Kementerian Sihir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kementrian Sihir
Asosiasi Harry Potter
Ministry of magic logo.png
Markas Besar London
Pemimpin Menteri Sihir
Musuh Orde Phoenix (pada buku kelima dan ketujuh), Laskar Dumbledore (pada buku kelima dan ketujuh), Pelahap Maut
Pertama disebut Harry Potter and the Philosopher's Stone
Pertama tampil Harry Potter and the Order of the Phoenix

Kementrian Sihir adalah pemerintahan fiksi di seri Harry Potter. Pertama disebut pada Harry Potter and the Philosopher's Stone, tapi penampilan pertama pada Harry Potter and the Order of the Phoenix. Terletak di jauh bawah tanah London. Kementerian Sihir adalah sebuah sistem pemerintahan sihir satu atap yang memadukan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Untuk masuk gedung Kementerian, seseorang harus menghubungi nomor 62442 ("MAGIC") di sebuah telepon umum yang disihir dan menyatakan nama serta tujuan. Menurut J.K Rowling, negara-negara lain juga memiliki Kementerian Sihir-nya sendiri.

Komposisi dan Status[1][sunting | sunting sumber]

Hubungan ke dunia Muggle[sunting | sunting sumber]

Setiap Perdana Menteri Muggle menerima kunjungan dari Menteri Sihir, yang memberitahu kepadanya atau bahwa kepadanya dunia sihir itu ada. Dia menjelaskan bahwa dia akan menghubungi Perdana Menteri hanya dalam keadaan di mana kejadian-kejadian dunia sihir dapat mempengaruhi Muggle. Misalnya, Menteri harus memberitahu Perdana Menteri jika artefak magis berbahaya atau binatang untuk dibawa ke Inggris [2]

Kementerian terus berhubungan dengan Perdana Menteri Inggris melalui Lukisan Penyihir di kantor Perdana Menteri di 10 Downing Street. Lukisan ini tidak dapat dilepaskan dari dinding karena adanya Mantra Perekat Permanen dan berfungsi memberitahu Perdana Menteri Menteri untuk kedatangan menteri sihir. [HP6] Para Menteri Sihir yang muncul dalam serial, seperti Cornelius Fudge dan Rufus Scrimgeour, cenderung untuk bertindak dalam cara yang agak merendahkan terhadap Perdana Menteri Muggle.

Sebelum adanya Kementerian, terdapat suatu badan yang disebut "Dewan Penyihir" menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk dunia sihir Harry Potter.

Struktur Pemerintah dan Sifat Korup[sunting | sunting sumber]

Dalam Harry Potter, karyawan Departemen tampaknya sebagian besar tidak terpilih. Jabatan Menteri itu sendiri, bagaimanapun, adalah dinyatakan sebagai posisi terpilih [3]. Karyawan Kementerian dapat dimutasi dari departemen yang satu ke departemen yang lain, tergantung kinerja atau keperluannya atas keputusan kepala departemen dan Menteri. Siapa atau badan apa yang memiliki kekuasaan untuk memilih atau memecat Menteri tidak pernah dijelaskan. Namun, baik Menteri dan Departemen secara keseluruhan pada seluruh seri Harry Potter menjadi sangat sensitif terhadap (dan bergantung pada) opini publik, yang mereka berusaha untuk mempengaruhi melalui Daily Prophet, koran penyihir (yang dalam cerita terlihat sebagai corong pemerintah). Dalam cerita, pekerjaan di Kementerian dapat diperoleh tepat setelah selesainya pendidikan sihir [HP4], meskipun kantor dan Departemen yang berbeda memerlukan berbagai tingkat pendidikan dan hasil ujian tertentu yang berbeda.

