Erhard Milch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Erhard Milch (30 Maret 1892 – 25 Januari 1972) adalah seorang marsekal jenderal lapangan (Generalfeldmarschall) Jerman yang mengawasi pengembangan angkatan udara Jerman (Luftwaffe) sebagai bagian dari persenjataan kembali Nazi Jerman setelah Perang Dunia I. Ia adalah anggota negara Sekretaris di Kementerian Penerbangan Reich dan Inspektur Jenderal Angkatan Udara. Selama sebagian besar Perang Dunia II, dia bertanggung jawab atas semua produksi dan pasokan pesawat. Dia dihukum karena kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan selama Pengadilan Milch, yang diadakan di hadapan pengadilan militer AS pada tahun 1947, dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Namun, hukuman Milch diringankan menjadi 15 tahun pada tahun 1951. Ia dibebaskan bersyarat pada tahun 1954, dan meninggal pada tahun 1972.

Warisan leluhur dan Yahudi[sunting | sunting sumber]

Milch lahir di Wilhelmshaven, putra Anton Milch, seorang apoteker Yahudi yang bertugas di Angkatan Laut Kekaisaran Jerman, dan Clara, née Vetter. Gestapo kemudian menyelidiki Milch karena keturunan Yahudinya. Berdasarkan Undang-undang Nuremberg, Milch akan dikategorikan sebagai ras campuran (mischling). Namun, dia tidak akan dianggap Yahudi menurut ortodoksi (atau halakha) agama tersebut, yang menyatakan bahwa status Yahudi seseorang diturunkan melalui ibu.

Pada tahun 1935, rumor mulai beredar bahwa ayah Milch adalah seorang Yahudi. Gestapo memulai penyelidikan yang dihentikan oleh Hermann Göring, panglima Luftwaffe, yang memberikan pernyataan tertulis dari ibu Milch bahwa ayah kandungnya adalah pamannya, Karl Brauer. Milch kemudian diberikan Sertifikat Darah Jerman. Jika benar, berarti ibu Milch, Clara, tidak hanya melakukan perzinahan tetapi juga inses.

Penulis dan penyangkal Holocaust David Irving mengklaim dalam bukunya The Rise and Fall of the Luftwaffe: The Life of Field Marshal Erhard Milch, bahwa Milch memintanya untuk tidak mengungkapkan kebenaran tentang asal usulnya, meskipun Irving menyatakan bahwa ayah Erhard bukanlah Anton Milch dan berkonsentrasi pada paman buyutnya yang kaya, Karl Brauer (yang meninggal pada tahun 1906), dia sebenarnya tidak menyebut Brauer sebagai ayahnya. Namun, Irving, yang mengaku memiliki akses ke buku harian dan surat-surat pribadi Marsekal Lapangan, mengatakan rumor tentang asal usul Milch mulai menyebar pada musim gugur tahun 1933, dan bahwa Erhard Milch secara pribadi memperoleh pernyataan yang ditandatangani oleh ayahandanya, Anton, bahwa dia bukanlah ayah dari anak-anak Clara. Lebih lanjut, Irving mengklaim bahwa Clara Milch telah menulis surat kepada menantunya Fritz Herrmann pada bulan Maret 1933 untuk menjelaskan keadaan pernikahannya, dan bahwa Göring telah memulai penyelidikannya sendiri yang mengidentifikasi ayah kandungnya. Selama persidangan Nuremberg tahun 1946, Milch kembali ditanyai tentang dugaan ayahnya yang seorang Yahudi dan peran Göring dalam masalah tersebut oleh Kepala Jaksa Amerika Serikat, Robert H. Jackson.

