Bandar Udara Internasional José María Córdova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport

Bandar Udara Internasional José María Córdova (IATA: MDEICAO: SKRG) adalah bandar udara utama yang melayani kota Medellín di Kolombia dan wilayah metropolitan di sekitarnya. Bandara ini berjarak sekitar 30 menit dari wilayah perkotaan dengan jalur cepat Las Palmas baru, di wilayah kota Rionegro. Bandara ini merupakan yang terbesar kedua di Kolombia setelah Bandar Udara Internasional El Dorado di Bogotá dalam hal insfrastruktur dan layanan penumpang.

Bandara ini merupakan yang terpenting di Departemen Antioquia, yang melayani wilayah metropolitan dan Valle de Aburrá. Dalam segi insfrasrtuktur, bandara ini merupakan yang terpenting di Kolombia bagian barat. bandara ini merupakan salah satu yang terpenting di dalam negeri, dan rute internasional yang paling sibuk adalah rute menuju Bandar Udara Internasional Miami. Bandara ini juga melayani penerbangan domestik yang paling padat (Medellin-Bogota), yang saat ini dilayani oleh banyak maskapai penerbangan, utamanya Avianca dan AIRES. Pada beberapa tahun terakhir, beberapa pemngembangan signifikan telah dibangun dalam hal teknologi dan insfrastruktur, membuat bandara ini menjadi salah satu yang terbaik di Kolombia.

Lalu lintas internasional yang meninggalkan JMC memiliki destinasi di negara Amerika Serikat, Panama, Venezuela, Ekuador, Peru dan Spanyol, dan bandara ini juga melayani penerbangan domestik menuju sebagian besar kota besar di Kolombia seperti Bogota, Cali, Barranquilla, Cartagena, Santa Marta dan Pulau San Andres. Penerbangan kargo juga menjadi salah satu kekuatan dari terminal bandara ini, menyediakan transportasi udara sebagian besar hasil ekspor bunga (dan produk lainnya) dari Antioquia bagian timur menuju Amerika Utara, Tengah, Selatan, dan Eropa.

Sejak pembukaan pada tahun 1985 hingga tahun 1990, bandara ini mendapatkan lalu lintas penumpang dan kargo yang sangat padat, yang diakibatkan oleh ditutupnya Bandar Udara Enrique Olaya Herrera, yang juga berlokasi di Medellín. Ketika bandara itu dibuka, lalu lintas di JMC menurun. Namun, sejak yahun 1993, terjadi penungkatan secara stabil dalam hal lalu litas penerbangan, karena peningkatan jumlah maskapai penerbangan yang terbang menuju bandara ini, termasuk juga American Airlines, LAN, Taca, Aerogal. Untuk penerbangan kargo, terdapat maskapai Martinair, Centurion Air Cargo, ABSA, dan Florida West International Airways bersama dengan maskapai kargo nasional seperti Tampa Cargo, LANCO, AeroSucre juga ikut meningkatkan lalu lintas di dalam bandara. Bandara saat ini berada di dalam renovasi besar-besaran.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bandara ini melayani seluruh rute internasional dan domestik utama di Medellin, berbeda dengan Bandar Udara Enrique Olaya Herrera yang juga melayani wilayah Medellín namun hanya untuk maskapai dan penerbangan regional. José María Córdova sedang dalam perencanaan ekpansi besar-besaran di mana meliputi terminal internasional baru dan perluasan terminal kargo yang dilakukan oleh Unit Administrasi Khusus untuk Penerbangan Sipil. Bandara ini diberi nama José María Córdova, seorang Jenderal angkatan darat Kolombia yang merupakan penduduk asli kota Ríonegro.

Bandar Udara Internasional José María Córdova adalah yang kedua terbesar di Kolombia dalam jumlah penumpang total dan kargo setelah Bandar Udara Internasional El Dorado di Bogota. Landasan pacunya juga digunakan oleh pangkalan militer Angkatan Udara Kolombia yang juga berlokasi di Rio Negro, Bernama Komando Pertempuran Udara No. 5 (CACOM 5), dimana semua jenis pesawat milik militer dan kepolisian mendarat di sana.

Bandara ini memiliki bantuan navigasi uudara seperti VOR, NDB, ILS, yang memungkinkan peningkatan kemudahan dan keamanan saat beroperasi dalam cuaca buruk, yang sering terjadi di bandara yang terletak di ketinggian 2,137 meter ini. Pada bulan Januari 2006, Airbus A380 mendarat di terminal bandara ini (yang pertama di daratan amerika) untuk melalukan uji coba teknik dan mesin. Melalui terminal kargo ini, sebagian besar produksi bunga dan produk lain yang berasal dari wilayah Antioquia selatan keluar dari bandara. TAMPA merupakan maskapai yang memiliki basis utama di bandara ini, dan mengoperasikan penerbangan dari bandara ini menuju Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Wilayah parkir kargo dapat menampung hingga sepuluh pesawat, dan dapat menerima semua jenis pesawat, termasuk Boeing 747, Douglas DC-10, Boeing 767, yang merupakan pesawat yang paling umum mendarat di bandara ini. Sebagai tambahan, terminal kargo berada di dekat wilayah bea cukai dan hangar milik maskapai Tampa Cargo.

