Komisi Pengkajian Diakonat Wanita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komisi Pengkajian Diakonat Wanita pertama didirikan pada bulan Agustus 2016 oleh Paus Fransiskus untuk meninjau teologi dan sejarah pelayanan diakon wanita (diakones) di Gereja Katolik Roma. Laporan komisi tidak dipublikasikan. Setelah sinode Amazon, Paus Fransiskus berjanji untuk membuka kembali komisi ini. Dia malah membentuk komisi kedua pada April 2020.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah ada selama beberapa abad, panggilan diakon secara bertahap diubah dalam Gereja Katolik menjadi jabatan yang diperuntukkan bagi pria yang menjadi calon penahbisan sebagai imam dan ditahbiskan sebagai diakon transisi.[1] Peserta Konsili Vatikan Kedua merekomendasikan pemulihan diakonat permanen kuno dengan pemungutan suara dilakukan pada bulan Oktober 1963 dan September 1964.[2] Konstitusi Dogmatis tentang Gereja Konsili (Lumen gentium) mengatakan bahwa:[3]

…diakonat di masa depan dapat dikembalikan ke peringkat hierarki yang tepat dan permanen. Badan-badan teritorial para Uskup yang berwenang, dalam bentuk apa pun, dengan persetujuan Paus Tertinggi, berhak memutuskan apakah dan di mana tepat bagi diakon-diakon tersebut untuk didirikan untuk reksa jiwa. Dengan persetujuan Paus, diakonat ini di kemudian hari dapat dianugerahkan kepada laki-laki yang sudah lebih dewasa, bahkan kepada mereka yang sudah menikah. Hal ini juga dapat diberikan kepada pria muda yang cocok, yang mana hukum selibat harus tetap berlaku.

Meskipun pertanyaan tentang memasukkan perempuan ke dalam diakonat tertahbis telah diajukan ke Konsili, pada tahun 1967, Paus Paulus VI mengesahkan pembentukan pelayanan diakon permanen, yang masih terbatas pada laki-laki tetapi terbuka bagi laki-laki yang sudah menikah. Berdasarkan peraturan yang ia tetapkan, baik diakon tetap maupun diakon transisi tergabung dalam satu ordo dan ditahbiskan menurut ritus yang sama.[4][5]

Gereja Katolik telah mengkaji pertanyaan tentang diakon perempuan pada tahun 2002, sebuah laporan oleh Komisi Teologi Internasional, sebuah badan penasehat Kongregasi untuk Ajaran Iman.[6] Pada tanggal 26 Oktober 2009, Paus Benediktus XVI memodifikasi hukum kanonik untuk memperjelas perbedaan antara diakon dan imam, dengan menulis bahwa hanya yang terakhir bertindak "dalam pribadi Kristus", bahwa diakonat dan imamat adalah pelayanan khusus dan bukan tahapan dalam sakramen tahbisan.[7]

Uskup Agung Paul-André Durocher dari Gatineau, Kanada, mengemukakan gagasan untuk menahbiskan perempuan sebagai diakon ketika berbicara di Sinode Keluarga pada tahun 2015 ,[8] dan terus mengangkat isu ini setelah sinode.[9] Beberapa wali gereja senior mengambil posisi yang berlawanan mengenai kemungkinan diakonat perempuan, termasuk Kardinal Walter Kasper[10] dan Gerhard Müller.[11] Beberapa uskup[siapa?] mendukung penahbisan wanita sebagai diakon.[12][13]

Dalam audiensi dengan para religius perempuan pada pertemuan tiga tahunan Persatuan Pemimpin Umum Internasional (UISG) pada bulan Mei 2016, Paus Fransiskus ditanya tentang apakah perempuan dapat dimasukkan dalam diakonat permanen, dan ditanya tentang kemungkinan untuk mendirikan sebuah komisi resmi untuk mempelajari masalah ini.[14] Fransiskus menjawab bahwa sejarah itu "tidak jelas" dan tidak jelas peran apa yang dimainkan oleh diakones atau apakah mereka ditahbiskan, dan menambahkan: "Sepertinya berguna bagi saya untuk memiliki komisi yang dapat memperjelas hal ini dengan baik."[15] Juru bicara Vatikan Federico Lombardi kemudian mengatakan bahwa Paus Fransiskus "tidak mengatakan bahwa ia bermaksud untuk memperkenalkan penahbisan diakon bagi perempuan, dan terlebih lagi ia tidak berbicara tentang penahbisan imam bagi perempuan."[16]

