Bandar Udara Internasional El Dorado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional El Dorado
IATA: BOGICAO: SKBO
Ikhtisar
Jenis bandara Publik/Militer
Pengelola OPAIN S.A.
Lokasi Bogota, Kolombia
Ketinggian 2.628 m (8.361 f)
Koordinat 04°42′05″LU,74°08′49″BB
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
13R/31L 12.467 3.800 Aspal
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
13L/31R 12.467 3.800 Aspal

Bandar Udara Internasional El Dorado (IATA: BOGICAO: SKBO) adalah sebuah bandar udara internasional yang terletak di Bogotá, Kolombia. Bandara ini merupakan yang terbesar di Amerika Latin dalam hal pergerakan kargo sebesar 512.844 ton (2009) dan yang ketiga dalam hal lalu lintas penumpang, hanya di belakang Bandar Udara Internasional Benito Juarez di Mexico City dan Bandar Udara Internasional Guarulhos di Sao Paulo, melayani 14.899.199 penumpang pada tahun 2009; badnara ini mejadi yang terbesar di Kolombia dan merupakan gerbang udara internasional dan domestik terbesar di negara tersebut, menjadi hub utama bagi Avianca (maskapai penerbangan nasional dari Kolombia), Copa Airlines Colombia, Aires, Satena, EasyFly dan perusahaan kargo lainnya. Bandara ini dioperasikan oleh Operadora Aeroportuaria Internacional (OPAIN), sebuah konsorsium yang terdiri dari perusahaan konstruksi Kolombia dan firma teknik dari Swiss Flughafen Zürich AG.

El Dorado, secara ekonomi dan politis, adalah bandara terpenting di Kolombia dan menjadi gerbang udara internasional terpenting di negara tersebut, menangani 49% lalu lintas udara total di Kolombia. Bandara ini menangani semua penerbangan internasional dan domestik menuju Kolombia dan memiliki daerah pendaratan terbesar ketiga di dunia dengan luas 6.9 km². El Dorado berlokasi 15 kilometer (9.3 mil) di bagian barat pusat kota; Avenida El Dorado, salah satu jalan raya tercepat di Bogotá, menyediakan akses penumpang ke pusat kota. Pada akhir tahun 2008 pembangunan jalur TransMilenio baru dimulai, yang akan menghubungkan bandara dengan sistem transportasi masal di dalam kota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Terminal penumpang El Dorado dirancang dalam masa pemerintahan Jenderal Gustavo Rojas Pinilla. Konstruksinya dimulai pada tahun 1955 dan masuk dalam pelayanan pada akhir tahun 1959, menggantikan terminal lama dan menggabungkan bagian lain di bandara sehingga menjadi bandara yang benar-benar baru. Terminal baru ini memiliki beberapa jalur taksi, tempat perawatan, area parkir, gudang, lobi penumpang, loteng, dan fasilitas lain. Lantai keduanya terdiri dari area keberangkatan dengan ruang tunggu eksekutif dan restoran. lantai ketiga terdirii dari kantor milik maskapai dan layanan lain yang berkaitan dengan bandara.

Lanta keempat terdiri dari kantor manajemen dan perusahaan yang berhubungan yang diaudit oleh perusahaan yang berada di lantai kelima. Lantai keenam merupakan kantor cuaca dan ruang tenaga untuk sistem navigasi udara. Lantai ketujuh merupakan fasilitas kontrol lalu lintas di landasan pacu dan jalur taksi dan lantai kedelapan merupakan pengendali radar lalu lintas udara. Lanta kesembilan merupakan kantor perawatan sistem listrik dan lantai kesepuluh menangani sistem menara kontrol dan lalu litas penerbangan.

