Proses Nürnberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Süddeutsche Zeitung mengumumkan Putusan Penggadilan Nürnberg (kiri dari atas): Goering, Hess, Ribbentrop, Keitel, Kaltenbrunner, Rosenberg, Frank, Frick; (kolom kedua) Funk, Streicher, Schacht; (third column) Doenitz, Raeder, Schirach; (kanan, dari atas) Sauckel, Jodl, Papen, Seyss-Inquart, Speer, Neurath, Fritzsche, Bormann. Gambar dari Topography of Terror Museum, Berlin.

Proses Nürnberg (atau Persidangan Nuremberg) adalah suatu rangkaian persidangan kasus-kasus yang berkaitan dengan para anggota-anggota utama dari kelompok pemimpin politik, militer dan ekonomi dari Nazi Jerman. Rangkaian persidangan ini dilakukan di kota Nürnberg, Jerman, dari tahun 1945 sampai 1946, di gedung Pengadilan Nürnberg (Nuremberg Palace of Justice). Persidangan pertama dan yang paling terkenal dari rangkaian sidang-sidang yang dilakukan adalah sidang Para Penjahat Perang Utama sebelum Pengadilan Militer Internasional (Trial of the Major War Criminals Before the International Military Tribunal (IMT)), yang mengadili 24 orang paling penting Nazi Jerman yang tertangkap. Persidangan tersebut berlangsung dari 20 November 1945 sampai 1 Oktober 1946.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Sebuah dokumen yang dibeberkan pada tanggal 2 Januari 2006 dari Kabinet Perang Inggris (War Cabinet) di London menunjukkan bahwa pada awal bulan Desember 1942, kabinet telah merundingkan kebijakan mereka untuk hukuman dari para pemimpin Nazi apabila mereka tertangkap. Perdana Menteri Inggris (Prime Minister of the United Kingdom) Winston Churchill lalu menganjurkan suatu kebijakan dari eksekusi musim panas [1] dengan menerapkan Undang-undang Pembatalan Hak Sipil (Act of Attainder) guna menghindari rintangan hukum, dan hanya ini cara yang bisa dilakukan guna menghindari tekanan Amerika kelak dalam peperangan. Pada akhir tahun 1943 selama berlangsungnya pertemuan tripartit saat jamuan makan malam (Tripartite Dinner Meeting) pada Konferensi Teheran, pemimpin Soviet, Joseph Stalin, mengusulkan untuk mengeksekusi 50.000-100.000 perwira Jerman. Tanpa menyadari bahwa Stalin serius dalam hal ini, Presiden Amerika Franklin D. Roosevelt bercanda bahwa mungkin 49,000 dapat dilakukan. Churchill mencela ide dari "eksekusi berdarah dingin dari tentara yang berperang bagi negaranya" . Namun, ia juga menyatakan bahwa para penjahat perang harus membayar kejahatannya, dan untuk itu sesuai dengan Deklarasi Moskow [2] yang mana ditulisnya sendiri, mereka harus diadili ditempat dimana kejahatan itu dilakukan. Churchill sangat bersemangat untuk menentang eksekusi "berdasarkan kepentingan politik."[3] [4]

Menteri Keuangan Amerika (United States Secretary of the Treasury), Henry Morgenthau Jr., menyarankan suatu rencana untuk denazifikasi[5] total atas Jerman yang dikenal dengan nama Rencana Morgenthau (Morgenthau Plan)[6]. Churchill dan Roosevelt keduanya mendukung rencana ini , dan menggunakan otorisasinya pada Konferensi Quebec pada bulan September 1944. Namun demikian, Uni Soviet mengumumkan preferensinya untuk suatu proses hukum. Kelak, rinciannya bocor kepada publik dan menuai protes keras yang meluas. Roosevelt, melihat ketidak setujuan publik yang kuat, maka iapun membatalkan rencana tersebut, namun tidak meneruskan dukungan bagi langkah-langkah lain untuk masalah tersebut. Kematian "Rencana Morgenthau" menimbulkan kebutuhan atas metode alternatif guna memperlakukan pimpinan Nazi. Rencana untuk "Pengadilan Kriminal Perang Eropa" (Trial of European War Criminals) dikonsep oleh Sekretaris Perang Henry L. Stimson dan Departemen Perang. Roosevelt meninggal dunia pada bulan April 1945. Presiden yang baru Harry S. Truman, memberikan persetujuan tegas guna dilakukannya proses hukum. Setelah serangkaian negosiasi dilakukan antara Amerika, Inggris, Uni Soviet , dan Perancis, maka proses pemeriksaan pengadilan tersebut dicoba untuk dilaksanakan. Proses pemeriksaan tersebut dimulai pada tanggal 20 November 1945, di kota Nürnberg.