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Ketika Paus Fransiskus membentuk Komisi Studi Diakon Wanita pada tanggal 2 Agustus 2016, ia menugaskannya untuk memeriksa sejarah perempuan yang menjabat sebagai diakones di Gereja Katolik Roma.[17] Ia menunjuk Uskup Agung Luis Francisco Ladaria SJ, Sekretaris Kongregasi Ajaran Iman, sebagai Presiden dan dua belas anggotanya, enam perempuan dan enam laki-laki:[18]

Anggota komisi tampak berbeda pendapat. Zagano telah menulis buku berjudul Sabtu Suci: Sebuah Argumen untuk Pemulihan Diakonat Perempuan di Gereja Katolik, sementara Menke berpendapat bahwa perempuan tidak bisa menjadi diaken karena mereka tidak bisa menjadi imam.[23]

Pada bulan Agustus 2016, UISG berterima kasih kepada Paus karena telah menindaklanjuti komitmennya dan atas jumlah anggota perempuan.[24]

Pekerjaan Komisi Studi pertama dan hasilnya[sunting | sunting sumber]

Komisi mengadakan pertemuan pertamanya pada bulan November 2016 di Roma.[25]

Komisi Studi membuat laporan awal kepada Paus Fransiskus[26] pada Januari 2019 .[27] Pada bulan Mei 2019, Fransiskus mengatakan Komisi Studi belum menghasilkan "tanggapan pasti" karena karena kurangnya konsensus mengenai peran diakenes dalam Kekristenan awal. Fransiskus menyatakan bahwa: "Mereka bekerja bersama-sama. Dan mereka menemukan kesepakatan sampai titik tertentu. Namun masing-masing dari mereka mempunyai visinya masing-masing, yang tidak sesuai dengan visi orang lain. Mereka berhenti di situ sebagai sebuah komisi, dan masing-masing sedang mempelajari dan melanjutkannya." Meskipun Paus Fransiskus mengindikasikan bahwa studi individu terus berlanjut, ia tidak menunjukkan apakah Komisi Studi tetap aktif sebagai sebuah badan.[26]

Komisi Kedua[sunting | sunting sumber]

