Cali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santiago de Cali
Bendera Santiago de Cali
Flag
Lambang resmi Santiago de Cali
Seal
Julukan: "Bagian dari Surga"
Lokasi kota Kali di provinsi Valle del Cauca.
Lokasi kota Kali di provinsi Valle del Cauca.
Area Area Pasifik (Kolombia)
Provinsi Provinsi Valle del Cauca*
Foundation 25 Jul1, 1536
Pemerintahan
 • Mayor Ramiro Tafur
Area
 • Total 4.977,96 km2 (192,200 mil²)
Populasi (2005)[1]
 • Total 2.068.386
 • Kepadatan 4.372/km2 (11,320/sq mi)
Situs web
www.cali.gov.co
*

Santiago de Cali (diucapkan:san'tja?o ð?e 'kali), atau biasa disebut Kali, adalah kota utama dan ibukota dari Valle del Cauca, provinsi di sebelah barat Kolombia. Dengan populasi 2,316.654 penduduk. Santiago de Cali adalah kota terbesar ketiga di Kolombia. Merupakan rujukan di Kolombia karena perkembangan industri dan komersialnya karena letak geografisnya. Kali ditemukan tanggal 25 Juli 1536 oleh penjelajah Spanyol Sebastián de Belalcázar.

Nama Santiago de Cali untuk menghormati Saint James, nabi (Santiago dalam Spanyol) yang kematiannya dirayakan tanggal 25 Juli. Nama "Kali" kemungkinan berasal dari nama "Lili", nama dari penduduk lokal. Yang lain percaya kata "Cali" adalah nama asli dari 'quechua' yang dibawa oleh penduduk Indian Yanacona yang datang dari Quito untuk melayani Sebastián de Belalcázar. Teori ini ditimbulkan karena dekat kota Quito terdapat kota kecil dengan nama asli yaitu Cali Cali. Santiago ditemukan pada akhir abad 1600 dengan populasi sebesar 17 orang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pandangan Taman Sungai Kali

Sebelum kedatangan orang Spanyol, daerah Kali dihuni oleh penduduk asli, yang kebanyakan berbahasa Karibia. Di area antara sungai Kauka dan sebelah barat, yaitu Gorrones yang terbentuk antara yang sekarang disebut Roldanillo dan Kali. Kota Morron terbesar berada di Sungai Pescador dekat kota Zarzal dan Bugalagrande. Walaupun mereka kanibal, orang Morrone berdagang dengan masyarakat Quimbayas yang menghuni sisi utara Valle del Cauca.

Dalam perjalanan ke Kali, Sebastián de Belalcázar pertama kali bertemu dengan Timbas yang bersembunyi sebelum kedatangan penjelajah, meninggalkan kota dan emas. Setelah Timbas, mereka menuju ke utara dan memasuki area Jamundí dan pendukungnya yaitu Jamundíes, di antara sungai Pance dan Jamundí. Indian-indian ini melakukan perlawanan, menggunakan panah beracun melawan 'arquebus' dan pedang milik Spaniard. Setelah memenangkan pertempuran, Spaniard ini melucuti emas milik suku Indian.

Sebelum mengambil alih semua area, Spaniard ini harus bertarung melawan Petecuy, yang menduduki area antara singau Lilí dan sisi barat Cordillera. Petecuy membentuk pasukan besar dan melawan di Selasa Agung tahun 1536.

Orang Morrone ini menyerah dengan cepat dan terbagi atas encomiendas. Keberadaan "mestizo" dari Spaniard membuat campuran antara Amerindians dengan cepat. Belalcázar sendiri memiliki anak di Amerika dari ibu India dan juga para pengikutnya.

Kali sangat penting bagi Belalcazar karena berada di bawah kekuasaan Inka. Setelah penangkapan Inka Atahualpa di Kajamarka, Francisco Pizarro mengirim Belalcazar untuk mengambil alih Guayaquil dan Quito. Kali, yang berada di bawah kekuasaan Quechua di klaim oleh Belalcazar sebagai miliknya. Setelah ia meninggal, keturunannya memelihara tanah-tanahnya sampai perang Bolivar melawan penjajah Spanyol.


Selama masa kolonial Santiago de Cali merupakan bagian dari Popayán, yang merupakan bagian dari Quito Audiencia. Walaupun Kali merupakan ibukota Gobernación Popayán, tahun 1540 Belalcázar memindahkan fungsi ini ke Popayán karena cuacanya yang lebih baik.

