangat mendukung Dumbledore dan cita-citanya. Memimpin pertahanan benteng selama Pertempuran Hogwarts, dan mendekati akhir, berduel Voldemort bersama dengan Kingsley Shacklebolt dan Horace Slughorn.
Marlene McKinnon Dibunuh oleh Pelahap Maut (di antara mereka Travers, menurut Igor Karkaroff) bersama dengan seluruh keluarganya.
Dorcas Meadowes Anggota hanya dikenal Orde terpisah dari keluarga Potter yang secara pribadi dibunuh oleh Lord Voldemort selama Perang pertama.
Alastor "Mad-Eye" Moody Seorang anggota Orde asli selama Perang sihir pertama. Juga bergabung kembali untuk melayani di Orde dihidupkan kembali. Dibunuh oleh Voldemort saat ia bersama Mundungus Fletcher (menyamar sebagai Harry Potter) menuju tempat persembunyian.
Peter Pettigrew Membelot ke Pelahap Maut dan mengkhianati James dan Lily Potter, yang mengakibatkan kematian mereka. Dibunuh oleh tangannya sendiri gaibnya, yang telah kuno baginya oleh Voldemort untuk pekerjaannya dilakukan dengan baik dalam menangkap Harry dan membawa Harry kepada Voldemort.
Sturgis Podmore Seorang anggota Kementerian Sihir yang menjaga Ramalan sampai ia ditangkap oleh seorang penjaga keamanan Kementerian mencoba masuk ke dalam Departemen Misteri. Untuk ini, ia dijatuhi hukuman Azkaban selama enam bulan. Harry, Ron dan Hermione berspekulasi bahwa Lucius Malfoy menempatkan dia di bawah Kutukan Imperius.
Lily dan James Potter Dibunuh oleh Voldemort, yang berusaha untuk membunuh putra mereka berusia satu tahun Harry.
Fabian dan Gideon Prewett Saudara Molly Weasley, tewas dalam Perang Dunia Pertama. Butuh waktu lima Pelahap Maut (termasuk Antonin Dolohov) untuk membunuh mereka berdua. Molly memberi jam tangan Fabian kepada Harry pada hari ulang tahun ketujuh belas.
Severus Snape Setelah mengetahui bahwa Voldemort berencana membunuh Lily Potter, Snape berbalik agen rahasia untuk Dumbledore melawan para Pelahap Maut. Kemudian, melayani sebagai agen ganda dalam perang kedua. Snape disampaikan Pedang Godric Gryffindor kepada Harry di Hutan Dean menggunakan Patronus-nya. Dibunuh oleh Voldemort ular Nagini selama Pertempuran Hogwarts.
Emmeline Vance Bagian dari Garda muka yang membantu Harry melarikan diri dari Dursley di buku kelima. Pelahap Maut membunuhnya pada musim panas tahun 1996 tentang informasi Snape mengklaim telah diberikan, seperti yang dijelaskan dalam Harry Potter and the Half-Blood Prince. Namun, karena Snape diturunkan telah bekerja pada sisi Dumbledore selama ini di Deathly Hallows, itu menimbulkan keraguan apakah dia benar-benar memberikan informasi yang bisa digunakan untuk membunuhnya. Dia digambarkan oleh Brigette Millar di Order of the Phoenix.

Anggota rekonstruksi Orde Phoenix[sunting | sunting sumber]

Karakter ini bergabung dengan Orde ketika Dumbledore diaktifkan kembali setelah Lord Voldemort kembali pada akhir Harry Potter and the Goblet of Fire.

Karakter Prestasi dan Operasi
Fleur Delacour Kemungkinan besar bergabung setelah menikah ke dalam keluarga Weasley. Membantu memindahkan Harry dari keluarga Dursley ke The Burrow dan merawat Harry dan teman-temannya di Shell Cottage setelah kematian Dobby di Deathly Hallows. Berjuang dalam Pertempuran Hogwarts.
Hestia Jones Bagian dari Garda muka yang membantu Harry melarikan diri dari Dursley dalam buku kelima. Dia kemudian mengantarkan keluarga Dursley bersembunyi di awal buku terakhir, bersama dengan Diggle Dedalus. Hestia terkejut untuk mengetahui bahwa keluarga Dursley tidak menyadari pentingnya Harry dalam gerakan anti-Voldemort, dan kemudian menghadapi mereka untuk pengobatan mereka berikan kepada anak itu.
Kingsley Shacklebolt Seorang Auror, anggota Garda Advance, sekretaris / pengawal untuk Perdana Menteri Muggle, pemimpin pencarian untuk Sirius Black selama Order of the Phoenix, dan bagian dari kelompok yang berjuang Pelahap Maut di Kementrian pada akhir Order of the Phoenix. Membantu mengatur anggota Orde dan berjuang selama Pertempuran Hogwarts, menjelang akhir pertempuran duel Voldemort sendiri. Setelah kematian Voldemort, ia menjadi akting Menteri Sihir.
Nymphadora Tonks Adalah anggota Pengawal Advance, dan bagian dari kelompok yang berjuang Pelahap Maut di Kementrian pada akhir Order of the Phoenix. Kemudian berjuang Pelahap Maut selama serangan pertama pada Hogwarts. Membantu memindahkan Harry dari keluarga Dursley ke The Burrow di Deathly Hallows. Tewas selama Pertempuran Hogwarts oleh bibinya, Bellatrix Lestrange.
Arthur Weasley Membantu Orde dengan membantu orang kontak yang akan percaya cerita Dumbledore dan Harry dalam Order of the Phoenix. Digigit Nagini sementara menjaga pintu ke Departemen Misteri di Order of the Phoenix. Membantu memindahkan Harry dari keluarga Dursley ke The Burrow di Deathly Hallows. Berperang melawan Pius Thicknesse, bersama putra ketiganya, Percy Weasley, dalam Pertempuran Kedua Hogwarts.
Bill Weasley Penghancur kutukan untuk Bank Sihir Gringotts, sehingga menjadi perantara untuk Orde dan masyarakat Goblin. Diserang dan terluka oleh Fenrir Greyback selama serangan pertama pada Hogwarts. Membantu memindahkan Harry dari keluarga Dursley ke The Burrow di Deathly Hallows. Berjuang dalam Pertempuran Hogwarts.
Charlie Weasley Ditugaskan untuk merekrut anggota Orde asing selama musim panas tahun 1996. Bala bantuan yang dipimpin, bersama dengan Horace Slughorn, membawa perubahan yang mengakibatkan kemenangan dalam Pertempuran Hogwarts.
Molly Weasley Membantu menjaga Departemen Misteri di Order of the Phoenix, memperbolehkan Orde untuk menggunakan rumahnya sebagai kantor pusat di Deathly Hallows, dan membunuh Bellatrix Lestrange selama Pertempuran Hogwarts.[2]

Anggota Orde Phoenix Terkemuka[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "J.K. Rowling Web Chat Transcript". The Leaky Cauldron. 30 July 2007. Diakses 30 July 2007. 
  2. ^ "New Interview with J.K. Rowling for Release of Dutch Edition of 'Deathly Hallows'." (18 November 2007). The Leaky Cauldron. Retrieved 19 November 2007.