Sinode Amazon menyerukan studi lanjutan terhadap diakonat perempuan. Paus Fransiskus berjanji terlebih dahulu untuk membuka kembali komisi sebelumnya tetapi kemudian memutuskan untuk membentuk komisi baru pada 8 April 2020 dengan anggota sebagai berikut:[28]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cummings, Owen F. Mahwah, New Jersey. ISBN 9780809142422 https://books.google.com/books?id=AlTn2k44oiIC&pg=PA50. Diakses tanggal 8 Agustus 2016.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ Bourke, David; Kruger, Karl H. (ed.). https://books.google.com/books?id=xJuAy-yH1uQC&pg=PA186 |chapter-url= tidak memiliki judul (bantuan). Dasar Pembaharuan Diakonat. ISBN 9781555861858. 
  3. ^ "Konstitusi Dogmatis tentang Gereja". Tahta Suci. Diakses tanggal 8 Agustus 2016,  bab III, paragraf 29.
  4. ^ "Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Diakon". Konferensi Uskup Katolik Amerika Serikat. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  5. ^ "Surat Apostolik: Sacrum Diaconatus Ordinem". Tahta Suci. Diakses tanggal 8 Agustus 2016. Akhirnya sehubungan dengan ritus yang harus diikuti dalam menganugerahkan tahbisan suci diakonat dan tahbisan yang mendahului diakonat, biarlah disiplin ini dipatuhi sampai direvisi oleh Takhta Suci. 
  6. ^ Schneible, Ann (2 Agustus 2016). "Paus membentuk komisi untuk mempelajari diaken wanita". Kantor Berita Katolik. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  7. ^ "Dekrit kepausan yang baru menjelaskan peran diakon dan akibat pembelotan dalam pernikahan". Kantor Berita Katolik. Diakses tanggal 6 Agustus 2016. 
  8. ^ Elliott, Elizabeth A. (12 Mei 2016). "Diakon: Sinode menempatkan diakon perempuan di atas meja". National Catholic Reporter. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  9. ^ Hansen SJ, Luke (23 Oktober 2015). "Uskup Agung Durocher: Atasi Kekerasan terhadap Perempuan, Berdayakan Perempuan di Gereja". Amerika. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  10. ^ "Bischofskonferenz : Kardinal Kasper schlägt neues Amt für Frauen vor". Der Spiegel. 20 Februari 2013. Diakses tanggal 6 Agustus 2016. 
  11. ^ Muller, Gerhard Ludwig (2002). Imamat dan Diakonat: Penerima Sakramen Tahbisan Dalam Perspektif Teologi Penciptaan dan Kristologi. Ignatius Press. ISBN 978-0898708929. 
  12. ^ Kelly, Michael (11 Juni 2017). "Kita harus mendiskusikan imam yang sudah menikah dan diaken wanita". Katolik Irlandia. Diakses tanggal 27 Februari 2017. 
  13. ^ Ryan, Sean. "Uskup Agung Kieran O'Reilly Percaya Diakonat Permanen akan Menguntungkan Gereja". CatholicIreland.net. Diakses tanggal 27 Februari 2017. 
  14. ^ McElwee, Joshua J. (12 Mei 2016). religius "Teks lengkap pertanyaan kepada Fransiskus dari para religius wanita" Periksa nilai |url= (bantuan). National Catholic Reporter. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  15. ^ {{cite news|last1=McElwee| first1=Joshua J.|title=Fransiskus akan membentuk komisi untuk mempelajari diaken wanita di gereja Katolik| work=National Catholic Reporter |url=https://www.ncronline.org/news/vatican/francis-create-commission-study-female-deacons-catholic-church%7Caccessdate=4 Agustus 2016|date=12 Mei 2016} }
  16. ^ Wooden, Cindy (13 Mei 2016). paus-did-not-say-hed-ordain-women-deacons-spokesman-says.cfm "Paus tidak mengatakan dia akan menahbiskan diaken wanita, kata juru bicara" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Layanan Berita Katolik. Diarsipkan dari say-hed-ordain-women-deacons-spokesman-says.cfm versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 14 Mei 2016. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  17. ^ "Paus Membentuk Panel Vatikan untuk Mempelajari Masalah Diakon Wanita". New York Times. Associated Press. 2 Agustus 2016. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  18. ^ McElwee, Joshua J. "Francis melembagakan komisi untuk mempelajari diaken perempuan , menunjuk keanggotaan yang seimbang gender". Reporter Katolik Nasional. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  19. ^ "Santiago Madrigal, miembro de la comisión yang mempelajari diaconado de las mujeres". Diakses tanggal 8 Agustus 2016. 
  20. ^ a b c "Anggota komisi diakon wanita Fransiskus mengungkapkan pandangan yang beragam". 
  21. ^ "La teologa sammarchese Michelina Tenace è stata chiamata da Papa Francesco". 
  22. ^ Gibson, David. "Orang Amerika ditunjuk sebagai panel diakon wanita rasanya dia memenangkan Oscar". CRUX. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  23. ^ Zauzmer, Julie (2 Agustus 2016). /wp/2016/08/02/komite-baru-ini-akan-belajar-diakon-perempuan-di-gereja-katolik/ "'Ini bisa menjadi keputusan yang mengubah dunia,' kata anggota komite diaken wanita Vatikan yang baru" Periksa nilai |url= (bantuan). Washington Post. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  24. ^ McElwee, Joshua J. "Kelompok suster global berterima kasih kepada Fransiskus karena telah menciptakan komisi untuk perempuan di diakonat". Reporter Katolik Nasional. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  25. ^ "Komisi diaken wanita akan bertemu di Roma untuk pertama kalinya minggu depan". 
  26. ^ a b Joshua J. McElwee, memberikan-laporan-terpisah-peran-mereka-gereja-awal Francis: Komisi diakon wanita memberikan laporan terpisah mengenai peran mereka dalam gereja mula-mula, National Catholic Reporter (7 Mei 2019).
  27. ^ Christopher White, Penasihat kepausan mengatakan Fransiskus akan mengetahui saat yang tepat untuk bertindak terhadap diaken wanita, Cruz (16 Januari 2019).
  28. ^ Brockhaus, Hannah (2020-04- 08). "Paus Fransiskus membentuk komisi baru untuk mempelajari diakon wanita". Kantor Berita Katolik.