Perang Dunia I dan karir antar perang[sunting | sunting sumber]

Milch mendaftar di Angkatan Darat Jerman pada tahun 1910, di mana ia naik pangkat menjadi letnan dan memimpin unit artileri di Prusia Timur pada awal Perang Dunia Pertama. Dia melihat aksi melawan Tentara Rusia di Sungai Deime pada bulan September 1914 dan kemudian di Jalur Angerapp pada bulan Februari 1915. Pada bulan Juli 1915, dia dipindahkan ke Fliegertruppe (Angkatan Udara Kekaisaran) dan dilatih sebagai pengamat udara di Front Barat, melihat aksi di Somme pada tahun 1916 (selama periode menjadi Luftstreitkräfte pada bulan Oktober tahun itu) dan kemudian di Flanders pada tahun 1917. Setelah bertugas sebagai komandan kompi di parit pada musim semi dan musim panas tahun 1918, di hari-hari memudarnya Selama perang, ia dipromosikan menjadi kapten dan ditunjuk untuk memimpin sayap tempur, Jagdgruppe 6, meskipun ia belum pernah dilatih sebagai pilot dan tidak bisa terbang sendiri.

Milch mengundurkan diri dari militer pada tahun 1920 untuk mengejar karir di bidang penerbangan sipil. Dengan rekan skuadron Gotthard Sachsenberg, Milch membentuk maskapai penerbangan kecil di Danzig di bawah bendera Lloyd Luftdienst, persatuan maskapai penerbangan regional Jerman milik Norddeutscher Lloyd. Maskapai ini menghubungkan Danzig ke Amerika Baltik. Pada tahun 1923, Milch menjadi direktur pelaksana perusahaan penggantinya. Dari sana, Milch dan Sachsenberg bekerja untuk saingannya Junkers Luftverkehr, di mana Milch diangkat sebagai direktur pelaksana pada tahun 1925. Pada tahun 1926, Milch diangkat menjadi direktur pelaksana (satu dari tiga) maskapai penerbangan yang baru dibentuk Deutsche Luft Hansa. Milch bergabung dengan Partai Nazi (nomor 123885) pada tanggal 1 April 1929, tetapi keanggotaannya baru diakui secara resmi pada bulan Maret 1933, karena Hitler menganggap perlu menyembunyikan fakta tersebut karena alasan politik.

Pada tanggal 5 Mei 1933, Milch mengambil posisi sebagai Sekretaris Negara Kementerian Penerbangan Reich (RLM) yang baru dibentuk, bertanggung jawab langsung kepada Hermann Göring. Dalam kapasitasnya, ia berperan penting dalam mendirikan Luftwaffe, angkatan udara Nazi Jerman. Milch dengan cepat menggunakan posisinya untuk menyelesaikan masalah pribadi dengan tokoh industri penerbangan lainnya, termasuk Hugo Junkers dan Willy Messerschmitt. Secara khusus, Milch melarang Messerschmitt mengirimkan desain dalam kompetisi pesawat tempur baru untuk Luftwaffe. Messerschmitt mengungguli Milch, menghindari larangan tersebut dan berhasil mengirimkan desain. Entri korporat Bayerische Flugzeugwerke rancangan Messerschmitt, Bf 109, terbukti menjadi pemenangnya. Messerschmitt mempertahankan posisi terdepannya dalam industri pesawat terbang Jerman hingga kegagalan pesawat Me 210. Bahkan setelah itu Milch, sebagai pemimpin, tidak memecatnya, melainkan menempatkannya pada posisi inferior.

Pada tahun 1935 keraguan tentang asal usul etnis Erhard Milch dimulai ketika beredar rumor bahwa ayahnya Anton Milch adalah seorang Yahudi. Gestapo memulai penyelidikan tetapi dihentikan oleh Göring, yang memaksa ibu Erhard untuk menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa Anton bukanlah ayah sebenarnya dari Erhard dan saudara laki-lakinya, melainkan pamannya Karl Brauer. Peristiwa tersebut dan perpanjangan "Sertifikat Darah Jerman" kemudian menjadi latar belakang pernyataan Göring, "Saya memutuskan siapa yang menjadi seorang Yahudi di angkatan udara". Namun, banyak yang percaya bahwa ia hanya mengutip Karl Lueger, mantan walikota Wina.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Dalam reorganisasi tanggal 1 Februari 1939, Milch, yang sekarang berpangkat Generaloberst, diberi pekerjaan tambahan sebagai Inspektur Jenderal Luftwaffe. Setelah pecahnya Perang Dunia II, Milch memimpin Luftflotte 5 selama Operasi Weserübung di Norwegia. Setelah kekalahan Perancis, Milch dipromosikan menjadi Generalfeldmarschall (field marshal) pada Upacara Field Marshal tahun 1940. Setelah Generaloberst Ernst Udet bunuh diri pada November 1941, Milch menggantikannya sebagai Generalluftzeugmeister, yang bertanggung jawab atas semua produksi, persenjataan, dan pasokan pesawat Luftwaffe. Pada bulan April 1942 ia diangkat ke Badan Perencanaan Pusat bersama Albert Speer, Menteri Persenjataan dan Produksi Perang Reich, dan Paul Körner, Sekretaris Negara Rencana Empat Tahun, dalam upaya mengoordinasikan kendali atas semua produksi perang industri.

