Medellín

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Medellín
Bendera Medellín
Flag
Lambang resmi Medellín
Seal
Julukan: "Kota dengan Musim Semi Abadi", "Kota Pegunungan", "Kota Bunga", "Kota Anggrek", "Desa yang Indah", "Gelas Perak Mungil", "Medallo"
Lokasi kota (dot berwarna merah) dan area (warna abu-abu) dari Medellín di provinsi Antioquia.
Lokasi kota (dot berwarna merah) dan area (warna abu-abu) dari Medellín di provinsi Antioquia.
Koordinat: 6°14′9,33″LU 75°34′30,49″BT / 6,23333°LU 75,56667°BB / 6.23333; -75.56667
Department Antioquia
Region Valle de Aburrá
Founded March 2, 1616
Pemerintahan
 • Mayor Alonso Salazar Jaramillo
Area
 • Kota 382 km2 (147 mil²)
 • Metro 1.152 km2 (445 mil²)
Ketinggian 1.495 m (4,905 ft)
Populasi (2006)
 • Kota 2.350.227
 • Kepadatan 5.320,75/km2 (1,378,070/sq mi)
Situs web Situs Resmi Pemerintah Medellín

Medellín (dilafalkan IPA: [medeliyn], Spanyol: [með̞eˈʝin] atau [með̞eˈʎin]) adalah kota dari Area Metropolitan Medellín, Provinsi Antioquia, Kolombia; adalah kota kedua terbesar dan kota tempat tinggal populer setelah Bogotá. Ditemukan di 1616 oleh Francisco Herrera dan Don Campuzano. Tahun 2006, kota Medellín memiliki populasi sebesar 2,4 juta penduduk, kota kedua terpadat setelah Bogotá di Kolombia.[1][2] Medellín juga sebagai inti dari area metropolitan Valle de Aburrá (Lembah Aburrá), kedua teebsar di Kolombia, dengan 3,2 juta penduduk, dengan pusat urban dan produksi industri.

Medellín adalah kota ke-100 area metropolitan terpadat terpadat di dunia.

Masalah utama kota ini, seperti kebanyakan kota-kota di Kolombian, adalah masalah kurangnya lapangan pekerjaan. Pendatang dari Antioquia dan terutama dari Medellín disebut Paisas walaupun penduduk Paisas berasal dari provinsi Antioquia, Risaralda, Caldas and Quindío.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta Medellín tahun 1791.

Lembah Aburrá ditemukan oleh penjelajah Spanyol Jeronimo Luis Tejelo tahun 1541 akan tetapi pendudukan Medellín ditemukan kemudian, tahun 2 Maret, 1616 oleh penjelajah Spanyol Francisco Herrera y Campuzano dibawah nama "San Lorenzo de Aburra". Tahun 1675 namanya berganti menjadi "Villa de Nuestra Señora de la Candelaria de Medellín". Sampai 1813 desa ini akhirnya dinominasikan menjadi kota. Tiga belas tahun kemudian di proklamirkan menjadi ibukota provinsi Antioquia, setelah pindahnya kantor pemerintahan dari Santa Fe de Antioquia.

Sepanjah sejarah Medellín memiliki berbagai nama: Aburrá de los Yamesíes, San Lorenzo de Aburrá, San Lorenzo de Aná, Valle de San Bartolomé, Villa de la Candelaria de Medellín dan Medellín. Nama Medellín aslinya berasal dari kata"Metellinum", nama Latin untuk kota saat ini Medellín, Extremadura di provinsi Badajoz,Spanyol. "Metellinum", sebaliknya, berasal dari penemu Romawi yang menemukan kota ini pada abad 75 SM, jendral Romawi Quintus Caecilius Metellus Pius, menemukannya sebagai pusat militer untuk operasinya di barat Iberia. Kota dari Antioquia dinamai setelah kota Spanyol untuk penghormatan pada pendiri kota, Pedro Portocarrero,presiden daerah jajan Consejo de Indias milik Spanyol pada masa itu.