Selama abad 18 semua wilayah yang disebut Kali dihuni oleh haciendas (penanaman), dan kota ini masih berupa kota kecil dekat sungai Kali. Tahun 1793, Kali memiliki 6,548 penduduk, 1,106 dari mereka adalah buruh. 'haciendas' merupakan milik dari warga kelas atas dengan para buruh yang bertugas untuk memelihara ternak dan menanam pohon tebu. Banyak dari 'haciendas' ini menjadi area tetangga dari kota seperti Cañaveralejo, Chipichape, Pasoancho, Arroyohondo, Cañasgordas, Limonar, dan Meléndez.

Kali dulunya merupakan tempat strategis bagi perdagangan karena lokasinya dekat dengan tambang di provinsi Antioquia, Chocó, dan Popayán. Di masa kolonial ini, jalur untuk kuda antara Kali dan Buenaventura sudah tersedia.

Tanggal 31 Juli 1810 Santiago de Cali membebaskan diri dari Gobernación Popayán. Kebangkitan lokal ini terdengar sampai ke Bogotá dalam 17 hari. Segera militer lokal menanganinya dengan membentuk "Ciudades Confederadas del Valle del Cauca" dengan Anserma, Cartago, Toro, Buga dan Caloto. Segera setelah pemberontakan Gubernur Popayán, Miguel Tacón y Rosique, mengumpulkan pasukan untuk mengontrol kebangkitan ini. Penduduk Kali meminta bantuan ke "Junta Suprema" di Bogotá yang mengirimkan kontingen dibawah pimpinan kolonel Antonio Baraya untuk mendukung kemerdekaan. Tanggal 28 Maret 1811 pertarungan di istana Bajo, pasukan Baraya melumpuhkan pasukan kerjaan dengan bantuan Atanacio Girardot.

Masih terdapat perang-perang pada tahun berikutnya antara kerajaan dan milisi lokal. Setelah lepas dari kepungan Napoleon, Raja Fernando VII dari Spanyol mengirim pasukan dalam jumlah besar dibawah pimpinan Pacificador (pembawa perdamaian) Pablo Morillo yang mengklaim kembali kekuasaan Spanyol.

Tahun 1819 setelah Simón Bolívar mengalahkan pasukan Spanyol di Batalla de Boyacá, terdapat kebangkitan Valle del Cauca dan Criollos mengambil alih secara permanen. Tahun 1822 Bolívar tiba di Kali. Kota ini menjadi basis militer dalam mendistribusikan pasukan perjaungan ke selatan area.

Geografi dan iklim[sunting | sunting sumber]

Pandangan Satelit dari Kali

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Kali terletak di lembah Kauka sampai ke sungai Kauka dan timur dari sisi barat pegunungan dekat perbukitan Farallones de Cali. Kota ini memiliki ketinggian 1,000 meter (3,280 ft.) di atas laut dengan topografi relatif datar. Sekitar 100 km ke barat Kali terdapat pelabuhan Buenaventura di pantai Pasifik Kolombia; ke timur laut adalah kota industri Yumbo dan kota Palmira, dimana terletak bandara internasional Kali yaitu Alfonso Bonilla Aragón (CLO), terletak di kota kolonial Popayán dua jam dengan mobil di provinsi Kauka.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Santiago de Cali dibatasi pegunungan di barat, Los farallones adalah pegunungan terdekat. Kota ini memiliki daerah yang tinggi di dalam kota seperti San Antonio dan La loma de la Cruz, keduanya adalah daerah turis. Terdapat beberapa sungai yang mengalir dari Pegunungan sisi Barat dan melalui area kota. Di sisi barat kota terdapat sungai Aguacatal yang mengalir ke sungai Kali sampai ke sungai Kauka. Di selatan kota terdapat sungai Cañaveralejo, Lilí, dan Meléndez yang mengalir ke selatan kanal CVC dan bermuara di sungai Kauka. Jauh ke selatan muara sungai Panca merupakan tempat populer untuk berwisata.

I klim[sunting | sunting sumber]

Kali

Iklim lokal adalah semi tropis dimana pegunungan menjadi filter bagi kelembaban dari pantai Pasifik. Di siang hari, Kali menikmati udara segar dari barat bertiup ke timur. Pegunungan Barat menaik sampai 2,000 meter di atas permukaan laut dan mencapai 4,000 meter di sisi selatan. Karena variasi ketinggian, udara di ujung utara kota lebih kering dari barat laut. Rata-rata curah hujan adalah antara 900 mm - 1,800 mm tergantung area. Suhu rata-rata di Kali adalah 24 °C (74 °F) dengan suhu terendah 19 °C (66 °F) dan tertinggi 30 °C (86 °F).