Selanjutnya, sepanjang cerita, Kementerian tampak korup, tidak kompeten dan terkesan menutup diri terhadap ancaman-ancaman di dunia sihir. Sebagai contoh. Kementerian tidak mampu untuk mendeteksi atau mencegah penyusupan dan serangan di Departemen Misteri, yang merupakan departemen yang paling dijaga ketat. Karena kurangnya keamanan, hanya sekelompok siswa Hogwarts (para perwira Laskar Dumbledore), serta Voldemort, selusin Pelahap Maut dan Orde Phoenix yang semuanya diinginkan oleh pemerintah mampu masuk departemen dan tanpa respon apapun, bahkan dapat masuk sebagai "misi penyelamatan" tanpa menarik perhatian. [HP5] Contoh lainnya adalah ketidakmampuan pemerintah dalam menanggapi dan mengatasi serangan-serangan pada Perang Sihir Pertama (dekade 1970an - 1981), meskipun telah mengambil sejumlah tindakan seperti pemberian lisensi membunuh untuk para Auror. Ini disebabkan jumlah Auror dan aparat keamanan lainnya yang kurang dan banyaknya agen-agen atau kolaborator Pelahap Maut di Kementerian, serta aliansi Voldemort dengan raksasa dan manusia serigala (yang tertindas oleh kebijakan Kementerian sendiri). Hal ini diperburuk dengan kenyataan bahwa banyak kebijakan Kementerian yang sifatnya konservatif, tidak sesuai perkembangan zaman dan lebih pro golongan darah murni, yang sepanjang cerita dianggap sebagai "kaum elit" (seperti keluarga Malfoy). Hal inilah yang direformasi oleh menteri baru pasca kekalahan Voldemort.

Ketika diwawancarai, Rowling menyatakan bahwa ketika Harry, Ron, Hermione dan beberapa kawan-kawannya bekerja untuk Kementerian, Kementerian telah mereformasi dirinya dan kecenderungan korupsi sudah berkurang.

Sistem hukum dan peradilan[sunting | sunting sumber]

Seperti Kementerian secara keseluruhan dalam cerita, sistem hukum dan pengadilan sihir menunjukkan tanda kebobrokan, ditandai kurangnya kemauan mencari bukti untuk atau terhadap tersangka yang disidangkan, bahkan mengandalkan prasangka pribadi maupun publik untuk memutuskan hasilnya secepat mungkin [HP5]. Bahkan, tidak semua tersangka diadili, seperti dalam kasus Sirius Black.[HP4] Pada saat, Kementerian juga bisa tampak tertarik dalam memecahkan masalah yang serius secara hukum dan bukannya mencoba menutupinya. Dalam Harry Potter dan Kamar Rahasia, Menteri Fudge perlu waktu lama untuk menanggapi serangan terhadap Hogwarts. Dalam episode kelima, Fudge menolak untuk percaya bahwa Lord Voldemort telah kembali, meskipun terdapat bukti kuat, dan Kementerian bahkan mengadakan kampanye untuk merusak kredibilitas Harry Potter, yang didorong rasa ketakutan yang keliru bahwa Albus Dumbledore menginginkan jabatan Fudge. Akhirnya, Kementerian dipaksa mengakui keadaan bahaya tersebut dan bertindak setelah pertempuran di Departemen Misteri. Fudge diberhentikan dari jabatannya akibat kelalaian dalam memerintah dan digantikan oleh Rufus Scrimgeour.

Kemudian, di episode terakhir, ketika Kementerian jatuh ke tangan Pelahap Maut, sistem peradilan pun dijadikan perpanjangan tangan rezim teror ini. Untuk mendata dan kemudian memenjarakan penyihir-penyihir kelahiran muggle, sesuatu yang dibenci Pelahap Maut, dibentuklah suatu komisi bernama Komisi Pendaftaran Kelahiran Muggle[4]. Dikepalai Dolores Umbridge, komisi ini mencari, menyidangkan, dan memenjarakan atau bahkan membunuh dengan tanpa belas kasih para penyihir kelahiran muggle atau darah pengkhianat yang tidak bersalah. Hal ini serupa dengan tindakan Holocaust di masa Nazi Jerman. Bahkan, mereka diburu hingga ke seluruh Inggris oleh regu polisi rahasia yang disebut Pencopet (Snatchers), serupa dengan Gestapo pada masa Nazi, Kempetai di masa Kekaisaran Jepang pada Perang Dunia II atau polisi-polisi rahasia di bekas negara-negara Blok Timur seperti KGB Soviet atau Stasi Jerman Timur[5].

Setelah kekalahan Voldemort, sistem hukum dan peradilan sihir telah mengalami reformasi besar-besaran, dimotori beberapa reformis seperti Hermione Granger, yang berhasil menghapuskan beberapa undang-undang sihir yang pro darah murni.

Menteri Sihir[sunting | sunting sumber]

Cornelius Fudge, menteri sihir pada tahun 1990 hingga 1995.

