Kunjungan Paus Fransiskus ke Irak tahun 2021

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perjalanan Apostolik ke Irak
Paus Fransiskus memberikan pidato di aula Istana Kepresidenan, Baghdad
Tanggal5–8 Maret 2021
LokasiUr
Baghdad
Najaf
Qaraqosh
Erbil
Mosul
Situs webVatican website

Kunjungan Paus Fransiskus ke Irak berlangsung antara tanggal 5 Maret dan 8 Maret 2021. Kunjungan tersebut dilakukan atas undangan dari Pemerintah Irak dan Gereja Katolik Kaldea. Kunjungan ini dikenang sebagai upaya untuk menjembatani berbeda agama di Irak. Selama perjalanan pertama ke Irak oleh Pontifex, Paus Fransiskus mengunjungi kota Ur, Baghdad, Najaf, Qaraqosh, Erbil dan Mosul.[1]

Upaya sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Paus Yohanes Paulus II ingin mengunjungi Ur, tempat kelahiran Abraham menurut tradisi alkitabiah dalam perjalanan melalui Timur Tengah termasuk Israel, Yordania dan Palestina namun kunjungan tersebut dibatalkan karena perbedaan pendapat antara Pemerintah Saddam Hussein dan perwakilan Takhta Suci[2] yang menyebabkan Irak melarang kunjungan tersebut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tawfeeq, Mohammed; Westcott, Ben; Kottasová, Ivana (6 March 2021). "Pope Francis condemns extremism as 'betrayal of religion'". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-03-06. Diakses tanggal 2021-03-14. 
  2. ^ Pullella, Philip. "Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan berisiko ke Irak pada awal Maret". Reuters. Diakses tanggal 2021-03-14.