Tahun 1973, bandara ini menciptakan rekor dengan melayani hampir tiga juta penumpang dan menangani hampir lima juta keping bagasi. Tahun tersebut merupakan tahun terbaik bagi bagi industri penerbangan, dengan tingginya pertumbuhan penumpang di bagian domestik dan internasional. Pada waktu tersebut, kebutuhan akan landasan pacu kedua di El Dorado terlihat karena munculnya kekhawatiran ledakan pertumbuhan akan menyebabkan kerumitan lalu lintas udara pada masa depan. Tahun 1981, Avianca memulai pembangunan di terminal Puente Aéreo yang diresmikan oleh Presiden Julio César Turbay Ayala, untuk melayani penerbangannya yang sangat padat dari Bogotá menuju Cali, Medellín, Miami dan New York City. Tahun 1990, Unit Administrasi Khusus Penerbangan Sipil (Aerocivil) dipindahkan ke lantai tiga bangunan utama. Pada tahun yang sama, Centro de Estudios Aeronáuticos dan bangunan di bagian timur bandara untuk Pusat Nasional Navigasi Udara dibangun. Pada tahun 1998, landasan pacu kedua secara resmi dibuka.

Pada beberapa tahun terakhir, area penanganan bagasi diperpanjang di bagian utara dan selatan di bandara, dan lounge keberangkatan yang mengarah ke barat diperbesar secara ekstensif, menambahakan beberapa restoran dan toko.

Hub utama Avianca[sunting | sunting sumber]

Pada 10 Desember 1998, Avianca secara resmi membuka hub maskapainya di Bogotá, menyediakan sekitar 6.000 kemungkinan jaringan setiap minggu, termasuk frekuensi, jadwal, dan destinasi yang lebih banyak. Koneksi antara destinasi domestik dan internasional saat ini dioperasikan secara langsung dan melalui perjanjian codeshare dengan maskapai seperti Delta Air Lines, Mexicana, Lacsa (bagian dari Grupo Taca), Iberia dan Air Canada.

Operasi di dalam hub Bogotá memungkinkan penumpang dengan mudah menghubungkan destinasi domestik (seperti Medellín menuju San Andres), dari destinasi domestik menuju destinasi internasional (seperti Cali menuju Los Angeles), dari sebuah destinasi internasional menuju destinasi domestik (seperti Ft. Lauderdale menuju Baranquilla), antara dua destinasi internasional (Seperti Paris menuju Guayaquil) dan memungkinkan koneksi codeshare yang lebih mudah (seperti Atlanta menuju Cartagena dengan Delta Air Lines dan Avianca).

Hub ini juga dilengkapi beberapa fasilitas untuk transit yang lebih mudah, seperti konter cek in untuk penumpang yang melakukan transit, bus untuk transportasi internal antara Puente Aéreo dan terminal El Dorado, dan lounge khusus untuk penumpang transit internasional untuk menghindarkan penumpang transit melalui bagian bea cukai dan imigrasi Kolombia. Selain menjadi hub lokal utama bagi Avianca, bandara ini juga menjadi pusat koneksi terbesar bagi aliansi yang diikuti oleh Avianca, Star Alliance. Bersama dengan São Paulo, Bogotá sekarang dan pada masa depan masih akan menjadi bandara terpenting di Amerika Latin.

Puente Aéreo[sunting | sunting sumber]