Hukum dan Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Medellín Skyline

Hukum dan politik Kolombia semuanya terpusat; sehingga semua hukum dibuat berdasarkan apa yg telah dibuat di ibukota Bogotá. Akan tetapi sebagai kota besar Medellín bisa memiliki preferensinya sendiri. Pemerintahan Medellín terbagi atas eksekutif dan legislatif. Pemimpin kota (Alcalde) dipilih melalui pemilu setiap 4 tahun sekali(seperti pemilihan Presiden dan Gubernur provinsi di Kolombia). Pemimpin saat ini yang terpilih tahun 2007 adalah Alonso Salazar.

Kriminalitas[sunting | sunting sumber]

Taman Jurnalis di pusat kota Medellín dengan monumen yang memperingati korban Villatina Massacre

Dari tahun 1980 sampai akhir 1990, kota ini terkenal sebagai kota paling berkuasa dalam perdagangan narkobainternasional dengan organisasi berbasih rumahan Medellín Cartel, dipimpin oleh Pablo Escobar, dan yang secara konstan menyebabkan kejahatan konflik di Kolombia. Saat itu mungkin yang menjadi faktor primer adalah keberadaan geng anak jalanan Medellín sehingga kota ini dikenal sebagai kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di dunia. Tahun 1991 contohnya, tercatat 6,349 pembunuhan, 10 kali lipat dari Chicago.[3][4]. Pemerintah Amerika Serikat menutup konsulernya di kota ini dengan alasan keamanan tahun 1981.

Di awal abad 21, Medellín telah menjadi kota yang aman bagi penduduk dan wisatawan asing karena perubahan sosial dan ekonomi.[5] Pemerintah lokal dibantu penduduk lokal bergotong royong menghapus citra buruk dan meningkatkan citra kota, dengan hasil yang dramatis. Tahun 2005 tingkat pembunuhan adalah 35 per 100,000 penduduk, terendah selama 20 tahun terakhir, dan kemajuan terpesat kota ini di seluruh dunia. Kebanyakan pembunuhan terjadi di area miskin di selatan kota ini, dan banyak hal dilakukan untuk mengembangkan infrastruktur, seperti perpustakaan umum, sekolah dan program komunitas. Bagaimanapun juga sebagai perbandingan tingkat pembunuhan di Medellín saat ini masih lebih rendah dari Caracas dengan 95 per 100,000, Cali dengan 65 dan Recife dengan 59.[6][7][8]

Iklim dan geografi[sunting | sunting sumber]

Medellín di malam hari

Medellín memiliki area 382 km². Dengan 16 comunas (districts), 5 corregimientos dan 271 barrios. Area metropolitan Medellín terbentang antara lembah Aburrá pada ketinggian 1,538 meters dan dibelah oleh Sungai Medellín yang mengalir ke utara. Sisi utara lembah adalah kota Bello, Copacabana, Girardota dan Barbosa. Sisi selatan lembah adalah kota Itagüí, Envigado, Sabaneta, La Estrella dan Caldas.

Karena Medellín terletak di kr. 5000 diatas air laut, kota ini memiliki iklim yang tidak sepanas kota-kota lain di lintang katulistiwa. Karena ketinggiannya dan juga berada di pegunungan Andes, cuaca di Medellín memiliki karakter lebih kearah suhu lembap suptropikal dibanding suhu Tropikal. Suhu rata-rata adalah 22 °C (72 °F) dan karena letaknya dekat dengan garis ekuator, suhunya cenderung konstan dengan sedikit variasi. Variasi suhu berkisar antara 15 °C (52 °F) sampai 30 °C (86 °F). Suhu yang demikian sepanajng tahun menyebabkan kok ini dikenal sebagai 'La Ciudad de la Eterna Primavera' atau 'Kota Musim Semi Abadi'.

Pembagian administrasi kota[sunting | sunting sumber]

Komunitas di Medellín.
Corregimientos (Area pedesaan) di Medellín.

Medellín adalah kota dengan basis republik yang terpusat di ibukota dan dinyatakan dengan Konstitusi Kolombia tahun 1991. Pemerintahan di bagi atas Mayor Medellín dan Badan Kota, keduanya dipilih melalui pemilu daerah.

Kota ini dibagi menjadi 6 area dan terbagi menjadi 16 Komuni. Komuni dibagi menjadi Barrio dan area institusi Urban, Medellín memiliki lebih dari 249 barrio dan 5 corregimiento yang merupakan bagian dari Medellín. Medellín dilalui oleh Sungai Medellín dari selatan ke utara.

