Hans Fritzsche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hans Fritzsche
Hans Fritzsche12.jpg
Kepala Kementerian Negara untuk
Penerangan Umum dan Propaganda
Flag of German Reich (1935–1945).svg

Hans Georg Fritzsche (lahir 21 April 1900 – meninggal 27 September 1953 pada umur 53 tahun) adalah pejabat senior Nazi, di akhir perang menjabat sebagai Ministerialdirektor di Propagandaministerium.

Karier[sunting | sunting sumber]

Fritzsche lahir di Bochum (sebuah kota di Daerah Ruhr) dan bertugas di tentara Jerman dari 1917. Setelah perang ia belajar di sejumlah perguruan tinggi dalam waktu yang singkat sebelum menjadi wartawan Hugenberg Press lalu terlibat di media massa radio yang tergolong baru saat itu, bekerja untuk pemerintahan Jerman. Pada bulan September 1932 ia diangkat sebagai kepala Drahtloser Dienst (layanan berita nirkabel). Pada 1 Mei 1933, ia bergabung dengan NSDAP. Di bawah Kementerian Reich Paul Joseph Goebbels ia terus memimpin departemen radio sebelum dipromosikan ke Bagian Berita Kementerian. Pada pertengahan tahun 1938 ia menjadi wakil Alfred Berndt di Divisi Pers Jerman. Bertanggung jawab untuk mengendalikan berita Jerman, kantor itu juga disebut Divisi Pers Dalam Negeri. Pada bulan Desember 1938 ia diangkat sebagai kepala Divisi Pers Dalam Negeri. Pada bulan Mei 1942 Goebbels mengendalikan divisi itu secara pribadi, dan Fritzsche kembali ke karier radio untuk kementerian sebagai tokoh yang berkuaa penuh untuk organisasi politik Jerman Besar dan kepala Divisi Radio Kementerian.

Pengadilan militer[sunting | sunting sumber]

Fritzsche menjadi tawanan prajurit Soviet di Berlin pada 2 Mei 1945. Ia diadili sebelum tibanya Pengadilan Militer Internasional. Di tempat matinya Joseph Goebbels, ia didakwa dengan konspirasi mengadakan kejahatan terhadap perdamaian, kejahatan perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Ia adaah salah satu dari 3 tokoh Nazi yang dibebaskan di Nürnberg, namun ia didakwa lagi dengan kejahatan lain dan akhirnya dihukum 9 tahun penjara. Ia dibebaskan pada bulan September 1950 dan segera setelah itu meninggal akibat kanker. Istrinya Hildegard Springer meninggal pada tahun yang sama.