Gilderoy Lockhart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gilderoy Lockhart
Gilderoy Lockhart
Kenneth Branagh sebagai Gilderoy Lockhart
dalam film Harry Potter and the Chamber of Secrets
Pemeran Kenneth Branagh
Informasi
Jenis kelamin Laki-laki

Gilderoy Lockhart adalah tokoh fiksi dalam seri novel Harry Potter. Ia adalah seorang selebriti dunia penyihir, menulis banyak buku yang menceritakan pertualangan-pertualangannya yang menakjubkan dalam menghadapi mahluk-mahluk jahat. Ia memiliki rambut pirang bergelombang dan khususnya gigi yang berkilauan. Ia adalah seorang narsisis, terobsesi terhadap dirinya sendiri, dan kadang-kadang menjadi pembawa suasana.

Di dalam komunitas sihir, penggemarnya terutama berada di kalangan perempuan setengah baya dan anak-anak peremupuan remaja (yang menganggap dia sangat menarik). Rumahnya tidak diketahui. Tanda-tanda jasa dan penghargaan yang didapatnya, di antaranya: Order of Merlin Kelas Ketiga, Anggota kehormatan Liga Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam; dan pemenang lima kali Penghargaan Senyum Paling Menawan dari majalah Witch Weekly.

Pada tahun ajaran 1992-1993, Lockhart diangkat sebagai guru baru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam. Pada pelajaran pertamanya, ia memberikan kuis mengenai otobiografinya, Aku yang Ajaib. Ia tidak populer di antara para staf guru dan khususnya tidak disukai oleh Severus Snape, yang juga melamar jabatan itu. Hermione Granger terpesona dengan dia, sesuatu yang memuakkan bagi Ron Weasley. Harry tidak menyukai Lockhart, terutama karena Lockhart mengira bahwa Harry menerbangkan mobil ke Hogwarts untuk ketenaran.

Dalam sebuah wawancara dengan Stephen Fry dari the-leaky-cauldron.org, J. K. Rowling mengatakan bahwa nama Gilderoy diambil dari seorang petugas patroli jalan raya yang tampan dari sebuah fabel Inggris. Nama Lockhart diambil dari sebuah prasasti peringatan perang dan nama beberapa kota di Australia dan Amerika Serikat (yang bernama sama).

Dalam versi filmnya, Lockhart diperankan oleh Kenneth Branagh. Terdapat satu fakta dalam film tersebut yang tidak terdapat di buku. Di kelasnya, terdapat beberapa fotonya, salah satunya adalah foto di mana ia mengenakan seragam tim Quidditch Ravenclaw, yang berarti ia adalah siswa Ravenclaw. Meski begitu, ada kemungkinan bahwa foto itu palsu, mengingat bahwa hampir semua kata-katanya tidak dapat dipercaya.

Ketika Harry dan Ron mengajak Gilderoy Lockhart untuk memasuki Kamar Rahasia, terungkap bahwa ia ternyata adalah seorang penipu, dan ternyata ia tidak pernah melakukan segala perbuatan hebat yang ditulis di buku-bukunya. Tulisan di buku-bukunya ternyata adalah pengalaman penyihir lain yang diwawancaranya, dan ia dengan sengaja memanterai penyihir lain itu dengan mantera Obliviate untuk menghapus memori itu dari pikiran mereka. Mantera Obliviate ini adalah mantera yang paling dikuasainya. Ia mencoba untuk memanterai juga memori Harry dan Ron untuk menyembunyikan penipuannya. Namun, ketika melakukannya dengan tongkat Ron yang rusak, mantera itu malah berbalik ke dirinya sendiri. Akibatnya, Gilderoy kehilangan memorinya dan dirawat di Rumah Sakit St Mungo. Pada Natal 1995, Harry, Ron, dan Hermione tanpa sengaja bertemu dengan Lockhart di rumah sakit itu, di mana hasil perawatannya hanya memperlihatkan perbaikan yang sangat lambat. Dikatakan bahwa Lockhart sudah lebih baik karena sekarang sudah dapat menulis huruf sambung. Lockhart masih menerima surat penggemar, walaupun ia tidak ingat lagi mengapa, dan ia masih senang menandatangani surat-surat.

Masa lalu Lockhart[sunting | sunting sumber]

Tidak ada yang diketahui mengenai masa lalu Lockhart. Mengingat ketidakjujurannya, apa pun yang dikatakannya patut dicurigai. Lockhart mengklaim bahwa ia dahulu bukan siapa-siapa, dan rupanya, bukan orang yang mendapatkan perhatian ketika mudanya. Patut diperhatikan bahwa Penyembuh yang merawat Lockhart di St Mungo mengatakan bahwa tidak ada yang mengunjungi Lockhart.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Lockhart adalah seorang narsis, pecinta diri sendiri. Ia mendekorasi kelas Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam dan kantor pribadinya dengan potret-potret dirinya yang sedang tersenyum. Ia juga merupakan seorang pengecut dan kemungkinan tidak terlalu pintar - ia tidak mahir dalam melakukan sihir pertahanan, tetapi mengklaim bahwa ia ahli dalam melakukan Mantera Memori. Ketidakmampuan Lockhart juga tampak ketika sedang mengajar mengenai beberapa ekor pixie di kelas. Ketika pixie-pixie itu lepas dan merusak, Lockhart tidak mampu mengendalikan mereka, dan kabur cepat-cepat, meninggalkan Harry, Ron, dan Hermione menangani mereka.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Seri Harry Potter[sunting | sunting sumber]