Tahun 1981,Avianca memulai pembangunan terminal satelit baru yang diberi nama Puente Aéreo (Jembatan Udara), yang kemudian diresmikan oleh Presiden Julio Cesar Turbay Ayala. Tujuan awal pembangunana terminal ini oleh Avianca adalah untuk menangani penerbangan menuju Cali, Medellín, Miami dan New York. Mulai tahun pertama operasi hingga tahun 2005, Avianca secara bertahap memindahkan semua operasi domestik menuju Puente Aéreo dan memindahkan operasi Miami dan New York di terminal utama. Hal ini mmemungkinkan mereka melancarkan operasi dengan menggunakan ruang kosong yang sebelumnya digunakan untuk bea cukai dan imigrasi untuk gerbang penumpang dan lounge. Puncak dari proses ini dilakukan pada tahun 2006 ketika maskapai melakukan renovasi ekstensif pada bangunan tersebut, menambahkan area pertokoan, pusat makanan, lounge tunggu baru, lounge VIP besar, dan menambah gerbang dari 4 menjadi 11, yang memiliki tujuan utama untuk mengemas peningkatan layanan, pesawat baru, dan layanan darat dari Avianca. Namun, usaha tersebut terhambat oleh rekonstruksi saat ini yang dilakukan di Bandar udara Internasional El Dorado yang merencanakan untuk meruntuhkan seluruh bangunan Puente Aéreo bersama dengan terminal utama dan bangunan kergo lama untuk digantikan dengan terminal raksasa baru. Banyak dari renovasi yang dilakukan tahun 2006 bersifat sementara dan dirancang dengan biaya murah namun efektif. Sebagai contoh, jalur pejalan kaki menuju gerbang baru merupakan lantai sederhana yang ditempatkan di atas aspal lama dan strukturnya dibuat dari alumunium dengan jendela plastik, bukan kaca. Penumpang harus melintasi jalur yang digunakan oleh bus, kereta bagasi, dan kendaraan lain untuk mencapai pesawat. Pada beberapa gerbang penumpang harus melewati tangga untuk mencapai pesawat, yang merupakan hal normal pada tahun 1950 dan 1960an, namun pada beberapa tahun terakhir banyak digantikan oleh garbarata yang berada di ruang tertutup.

Pada Februari 2008 Avianca membuka toko pionir yang bernama Aviancastore yang menjual beberapa macam barang termasuk: Model pesawat, topi, payung, pakaian, mainan, pena, mug, dan produk lain yang mempunya logo maskapai. Toko ini mengalami sukses cepat dan maskapai ini mengembangkan konsep di kota lain di Kolombia.

Bandara militer CATAM[sunting | sunting sumber]

Singapore Airlines Cargo Boeing 747 di Bandar Udara Internasional El Dorado

Pada 3 September 1932, Diluncurkan Layanan Transportasi Militer di Kolombia, ketika sebuah F-13 membawa penumpang untuk pertama kali, menuju bagian selatan negara ini, yang terdiri dari Kolonel Luis Acevedo dan rekan-rekannya, yang bertugas sebagai direktur utama penerbangan di dalam negeri. Meskipun insfrastruktur transportasi udara militer belum terbentuk, misi ini dilakukan saat konflik dengan Peru dalam kondisi yang minim namun efektif, yang menggunakan pesawat seperti Junkers W-34, Ju-52 dan BT-32 Condor.

Tahun 1954 dia menciptakan sebuah operasi "Skadron Penghubung" dengan perintah langsung dari Presiden Republik, pada waktu tersebut , Jen. Gustavo Rojas Pinilla dan berlokasi di atap. Sukses ini membawa ide untuk menciptakan Grup Penerbangan Militer, yang meraih Kategori Transportasi Pangkalan tahun 1959. Mulai tahun tersebut, dengan penyelesaian pembangunan Bandar Udara Internasional, membuat komando dari Angkatan Udara Kolombia diperintahkan untuk berpindah menuju lokasi baru tersebut, menggunakan fasilitas bandara, hingga penyelesaian konstruksi pangkalan, yang selesai pada 28 Mei 1963. Tahun 1968 dua Hercules C-130B pertama, FAC-1001 dan 1002, tiba. Pesawat ini, secara jelas dirancang untuk misi dan transportasi tentara dan material militer yang mampu mendarat di landasan pendek yang belum diperkeras yang sesuai dengan kebutuhan dari Angkatan Udara Kolombia.