Area[sunting | sunting sumber]

  • Area Selatan: El Poblado Commune.
  • Area Barat Daya: Guayabal Commune Belén Commune.
  • Area Pusat Barat: Laureles Commune, La América Commune, San Javier Commune.
  • Area Pusat Timur: La Candelaria Commune, Villa Hermosa Commune, Buenos Aires Commune.
  • Area Tenggara: Castilla Commune, Doce de Octubre Commune, Robledo Commune.
  • Area Timur Laut: Aranjuez Commune, Manrique Commune, Popular Commune, Santa Cruz Commune.
  • Corregimiento/Area Pedesaan: Palmitas, San Cristóbal, Altavista, San Antonio de Prado and Santa Elena.

Tata Jalan[sunting | sunting sumber]

Jalanan di Medellin didefinisikan dengan system koordint Kartesian. Beberapa definisi untuk sistem ini adalah : Jalan(Kalle) : setiap jalan yang mengarah dari timur ke barat dan begitu sebaliknya. Nomor jalanan bertambah dari selatan ke utara kecuali di area El Poblado dimana nomor jalanan ini bertambah dari utara ke selatan dengan akhiran "sur". Contohnya : Kalle 10 sur.

  • Jalan Utama(Karera) : jalan dari selatan ke utara dan begitu sebaliknya. Karera 1 dimulai dari timur.
  • Jalan putar(Sirkular) : jalanan ini membentuk lingkaran di beberapa area.
  • Transversal
  • Diagonal
  • Jalan Cepat : jalanan yang berukuran besar dan terdapat di area-area yang penting
[[File:|1111px|alt=|Panorama]]
Panorama

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Perempatan Botero

Saat ini perekonomian di Medellín termasuk yang terbesar di Kolombia dan dipimpin oleh grup yang berpengaruh dari sektor swasta yaitu Sindicato Antioqueño (Sindikat Antioquian)dan secara formal dikenal sebagai Grupo Empresarial Antioqueño (Grup Enteprais Antioquian ). Dipimpin oleh David Bojanini; yang memimpin Suramericana de Seguros (konglomerat asuransi), Carlos Piedrahita; dengan Compañía Nacional de Chocolates (industri makanan), José Alberto Velez; Cementos Argos (sebuah perusahaan semen multinasional) dan Jorge Londoño; leading Bank Kolombia, (Salah satu bank terbesar di Kolombia). Bersama mereka berkonsolidasi dan mencapai pasar sebesar kira-kira US$17 juta dollar dan mempekerjakan sekitar 80,000 warga Kolombia.

Grup ini juga berpartisipasi di sektor lain dalam industri kota dan sebagai aktif penjual di bursa efek Kolombia. Medellín bersaing secara ketat dengan Bogotá dan Cali sebagai pusat industri, dengan sektor ekonomi yang sama.[butuh rujukan] Kota ini melayani beberapa kantor pusat untuk perusahaan nasional dan multinasional dan sebagai pusat pendidikan tinggi yang secara konstan berkonstribusi pada modernisasi daerah tersebut dan juga industrinya.

Produk ekonomi utama adalah baja, tekstil, konfeksi,konsumsi, agrikultur(dari area pedesaan), layanan publik,produk kimia dan obat-obatan, pengolahan minyak bumi dan ekspor bunga.

Perkembangan Urban[sunting | sunting sumber]

Medellín mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan tanda-tanda adanya pembangunan gedung pencakar langit. Dan juga berpacu dengan kota-kota lain di Kolombia dalam hal konstruksi untuk menjadi pusat ekonomi negara itu. Pada November, 2007, terdapat 127 pembangunan gedung tingi di Medellín, termasuk 25 yang telah disetujui dan 17 yang masih dalam proses. Yang menarik dalam hal ini pembangunan gedung tinggi di Medellín saat ini lebih banyak dibandingkan pembangunan di kota New York, Los Angeles, dan Philadelphia.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Medellin juga merupakan pusat bagi 30 universitas yang melayani bagian Antioquia, area "Eje Cafetero" (Pusat Petani Kopi Kolombia) dan Pantai Karibia. Di antara universitas yang terpenting adalah universitas negeri Universitas Antioquia, Universitas Nasional dan Politenik Jaime Isaza Cadavid, dan universitas swasta Universitas EAFIT, Universitas Medellín, Universitas Pontificia Bolivariana, Universitas San Buenaventura, Escuela de Ingenieria de Antioquia, Universitas Santo Tomas dan CES. Terdapat beberapa pusat teknologi yang penting seperti Institut Teknologi Metropolitano (ITM).