Pada penutupan seri, Menteri Sihir di Inggris adalah seorang mantan anggota Orde Phoenix yaitu Kingsley Shacklebolt. Dia menggantikan boneka Voldemort Pius Thicknesse, yang telah ditempatkan di bawah Kutukan Imperius dan ditempatkan sebagai menteri setelah Voldemort membunuh Scrimgeour, yang menggantikan Fudge. Pada masa Kingsley, Kementerian mengadakan reformasi besar-besaran dan merombak sistem lama yang cenderung konservatif dan pro darah murni. Berikut ini adalah daftar Menteri Sihir dan masa jabatannya: HP [6]

  • Eldritch Diggory (?–?) (Kemungkinan ada hubungan keluarga, atau leluhur Cedric Diggory)
  • Lorcan McLaird (?–?)
  • Dugald McPhail (?–?)
  • Evangeline Orpington (?–?)
  • Artemisia Lufkin (1798–1811)
  • Grogan Stump (1811–1819)
  • Faris "Spout-Hole" Spavin (1865–1903)
  • Ottaline Gambol (1930s)
  • Nobby Leach (1962–1968)
  • Millicent Bagnold (1980–1990)
  • Cornelius Fudge (1990–1996)
  • Rufus Scrimgeour (1996–1 Agustus 1997)
  • Pius Thicknesse (1 Agustus 1997 - 2 Mei 1998) (di bawah pengaruh Voldemort dengan menggunakan Kutukan Imperius, Kemungkinan tewas di Pertempuran Hogwarts, dipenjarakan di Azkaban, melarikan diri, atau dieksekusi segera setelah pertempuran Hogwarts. Dalam film, ia dibunuh oleh Voldemort.)
  • Kingsley Shacklebolt (setelah 1998)

Tingkatan-tingkatan[sunting | sunting sumber]

Beberapa pejabat Kementerian dalam Harry Potter dan Orde Phoenix, dari kiri ke kanan: John Dawlish (Auror), Dolores Umbridge (Asisten Senior Menteri); Cornelius Fudge (Menteri Sihir) dan Kingsley Shacklebolt (Auror).

Tingkatan lantai Kementerian Sihir adalah seperti berikut: Karena berada di bawah tanah, semakin besar nomor tingkatan, semakin dalam tingkat tersebut.