Boeing E-4 di CATAM

Tahun 1977, Komando Penerbangan Transportasi Militer diberi nama sesuai dengan nama pionir penerbangan Kolombia, Brigadir Jenderal Kehormatan Camilo Daza Alvarez. Sebagai usaha untuk mengembangkan kapasitas transportasi tentara dan kargo untuk mendukung kekuatan darat dalam usaha memerangi pemberontak dan penjualan obat terlarang, Angkatan Udara membeli pesawat C-130 Hercules baru, yang mendukung, tidak hanya misi militer, namun juga operasi kemanusiaan. Antara tahun 1990 dan 1991, diterima dari pemerintah AS, enam pesawat C-130B untuk mendukung operasi perang melawan penjualan obat terlarang dan gerilyawan pemberontak.

Pada tahun 1996 untuk mempermudah akses insfrastruktur Komando Penerbangan Transportasi Militer, jalan sempit yang merupakan jalan masuk dan keluar kendaraan menuju kantor, digantikan oleh dua jalan besar dan sebuah terowongan yang memungkinkan lalu lintas kendaraan melintas di bawah jalur N ° 2 Bandar Udara Internasional El Dorado. Sebagai tambahan, unit ini menambah kapasitas parkir, dari 120 kendaraan menjadi 260 lebih. Museum yang ada di sana memberikan infformasi kepada publik mengenai sejarah dari institusi, melihat pesawat yang pernah melayani dalam 85 tahun sejarah Angkatan Udara Kolombia yang memberikan ikatan yang lebih rapat antara komunitas sipil dan pihak Angkatan Udara. Dengan pengembangan operasi udara pandangan malam sejak tahun 2003, Komando Militer Transportasi udara membeli kemampuan untuk mengoperasikan Kacamata Malam di Hercules C-130 dan CN-235 Nurtanio menggunakan komputer, dalam usaha meningkatkan kapasitas operasi dan dukungan kepada tentara darat, melalui inplementasi misi transport, terjun payung, dan evakuasi medis udara pada landasan pacu yang belum disiapkan dan tanpa penerangan. Dengan jalan ini, Angkatan udara meningkatkan kapasitas operasinya hingga 100% karena penggunaan alat ini memungkinkan operasi 24 jam penuh.

Terminal, Maskapai, dan destinasi[sunting | sunting sumber]

American Airlines Boeing 767 dari Miami

Bandar udara ini memiliki dua terminal penumpang. Terminal utama, El Dorado, diberi nama sesuai dengan legenda terkenal El Dorado, menangani semua kedatangan domestik dan internasional, kecuali penerbangan domestik Avianca. Konter check in, konter tiket, kantor imigrasi dan bea cukai berada di lantai dasar sedangkan konter informasi, kantor informasi, ruang tunggu, dan emigrasi berada di lantai atas.

Bangunan utama dibagi menjadi dua area; area domestik dan area internasional. Area domestik memiliki 11 gerbang dan 5 tambahan untuk penerbangan regional. Area internasional memiliki 9 gerbang. Bangunan utama ini memiliki area penumpang seluas 54.000 feet persegi (5.000 m2) dan menyediakan bermacam-macam layanan seperti agen perjalanan, restoran, toko buku dan kerajinan, toko bebas pajak, layanan komunikasi, dan layanan Wi-fi di dalam terminal. Pada lantai kedatangan domestik dan internasional, penumpang dapat menemukan pusat informasi turis dan layanan transportasi darat menuju kota.

Terminal kedua, dikenal sebagai Puente Aéreo (jembatan udara) merupakan terminal milik swasta yang secara khusus melayani penerbangan domestik dan regional Avianca dan anak perusahaannya SAM. Pada awalnya, terminal ini secara eksklusif melayani penumpang dari Miami, New York-JFK, Cali, Medellín, Pasto, dan Montería. Terminal ini direnovasi pada Oktober 2006, setelah sebuah investasi senilai AS$7,5 juta dan menangani total luas wilayah penumpang 4.416 feet persegi (410,3 m2) dan 14 gerbang domestik serta membantu mengurangi waktu koneksi antar penerbangan domestik. Terminal ini juga menyediakan layanan tambahan untuk penumpang dan pengunjung, seperti akses menuju fasilitas pertokoan, telepon domestik dan internasional, layanan taksi, mesin ATM, restoran dan restoran cepat saji, dan bebrapa toko buku dan kerajinan.

