Komunitas Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Wikipediawan" beralih ke halaman ini. Anda mungkin mencari Wikipedia:Wikipediawan.
Komunitas Wikipedia
WM2006 0018.jpg
Wikimania, konferensi tahunan untuk pengguna Wikipedia dan proyek lain yang dioperasikan Wikimedia Foundation

Komunitas Wikipedia adalah komunitas kontributor ensiklopedia daring Wikipedia. Para kontributor ini disebut "Wikipediawan" (Wikipedian). Sebagian besar di antaranya adalah relawan.

Ukuran[sunting | sunting sumber]

Penelitian terhadap ukuran komunitas Wikipedia menunjukkan tingkat pertumbuhan eksponensial jumlah kontributor Wikipedia pada tahun-tahun pertamanya. Pada tahun 2009, pertumbuhan komunitas melambat.[1] Pada November 2011, kurang lebih terdapat 31,7 juta akun pengguna terdaftar di seluruh versi bahasa dan 270.000 di antaranya aktif setiap bulan.[2]

Pada bulan April 2008, penulis dan dosen Clay Shirky dan ilmuwan komputer Martin Wattenberg memperkirakan waktu total yang diperlukan untuk menciptakan Wikipedia secara kasar adalah 100 juta jam kerja.[3]

Motivasi[sunting | sunting sumber]

Foto bersama Wikimania 2012.
Video yang menjelaskan antusiasme komunitas Wikipedia

Anggota komunitas Wikipedia secara keseluruhan tidak menerima kompensasi uang atau bentuk kompensasi lain seperti kenaikan status di kalangan komunitas ataupun kemungkinan untuk mempromosikan diri sendiri.

Berbagai studi telah dilakukan mengenai motivasi kontributor Wikipedia. Pada tahun 2003, penelitian Wikipedia sebagai suatu komunitas karya mahasiswa Ph.D. ekonomi Andrea Ciffolilli berpendapat bahwa biaya transaksi rendah saat berpartisipasi dalam perangkat lunak wiki menjadi pendorong pengembangan kolaboratif, dan pendekatan "konstruksi kreatif" mendorong terjadinya partisipasi.[4] Karya tulis Andrea Forte dan Amy Bruckman tahun 2005 berjudul "Why Do People Write for Wikipedia? Incentives to Contribute to Open-Content Publishing" membahas kemungkinan motivasi para kontributor Wikipedia. Karya tulis ini menerapkan konsep Latour dan Woolgar tentang siklus kredit pada kontributor Wikipedia dengan berpendapat bahwa alasan orang-orang menulis di Wikipedia adalah mendapatkan pengakuan di dalam komunitas.[5]

Oded Nov, dalam penelitiannya tahun 2007 yang berjudul "What Motivates Wikipedians", mengaitkan motivasi relawan secara umum dengan motivasi orang-orang yang berkontribusi di Wikipedia.[6] Nov melakukan survei menggunakan enam motivasi relawan yang diidentifikasi di karya tulis sebelumnya.[7] Enam motivasi tersebut adalah:

  • Nilai – mengekspresikan nilai-nilai dengan altruisme dan membantu orang
  • Sosial – bergaul dengan teman, ikut serta dalam aktivitas yang disukai orang
  • Pemahaman – memperluas pengetahuan melalui aktivitas
  • Karier – memperoleh pengalaman dan kemampuan kerja
  • Protektif – mengurangi beban atas kepentingan pribadi
  • Perbaikan – mendemonstrasikan pengetahuan kepada orang lain

Untuk keenam motivasi tersebut, ia juga menambahkan:

  • Ideologi – menyatakan dukungan terhadap apa yang dipandang sebagai ideologi dasar aktivitas (yaitu keyakinan bahwa pengetahuan harus dibebaskan)
  • Kesenangan – menikmati aktivitas

Survei menunjukkan bahwa motif yang paling umum adalah "kesenangan", "ideologi", dan "nilai", sedangkan yang kurang umum adalah "karier", "sosial", dan "protektif".[6]

