Wikipedia dalam budaya masyarakat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
".
Komik xkcd menampilkan seorang pendemo sedang mengangkat plakat yang menuntut rujukan.
style.
Parodi gaya penulisan Wikipedia.[1]

Wikipedia sebagai salah satu situs ensiklopedia daring yang berkembang seiring kemajuan internet, memiliki pengaruh yang luas dalam kehidupan sosial masyarakat, baik dari bidang informasi, budaya dan tren. Penggunaan Wikipedia di area publik dan berbagai media menimbulkan banyak parodi, referensi, pengetahuan baru dan tanggapan satire terhadap situs ini.

Penyebutan Wikipedia di publik[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa orang yang sering mempergunakan atau merekomendasikan Wikipedia sebagai bahan rujukan:

Tanggapan tokoh terhadap artikel biografinya di Wikipedia[sunting | sunting sumber]

  • Banyak public figure pernah menyatakan kritik atau komentar tentang artikel diri mereka sendiri yang dimuat di Wikipedia, beberapa di antara mereka adalah Jeremy Clarkson,[7] Sir Ian McKellen,[8] Patrick Stump, Mitch Albom dan Marcus Brigstocke.[9]
  • Komedian Zach Galifianakis mengklaim pernah mengamati (artikel) dirinya sendiri di Wikipedia dalam sebuah interview dengan The Badger Herald[10] yang menjelaskan tentang dirinya, "...Aku muncul di Wikipedia sekarang. setengah Yunani, setengah redneck, sekitar enam kaki, empat inchi. Dan masalahnya... enam kaki empat inchi adalah sedikit kekeliruan, sebenarnya empat kaki enam inchi."

Ketidakakuratan Wikipedia di media[sunting | sunting sumber]

  • Wikipedia pernah disebut dalam The Onion pada artikel sampul dengan judul "Wikipedia merayakan 750 tahun kemerdekaan Amerika", Juli 2006, untuk menyinggung bahwa situs wiki yang bersifat publik bukanlah sumber informasi tepercaya.[11]
  • Staf CollegeHumor memuat video satir tentang "Professor Wikipedia" pada 16 September 2008, untuk menyindir berbagai kekurangan di Wikipedia.[12][13]

Perumpamaan karakter Wikipedia di media[sunting | sunting sumber]

Wikipedia sebagai parodi dalam media fiksi[sunting | sunting sumber]

  • Kartun FoxTrot menampilkan karakter Peter yang dikritik oleh gurunya karena menyalin tugas sekolah secara langsung dari Wikipedia. Peter menjawab, "Siapa yang bisa mengatakan bahwa aku tidak bisa menulis entri Wikipedia dengan tanganku sendiri?"
  • Komik xkcd merilis strip "Wikipedian Protester" yang menunjukkan seorang pendemo yang membawa tulisan "citation needed" (butuh rujukan) di sebuah kampanye politik, sebagai permintaan terhadap pernyataan politik yang tanpa statemen yang mendukung. Demikian pula strip yang memuat komentar tambahan "SEMI-PROTECT CONSTITUTION" (Perlindungan semi konstitusi), serta berbagai referensi Wikipedia lain yang diparodikan.
  • Gambar strip Bunny dalam versi Wikipedia yang memuat batu nisan yang tertulis: "RIP Jeph Jacques" dengan catatan di bagian bawah: "Nilai moral dari cerita ini adalah bahwa anda tidak bisa selalu mempercayakan apa yang anda baca di Wikipedia."[16]
  • Komik Diesel Sweeties bagian 1831 menampilkan Robot Merah yang bersumpah "atas nama artikel Wikipedia tentang 'Honor'" untuk tidak membunuh siapapun kemudian ia menyunting artikel terkait. Sementara komik bagian 2036 memiliki judul "Artikel ini tentang kehidupan cintaku sebagai rintisan. Anda bisa membantu 'sexipedia' dengan mengembangkannya." Pada komik ini pula, karakter Metal Steve bertanya pada Lil' Sis jika dia ingat tentang kehilangan keperawanannya. jawabnya, "Memang siapa aku ini, Wikipedia?"