Maskapai Tujuan Terminal
AeroGal Quito 1
Aerolíneas Argentinas Buenos Aires-Ezeiza 1
Aeroméxico Mexico City 1
Air Canada Toronto-Pearson 1
Air France Paris-Charles de Gaulle 1
Aires Armenia, Barranquilla, Bucaramanga, Cali, Cartagena, Cúcuta, Florencia, Fort Lauderdale, Ibagué, Leticia, Manizales, Medellín-Córdova, Montería, Neiva, New York-JFK, Pereira, Popayán, Puerto Asís, Quibdó, San Andrés Island, Santa Marta, Villavicencio, Valledupar, Yopal 1,2
American Airlines Miami 1
Avianca Armenia, Aruba, Barcelona, Barrancabermeja, Barranquilla, Bucaramanga, Buenos Aires-Ezeiza, Cali , Caracas, Cartagena, Cúcuta, Curaçao, Fort Lauderdale, Guayaquil, Ibagué, Lima, Los Angeles [ends January 18], Madrid, Manizales, Medellín-Córdova, Mexico City, Miami, Montería, Neiva, New York-JFK, Panama City, Pasto, Pereira, Popayán, Porlamar, Punta Cana, Quito, Riohacha, San José de Costa Rica, San Andrés Island, Santa Marta, Santo Domingo, Santiago de Chile, São Paulo-Guarulhos, San Salvador, Valencia (Venezuela), Valledupar, Washington-Dulles
Musiman: Cancún, San Juan
1, P.A.
Avianca Brazil São Paulo-Guarulhos 1
Continental Airlines Houston-Intercontinental, Newark 1
Copa Airlines Panama City 1
Copa Airlines Colombia Barranquilla, Bucaramanga, Cali, Cancún, Cartagena, Cúcuta, Guatemala City, Guayaquil, Havana, Leticia, Medellín-Córdova, Mexico City, Montería, Panama City, Quito, San Andrés Island, San José de Costa Rica, Santa Marta
Musiman: Punta Cana, Santo Domingo
1,2
Cubana de Aviación Havana 1
Delta Air Lines Atlanta, New York-JFK 1
Dutch Antilles Express Curaçao 1
EasyFly Armenia, Barrancabermeja, Neiva, Quibdó, Yopal 2
Gol Airlines São Paulo-Guarulhos 1
Iberia Madrid 1
JetBlue Airways Orlando 1
LAN Airlines Miami, Santiago de Chile 1
LAN Perú Lima 1
Lufthansa Frankfurt 1
Satena Arauca, Buenaventura, Cali, Corozal, Leticia, Medellín-Olaya Herrera, Mitú, Neiva, Pasto, Pereira, Puerto Asís, Puerto Inírida, Puerto Carreño, Quibdó, San José del Guavire, Saravena, San Vicente del Caguan, San Andrés Island, Valledupar, Villavicencio 1,2
Spirit Airlines Fort Lauderdale 1
TACA Airlines operated by Lacsa San José de Costa Rica 1
TACA Peru Lima 1
TAM Linhas Aéreas São Paulo-Guarulhos 1

Terminal Kargo Baru[sunting | sunting sumber]

Bandara ini memiliki terminal kargo baru, dengan tambahan ruang sebesar 5.586 meter persegi, ditambah 36.000 meter persegi untuk penanganan kargo, membuat El Dorado menjadi bandara dengan kapasitas barang terbesar di Amerika Latin. Area gudang memiliki luas 19.757 m2, dimana alat pemuat barang ditingkatkan menjadi 45 unit untuk mempercepat pembongkaran dan pemuatan barang dari truk langsung menuju daerah penanganan di terminal kargo baru. Loteng di area ini memiliki luas 4.471 m2, dimana ruang antara interior diperbesar untuk kenyamanan operator dan pengguna.