Pembentukan pengadilan[sunting | sunting sumber]

Di pertemuan pada Konferensi Teheran tahun 1943, Konferensi Yalta Conference tahun 1945 dan pada Konferensi Potsdam Conference tahun 1945, tiga kekuatan perang besar yaitu Amerika. Uni Sovyet, Inggris menyetujui bentuk penghukuman terhadap orang-orang yang bertanggung jawab atas kejahatan perang semasa Perang Dunia II. Perancis juga juga menyediakan sebuah tempat pengadilan.

Dasar hukum pembentukan pengadilan tersebut adalah berdasarkan Piagam London, yang dikeluarkan pada tanggal 8 Agustus 1945, yang membatasi kewenangan pengadilan hanyalah untuk "menghukum para tokoh utama penjahat perang dari negara-negara Eropa". Sebanyak 200 tersangka kejahatan perang dari Jerman diadili di Nürnberg, dan 1.600 orang lainnya diadili di pengadilan militer biasa. Dasar hukum atas juridiksi pengadilan ini adalah sebagaimana ditetapkan oleh "instrumen dari penyerahan atas kekalahan Jerman [7], dimana kewenangan politik atas Jerman telah diserahkan kepada Dewan Pengawas Sekutu[8], yang memiliki kekuasaan penuh atas Jerman serta berhak mengadili atas pelanggaran Hukum Internasional dan hukum perang. Sebab kewenangan pengadilan terbatas hanya pada hukum perang maka pengadilan tidak memiliki jurisdiksi atas kejahatan yang dilakukan sebelum masa pecahnya perang pada tanggal 1 September 1939.

Pembatasan dari penuntutan dan penghukuman oleh pengadilan internasional atas personel militer dari negara-negara Eropa ini telah menghasilkan tuntutan yang disebut victor justice[9] dan tentara Sekutu yang melakukan kejahatan perang tidak dapat dihukum.[10] Rancangan ini memasukkan isi dari kewajiban traktat internasional dan hukum kebiasaan perang. Contohnya pada peradilan dari Otto Skorzeny, dimana pembelaannya mengacu pada Petunjuk Lapangan (Field Manual) yang diterbitkan oleh Departemen Perang dari Angkatan perang Amerika (War Department of the United States Army), pada tanggal 1 Oktober 1940, dan Buku Pegangan Tentara Amerika (American Soldiers Handbook) [11] Apabila anggota tentara melakukan pelanggaran atas aturan militernya maka ia akan diajukan kepada mahkamah perang . Apabila tentara sekutu yang melakukan pelanggaran atas aturan liliternya maka mereka dapat dituntut berdasarkan proses peradilan Nürnberg.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Uni Soviet menginginkan agar peradilan dilaksanakan di Berlin, tetapi akhirnya Nürnberg yang terpilih sebagai tempat peradilan berdasarkan beberapa alasan khusus:

  • Lokasinya terletak di wilayah Amerika (wilayah di Jerman yang dikuasai tentara Sekutu, pada saat ini Jerman terbagi menjadi 4 wilayah.
  • Gedung Pengadilan nya luas dan sebahagian besar utuh ( salah satu yang masih utuh setelah pengeboman ekstensif oleh pasukan sekutu}. Sebuah penjara besar juga terdapat dalam kompleks pengadilan ini.
  • Sebab Nürnberg dahulu ditunjuk sebagai "kota dari Rapat Umum Partai (Reichsparteitag}", maka akan ada makna simbolik untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat kematian partai Nazi.

