Stasi (Jerman Timur)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ministerium für Staatssicherheit
Emblema Stasi.svg
Lambang Polisi Rahasia Jerman Timur
Tentang Lembaga
Dibentuk 9 Februari 1950; 64 tahun yang lalu (1950-02-09)[1]
Dibubarkan 4 Oktober 1990; 23 tahun yang lalu (1990-10-04) (Akhir Jerman Timur)
Kantor pusat Berlin Timur, Jerman Timur
Karyawan 68,000
Eksekutif Wilhelm Zaisser (1950–1953)
Ernst Wollweber (1953–1957)
Erich Mielke (1957–1989)
Wolfgang Schwanitz (1989–1990)

Stasi (Jerman Timur) atau Polisi Keamanan Negara atau Ministerium für Staatssicherheit. Kata Stasi diambil dari singkatan Ministerium für Staatssicherheit. Dikenal juga sebagai Polisi Rahasia Jerman Timur yang berkantor pusat di Berlin Timur, Jerman Timur dengan kompleks yang besar di Berlin-Lichtenberg dan beberapa fasilitas kantor lainnya di seluruh kota. Dikenal sebagai polisi rahasia paling efektif dan represif di dunia. Dengan moto "Schild und Schwert der Partei" (Perisai dan Pedang Partai), partai yang berkuasa adalah Partai Persatuan Sosialis Jerman atau Sozialistische Einheitspartei Deutschlands (SED).

Pembentukan Stasi[sunting | sunting sumber]

Stasi didirikan pada tanggal 8 Februari 1950. Mengacu pada MGB Soviet, dan dianggap oleh Uni Soviet sebagai mitra yang sangat setia dan efektif. Wilhelm Zaisser adalah Menteri pertama Keamanan Negara GDR, dan Erich Mielke wakilnya. Zaisser, yang mencoba untuk menggulingkan Sekretaris Jendral SED Walter Ulbricht setelah pemberontakan Juni 1953, setelah ini dipindah oleh Ulbricht dan digantikan oleh Ernst Wollweber. Wollweber mengundurkan diri pada tahun 1957 setelah bentrokan dengan Ulbricht dan Erich Honecker, dan digantikan oleh wakilnya, Erich Mielke.

Awalnya, Stasi melancarkan kampanye melawan orang-orang Yahudi, yang sudah mengalami diskriminasi dan kekerasan meluas di Uni Soviet. Stasi menyensor fakta bahwa orang-orang Yahudi telah menjadi korban selama rezim sebelumnya dan dalam satu contoh, mengambil emas dari tubuh orang-orang Yahudi. Stasi berlabel Yahudi sebagai kapitalis dan penjahat. Gipsi juga disalahkan.


Antara 1950 dan 1989, Stasi mempekerjakan total 274.000 orang dalam upaya untuk membasmi musuh kelas. Pada tahun 1989, Stasi mempekerjakan 91.015 orang full-time, termasuk 2.000 kolaborator resmi bekerja penuh, 13.073 tentara dan 2.232 petugas tentara Jerman Timur, bersama dengan 173.081 informan tidak resmi dalam GDR dan 1.553 informan di Jerman Barat. Dalam hal identitas inoffizielle Mitarbeiter (IM) informan Stasi, pada 1995, 174.000 telah teridentifikasi, yang diperkirakan 2,5% dari populasi Jerman Timur antara usia 18 dan 60. 10.000 IM berusia di bawah 18 tahun.

Sementara perhitungan berasal dari catatan resmi, menurut Komisaris federal yang bertanggung jawab atas arsip Stasi di Berlin, karena catatan tersebut banyak juga yang hancur, ada kemungkinan lebih dekat sekitar 500.000 informan Stasi. Seorang mantan kolonel Stasi yang bertugas di Direktorat kontra memperkirakan bahwa angka itu bisa setinggi 2 juta jika informan sesekali dimasukkan.

Hubungan dengan KGB[sunting | sunting sumber]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Operasi Stasi[sunting | sunting sumber]

File lainnya (File Rosenholz), yang berisi nama-nama dari mata-mata Jerman Timur di luar negeri, yang dipimpin agen mata-mata Amerika untuk menangkap mereka. Setelah reunifikasi Jerman, terungkap bahwa Stasi diam-diam telah membantu teroris sayap kiri seperti Faksi Tentara Merah, meskipun tidak ada bagian dari RAF yang pernah selaras dengan Jerman Timur.

Direktorat X bertanggung jawab atas disinformasi. Rolf Wagenbreth, direktur operasi disinformasi, menyatakan "Teman-teman kita di Moskow menyebutnya 'dezinformatsiya' musuh kami di Amerika menyebutnya 'langkah-langkah aktif,". Dan saya, teman-teman, sebut saja' hobi favorit saya ".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Days that shook the world

Pranala luar[sunting | sunting sumber]