Larry Sanger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Larry Sanger
Lahir Lawrence Mark Sanger
16 Juli 1968 (umur 45)
Bellevue, Washington, Amerika Serikat
Almamater Reed College
Ohio State University
Pekerjaan Editor-in-Chief of Citizendium
Situs web
www.larrysanger.org

Lawrence Mark Sanger (lahir di Bellevue, Washington,Amerika Serikat, 16 Juli 1968; umur 45 tahun) atau dikenal juga dengan panggilan Larry Sanger adalah pengelola dan perintis proyek-proyek ensiklopedia online. Pada awalnya Sanger adalah sosok penting dalam pendekatan penulisan oleh pakar (ahli) dan mengedit Ensiklopedia Bumi. Pada 15 September 2006 ia mengusulkan cabang fork baru dari Wikipedia yang dinamakan Citizendium.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sanger lahir di Bellevue, Washington pada 16 Juli 1968, dan dibesarkan di Anchorage, Alaska.

Sanger menamatkan pendidikan sarjananya di bidang filsafat dari Reed College pada tahun 1991 dan menyelesaikan gelar Ph.D di Bidang Filsafat dari Ohio State University pada tahun 2000 dengan judul tesis "Metode-metode Descartes dan latar belakang teori mereka" dan tesis doktornya mengenai "Epistemic Circularity: An Essay on the Problem of Meta-Justification".

Sejak tahun 1998 hingga tahun 2000 ia mengoperasikan situs web yang berjudul, "Ulasan Laporan Berita tentang Y2K oleh Sanger" (sebelumnya dimuat di www.sangersreview.com) yang berfungsi sebagai salah satu nara sumber bagi para pemerhati Y2K.

Sanger bekerja pada Bomis dan mempromosikan baik nupedia dan wikipedia hingga Bomis berhenti mendanai posisinya pada bulan Februari 2002, dan ia mengundurkan diri dari Wikipedia.

Setelah Wikipedia hingga bulan Juni 2005, Sanger kembali ke dunia akademis dimana ia mengajar filsafat di Ohio State University. Sebagai praktisi profesional ia tertarik akan epistemologi (khususnya), filsafat modern, dan etika. Pada waktu luangnya ia mengajar dan memainkan instrumen musik tradisional Irlandia fiddle di Columbus dan Dayton, Ohio. Ia juga ikut memelihara sebuah situs tentang tradisi fiddle Donegal.

Nupedia, Wikipedia dan Citizendium[sunting | sunting sumber]

  • Larry Sanger lalu bekerja untuk perusahaan Bomis yang dimiliki oleh Jimmy Wales.
  • Pada bulan Januari 2001, menanggapi rasa frustasi atas lambatnya kemajuan Nupedia, Sanger mengusulkan pembuatan wiki untuk meransang pertambahan jumlah artikel.
  • Hasil dari proposalnya adalah lahirnya wikipedia. Dengan posisinya sebagai redaktur utama di wikipedia, Sanger menjadi kepala dan ujung tombak proyek tersebut. Ia memberi nama proyeknya, dan memformulasikan kebijakan-kebijakan awal wikipedia.
  • Sanger terus bekerja dan mempromosikan baik nupedia dan wikipedia hingga Bomis berhenti mendanai posisinya pada bulan Februari 2002.
  • Pada Februari 2002 Sanger mengundurkan diri sebagai redaktur utama di Nupedia dan sebagai "pengelola utama" (Sanger tidak pernah memiliki jabatan resmi) di Wikipedia. Tidak lama setelah itu, pada 1 Maret 2002, Sanger menyatakan bahwa pengunduran dirinya dari Nupedia dan Wikipedia sebagai sukarelawan dikarenakan ia merasa tugas sebagai sukarelawan paruh waktu itu tidak adil.
  • Di bulan Desember 2004 ia menulis artikel kritis untuk situs web Kuro5shin, dimana ia mengakui bahwa telah timbul "Suasana sosial atau politis yang berpengaruh buruk pada proyeknya" dan menjadi salah satu penyebab kepergiannya. Nupedia tutup pada tahun berikutnya.
  • Pada December 2005, Yayasan Digital Universe mengumumkan bahwa mereka telah mengangkat Sanger sebagai Direktur Pendistribusian Isi-isi Program [1] dimana ia akan memimpin Sumber-sumber isi dari Ensiklopedia Digital Universe untuk sebuah proyek web besar yang akan diluncurkan pada awal 2006 [2]. Tidak seperti Wikipedia, ensiklopedia Digital Universe berencana untuk membawa pakar-pakar yang ahli dibidangnya untuk menilai keakuratan artikel-artikel yang dituliskan oleh pengguna, selain para ahli ini juga menuliskan artikel mereka sendiri. Langkah awal usaha ini adalah penyusunan Ensiklopedia Bumi.
  • Pada April 2006, Sanger menerbitkan "Kolaborasi dan Teks: Rancangan Kebijakan Pribadi untuk Kolaborasi Teks" Dimana ia memberikan argumentasi untuk sesuatu yang ia namakan "kolaborasi kuat" (yang berarti kolabrasi dimana orang-orang bekerja sama sesuai dengan bidang ketertarikan mereka dan tidak seorang pun yang memegang kendali utama). Ada kemungkinan sebuah kolaborasi kuat dapat menjadi lebih efektif (bila diberlakukan) dengan rangkaian dasar-dasar peraturan yang tidak terlalu anarkis bila dibandingkan dengan Wikipedia (kini). Dalam pernyataannya Sanger juga menyebutkan sebuah Proyek Baru Rancangan Teks dan menciptakan Buku Dunia yang akan menampilkan ringkasan-ringkasan argumentasi dari filsuf-filsuf tenama yang akan di organisasikan menurut topik dan waktu, disertai juga dengan ringkasan debat yang mereka lakukan. [3]
  • Pada September 2006, Sanger mengumumkan fork dari Wikipedia yang dinamakan Citizendum. Tujuan dari fork ini adalah untuk menangani berbagai macam kekurangan dari sistem yang ada di Wikipedia. Perbedaan utama antara Citizendum dan Wikipedia adalah peniadaan penyuntingan tanpa nama (anonim) di Citizendum - setiap penulis/ penyunting diharuskan untuk mengidentifikasi nama asli mereka, penyuntingan dengan sistem <<hierarchy>> "atas-kebawah" (top-down) juga dihilangkan, sehingga Citizendum diharapkan menjadi inspirasi sebuah ensiklopedia yang sebenarnya. Fork awal dari Citizendum hanya akan tersedia dalam versi Bahasa Inggris.
  • Pada 27 September 2006, Sanger mengumumkan "cuti" resmi dari Digital Universe untuk "mendirikian Yayasan Citizendum yang benar-benar independen." [4]