Juga disepakati bahwa Perancis akan menjadi anggota tetap dari Pengadilan Militer Internasional (IMT) dan peradilan pertama ( beberapa telah direncanakan) akan dilaksanakan di Nürnberg. Sebab terjadinya Perang Dingin maka tidak ada peradilan berikut setelahnya.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Masing-masing dari keempat negara menyediakan seorang hakim dan seorang cadangan juga jaksa penuntut, mereka adalah:

Ketua jaksa penuntut umum adalah Robert H. Jackson dari Amerika, Sir Hartley Shawcross dari Inggris, Letnan Jenderal R. A. Rudenko dari Uni Soviet , dan François de Menthon serta Auguste Champetier de Ribes dari Perancis.

Pendamping Jackson adalah pengacara Telford Taylor dan pendamping Shawcross adalah Mayor Sir David Maxwell-Fyfe dan Sir John Wheeler-Bennett. Shawcross juga merekrut seorang barrister[12] muda bernama Anthony Marreco, yang merupakan anak dari seorang sahabatnya untuk membantu tim Inggris mengatasi beban kerja yang berat. Robert Falco adalah seorang hakim yang sangat berpengalaman dan sudah banyak sekali mengadili perkara di pengadilan Perancis.

Peradilan utama[sunting | sunting sumber]

Göring dan Hess selama berlangsungnya persidangan


Video Pengadilan Nürnberg

Pengadilan Militer Internasional dibuka pada tanggal 18 Oktober 1945, yang bertempat di gedung Pengadilan Tinggi di Berlin. Peradilan sesi pertama dibuyka dan diketuai oleh Nikitchenko, hakim dari Uni Soviet. Jaksa penuntut umum mengajukan dakwaan terhadap 24 orang pelaku utama kejahatan perang dan 6 organisasi kriminal[13] yaitu Pemimpin partai Nazi, Schutzstaffel (SS) dan Sicherheitsdienst (SD), Gestapo, Sturmabteilung (SA) dan Komandan Tertinggi dari angkatan perang Jerman (OKW).

Dakwaan tersebut adalah atas kejahatan sebagai berikut:

  1. Turut serta dalam suatu perencanaan atau konspirasi untuk melaksanakan kejahatan terhadap perdamaian (crime against peace)
  2. Merencanakan, memprakarsai, dan mengadakan peperangan agresi militer dan ataupun kejahatan lainnya terhadap perdamaian
  3. Kejahatan perang (War crime)
  4. Kejahatan kemanusiaan

Yang menjadi terdakwa adalah sebanyak 24 orang yaitu :

"D" Didakwa      "S" didakwa dan terbukti bersalah       "º" Tidak didakwakan

Nama   Tuduhan Hukuman     Catatan
  1     2     3     4        
Bundesarchiv Bild 183-R14128A, Martin Bormann.jpg

Martin Bormann
D º S S Hukuman mati Pengganti Hess sebagai Sekretaris Partai Nazi. Dijatuhi hukuman mati secara in absentia[14], ditemukan pada tahun 1972.[2]
Karl Dönitz.jpg

Karl Dönitz
D G G º 10 tahun penjara Pemimpin dari Kriegsmarine sejak 1943, pengganti dari Raeder. Penggagas gerakan U-boat. Menjadi Presiden Jerman menggantikan Hitler [3]. Pada bukti yang diajukan di persidangan atas Karl Dönitz atas perintahnyalah maka armada U-boat beriring-iringan untuk melanggar aturan Traktat Angkatan Laut London (London Naval Treaty), Laksamana Chester Nimitz menyatakan bahwa terdengar oleh Amerika bahwa telah terjadi peperangan kapal selam tanpa batas (unrestricted submarine warfare)[15] di laut pasifik sejak hari pertama keterlibatan bangsa tersebut dalam peperangan. Dönitz terbukti bersalah atas pelanggaran Traktat London ke II tahun 1936 (Second London Naval Treaty), tetapi putusan terhadapnya tidak dijatuhkan atas dasar pelanggarannya terhadap ketentuan hukum internasional atas peperangan kapal selam.[16]
Ac.frank.jpg