Wikipedia sebagai parodi di media[sunting | sunting sumber]

  • Wikipedia diparodikan dalam beberapa situs seperti Uncyclopedia[17] dan Encyclopedia Dramatica.[18]
  • Dalam puisi Storm karya Tim Minchin, ada ungkapan kritik terhadap karakter eponim terlalu kaku dan tertutup, dengan menyalahkan dia terlalu ketakutan menghabiskan waktu di sore hari dengan "Wiki-fucking-pedia". Hal ini kemudian dijadikan film animasi.[19]
  • Pada Juli 2006, terbitan majalah Mad, dalam bagian halaman-halaman Fundalini menempatkan lelucon singkat dengan sindiran pada gambar Wikipedia yang bernama "WonkyPedia". WonkyPedia mirip dengan logo wikipedia, yang mana huruf-huruf di kotak globe diganti dengan huruf "M", "A", and "D:". Artikel yang ditampilkan adalah pembunuhan Abraham Lincoln. Sementara URL tertulis:
http://en.wonkypedia.org/wonky/[pranala nonaktif permanen]

Parodi yang sama terulang pada terbitan setelahnya dengan istilah "Wakipedia" yang menggunakan frasa parodi "Ensiklopedia gratisan (anda mendapat sesuai yang anda bayar!)".

Wikipedia sebagai objek riset[sunting | sunting sumber]

  • Majalah satir Inggris Private Eye pernah merilis sebuah artikel "Wikipedia Whispers", yang mengungkap kisah-kisah bagaimana entri-entri di Wikipedia diubah. Kisah-kisah termasuk contoh-contoh bagaimana orang-orang mengubah artikel tentang diri mereka sendiri supaya diri mereka tampak lebih baik, dan vandalisme yang dilaporkan sebagai fakta.

Wikipedia dalam politik[sunting | sunting sumber]

Wikipedia dalam musik[sunting | sunting sumber]

  • Musisi hip-hop Pharoahe Monch menyebut kata Wikipedia dalam lirik "Welcome to the Terrordome" dari album Desire.: "Take a walk through all this misplaced media / They got my name spelled wrong on Wikipedia."

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Situs Malamanteau
  2. ^ Ebert, Roger. ''Roger Ebert's Movie Yearbook 2009'' Page 529. Books.google.com. ISBN 9780740777455. 
  3. ^ Hall, Sarah. "Rosie vs. Donald: She Said, He Said", E! Online
  4. ^ Robert L. Park (2009-08-28). "What's New". bobpark.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-03. Diakses tanggal 2010-07-13. 
  5. ^ Skeptical Inquirer. Vol. 35 No. 3. Page 64
  6. ^ Randi, James. "Popoff's Still At It". James Randi Educational Foundation. 
  7. ^ "Lexus GS 450h SE-L – At long last, that hybrid hocus-pocus has a point". 30 Juli 2006. Archived from the original on 2008-10-13. Diakses tanggal 2016-01-20. 
  8. ^ "Incorrect Website Biography Bothers Ian McKellen". [pranala nonaktif permanen]
  9. ^ "Marcus Brigstocke interview"
  10. ^ "The Badgerherald". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-07. Diakses tanggal 2016-01-20. 
  11. ^ "Wikipedia Celebrates 750 Years Of American Independence". The Onion. 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-21. Diakses tanggal 2016-01-20. 
  12. ^ "Professor Wikipedia".
  13. ^ Professor Wikipedia di YouTube CollegeHumor
  14. ^ Weiner, Tim. "Langley, We Have a Problem". The New York Times. 
  15. ^ Ali, Wajahat. "Sleeping Cell". altmuslim.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-11-20. Diakses tanggal 2016-01-20. 
  16. ^ Davies, H.#304. bunny-comic.com.
  17. ^ "The brains behind Uncyclopedia". 
  18. ^ Jonathan Dee. "Wikipedia". New York Times Magazine. 
  19. ^ Tim Minchin's Storm the Animated Movie di YouTube
  20. ^ "39th Parliament, 1st Session[pranala nonaktif permanen]. Parliament of Canada.
  21. ^ Lee Cowan (7 Juni 2011). Wikipolitics: Palin fans try to rewrite history. NBC Nightly News with Brian Williams. NBC Universal. Archived from the original on 2013-08-08. Diakses tanggal 2016-01-20. 
  22. ^ Cohen, Noam. "Shedding Hazy Light on a Midnight Ride". New York Times. 
  23. ^ "Election 2015: Grant Shapps denies Wikipedia claims". BBC.