Perdebatan status Sanger sebagai salah satu pendiri Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Sanger mengklaim sebagai salah satu pendiri wikipedia disamping Jimmy Wales. Walaupun mengakui peranan Larry Sanger itu cukup penting, Jimmy Wales menegaskan bahwa saat itu Larry Sanger adalah salah seorang pegawainya yang bekerja dibawah arahannya. Sanger adalah satu-satunya penyunting di wikipedia yang dibayar, status yang ia pegang sejak 15 Januari 2001 hingga pengunduran dirinya pada 1 Maret 2002.

Pada Forum Teknologi Informasi IDC di Paris tanggal 26 September 2006, Jimmy Wales berkata,

Ia (Larry Sanger) dahulu bekerja pada saya. Saya pribadi tidak setuju dengan penamaannya sebagai salah satu pendiri wikipedia, tetapi (nampaknya) ia senang predikat itu.

Walaupun terjadi perdebatan tentang peranan Sanger dalam lahirnya wikipedia dan sejauh mana keakuratan pengakuan akan kontribusinya dalam hal ini, Sanger mengaku dalam berbagai macam versi bahwa ia telah banyak menyumbang pikiran dan ide dalam kelahiran Wikipedia dan ikut mendirikannya. Jimmy Wales tidak setuju akan pernyataan ini. Sebagian dari perbedaan pandangan mereka akan hal ini kemungkinan dikarenakan bagaimana mereka melihat dan mengartikan pengertian akan sumber bebas (open source), wiki serta Nupedia Vs Wikipedia secara bereda pula. Sanger mengakui bahwa ide dan konsep akan sebuah ensiklopedia bebas, dengan sumber bebas, dan dapat dikerjakan bersama (contohnya adalah: Nupedia) adalah ide Wales seorang.

Untuk lebih jelasnya, ide akan sebuah ensiklopedia bebas menggunakan sumber bebas, dan dikerjakan bersama, dan terbuka untuk ditulis oleh orang-orang biasa, seluruhnya adalah ide Jimmy, bukan ide saya.

Walaupun begitu Sanger berkeras bahwa dialah yang membawa konsep wiki pada Wales dan menggunakannya untuk Nupedia, dan setelah melewati tahap-tahap skeptisme awal, Wales akhirnya setuju untuk mencobanya. Perdebatan akan hal ini memiliki dua versi; versi pertama Wales mengaku bahwa Jeremy Ronsenfeldlah yang pertamakali mengenalkan konsep wiki kepadanya; versi lainnya, Jimmy Wales pada Oktober 2001[rujukan?] tercatat berkata bahwa, " Larry mengusulkan untuk menggunakan perangkat lunak wiki ". Sanger juga berkeras bahwa ialah yang memberi nama 'Wikipedia', nama yang terdengar konyol untuk sebuah proyek awal yang dianggap konyol juga [5]. Sebagai tanggapan akan kritik-kritik yang ia dapatkan akan peranannya di Wikipedia, Sanger menaruh 16 pranala yang menegaskan posisinya pada perdebatan tentang hal ini dalam situs web pribadinya [6]

Kritik Sanger terhadap Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Walaupun mengakui bahwa ia "sepenuhnya menghargai kelebihan dan kegunaan dari wikipedia" , mengetahui serta mendukung "misi dan kebijakan yang menyertai wikipedia". Sanger tetap berpendapat bahwa ada masalah-masalah serius dengan proyek tersebut. Ia menuliskan bahwa ketiadaan kredibilitas terhadap kemasyarakatan, dan terbuka untuk segala kemungkinan gangguan dari setan-setan internet, orang-orang sulit, serta memberikan mereka banyak kesempatan untuk mencari ketenaran dalam mencari perhatian; Masalah ini, menurut Sangers, adalah perangkat dari sebuah proyek yang berdasar pada "anti-kalangan elit", atau "ketiadaan rasa hormat pada pakar (orang-orang yang ahli) dibidangnya".[7] Artikel ini menjadi kontroversi di blogsphere dan memicu reaksi pemberitaan di media massa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Digital Universe - Lawrence Sanger, di akses 21 Februari, 2006
  2. ^ (Inggris) Digital Universe Seek to Become Free 'PBS of the Web' - Siaran Pers, Digital Universe, 17 Januari, 2006
  3. ^ (Inggris) Larry Sanger, " Text and Collaboration: A personal manifesto for the Text Outline Project ", textop.org, April 2006 (di akses pada 8 Agustus 2006)
  4. ^ (Inggris)Citizendum
  5. ^ (Inggris) Sejarah Awal Nupedia dan Wikipedia: Sebuah Kenangan - Slashdot, di akses kembali pada 20 Februari, 2006
  6. ^ [1]
  7. ^ kuro5hin