Hans Frank
D º S S Hukuman mati Pemimpin Reich Law 1933-1945 dan Gubernur Jenderal dari General Government di wilayah pendudukan Polandia 1939-1945. Ia menunjukkan rasa penyesalannya[4]
Wilhelm Frick 72-919.jpg

Wilhelm Frick
D S S S Hukuman mati Menteri Dalam Negeri kabinet Hitler 1933-1943 dan Pelindung Reich dari Bohemia-Moravia 1943-1945. Penyusun Hukum Ras Nürnberg (Nuremberg Race Laws)). [5]
Hans Fritzsche12.jpg

Hans Fritzsche
D D D º Dibebaskan Komentator radio terkenal, dan kepala divisi pemberitaan dari Kementerian Propaganda Nazi . Diadili menggantikan posisi Joseph Goebbels[6]
Waltherfunk45.jpg

Walther Funk
D S S S Hukuman seumur hidup Menteri Ekonomi Hitler. Pengganti Schacht sebagai kepala Reichsbank. Dibebaskan oleh karena penyakitnya pada tanggal 16 Mei 1957[7]
Goering1932.jpg

Hermann Göring
S S S S Hukuman mati Reichsmarschall, Komandan Luftwaffe 1935-1945, Kepala dari Perencanaan 4 tahun pada periode 1936-1945, dan kepala beberapa departemen SS. Melakukan bunuh diri pada malam sebelum eksekusi.[8]
Rudolf Heß.jpg

Rudolf Hess
S S D D Hukuman seumur hidup Wakil Hitler, melarikan diri ke Scotlandia pada tahun 1941 dalam upayanya berdamai dengan Inggris. Setelah diadili, dimasukkan ke penjara Spandau ; dan meninggal dunia pada tahun 1987.[9]
Alfred-jodl-72-926.jpg

Alfred Jodl
S S S S Hukuman mati Wehrmacht Generaloberst, bawahan dari Keitel dan Kepala dari divisi operasi O.K.W. pada periode 1938-1945. Selanjutnya dinyatakan tidak bersalah oleh Pengadilan Jerman pada tahun 1953. [10]
Kaltenbrunner.jpg

Ernst Kaltenbrunner
D º S S Hukuman mati Pemimpin SS tertinggi yang selamat.Kepala dari RSHA periode 1943-45, Organ intelijen Nazi pusat. Juga memimpin banyak Einsatzgruppen dan beberapa kamp konsentrasi.[11]
WKeitel.JPG
Wilhelm Keitel
S S S S Hukuman mati Kepala "Oberkommando der Wehrmacht (OKW)" perode 1938-1945.[12]
Bundesarchiv Bild 102-12331, Gustav Krupp von Bohlen und Halbach.jpg
Gustav Krupp von Bohlen und Halbach
D D D D ---- Industrialis utama Nazi. Presiden Direktur dari Krupp A.G periode 1912-45. Secara medis dinyatakan tidak sehat untuk diadili. Jaksa Penuntut Umum berusaha mengganti dakwaan dengan mendakwa anaknya, Alfried (yang menjalankan Krupp menggantikan bapaknya selama berlangsungnya peperangan), tetapi hakim menolaknya oleh karena sangat dekat dengan pemeriksaan persidangan. Alfried akhirnya diajukan dalam persidangan terpisah pada peradilan Nürnberg atas dakwaan melakukan perbudakan, oleh karenanya terlepas dari dakwaan dan kemungkinan hukuman mati.
Bundesarchiv Bild 183-2008-0922-501, Robert Ley.jpg
Robert Ley
I I I I ---- Kepala DAF, Front Tenaga Kerja Jerman. Melakukan bunuh diri pada tanggal 25 Oktober 1945, sebelum persidangan dimulai.
Konstantin von Neurath crop.jpg