  • Tingkat 1 - Menteri Sihir dan Staf Pendukungnya. Ekuivalen dengan kepala negara/kepala pemerintahan dengan kabinetnya.
  • Tingkat 2 - Departemen Pelaksanaan Hukum Sihir. Salah satu departemen terpenting. Departemen ini bertugas membuat dan menegakkan hukum sihir dalam kehidupan bermasyarakat sihir. Ekuivalen dengan sistem hukum, peradilan, kepolisian, dan militer di dunia Muggle (manusia biasa), seperti Kejaksaan, Polri, dan TNI. Atau dapat disamakan dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan atau Kementerian Pertahanan di Indonesia. Menurut J.K Rowling, setelah sukses di Departemen Pengawasan Makhluk Gaib, Hermione pindah ke departemen ini dan berhasil mereformasi hukum sihir yang rata-rata pro darah murni dan ketinggalan zaman.
    • Kantor Penggunaan Sihir tidak pada Tempatnya. Bertugas mendeteksi dan menindak kaum penyihir yang menggunakan sihir tidak pada tempatnya, dan tidak pada waktu yang tepat (apalagi di depan muggle).
    • Markas Besar Auror. Pasukan elit penyelidik dan pemburu penyihir jahat beresiko tinggi (dan diperbolehkan untuk membunuh jika diserang). Harry Potter bergabung dengan korps ini pada usia 18 tahun (1998) dan pada tahun 2007 diangkat menjadi pucuk pimpinan tertingginya. Ron Weasley juga masuk korps ini. Ekuivalen dengan tentara (terutama pasukan khusus). Juga bisa disamakan dengan gendarmerie (militer yang bertugas sebagai polisi di lingkungan sipil), di negara-negara Eropa daratan.
    • Kantor Pelayanan Administrasi Wizengamot, parlemen dan pengadilan di dunia sihir.
    • Kantor Penyalahgunaan Barang-barang Muggle. Arthur Weasley bekerja di sini[HP1]. Bertujuan untuk mengawasi dan mengatur penggunaan dan eksperimentasi barang-barang muggle oleh kaum penyihir.
    • Pasukan Penegakan Hukum Sihir. Bertugas menindak pelanggaran hukum sihir sehari-hari (semacam polisi). Pasukan ini juga memiliki kelompok khusus pemburu kriminal berbahaya, yang dinamakan Hit Wizard[7], yang ekuivalen dengan unit-unit polisi khusus seperti Brimob di Indonesia atau CO19 di Inggris.
  • Tingkat 3 - Departemen Kecelakaan dan Bencana Sihir. Bertugas menanggulangi dan memperbaiki kerusakan fisik akibat sihir, terutama jika menarik perhatian muggle.
    • Departemen Pembalikan Sihir tak Sengaja
    • Markas Besar Pelupaan. Bertugas memodifikasi ingatan muggle-muggle yang menjadi saksi sebuah bencana atau kejadian berbau sihir.
    • Komite Alasan Layak-Muggle. Bertugas memberikan alasan yang "masuk akal" terjadinya bencana berbau sihir kepada otoritas Muggle (jika terlihat oleh muggle)
  • Tingkat 4 - Departemen Pengaturan dan Pengawasan Makhluk-Makhluk Gaib. Bertugas untuk mengatur dan mengendalikan makhluk-makhluk sihir yang hidup di dunia sihir, terutama untuk tidak menarik perhatian muggle. Hermione Granger memulai karirnya di sini pasca Hogwarts dan berhasil memperjuangkan persamaan hak makhluk sihir non-manusia (terutama peri rumah dan manusia serigala), dengan penyihir (manusia). Karakter Harry Potter lain yang pernah bekerja di sini adalah Amos Diggory, ayah Cedric Diggory[HP4]. Walden MacNair, seorang Pelahap Maut, bekerja di sini sebagai eksekutor di Komite Pemusnahan Makhluk Berbahaya[HP3][HP5].
    • Divisi Hewan
    • Divisi Makhluk
    • Divisi Hantu
    • Kantor Hubungan Goblin
    • Biro Penasihat Hama
    • Biro Pendaftaran dan Pengaturan Manusia Serigala
    • Biro Pendaftaran dan Pengaturan Naga
    • Kantor Hubungan Centaurus. Dalam cerita, ada humor yang menyatakan bahwa jika seorang karyawan dimutasi ke departemen ini, ini berarti bahwa ia akan segera dipecat[8], karena nyaris tidak ada pekerjaan yang penting dalam departemen ini. Apalagi, tidak pernah ada centaurus yang bekerja di departemen ini sejak pembentukannya.
    • Komite Pemusnahan Makhluk Berbahaya
  • Tingkat 6 - Departemen Transportasi Sihir. Bertugas mengatur hal-hal mengenai transportasi sihir. Ekuivalen dengan Kementerian Perhubungan.
    • Otoritas Jaringan Floo
    • Pengendalian dan Pengaturan Sapu
    • Kantor Urusan Portkey
    • Pusat Ujian Apparation
  • Tingkat 7 - Departemen Permainan dan Olahraga Sihir. Bertugas mengatur dan mengorganisasi pergelaran olahraga seperti Piala Dunia Quidditch dan Turnamen Triwizard. Tergolong departemen paling "santai" dibanding departemen lainnya. Ekuivalen dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.
    • Markas Besar Liga Quidditch Inggris dan Irlandia
    • Klub Gobstones Resmi
    • Kantor Paten Barang-Barang Menggelikan
  • Tingkat 8 - ATRIUM
    • Ruang Tamu
    • Air Mancur
    • Meja Pengawal Keselamatan
    • Lift
  • Tingkat 9 - Departemen Misteri. Paling dijaga ketat dan kerja departemen ini tergolong rahasia, ekuivalen dengan badan intelijen (contohnya BIN, CIA, atau MI6) di dunia nyata. Tetapi, pegawai dan pejabatnya lebih mengarah kepada ilmuwan, karena mereka meneliti beberapa hal yang bersifat abstrak seperti cinta, ruang, waktu, pikiran, dan kematian), dan juga menyimpan ramalan-ramalan penting, terutama yang menentukan nasib dunia sihir[HP5]. Pegawai departemen ini disebut Unspeakable (Tak-Bisa-Dikatakan), dan identitas mereka dirahasiakan untuk perlindungan. Augustus Rookwood, seorang Pelahap Maut, pernah bekerja di sini.
    • Ruang Kematian. Di sinilah tempat Sirius Black terbunuh[HP5].
    • Ruang Otak
    • Ruang Ramalan
    • Ruang Terkunci di Departemen Misteri
    • Ruang Waktu
  • Tingkat 10 - Kamar Perbicaraan

Referensi[sunting | sunting sumber]