Terdapat sekolah negeri dan swasta, di antara sekolah swasta yang terkenal adalah: Sekolah Theodoro Hertzl, Sekolah Columbus, Sekolah San Ignacio de Loyola, Sekolah Colegio Colombo Britanico, Sekolah El Corazonista, Sekolah Marymount,Sekolah Montessori, Gimnasio Los Pinares, Gimnsio Los Alcázares, San José De La Salle, Instituto Jorge Robledo dan universitas Pontificia Bolivariana.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi Udara[sunting | sunting sumber]

Bandara Internasional José María Córdova

Penerbangan internasional dilayani melalui Bandara Internasional José María Córdova (MDE), di Rionegro, area pemerintahan di timur Medellin dan di luar lembah Aburrá. Bandara José María Córdova lebih baik untuk pesawat besar dan operasi instrumentasi di malam hari. Terminal internasionalnya melayani untuk penerbangan internasional harian ke dan dari Miami, New York, Caracas, Quito, Panama City, Porlamar, Aruba dan kota-kota penting lainnya. Bandara Internasional Olaya Herrera (EOH) melayani utamanya penerbangan domestik, dan pesawat ringan.

Transportasi Darat[sunting | sunting sumber]

Metro di Medellín

Transportasi publik dilayani dengan bus disel, taxi, dan kereta ekspres yang dikenal sebagai Metro Medellín. Metro Medellín menghubungkan berbagai kota di Medellín, Itagüí, Envigado dan Bello. Jalur A berangkat dari Itagüí ke Niquía, sedang jalur B berangkat dari San Antonio ke San Javíer. Metro ini dilengkapi dengan jalur K, mobil kabel udara, yang dikenal sebagai Metrokabel, yang melayani area yang sulit dijangkau. Jalur K mulai dari Stasiun Acevedo di Jalur Metro A, dan berlanjut sampai ke puncak bukit di Santo Domingo Savio. Sebuah jalur baru Metrokabel (Jalur J) direncanakan akan dimulai tahun 2007, dan akan menghubungkan San Javíer dengan La Aurora. Medellín adalah satu-satunya kota di Kolombia dengan sistem transportasi seperti ini.

Meskipun adanya banyak variasi, transportasi di Medellín tetap perlu dibenahi, karena jumlah kendaraan baru melampui kapasitas jalan raya; ditambah polusi karena disel telah menjadi isu utama, terutama di pusat kota dan distrik selatan dari El Poblado. Kota ini tidak memiliki tempat untuk pembangunan jalan raya baru.

Tahun 2006, konstruksi Metroplus dimulai, sebuah layanana bus dengan jalan ekslusif, yang membuat transit lebih cepat, hampir sama seperti layanan di Bogotá,TransMilenio. Layanan ini akan dimulai tahun 2008, dan akan mengakomodir semua kota, langkah pertama di area Troncal Medellín yang menuju ke Universitas Medellín di barat, ke Aranjuez, di timur utara kota. Layanan ini akan mengurangi kontaminasi kota dan masalah lalulintas, karena bus-bus tua akan di kandangkan dan bus akan beroperasi dengan gas alam.

Etnik[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan penduduk di Medellín memiliki latar belakang Spanyol. Mayoritas imigran datang dari Spanyol pada abad ke-17 dan ke-18. Selebihnya, imigran berasal dari Syria, Jordan dan Portugal di abad ke-19. Terdapat juga imigran dari Zambo-Kolombia dan Afro-Kolombia. Negara bagian Chocó terletak di barat Antioquia dan merupakan pelopor perpindahan banyak Zambo-Kolombia dan Afro-Kolombia ke Medellín dan kota-kota lain di sekitar Medellín.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Kota ini secara umum dikenal sebagai 'Kota dengan Musim Semi Abadi'

Salah satu dari "silletas" tradisional di Medellín

Masyarakat dari Medellín dikenal sesuai dengan nama negara bagiannya: Antioqueños, sebagai kebalikan dari nama turunannya: Medellinenses. Mereka juga dikenal sebagai Paisa, yang mungkin disebut demikian karena berasal dari istilah petani kopi. Istilah Paisa datang dari kata (penduduk desa). Mereka merupakan satu dari lima area dengan budaya yang berbeda di Kolombia, juga dikenal sebagai area Paisa.

Festival dan Program Penting[sunting | sunting sumber]

La Feria de las Flores (Festival Bunga) adalah festival paling penting di Antioquia dan bertempat di Medellín setiap awal Agustus. Acara ini dirayakan setiap tahun sejak 1957. Festival ini memiliki beberapa aktivitas seperti parade mobil antik, Desfíle de Silleteros (parade kendaraan dengan bunga), pawai kuda, eksibisi dari berbagai kota di Antioquia, dll. Festival lain adalah Festival Puisi Internasional (Juni) (yang menerima Right Livelihood Award tahun 2006), Parade Mitos dan Legenda(December) dan ColombiaModa (industri fasion).

Perpustakaan EEPPM yang berdekatan dengan Taman Cahaya

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Medellín's best known and most popular sports clubs are Atlético Nacional and Independiente Medellín football (soccer) teams. They play at the Atanasio Girardot Stadium. Medellín is also known for its two main swimming teams which are Calamares Pilsen and Huracanes. Three times Tour de France stage winner Santiago Botero Echeverry was also born in the city. Medellín is also the birthplace of professional golfer and PGA Tour player Camilo Villegas.

Nama Kecil[sunting | sunting sumber]

Disamping dikenal sebagai "pusat industri di Kolombia", Medellín juga dikenal sebagai "Ciudad de la Eterna Primavera" (Kota dengan Musim Semi Abadi), "Capital de la Montaña" (Ibukota Pegunungan), "Ciudad de las Flores" (Kota Bunga), "Capital de las Orquídeas" (Ibukota Anggrek), "La Bella Villa" (Desa yang Indah), "Tacita de Plata" (Gelas Perak yang Mungil), and "Medallo".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Helders, Stefan. "World Gazetteer: Colombia: largest cities: calc 2006". Diakses 2006-06-15. 
  2. ^ Butler, Rhett (2003). "Largest cities in Colombia (2002)". Diakses 2006-06-15. 
  3. ^ [http://www.medellin.gov.co/AdmonContenido/EstadisticasGobierno/DocumentosEstadisticasGobiernoREGISTRO%20MENSUAL%20 DE%20HOMICIDIOS%20198806.pdf "REGISTRO MENSUAL DE HOMICIDIOS COMUNES EN MEDELLIN"] (PDF) (dalam bahasa Spanyol). Medellin. Diakses 2007-07-14. 
  4. ^ {{cite web|url=http://idbdocs.iadb.org/wsdocs/getdocument.aspx?docnum=821497%7Ctitle=Violencia Juvenil|accessdate=2007-07-14 |publisher=idbdocs |language=Spanyol}}
  5. ^ Butler, Rhett (2003). "violence in cities - Kolombia (2005)". Diakses 2006-10-16. 
  6. ^ {{cite web|url=http://www.derechos.org.ve/publicaciones/infanual/2005_06/pdf/seguridadciudadana.pdf%7Ctitle=Derecho a la seguridad ciudadana|accessdate=2007-06-27 |format=PDF |publisher=Derecho a la seguridad ciudadana |language=Spanyol}}
  7. ^ "Observatorio del Delito Estratega para el control de la violencia urbana" (dalam bahasa Spanyol). Universidad del Valle. Diakses 2006-07-08. 
  8. ^ {{cite web|url=http://www.mj.gov.br/senasp/estatisticas/mapacrime/Mapacrime2004_2005.pdf |title=Analise das Ocorrencias Registradas pelas Policias Civis (Janeiro de 2004 a Dezembro de 2005) |accessdate=2006-07-15 |format=PDF |publisher=Ministério da Justiça |language=Portuguese}}