Baron Konstantin von Neurath
S S S S 15 tahun penjara Menteri Luar Negeri periode 1932-1938, digantikan oleh Ribbentrop. Kelak menjabat sebagai pelindung Bohemia dan Moravia periode 1939-43. Mengundurkan diri pada tahuin 1943 karena berselisih paham dengan Hitler. Dibebaskan (meninggal karena sakit) pada tanggal 16 November 1954 [13]
Vonpapen1.jpg

Franz von Papen
D D º º Dibebaskan Konsul Jerman pada tahun 1932 dan Wakil Konsul dibawah Hitler pada 1933-1934. Duta Besar untuk Austria 1934-38 dan Duta besar Turki 1939-1944. Walaupun dibebaskan di, von Papen dinyatakan sebagai penjahat perang oleh pengadilan de-Nazifikasi Jerman pada tahun 1947, dan dijatuhi hukuman 8 tahun kerja keras. Ia dibebaskan oleh pengadilan banding setelah menjalani hukuman kerja keras selama 2 tahun. [14]
Erich Raeder.jpg

Erich Raeder
S S S º Penjara seumur hidup Komandan Kriegsmarine sejak 1928 hingga pensiun pada tahun 1943, digantikan oleh Dönitz. Dibebaskan karena sakit dan meninggal dunia pada 26 September 1955[15]
GERibbentrop.jpg

Joachim von Ribbentrop
S S S S Hukuman mati Duta besar - Diplomat yang berkuasa penuh periode 1935-1936. Duta besar Inggris periode 1936-1938. Menteri luar negeri Nazi periode 1938-1945[16]
Bundesarchiv Bild 183-1985-0723-500, Alfred Rosenberg.jpg
Alfred Rosenberg
S S S S Hukuman mati Ideologis pencetus teori ras [17] . Kelak menjadi Menteri wilayah pendudukan timur (Minister of the Eastern Occupied Territories) periode 1941-1945.[17]
Fritz Sauckel.jpg

Fritz Sauckel
D D S S Hukuman mati Gauleiter dari Thuringia periode 1927-1945. Diplomat yang berkuasa penuh dari progaram perbudakan Nazi periode 1942-1945.[18]
HSchacht.jpg

Dr. Hjalmar Schacht
D D º º Dibebaskan Banker dan Ekonom terkemuka. Pada masa sebelum perang ia menjadi presiden dari Reichsbank periode 1923-1930 dan 1933-1938 serta Menteri Ekonomi periode 1934-1937. Mengakui melakukan pelanggaran atas Traktat Versailles (Treaty of Versailles).[19]
Baldur von Schirach beim Diner.jpg

Baldur von Schirach
D º º S 20 tahun penjara Kepala Kepemudaan Hitler (Hitler Youth -Hitlerjugend) sejak 1933 hingga 1940, Gauleiter dari Wina periode 1940-1943. Menunjukkan rasa penyesalannya[20]
Seyss-inquartmugshot.JPG

Arthur Seyss-Inquart
D S S S Hukuman mati Tokoh dari Anschluss dan sempat menjadi Konsulat pada 1938. Wakil dari Frank di Polandia periode 1939-1940. Kelak menjadi Komisaris Reich untuk wilayah npendudukan di Belanda pada tahun 1940-1945. Menunjukkan penyesalannya.[21]
Albert-Speer-72-929.jpg

Albert Speer
D D S S 20 tahun penjara Arsitek kesayangan dan sahabat pribadi Hitler,Menteri Peralatan Perang sejak 1942. Dalam kapasitas inilah ia bertanggung jawab atas penggunaaan budak dari daerah jajahan Jerman untuk diperkerjakan dalam industri pembuatan peralatan perang. production.[22]
Julius Streicher.gif

Julius Streicher
I º º G Death Gauleiter dari Franconia periode 1922-1945. Menghasut kebencian dan pembunuhan terhadap kaum Yahudi melalui surat kabar mingguan miliknya (Der Stürmer).[23]