Karena kedekatannya dengan garis katulistiwa terdapat variasi musim. Penduduk lokal menyebut musim kering sebagai musim panas dan musim hujan sebagai musim dingin. Musim hujan biasanya dari April - Mei dan Oktober - November. Meskipun begitu hujan bisa turun kapan saja yang menyebabkan kota tetap hijau dan dipenuhi tumbuhan.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Pariwisata sejarah[sunting | sunting sumber]

Plaza de Caycedo

Santiago de Cali menawarkan banyak sejarah dengan berbagai atraksi. DI pusat kota Kali terdapat gereja bersejarah seperti La Merced dan La Ermita. Daerah La plaza de Caycedo, dianggap sebagai pusat kota yang dikelilingi gedung bersejarah seperti El edificio Otero, La Catedral dan El Palacio de Justicia; Plaza ini dekat dengan gereja Saint Francis yang terkenal dengan nama Spanyol-nya Iglesia de San Francisco. Patung kota yang terkenal adalah Cristo Rey dengan ketinggian 42 meter, terletak di daerah gunung; Sebastian de Belalcazar, penemu kota dan Las tres Cruces, tempat ziarah selama minggu Agung.

Turis Regular[sunting | sunting sumber]

Teater Jorge Isaacs

Kota Kali memiliki banyak tempat yang nyaman bagi turis, sebagai contoh, Granada adalah area tradisional yang penuh dengan restoran, toko baju dan butik. Tempat lain adalah "La sexta" di jalan no 16 yang dipenuhi dengan klub malam, juga dikenal sebagai "zona rosa" atau zona merah muda dan dekat dengan mall Chpichape. Pusat turis:

  • Parque del perro: terletak di area San Fernando, merupakan area terkenal di kota.
  • Monumen Sebastian de Belalcazar: Tempat paling dikunjungi di kota, di tempat ini pula bisa ditemui makanan seperti "Mazorca asada," jagung panggang.
  • Sungai Kali: Area yang tenang di kota, dan dikelilingi resto dan museum seperti "La Tertulia,".
  • Cristo Rey: Monumen religi yang terletak di bukit dengan pemandangan kota yang spektakuler.
  • Pusat perbelanjaan: di kota ini terbagi atas zona-zona:

Selatan: Unicentro, mal Palmetto, Jardín Plaza, Cosmocentro Utara: Chipichape, Centenario

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Kali membangun sistem transportasi masal bernama El MIO. El MIO berdasar pada model transportasi bis gandeng. Dengan panjang rute 243 kilometer yang terbagi atas trunk, pre-trunk dan koridor tambahan. Sistem ini menambah kerapihan kota dan mulai dioperasikan tahun 2008.

Daftar koridor Utama:

  • Kalle 5
  • Karrera 15
  • Kalles 13 y 15
  • Avenida de las Américas
  • Avenida 3N
  • Karrera 1
  • Transversal 25
  • Karrera 29 y Autopista Oriental
  • Kalle 70

Informasi resmi mengenai sistem El MIO terdapat di situs www.metrocali.gov.co (dalam bahasa Spanyol).

Transportasi Udara[sunting | sunting sumber]

Kali dilayani oleh bandara internasional Alfonso Bonilla Aragón yang juga dikenal sebagai bandara Palmaseca, terletak di kota Palmira. Merupakan bandara kedua kedua terbesar di Kolombia karena melayani 2,171,551 penumpang tahun 2006 dengan kargo 4 besar. Alfonso Bonilla Aragón terletak di lembah yang sempit dan panjang dari selatan ke utara dan dikelilingi gunung dengan ketinggian 14,000 feet (4,000 m).

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Salah satu gedung tinggi di Kali

Kali dan provinsi Valle del Cauca merupakan pusat komersial di Kolombia, karena merupakan pusat pertukaran baik nasional dan internasional. Kali menjadi istimewa karena letak geografisnya yang dekat dengan pelabuhan Buenaventura yang merupakan pelabuhan utama Kolombia di Pasifik. Ekonomi kota terwujud dari sejarahnya sebagai pabrik gula, diwariskan dari kultur haciendas (budaya estates).

Dari statistik DANE dikatakan PIB di Valle del Cauca's tumbuh dibanding tahun 1940 sebanyak dua kalinya. Tahun 1997 PIB regional tumbuh tidak sampai 1%. Tahun 1999 negara mengalami resesi dan PIB tumbuh sebesar -4%. Dari sejak itu, ekonomi kota mengalami naik turun.

Industri kota juga mengalami perkembangan; bagian utara kota adalah area industri seperti area Yumbo karena banyaknya korporat seperti pengusaha minuman Postobón S.A. dan Bavaria.

Politik[sunting | sunting sumber]

Kali diketuai oleh seorang 'mayor' yang dipilih setiap 3 tahun. Dibawahnya terdapat beberapa bagian administratif dan sekretariat. Anggota dewan kota dipilih oleh penduduk setiap 4 tahun. Mayor pertama kota ini adalah Carlos Holmes Trujillo dari partai Liberal.