Wikimedia Foundation telah melakukan beberapa survei terhadap kontributor dan pengguna Wikipedia. Tahun 2008, Wikimedia Foundation, bersama Collaborative Creativity Group di UNU-Merit, melakukan survei pembaca dan penyunting Wikipedia. Ini adalah survei Wikipedia terbesar yang pernah dilakukan.[8] Hasilnya dipublikasikan dua tahun kemudian pada tanggal 24 Maret 2010.[9] Tahun 2011, Wikimedia Foundation mulai mengadakan survei semi-tahunan untuk lebih memahami penyunting Wikipedia dan memenuhi kebutuhan mereka.[10][11]

"Motivations of Wikipedia content contributors", karya tulis Heng-Li Yang dan Cheng-Yu Lai, berhipotesis bahwa karena berkontribusi ke Wikipedia bersifat sukarela, kenikmatan seorang individu saat berpartisipasi akan menjadi motivator terbesarnya.[12] Akan tetapi, studi mereka menunjukkan bahwa meski orang-orang awalnya menyunting Wikipedia karena nikmat, motivasi yang mungkin mendorong mereka untuk terus berkontribusi adalah motivasi berbasis konsep sendiri seperti "Aku ingin berbagi pengetahuan yang membuatku memiliki pencapaian pribadi."[12]

Penyunting Wikipedia sering memberikan testimoni pribadi tentang sebab mereka berkontribusi di Wikipedia. Tema umum dari testimoni mereka adalah kenikmatan yang didapat dari berkontribusi di Wikipedia dan menjadi bagian dari Wikipedia. Selain itu, ada juga sifat kecanduan saat menyunting Wikipedia. Gina Trapani dari Lifehacker mengatakan, "Ternyata menyunting sebuah artikel tidak menakutkan sama sekali. Mudah, sangat memuaskan, dan bisa membuat ketagihan."[13] Jimmy Wales juga berkomentar tentang sifat Wikipedia yang membuat ketagihan, "Hal utama tentang Wikipedia [...] adalah [Wikipedia itu] menyenangkan dan membuat ketagihan".[14] Wikipediawan kadang memberikan penghargaan kepada satu sama lain atas kerja kerasnya. Tanda apresiasi pribadi ini mengungkapkan berbagai macam kerja yang dihargai melebihi suntingan sederhana sampai dukungan sosial, aksi pengurus, dan beberapa jenis karya artikulasi. Fenomena penghargaan ini telah dianalisis oleh sejumlah peneliti yang mencoba menentukan dampak yang diberikan kepada komunitas lain yang terlibat dalam kolaborasi berskala besar.[15]

Media[sunting | sunting sumber]

Wikipedia telah mendorong pembentukan beberapa terbitan berita komunitas. Berita langganan daring, The Signpost, diterbitkan setiap minggu sejak 10 Januari 2005. Kartunis profesional Greg Williams membuat komik web berjudul "WikiWorld" yang diterbitkan di The Signpost sejak 2006 sampai 2008. Sebuah podcast bernama Wikipedia Weekly aktif sejak 2006 sampai 2009 dan ada serangkaian konferensi Skype bernama Not The Wikipedia Weekly yang aktif sejak 2008 sampai 2009. Sejumlah komunitas topik di Wikipedia yang disebut "WikiProjects" (ProyekWiki) ikut mendistribusikan berita dan korespondensi lain.

Oxford Dictionary menambahkan kata "Wikipedian" pada Agustus 2012.[16]

Pergaulan[sunting | sunting sumber]

Wiknic 2011 di Pittsburgh

Aktivitas luar jaringan diadakan oleh Wikimedia Foundation atau komunitas Wikipedia. Sebuah WikiMeet adalah rapat tatap muka para anggota Wikipedia, kadang kecil dan informal, kadang besar dan formal.

Wikimania[sunting | sunting sumber]

Wikimania adalah konferensi internasional tahunan untuk pengguna proyek-proyek wiki yang dioperasikan Wikimedia Foundation (seperti Wikipedia dan proyek saudara lainnya). Topik presentasi dan diskusinya meliputi proyek Wikimedia Foundation, wiki lain, perangkat lunak sumber terbuka, pengetahuan bebas dan konten bebas, dan aspek-aspek sosial dan teknis yang berkaitan dengan topik tersebut.