Melalui persidangan, khususnya antara bulan Januari dan Juli 1946, para tersangka dan saksi telah diwawancarai oleh psikiater Amerika, Leon Goldensohn. Catatannya memuat secara terinci tentang sikap, cara bertindak dan kepribadian dari para tersangka yang selamat. Keputusan hukuman mati dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 1946 dengan cara digantung di tiang gantungan dengan menggunakan cara yang standar. [24] [25] Hakim Perancis menyarankan untuk menggunakan regu tembak dari militer bagi para terhukum yang berasal dari militer, sebagaimana standar yang diberlakukan pada peradilan militer, tetapi hal ini ditentang oleh Biddle dan hakim dari Uni Soviet. Mereka mengajukan argumentasi bahwa perwira militer tersebut telah melanggar etos militer mereka dan tidak berharga untuk diperhadapkan kehadapan regu tembak yang hanya akan menaikkan derajat mereja saja. Para terdakwa yang dijatuhi hukuman penjara dikirm ke Penjara Spandau (Spandau Prison) pada tahun 1947.

Definisi dari perbuatan yang digolongkan kedalam kejahatan perang diatur dalam Prinsip Nürnberg (Nuremberg Principles), yaitu suatu dokumen yang dibuat sebagai hasil dari persidangan. Eksperimen medis yang dilakukan oleh para dokter Jerman tersebut yang dituntut hukuman disebut Peradilan Dokter (Doctors' Trial) yang dilakukan berdasarkan Nuremberg Code sebagai acuan untuk mengatur persidangan dikemudian hari yang melibatkan umat manusia

Dari organisasi yang diadili beberapa diantaranya dinyatakan tidak terbukti bersalah, yaitu:

  • Reichsregierung,
  • Oberkommando and Generalstab der Wehrmacht.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ en:summary execution
  2. ^ Moscow Document
  3. ^ John Crossland Churchill: eksekusi Hitler tanpa melalui peradilan pada The Sunday Times, tanggal 1 Januar1 2006
  4. ^ [1] Konferensi Teheran : Pertemuan saat jamuan makan malam tripartit pada tanggal 29 November 1943 di Kedutaan Sovyet, 8:30 PM
  5. ^ en:denazification
  6. ^ anjuran penggunaan langkah kekerasan dengan tujuan untuk melumpuhkan kemampuan Jerman untuk mengobarkan perang lagi.
  7. ^ Instrument of Surrender of Germany
  8. ^ en:Allied Control Council
  9. ^ Nama "victor justice" (dalam bahasa Jerman, Siegerjustiz) digunakan oleh para advokat untuk suatu situasi dimana mereka meyakini bahwa bangsa yang menang telah menggunakan hukum yang berbeda untuk memutuskan mana yang benar dan mana yang salah dari prajuritnya sendiri dan dari prajurit lawan . Para advokat secara umum mendalilkan bahwa perbedaan penerapan peraturan tersebut adalah suatu kemunafikan yang akan mengakibatkan ketidak adilan. Tujuan dari penamaan tersebut adalah untuk penghinaan.Lihat artikel utama : victor justice]]
  10. ^ Judgement : The Law Relating to War Crimes and Crimes Against Humanity terdapat dalam arsip Proyek Avalon pada Yale Law School. "tetapi pada tahun 1939 aturan ini dicabut pada Konferensi Hague pada tahun 1907 yang diterima oleh seluruh "bangsa beradab" dan dianggap sebagai pendeklarasian "hukum dan kebiasaan perang"
  11. ^ Trial of Otto Skorzeny and Others, General Military Government Court of the U.S. Zone of Germany, 18 August to 9 September, 1947.
  12. ^ Barrister:pengacara Inggris yang berwenang untuk melakukan pembelaan pada pengadilan tinggi (higher court of law), Transcreative wordbook version 3.6(build 50612)
  13. ^ en:criminal organization
  14. ^ in absentia:putusan yang dibacakan tanpa dihadiri oleh tersangka
  15. ^ Unrestricted submarine warfare adalah jenis peperangan dengan menggunakan kapal selam dimana kapal selam tersebut menenggelamkan kapal dagang tanpa memberikan suatu peringatan.
  16. ^ Judgement : Doenitz the Avalon Project at the Yale Law School
  17. ^ Racial theory

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]