Milch membatalkan produksi Me 210 dan He 177 yang tidak efektif dan berbahaya dan mengembalikannya ke pengembangan. Di bawah arahannya, produksi pesawat fokus pada produksi massal model yang telah diuji dan dicoba. Produksi meningkat dua kali lipat pada musim panas tahun 1943 dibandingkan dengan musim dingin tahun 1941–1942. Adam Tooze menulis "Untuk pertama kalinya, industri pesawat terbang Jerman mampu mencapai skala ekonomi yang besar. Sumber daya yang disalurkan ke Luftwaffe pada tahun 1940–41 kini terkonsentrasi pada perakitan massal". Untuk mencapai tingkat produksi massal ini, Kementerian Persenjataan dan industri bekerja sama dengan SS untuk mendapatkan tenaga kerja dari kamp konsentrasi. Karena hubungan Milch dengan SS, Luftwaffe mempunyai keuntungan dalam memperoleh tenaga kerja budak. Untuk meningkatkan kuantitas, Milch juga melakukan beberapa pengorbanan dalam kualitas, terutama dalam kasus Bf 109. Ketika Angkatan Udara AS mulai secara langsung menantang pasukan tempur Luftwaffe, dampak dari keputusan Milch diperlihatkan. Penanganan Bf 109 G sangat buruk sehingga, dalam kata-kata Tooze, "tidak lebih dari jebakan maut".

Pada tanggal 10 Agustus 1943, Milch akhirnya membahas kurangnya pesawat pengebom berat "bermesin empat" di Jerman untuk melakukan serangan terhadap Inggris Raya. Dia mendukung Arado Flugzeugwerke untuk menjadi subkontraktor untuk desain pembom berat bermesin terpisah Heinkel He 177B. Hanya tiga prototipe yang dapat terbang diselesaikan pada awal tahun 1944. Sejak Maret 1944, Milch, bersama dengan Speer, mengawasi aktivitas Jägerstab ("Staf Tempur"), sebuah gugus tugas pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pesawat tempur, sebagian. dengan memindahkan fasilitas produksi ke bawah tanah. Bekerja sama dengan SS, gugus tugas ini memainkan peran penting dalam eksploitasi tenaga kerja budak untuk kepentingan industri pesawat terbang Jerman dan Luftwaffe.

Ketika agitasi di antara banyak pekerja asing di pabriknya mengancam produksi, Milch bisa merujuk pada hubungannya dengan Himmler.

Saya berbicara dengan Himmler baru-baru ini tentang hal ini, dan mengatakan kepadanya bahwa tugas utamanya adalah melindungi industri Jerman jika terjadi kerusuhan di kalangan sampah asing ini.

Jika, misalnya, terjadi pemberontakan di X, seorang perwira dengan beberapa orang, atau seorang letnan dengan tiga puluh tentara, harus muncul di pabrik dan melepaskan senapan mesinnya ke arah massa. Tujuannya adalah untuk memecat sebanyak mungkin orang, jika terjadi pemberontakan. Ini perintah yang saya keluarkan, meski orang itu adalah TKA kita sendiri.

Setiap orang kesepuluh harus dipilih, dan setiap orang kesepuluh akan ditembak di depan yang lain.

Pada tahun 1944 Milch memihak Joseph Goebbels, menteri propaganda dan Heinrich Himmler, Reichsführer-SS, dalam upaya meyakinkan Adolf Hitler untuk mencopot Göring dari komando Luftwaffe. Ketika Hitler menolak, Göring membalas dengan memaksa Milch keluar dari posisinya sebagai Sekretaris Negara dan Generalluftzeugmeister pada tanggal 20 Juni 1944, dan sebagai Inspektur Jenderal Luftwaffe pada bulan Januari 1945. Sejak Agustus 1944, ia bekerja di bawah Speer di Rüstungsstab (Staf Persenjataan) tetapi dikesampingkan dan mencapai sedikit. Dia terluka dalam kecelakaan mobil pada musim gugur 1944 dan dirawat di rumah sakit selama beberapa minggu. Akhirnya ditempatkan di Führerreserve pada bulan Maret 1945, dia tidak ditugaskan kembali.

Setelah Hitler bunuh diri, Milch berusaha melarikan diri dari Jerman, namun ditangkap oleh pasukan Sekutu di pantai Baltik pada tanggal 4 Mei 1945. Saat menyerah, ia menyerahkan tongkat komando lapangannya kepada Brigadir Inggris Derek Mills-Roberts, yang merasa sangat muak dan marah. oleh kekejaman yang dia lihat ketika membebaskan kamp konsentrasi Bergen-Belsen sehingga dia menuntut untuk mengetahui pemikiran Milch tentang pemandangan mengerikan yang disaksikannya. Jawaban Milch (dalam bahasa Inggris) adalah "orang-orang ini bukanlah manusia seperti Anda dan saya". Hal ini membuat Mills-Roberts sangat marah sehingga dia mengambil tongkat Field Marshal dari bawah lengan Milch dan mulai memukuli kepala Milch secara brutal sampai tongkat itu patah, kemudian beralih ke botol sampanye. Keesokan harinya, Mills-Roberts pergi ke Field Marshal Bernard Montgomery untuk meminta maaf karena kehilangan kesabarannya terhadap tawanan perang senior Jerman, hanya untuk Montgomery menutupi kepalanya dengan tangannya untuk berpura-pura melindungi diri dan bercanda, "Saya dengar Anda punya hal tentang Field Marshals", tanpa mengatakan apa pun lagi mengenai kecerobohan Mills-Roberts. Insiden itu menyebabkan Milch mengalami beberapa luka memar dan retak pada tengkoraknya.

Pengadilan dan hukuman di Nuremberg[sunting | sunting sumber]

Kejahatan perang, dengan berpartisipasi dalam perlakuan buruk dan penggunaan kerja paksa terhadap tawanan perang (POW) dan deportasi warga sipil untuk tujuan yang sama.

Kejahatan terhadap kemanusiaan, dengan berpartisipasi dalam pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, deportasi, pemenjaraan, penyiksaan, dan penggunaan tenaga kerja paksa terhadap warga sipil yang berada di bawah kendali Jerman, warga negara Jerman, dan tawanan perang.

Milch dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Berbeda dengan sebagian besar penjahat perang Nazi lainnya yang diadili berdasarkan hukum militer AS, Milch tidak langsung dikirim ke Penjara Landsberg untuk menjalani hukumannya. Dia malah dikirim ke Penjara Rebdorf, dekat Munich, tapi akhirnya dipindahkan ke Landsberg. Hukuman Milch diringankan menjadi 15 tahun penjara pada tahun 1951, dan dia dibebaskan bersyarat pada bulan Juni 1954. Dia menjalani sisa hidupnya di Düsseldorf, di mana dia meninggal pada tahun 1972 sebagai marshal lapangan Luftwaffe terakhir yang masih hidup.

Budaya populer[sunting | sunting sumber]

Dalam film Battle of Britain tahun 1969, Milch diperankan oleh aktor Jerman Dietrich Frauboes.

Aktor Amerika Robert Vaughn memerankan Milch dalam film televisi tahun 1982, Inside the Third Reich.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Knight's Cross of the Iron Cross pada tanggal 4 Mei 1940 sebagai Generaloberst dan kepala Luftflotte 5 dan Befehlshaber Nord (panglima tertinggi utara).

Salib Agung dengan Pedang Ordo Mawar Putih Finlandia pada tanggal 30 Maret 1942 sebagai Generalfeldmarschall.