Wiknics[sunting | sunting sumber]

Great American Wikinic yang diadakan setiap tahunnya adalah pertemuan sosial yang dilaksanakan di kota-kota besar di Amerika Serikat selama musim panas, biasanya tepat sebelum 4 Juli. Konsep Wiknic memungkinkan Wikipediawan membawa makanan piknik dan berinteraksi secara pribadi.[17]

Kritik[sunting | sunting sumber]

Komunitas Wikipedia sering dijadikan subjek kritik. Beberapa di antaranya adalah dampak anonimitas pengguna, penyalahgunaan wewenang oleh pengurus, langkanya kontributor wanita,[18] dan peran pendiri proyek Jimmy Wales di dalam komunitas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Artikel ini menyertakan teks dari halaman en:Wikipedia:Replies to common objections dengan lisensi GFDL.
  1. ^ Suh, Bongwon, et. al. (2009). "The singularity is not near: slowing growth of Wikipedia". WikiSym '09 Proceedings of the 5th International Symposium on Wikis and Open Collaboration. ACM. Diakses July 15, 2011. 
  2. ^ List of Wikipedias. Wikimedia Meta-Wiki. Retrieved 2011-11-18.
  3. ^ Shirky, Clay (April 26, 2008). "Gin, Television, and Social Surplus". shirky.com. Diakses February 7, 2011. 
  4. ^ Ciffolilli, Andrea. "Phantom authority, self-selective recruitment and retention of members in virtual communities: The case of Wikipedia," First Monday December 2003.
  5. ^ Forte, Amy; Bruckman, Andrea (2005). "Why Do People Write for Wikipedia? Incentives to Contribute to Open-Content Publishing". SIGGROUP 2005 Workshop: Sustaining community. CiteSeerX: 10.1.1.120.7906. 
  6. ^ a b Nov, Oded (2007). "What Motivates Wikipedians?". Communications of the ACM 50 (11): 60–64. doi:10.1145/1297797.1297798. Diakses 11 August 2011. 
  7. ^ Clary, E; Snyder, M., Ridge, R., Copeland, J., Stukas, A., Haugen, J. and Miene, P. (1998). "Understanding and assessing the motivations of volunteers: A functional approach". J. Personality and Social Psychology 74: 1516–1530. 
  8. ^ Möller, Erik. "New Reports from November 2008 Survey Released". Wikimedia Foundation Blog. Wikimedia Foundation. Diakses 11 August 2011. 
  9. ^ Glott, Ruediger; Schmidt, Phillipp; Ghosh, Rishab. "Wikipedia Survey - Overview of Results". Wikipedia Study. UNU-MERIT. Diakses 20 July 2011. 
  10. ^ Wikimedia Foundation. "Wikipedia editors do it for fun: First results of our 2011 editor survey". Wikimedia Foundation Blog. Wikimedia Foundation. Diakses 2 August 2011. 
  11. ^ Wikimedia Foundation. "Launching our semi-annual Wikipedia editors survey". Wikimedia Foundation Blog. Wikimedia Foundation. Diakses 2 August 2011. 
  12. ^ a b Yang, Heng-Li; Lai, Cheng-Yu (November 2010). "Motivations of Wikipedia content contributors". Computers in Human Behavior 26 (6): 1377–1383. doi:10.1016/j.chb.2010.04.011. Diakses 2 August 2011. 
  13. ^ Trampani, Gina. "Geek to Live: How to contribute to Wikipedia". Lifehacker. Gawker Media. Diakses 12 August 2011. 
  14. ^ Griffin, Ricky W. (2011). Management (ed. 10). Mason, OH. USA.: South-Western Cengage Learning. ISBN 1-4390-8099-2. 
  15. ^ T Kriplean, I Beschastnikh, et al (2008). Articulations of wikiwork: uncovering valued work in Wikipedia through barnstars. Proceedings of the ACM 
  16. ^ "Hella ridic new words to make you lolz: ODO August 2012 update". OxfordWords blog. Oxford University Press. 2012-08-23. Diakses 2012-09-27. 
  17. ^ Hesse, Monica (25 June 2011). "Wikipedia editors log off long enough to mingle". The Washington Post. Diakses 5 July 2011. 
  18. ^ Cohen, Noam (January 30, 2011). "Define Gender Gap? Look Up Wikipedia's Contributor List". New York Times. Diakses August 15, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]