Pemilu 2007 yang berlangsung tanggal 28 Oktober 2007, untuk menggantikan Ramiro Reyes berlangsung sangat ketat. Berikut daftar para 'mayor' yang pernah memimpin Santiago de Cali: Jorge Ivan Ospina Kiko Lloreda Bruno Diaz Diego Luis hurtado Jorge Portocarrero

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Universidad del Valle

Institusi pendidikan tinggi terpenting di kota ini adalah Universidad del Valle (Universitas Bagian Valle), atau Univalle, yang berdiri sejak 1945; dengan lebih 20,000 pelajar. Univalle menawarkan berbagai program akademik (kecuali ilmu hukum). Sangat terkenal karena perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terpakai.

Pusat akademi lain adalah Universidad Santiago de Cali dengan berbagai program pendidikan. Universitas lain adalah Universidad Autónoma de occidente, Pontificia Universidad Javeriana (Cali) atau Universidad Javeriana, Universidad ICESI, Universidad Libre, dan Universidad San Buenaventura (Cali) alias Universidad San Buenaventura.

Aktivitas Budaya[sunting | sunting sumber]

Feria de Cali (Festival Kali)[sunting | sunting sumber]

"La Feria de Cali" adalah program budaya utama Kali. Merupakan festival yang berlangsung sejak 1957. Festival ini berlangsung sejak 25 Desember - 30 Desember yang dikenal juga sebagai "Feria de la Caña" (festival gula tebu) dan "Feria de la salsa" (festival Salsa). Disini orang dapat menikmati aneka kegiatan seperti 'cabalgata' (parade pengendara kuda), tascas, konser salsa, tanding kerbau, parade, aktivitas atletik, kompetisi dan gelar budaya.

Kali juga dikenal sebagai "Capital de la Salsa" mengingat suasana kota yang diwarnai musik Afro-Karibbia. Di awal Juli terdapat festival musim panas Salsa yang berlangsung selama 1 minggu. Ini termasuk konser band salsa dunia seperti pertunjukan tari dan kompetisi "melomano" dimana peserta salsa mencoba satu sama lain dengan berbagai variasi musik salsa dan termasuk suara yang brelangsung dalam nada panjang. Informasi mengenai hal ini dapat dilihat di www.feriadecali.com (Spanish)

Rio Cali race Merupakan program atletik utama, maraton tengah tahunan [2] dan perlombaan 10k bulan Desember yang diberi nama Karrera del Río Cali.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Ibukota olahraga Kolombia[sunting | sunting sumber]

Stadion sepak bola, Pascual Guerrero


Kota Santiago de Cali dikenal sebagai ibukota olahraga bagi Kolombia karena kota pertama yang melangsungkan aneka program internasional sejak tahun 1970, juga karena kota ini sering memenangkan Pertangingan Olimpik Nasional dibandingkan kota-kota lainnya. Juga karen perkembangan infrastruktur olahraga-nya.

Kali memiliki 2 stadium yaitu Estadio Olímpico Pascual Guerrero dan Estadio del Deportivo Cali. Estadio Olímpico Pascual Guerrero merupakan rumah bagi klub Deportivo Cali dan America de Cali, karena Estadio Deportivo Cali sedang dalam proses konstruksi. Maka Deportivo Cali satu-satunya tim sepak bola yang memiliki stadium karena stadium lain dimiliki oleh pemerintah. Tempat lain di kota ini adalah "El pueblo Arena" yang digunakan untuk aneka kegiatan seperti pertandingan basket.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Infrastruktur di Kali memungkinkan diselenggarakannya program olahraga internasional seperti Perlombaan PanAmerika tahun 1968 aneka perlombaan Pasifik, Perlombaan Hokey Roller Dunia 1999.

  • Stadium Olimpik Pascual Guerrero
  • Arena El Pueblo
  • Polideportivo de El Vallado
  • Unidad Deportiva Panamericana
  • Velódromo Alcides Nieto Patiño
  • Gimnasio Evangelista Mora
  • Patinódromo Los Diputados
  • Estadio del Deportivo Cali

Informasi lain

  • Santiago de Cali merupakan rumah bagi dua klub sepak bola di Kolombia yaitu Deportivo Cali dan America de Cali.
  • Terdapat klub basket bernama Santiago de Cali karena basket merupakan olah raga kedua di kota ini setelah sepak bola. Dekat pusat kota terdapat lapangan "La Karrera del Cholado".
  • Tanding Kerbau merupakan kegiatan di festival Kali yang diadakan bulan Desember yang diikuti oleh banyak warga kali dan seluruh Kolombia. Arena tanding kerbau disebut La Plaza de Toros de Cañaveralejo, terletak di barat daya kota.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(The following links are all in Spanish language)