Sidang Umum Luar Biasa Ketiga Sinode Para Uskup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sidang Umum Luar Biasa Ketiga Sinode Para Uskup
Waktu5–19 Oktober 2014
PenyelenggaraPaus Fransiskus
PemimpinPaus Fransiskus
Jumlah peserta253
Pokok bahasanTantangan Pastoral Keluarga dalam Konteks Evangelisasi
Dokumen dan keputusan
Pesan Sidang Umum Luar Biasa III Sinode Para Uskup
Daftar kronologis Konsili Ekumene

Sidang Umum Luar Biasa Ketiga Sinode Para Uskup, sinode pertama dari dua sinode yang populer disebut Sinode Keluarga, diadakan di Kota Vatikan pada tanggal 5– 19 Oktober 2014 dengan topik Tantangan Pastoral Keluarga dalam Konteks Evangelisasi.[1][2] Sinode telah diadakan pertemuan 253 uskup dan peserta lainnya dalam persiapan sinode yang lebih besar dengan tema yang sama pada bulan Oktober 2015.[3][4] Para peserta membahas permasalahan yang dihadapi keluarga saat ini, termasuk dampak perang, imigrasi, kekerasan dalam rumah tangga, orientasi seksual, poligami, pernikahan beda agama, hidup bersama, putusnya pernikahan, serta perceraian dan pernikahan kembali.[5] Secara khusus, sinode ini ditandai dengan perdebatan mengenai pelayanan pastoral umat Katolik yang hidup dalam "perkawinan tidak teratur", termasuk mereka yang menikah lagi secara sipil setelah perceraian (khususnya keinginan mereka untuk menerima Ekaristi)[2][4][6] unmarried cohabitating couples,[2][7] dan khususnya umat Katolik gay.[8][9][10] Sinode ini juga terkenal karena menonjolnya para uskup Afrika.[11]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dias, Elizabeth (8 October 2013). "Pope Francis Calls Extraordinary Synod on Family and Marriage". Time Magazine. Diakses tanggal 8 October 2013. 
  2. ^ a b c Pentin, Edward (8 October 2013). "Pope Francis Calls Synod on the Family, Evangelization". National Catholic Register. Diakses tanggal 18 October 2014. 
  3. ^ "The beauty of family". Osservatore Romano. 9 September 2014. Diakses tanggal 17 October 2014. 
  4. ^ a b Allen Jr., John L. (17 October 2014). "Still no consensus on Communion for divorced, remarried". Crux. Diakses tanggal 17 October 2014. 
  5. ^ Nichols, Vincent. "Pastoral Letter on the Synod of the Family". Diakses tanggal 2 November 2014.  25/26 November 2014
  6. ^ Gaffey, Connor (17 October 2014). "Cardinal Pell: Communion for divorced and remarried not majority position". Catholic Herald. Diakses tanggal 18 October 2014. 
  7. ^ Allen Jr., John L. (13 October 2014). "Synod agrees on much, but divorce debate continues". Crux. Diakses tanggal 17 October 2014. 
  8. ^ Twomey, D. Vincent (24 October 2014). "The 'media synod' has eclipsed the real one". Catholic Herald. Diakses tanggal 30 October 2014. 
  9. ^ "Vatican alters draft report translation about gays". Crux. Associated Press. 16 October 2014. Diakses tanggal 17 October 2014. 
  10. ^ Odie, William (17 October 2014). "If Francis doesn't soon make it clear that the synod can't abandon Catholic teaching, his pontificate could spin out of control". Catholic Herald. Diakses tanggal 18 October 2014. 
  11. ^ Allen Jr., John L. (17 October 2014). "Africans are no longer junior partners in Catholicism Inc". Crux. Diakses tanggal 17 October 2014. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Advocate" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "akin" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "added" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "appeal" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Burke EWTN video" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNNWuerl" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNS Pell" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "couple" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "concerns" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Consensus" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "compassion" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "crash" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "dismayed" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "drama" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "durocher" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "fraternal" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Final" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Familiaris" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "graduality" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "hopes" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "important" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "inclusive" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "IL" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "italian" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "input" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Kurtz" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "kasper" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "list" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Lehmert" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "mystery" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Miguel" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "nuance" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "open" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "oscar" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Parliament" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "paul" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "precipice" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Pirolas" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "questionnaire" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "resisting" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "rewrite" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Relatio" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "speech" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "state" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "stuns" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "soap" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Vallet" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "votes" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "water" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Wuerl" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "xray" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "weak" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "wide" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Yenko" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.