Leopold Ruzicka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leopold Ruzicka

Lavoslav (Leopold) Stjepan Ružička (l. Vukovar, Austria-Hongaria (kini Kroasia), 13 September 1887 - † Zürich, 26 September 1976) adalah kimiawan dan profesor di Universitas Swiss yang dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia pada 1939.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia menghadiri SD program klasik di Osijek (Kroasia), mengubah cita-citanya dari pendeta untuk belajar ilmu teknik. Memilih kimia, mungkin karena ia mengharap mendapat kedudukan di pabrik gula yang baru dibangun di Osijek. Namun ia berubah pikiran ke Sekolah Tinggi Teknik di Karlsruhe, mempelajari kimia organik dan fisika kimia di bawah bimbingan Fritz Haber. Bersama Hermann Staudinger, Ružička pindah ke Zurich dan menjadi asistennya.

Penelitian ilmiah[sunting | sunting sumber]

Ia memulai penelitian di bidang industri parfum, bermula dari terpen.

Lalu ia memperluas wilayah penelitiannya, ke kimia terpen dan steroid yang lebih tinggi. Setelah berhasil mensintesis hormon seks (androsteron dan testosteron), laboratoriumnya menjadi pusat kimia organik dunia.

Pada 1939 ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia, bersama dengan Adolf Butenandt, untuk karyanya pada polimetilen dan terpen.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]