Maskapai Kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
ABSA Miami, Sao Paulo-Viracopos
AeroSucre Quito
AeroSur (Kolombia)
Atlas Air
Avianca Cargo
Cargo Express
Cargolux Luxembourg, Quito
Centurion Air Cargo Miami
Cielos del Perú Manaus, Miami
Colombian Air Cargo Barranquilla, Cali, Medellín-Cordova
Cosmos Air Cargo
DHL Express
FedEx Express Miami
Florida West International Airways Los Angeles, Mexico City, Miami
LAN Cargo
Lufthansa Cargo Frankfurt
Líneas Aéreas Suramericanas
Martinair Cargo Amsterdam, London-Stansted, Miami
MasAir Guadalajara, Mexico City
Singapore Airlines Cargo Brussels, São Paulo-Viracopos
Tampa Cargo Asunción, Barbados, Lima, Mexico City, Miami, Montevideo, Quito, San Juan
UPS Airlines Miami
World Airways Cargo Miami

Insiden dan Kecelakaan[sunting | sunting sumber]

  • Pada 7 Juni 1973, Vickers Viscount HK-1061 milik Aerolíneas TAO rusak saat melakukan perbaikan dalam sebuah kecelakaan pendaratan.[1]
  • Pada 24 Januari 1980, Douglas C-53D HK-2214 milik Aerotal Colombia jatuh setelah kerusakan mesin dalam penerbangan yangg diikuti oleh rusaknya propeler mesin yang tidak rusak. Pesawat dalam uji coba penerbangan. Seluruh empar orang di pesawat tewas.[2]
  • Pada 25 Januari 1990, Avianca Penerbangan 52, yang terbang dalam rute Bogotá-Medellín-New York JFK, jatuh di Long Island setelah kehabisan bahan bakar.
  • Pada 8 Februari 1986, Douglas DC-3 HK-3031 milik SAEP Colombia jatuh saat melakukan pendaratan. Mesin kehilangan tenaga sesaat setelah lepas landas dalam sebuah penerbangan kargo dan diputuskan untuk kembali ke Bogotá. Meskipun pesawat habis terbakar setelah jatuh, lima orang di pesawat selamat.[3]
  • Pada 20 April 1998, Air France Penerbangan 422 dari Bandara Eldorado menuju Quito, Ekuador, menggunakan sebuah pesawat yang disewa dari TAME dan diterbangkan oleh awak dari Ekuador, jatuh di sebuah gunung dekat Bogotá. Seluruh 43 penumpang dan 10 awak tewas.[4][5]
  • Pada 7 Juli 2008, sebuah Kalitta Air Boeing 747-209B jatuh sesaat setelah meninggalkan Bandar Udara Internasional El Dorado di Bogotá pada pukul 3:55 dini hari. Pesawat dalam perjalanan menuju Miami, Florida, dengan muatan berupa bunga. Setelah melaporkan munculnya api di salah satu mesin, pesawat berusaha untuk kembali ke bandara namun jatuh di dekat desa di Madrid, Kolombia. Salah satu mesin pesawat menabrak sebuah rumah, menewaskan satu orang dewasa dan dua anak-anak yang tinggal di sana. Delapan orang di pesawat seluruhnya selamat.[6][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Accident description". Diakses 8 October 2009.  Unknown parameter |etika= ignored (help)
  2. ^ "HK-2214 Accident description". Aviation Safety Network. Diakses 24 July 2010. 
  3. ^ "HK-3031 Accident description". Aviation Safety Network. Diakses 27 July 2010. 
  4. ^ Fatal Events Since 1970 for Air France
  5. ^ AirDisaster.Com Accident Database
  6. ^ "US cargo plane crashes into Colombian house, 3 dead". AFP. 2008-07-07. Diakses 2008-07-07. 
  7. ^ "US plane crashes into Colombian house". The Sydney Morning Herald. 2008-07-08. Diakses 2008-07-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]