Bandara memiliki tiga restoran dan sebuah wilayah pertokoan, terdapat juga bank, ATM, penukaran uang, dan persewaan mobil. Selain itu maskapai Avianca memiliki ruang VIP di dalam fasilitas yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Di luar bangunan utama terdapat tempat parkir yang mampu menampung 250 mobil dan wilayah khusus untuk sepeda motor.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Antara tahun 1930 dan 1932, tiga keluarga kaya yang tinggal di wilayah metropolitan Medellin, memulai ide untuk menyediakan bandara bagi kota, karena mereka menjadi bagian dari Colombian Air Navigation Company yang memiliki tugas membawa penumpang dan surat dari kota Medellin menuju Puerto Berrio, dan kota di sepanjang Sungai Magdalena dan juga menghubungkan kota Medellin dan Bogotá. Salah satu yang paling penting adalah Gonzalo Mejia, yang memutuskan bahwa kota ini merupakan satu-satunya tempat dimana dia bisa membangun bandara, dan tempat ini juga dikonfirmasi oleh firma Curtiss Wright yang berbasis di New York.

Setelah beberapa penelitian, kota Medellín akhirnya menyetujui pembangunan landasan pacu yang tidak diperkeras sepanjang 974 m. Segera mulai berdatangan perusahaan penerbangan di kota ini dari kota seperti Barranquilla dan Bogotá. Akhirnya, kota menyadari pentingnya transportasi udara. Kemudian pada tahun 70an muncul kebutuhan akan bandara besar untuk kota, karena kejenuhan dan keterbatasan dari Olaya Herrera, dan sebagai tambahan tidak dibangun di dalam kota. Dua tempat kemudian diputuskan menjadi calon tempat pembangunan bandara, yang pertama di kota Barbosa, dan yang lain di lembah San Nicolas di Antioquia Timur dekat Rionegro. Akhirnya diputuskan dipilih Rionegro, dan pembangunannya dimuali dengan penandatangan kontrak oleh CES-DARC-TAMS.

Bandara ini dibuka pada tahun 1985. Pada tahun yang sama bandara ini menguji pesawat Boeing 747 milik Avianca yang sebelumnya diuji coba di landasan pacu lama (Olaya Herrera) sebelum dipindahkan di José María Córdova. Pada waktu tersebut bandara menerima banyak pergerakan kargo dan penumpang, sedangkan yang beroperasi di Olaya Herrera turun hingga hampir nol (kedua bandara saat ini beroperasi dengan lalu litas yang padat, dan beroperasi bersama-sama).

Bandara ini diberi nama Jose Maria Cordova, untuk menghormati tokoh ini, yang selain menjadi penduduk asli Antioquia yang merupakan wilayah dimana bandara ini dibangun (lahir di Concepción, Antioquia), sebuah kota yang berlokasi di Antioquia Rionegro timur laut, juga memiliki posisi dalam pemerintahan dan miliki peran penting dalam sejarah negara.

Modernisasi Jose Maria Cordova[sunting | sunting sumber]

Bandara José María Córdova sedang melakukan renovasi untuk memperbaiki fasilitas yang diharapkan membuat bandara ini mampu menarik perhatian wisatawan dan meningkatkan jumlah maskapai. Fasilitas tambahan yang akan ada pada akhir renovasi adalah:

  • Pembangunan terminal kargo yang berhubungan dengan landasan pacu
  • Perluasan terminal penumpang, terutama area nasional
  • Pembuatan kembali penanda jalan
  • Pembenahan pengaturan parkir pesawat
  • Pemulihan taman dan teras
  • Pemulihan gedung serbaguna
  • Gerbang untuk pemisahan arus penumpang: kedatangan dan keberangkatan
  • 12 gerbang udara baru
  • Eskalator baru

Terminal, maskapai, dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan Terminal
Aires Bogotá, Cali, Pulau San Andrés D,I
American Airlines Miami I
Avianca Barranquilla, Bogotá, Cali, Cartagena, Madrid , Miami, New York-JFK, Santa Marta
Musiman: Panama City, Pulau San Andrés
D, I
Copa Airlines Panama City I
Copa Airlines Colombia Bogotá, Caracas, Panama City, San Andrés Island
Musiman: Cartagena, Santa Marta
D, I
LAN Perú Lima, Quito I
Spirit Airlines Fort Lauderdale I
TACA Costa Rica Panama City, San José de Costa Rica I
TACA Perú Lima, Quito I

Maskapai kargo[sunting | sunting sumber]

Insiden dan kecelakaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Airplan - Website (Spanyol)