Juanes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Juanes
Juanes en New Orleans.JPG
Penampilan Juanes di New Orleans Festival pada tahun 2005
Latar belakang
Nama lahir Juan Esteban Aristizábal Vásquez
Lahir 9 Agustus 1972 (umur 41)
Bendera Kolombia Carolina del Principa, Kolombia
Genre R&B
Pekerjaan penyanyi
Tahun aktif 1998—sekarang
Label Universal
Artis terkait Ekhymosis
Situs web Juanes.net

Juan Esteban Aristizábal Vásquez (lahir di Carolina del Principa, Kolombia, 9 Agustus 1972; umur 41 tahun; dikenal sebagai Juanes) adalah seorang penyanyi Latin. Selama tahun 1980-an sampai tahun 1990-an, Juanes menjadi personel sebuah band heavy metal yang bernama Ekhymosis. Kemudian pada tahun 1999, Juanes meninggalkan band Ekhymosis dan memulai karier sebagai seorang penyanyi solo. Album solo pertamanya pada tahun 2000, yaitu Fijate Bien, sukses di pasaran dan memenangkan tiga buah Latin Grammy Award.

Album keduanya, yaitu Un Dia Normal, meraih platinum award di negara-negara berbahasa Spanyol, dan singlenya yang berjudul A Dios le Pido menempati tempat teratas chart musik di dua belas negara. Kemudian, dia mengadakan tour untuk mempromosikan album ketiganya yang berjudul Mi Sangre. Dalam album Mi Sangre ini, sebuah single berjudul La Camisa Negra sempat memicu kontroversi karena diduga mengandung ajaran fasisme. Juanes adalah penyanyi terbaik di Kolombia di awal kurun 2000. Juanes juga bekerja di bidang sosial, terutama pada masalah korban perang saudara di Kolombia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Juanes dilahirkan di Medellin, Kolombia. Dia adalah anak bungsu dari pasangan Alicia Vásques dan Javier Aristizábal. Nama samarannya yaitu Juanes, merupakan gabungan dari "Juan Esteban". Pada umur tujuh tahun, Juanes telah belajar menggunakan gitar akustik dari ayahnya. Dia mempelajari berbagai permainan gitar khas latin, seperti tango, bolera, cumbia dan guasca. Ketika Juanes beranjak remaja, dia mulai memasuki ranah heavy metal dan mendirikan band Ekhymosis, dimana band ini terpengaruh oleh band Metallica asal Amerika Serikat. Ekhymosis sendiri berdiri pada tahun 1988. Tapi, pada tahun 1999, Juanes mengambil keputusan untuk meninggalkan heavy metal dan memulai karier sebagai penyanyi solo.

Album debutnya pada tahun 2000 yang berjudul Fijate Bien langsung sukses di pasaran, bahkan menggondol 3 Latin Grammy Award. Un Dia Normal kemudian muncul sebagai album kedua Juanes pada tahun 2002, dan merupakan album tersukses Juanes di Amerika Selatan. Album keduanya ini memperoleh platinum dan multi-platinum di negara-negara Amerika Latin. Kemudian, pada tahun 2004, Juanes merilis satu album yang berjudul Mi Sangre. Pada bulan Oktober 2007, Juanes merilis sebuah album dengan judul La Vida... Es un Ratico. Kemudian, pada tanggal 11 Desember 2007, Juanes tampil pada konser penghargaan Nobel Perdamaian di Oslo, Norwegia.

Diskografi[sunting | sunting sumber]