Spiritus Domini (Paus Fransiskus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Spiritus Domini
Surat ensiklik dari Paus Francis
Tanggal{{{date}}}
Nomor ensiklik{{{number}}} dari kepausan
Naskah
←Una migliore organizzazione
Esigenze emerse→

Spiritus Domini adalah surat apostolik dalam bentuk motu proprio oleh Paus Fransiskus yang ditandatangani pada tanggal 10 Januari 2021 dan dirilis keesokan harinya. Perjanjian ini mengubah Kitab Hukum Kanonik 1983 untuk memperbolehkan perempuan diterima dalam pelayanan yang dilembagakan dari petugas dan lektor (pembaca), yang sampai saat itu hanya tersedia untuk laki-laki.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Sejak Konsili Vatikan Kedua, para uskup di Gereja Katolik telah mengizinkan perempuan untuk melayani di banyak pelayanan awam.[1] Sedangkan di kantor dari lektor (pembaca) dan petugas sebelumnya adalah ordo kecil, dengan Ministeria quaedam, Paus Paulus VI menghapuskan ini dan subdiakonat, membentuk "pelayanan yang dilembagakan" sebagai penggantinya.[2] Paulus VI menulis dalam Ministeria quaedam bahwa "[i]sesuai dengan tradisi Gereja kuno, lembaga pelayanan pembaca dan pembantunya diperuntukkan bagi laki-laki."[3][4] Kedua pelayanan yang dilembagakan yaitu lektor dan pembantunya dibatasi untuk laki-laki, dan di banyak keuskupan, diperuntukkan bagi mereka yang mempersiapkan diri untuk menjadi imam di seminari. Di keuskupan lain, mereka dianugerahkan kepada kaum awam yang telah menjalankan peran ini.[5][6]

Dengan adanya Kitab Hukum Kanonik 1983, situasi berubah: laki-laki dan perempuan dapat mengambil peran tersebut, namun perempuan hanya dapat mengambil peran tersebut untuk sementara (yaitu perempuan tidak dapat dilembagakan).[7] Pada tahun 1994, Kongregasi Ibadat Ilahi dan Disiplin Sakramen di bawah Paus Yohanes Paulus II mengklarifikasi bahwa §2 dari kanon 230 tahun 1983 Kode Hukum Kanonik menyatakan bahwa mewajibkan bagi perempuan dan anak perempuan untuk menjadi server altar sama seperti laki-laki dan anak laki-laki, namun bahwa para perempuan dan anak perempuan tersebut tidak mendapatkan keuntungan dari posisi mereka sebagai pelayan yang dilembagakan.[1][7] "Di sebagian besar keuskupan di seluruh dunia — dan juga di Vatikan — perempuan dan anak perempuan pernah menjadi lektor pada Misa dan telah disajikan di altar selama beberapa dekade. Pelayanan tersebut dimungkinkan, bukan sebagai pelayanan yang dilembagakan secara formal, namun berdasarkan ketentuan Kanon 230, paragraf 2, yang memperbolehkan perempuan atau laki-laki untuk menjalankan fungsi 'dengan penunjukan sementara'".[8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Female Altar Servers | EWTN". EWTN Jaringan Televisi Katolik Global. Diakses tanggal 2021-01-11. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :1
  3. ^ Templat:Kutipan web
  4. ^ "Ministeria Quaedam | EWTN". EWTN Global Catholic Television Network. 
  5. ^ "Ministries of Lector and Acolyte | EWTN". EWTN Jaringan Televisi Katolik Global. 
  6. ^ -roman-missal/girm-chapter-3 "Bab III: Tugas dan Pelayanan dalam Misa | USCCB" Periksa nilai |url= (bantuan). www.usccb.org. 
  7. ^ a b "Penjelasan: Sejarah lektor wanita dan pelayan altar—dan apa yang telah diubah oleh Paus Fransiskus". America Magazine. 2021-01-11. Diakses tanggal 2021-02-02. 
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :3