Penyensoran Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Penyensoran Wikipedia telah terjadi di sebagian negara, terutama di Tiongkok, Iran, Suriah, Pakistan, Thailand, Tunisia, Inggris, dan Uzbekistan.

Menurut negara[sunting | sunting sumber]

Republik Rakyat Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Wikipedia bahasa Mandarin diluncurkan pada Mei 2001.[1] Wikipedia mendapat liputan positif oleh pers pemerintah China pada awal tahun 2004, tapi diblokir pada tanggal 3 Juni 2004 selama ulang tahun ke-15 protes Lapangan Tiananmen tahun 1989. Proposal untuk menerapkan sensor tersendiri dalam upaya untuk memulihkan situs itu ditolak oleh komunitas Wikipedia bahasa Mandarin.[1] Namun, sebuah artikel di International Herald Tribune membandingkan entri di Wikipedia bahasa Mandarin dan bahasa Inggris tentang topik seperti Mao Zedong dan Taiwan, menyimpulkan bahwa entri Mandarin telah "dibersihkan" dari kontroversi politik.[2] Pada tanggal 22 Juni 2004, akses ke Wikipedia dipulihkan tanpa penjelasan.[1] Wikipedia diblokir lagi untuk alasan yang tidak diketahui pada bulan September,[3] tetapi hanya selama empat hari.[1] Wikipedia diblokir di China pada bulan Oktober 2005. Pengguna Wikipedia bahasa Mandarin, Shi Zhao dan Cui Wei menulis surat kepada teknisi dan otoritas untuk mencoba meyakinkan mereka untuk membuka blokir Wikipedia. Bagian dari surat itu berbunyi, "Dengan menmblokir Wikipedia, kita kehilangan kesempatan untuk mempresentasikan suara China kepada dunia, memungkinkan kultus jahat, kekuatan kemerdekaan Taiwan dan lain-lain ... untuk menyajikan pandangan terdistorsi dari Tiongkok."[1]

Pada bulan Oktober 2006, The New York Times melaporkan bahwa Wikipedia bahasa Inggris telah dibuka blokirnya di China, meskipun versi bahasa Mandarin tetap diblokir. Peneliti media Andrew Lih menulis di blognya bahwa ia tidak bisa membaca artikel berbahasa Inggris pada protes Lapangan Tiananmen tahun 1989 di Tiongkok.[4] Lih mengatakan bahwa "tidak ada yang mengoperasikan Tembok Besar Cina sendiri", mencatat bahwa penyedia layanan internet tersedia berbagai lokasi yang berbeda di China, seperti China Netcom di Beijing, China Telecom di Shanghai, dan Anhui. Wikipedia bahasa Mandarin hanya diblokir di Anhui.[5] Reporters Without Borders, sebuah organisasi advokasi memuji para kontributor Wikipedia untuk tidak menyensor diri sendiri.[6]

Pada tanggal 16 November 2006, kantor berita Reuters melaporkan halaman utama Wikipedia bahasa Mandarin dapat ditampilkan, kecuali untuk beberapa konten berbau politik, seperti "4 Juni, [protes 1989]".[7] Namun, laporan selanjutnya melaporkan bahwa Wikipedia bahasa Mandarin dan Inggris telah diblokir kembali hari berikutnya pada 17 November.[8] Pada tanggal 15 Juni 2007, akses ke artikel apolitis pada Wikipedia bahasa Inggris dipulihkan.[9] Pada tanggal 6 September 2007, Berita IDG melaporkan bahwa Wikipedia bahasa Inggris diblokir lagi.[10]

Pada tanggal 2 April 2008, The Register melaporkan bahwa blokir pada Wikipedia bahasa Inggris dan Mandarin telah dicabut.[11][12] Hal ini dikonfirmasi oleh BBC, dan diduga karena banyaknya wartawan asing tiba di Beijing untuk meliput Olimpiade 2008 dan permintaan Komite Olimpiade Internasional untuk kebebasan pers selama Olimpiade.[13] Pada bulan September 2008, Jimmy Wales mengadakan pertemuan dengan Cai Mingzhao, Wakil Direktur Kantor Informasi Dewan Negara China. Sementara tidak ada kesepakatan yang dibuat, Wales percaya bahwa saluran komunikasi telah dibuka antara komunitas Wikipedia dan pemerintah RRT..[14] Pada 2012, baik Wikipedia bahasa Mandarin maupun bahasa Inggris dapat diakses di China, kecuali untuk artikel politik.[15] Jika ada alamat IP Cina mencoba untuk mengakses (termasuk mencari) artikel "sensitif", alamat IP tersebut akan diblokir dari mengunjungi Wikipedia selama beberapa menit.

Efek[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 10 November 2006, blogger Andrew Lih melaporkan bahwa Wikipedia bahasa Mandarin tampaknya telah sepenuhnya dibebaskan dari blokir.[16] Lih mengkonfirmasi pembebasan blokir secara keseluruhan beberapa hari kemudian dan menawarkan analisis parsial efek berdasarkan tingkat pembuatan akun baru di Wikipedia bahasa Mandarin. Sebelum blokir, 300-400 akun baru dibuat di Wikipedia bahasa Mandarin setiap hari. Dalam empat hari setelah blokir, tingkat pendaftaran baru lebih dari tiga kali lipat menjadi lebih dari 1.200 setiap hari, membuat versi Mandarin menjadi Wikipedia paling cepat pertumbuhannya kedua setelah versi Inggris. Demikian pula, 75% artikel lebih banyak dibuat dalam pekan yang berakhir pada 13 November dibandingkan selama seminggu sebelumnya. Datang pada akhir pekan yang sama bahwa Wikipedia bahasa Mandarin melewati 100.000 artikel, Lih meramalkan bahwa 100.000 kedua akan datang dengan cepat tetapi dengan syarat pengguna senior Wikipedia Mandarin mau berinisiatif mengajar pengguna baru dan mengajar mereka kebijakan dasar Wikipedia dan norma-norma yang ada.[17]

Iran[sunting | sunting sumber]

Di Iran, beberapa halaman dari Wikipedia bahasa Persia termasuk artikel tentang seksualitas dan artikel politik khususnya tentang pemilihan umum Iran 2010 diblokir. Wikipedia bahasa Ibrani dan artikel tentang seksualitas dari Wikipedia bahasa Inggris juga diblokir di Iran.

Italia[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 4 Oktober 2011, menyusul keputusan komunitas, isi dari Wikipedia bahasa Italia disembunyikan dan situs itu diblokir oleh pengelolanya, sebagai protes terhadap pasal 29 dari "DDL intercettazioni" (Rancangan undang-undang Penyadapan).[18] RUU yang diusulkan akan memberi hak setiap orang yang percaya diri mereka telah disinggung oleh isi dari sebuah situs web untuk menyiarkan balasan, tidak bisa disunting dan tidak bisa dikomentari, di situs web yang sama, dalam waktu 48 jam dan tanpa peninjauan terlebih dahulu tentang klaim oleh hakim atau menghadapi denda €12.000.

Pada tanggal 4, 5 dan 6 Oktober semua halaman di versi Italia diarahkan ke pernyataan menentang undang-undang yang diusulkan.[19] Pernyataan tersebut juga tersedia di versi bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Ibrani,dan Esperanto. Pada tanggal 7 Oktober, halaman Wikipedia bahasa Italia kembalian tersedia, tetapi pemberitahuan tentang undang-undang yang diusulkan masih ditampilkan di bagian atas halaman.

Pakistan[sunting | sunting sumber]

Wikipedia bahasa Inggris diblokir selama beberapa hari di Mei 2010 di Pakistan selama kontroversi seputar Everybody Draw Mohammed Day.[20][21]

Arab Saudi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Juli 2006, pemerintah Saudi memblokir akses ke Google dan Wikipedia untuk artikel yang mengandung konten seksualitas dan politik.[22][23] Banyak artikel dari Wikipedia bahasa Inggris dan Arab disensor di Arab Saudi.

Suriah[sunting | sunting sumber]

Akses ke Wikipedia bahasa Arab diblokir di Suriah antara 30 April 2008 dan 13 Februari 2009, meskipun edisi bahasa lain tetap dapat diakses.

Thailand[sunting | sunting sumber]

Artikel Wikipedia tentang Raja Bhumibol Adulyadej telah diblokir oleh sebagian besar penyedia jasa internet Thailand sejak Oktober 2008, karena kekhawatiran terhadap lèse majesté.

Tunisia[sunting | sunting sumber]

Situs Wikimedia diblokir di Tunisia antara 23 dan 27 November 2006.

Inggris[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2008, Internet Watch Foundation, sebuah organisasi nonpemerintah yang berbasis di Inggris , menambahkan artikel Wikipedia, Virgin Killer ke daftar hitam internet, karena adanya gambar sampul yang menampilkan pornografi anak, gambar telah melanggar level terendah hukum: "berpose erotis tanpa aktivitas seksual".[24] Akibatnya, pengguna Internet di Inggris diblokir dari melihat seluruh artikel oleh sistem Cleanfeed,[24][25][26] dan sebagian besar pengguna dari Inggris diblokir untuk menyunting Wikipedia. Setelah diskusi, perwakilan Wikimedia Foundation (yang menghostkan situs Wikipedia),[27] dan pengaduan masyarakat,[28] IWF membatalkan keputusan mereka tiga hari kemudian, dan menegaskan bahwa di masa depan mereka tidak akan memblokir salinan gambar yang dihostkan di luar negeri.[29]

Uzbekistan[sunting | sunting sumber]

Wikipedia telah diblokir dua kali di Uzbekistan, pada tahun 2007 dan 2008.[30] Wikipedia bahasa Uzbek terkadang diblokir di Uzbekistan pada akhir September atauawal Oktober 2011, tetapi hanya menarik perhatian pers internasional pada akhir 2012 berikutan laporan pemblokiran RFE/RL pada tanggal 16 Februari 2012.[31] Pengguna internet di Uzbekistan yang mencoba mengakses halaman versi Uzbek diarahkan ke msn.com dari Microsoft. Pengguna di Uzbekistan dengan mudah dapat membuka artikel Wikipedia dalam bahasa lain. Hanya artikel berbahasa Uzbek yang diblokir.[32]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Pan, Philip (20 February 2006). "Reference Tool On Web Finds Fans, Censors". The Washington Post (Beijing). Diakses 23 December 2011. 
  2. ^ Montopoli, Brian (30 November 2006). "Is Wikipedia China Really Wikipedia?". CBS News. Associated Press. Diarsipkan dari aslinya tanggal 24 July 2012. Diakses 23 December 2011. 
  3. ^ "Alert: Authorities block access to online encyclopaedia". International Freedom of Expression Exchange. 21 October 2005. Diakses 23 October 2011. 
  4. ^ Cohen, Noam (16 October 2006). "Chinese Government Relaxes Its Total Ban on Wikipedia". The New York Times. Diakses 23 December 2011. 
  5. ^ "China PARTIALLY unblocks Wikipedia". andrewlih.com blog. Diakses 24 December 2006. 
  6. ^ "China 'unblocks' Wikipedia site". BBC News. 16 November 2006. Diakses 23 December 2011. 
  7. ^ "Wikipedia unblocked in China after year-long ban". Reuters. Diakses 24 December 2006. 
  8. ^ "The Nanny changes her mind: Wikipedia blocked again". DANWEI. Diakses 24 December 2006. 
  9. ^ "English Wikipedia unblocked in China". Diakses 20 June 2007. 
  10. ^ Schwankert, Steven (6 September 2007). "Wikipedia Blocked in China Again". IDG News via PCworld. Diakses 26 January 2008. 
  11. ^ Barak, Sylvie (3 April 2008). "China uncensors Wikipedia". The Inquirer. Diakses 3 April 2008. 
  12. ^ Cade Metz (31 July 2008). "Chinese net censors unblock BBC, Wikipedia". The Register. Diakses 31 July 2008. 
  13. ^ "Beijing unblocks BBC Chinese site", BBC, 31 July 2008
  14. ^ "Wikipedia's Jimmy Wales meets China's censors". Rconversation.blogs.com. 1 October 2008. Diakses 13 June 2011. 
  15. ^ "Wikipedia founder caps off MSE Symposium". The John Hopkins News-Letter. 15 November 2012. Diakses 23 November 2012. 
  16. ^ "Chinese Wikipedia now fully unblocked?". andrewlih.com blog. Diakses 24 December 2006. 
  17. ^ "Chinese Wikipedia’s Surge in Growth". andrewlih.com blog. Diakses 24 December 2006. 
  18. ^ "Camera dei Deputati: disegno di legge N. 1415-B" (dalam bahasa Italian). Camera dei Deputati. 11 June 2010. Diakses 4 October 2011.  (English translation)
  19. ^ "Wikipedia Shuts Down Italian Site In Response To Berlusconi's New Wiretap Act", Adam Taylor, Business Insider, 4 October 2011
  20. ^ Ali, Basit (20 May 2010). "Youtube, Wikipedia, Flickr blocked in Pakistan after Facebook". Diakses 2011. 
  21. ^ "Pakistan blocks access to YouTube in internet crackdown". BBC News. 20 May 2010. Diakses 2011. 
  22. ^ Arabnews.com, 19 Juli 2006
  23. ^ Arabianews.org versi Inggris
  24. ^ a b Arthur, Charles (8 December 2008). "Wikipedia row escalates as internet watchdog considers censoring Amazon US over Scorpions image". Guardian News and Media Limited. Diakses 8 December 2008. 
  25. ^ "Wikipedia child image censored". BBC News. 8 December 2008. Diakses 8 December 2008. 
  26. ^ AP: Wikipedia article blocked in UK over child photo
  27. ^ "Censorship in the United Kingdom disenfranchises tens of thousands of Wikipedia editors", Wikimedia Foundation press release, 7 December 2008
  28. ^ ZDNet cites "floods of angry users".
  29. ^ "IWF statement regarding Wikipedia webpage". Internet Watch Foundation. Diakses 9 December 2008. 
  30. ^ "Uzbekistan Blocks Its Wikipedia". RIA Novosti. 17 February 2012. Diakses 21 February 2012. 
  31. ^ "The Uzbek Wikipedia is Blocked in Uzbekistan (In Uzbek)". RFE/RL's Uzbek Service. 16 February 2012. Diakses 14 July 2012. 
  32. ^ "Wikipedia Articles In Uzbek Blocked". RFE/RL's Uzbek Service. 16 February 2012. Diakses 21 February 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]