Josef Mengele

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Josef Mengele
Josef-mengele.jpg
Josef Mengele Signature.svg
Julukan Angel of Death, Malaikat Kematian (bahasa Jerman: Todesengel)
Lahir 16 Maret 1911
Günzburg, Kerajaan Bavaria
Meninggal 7 Februari 1979 (umur 67)
Bertioga, Brasil
Pengabdian  Nazi Jerman
Dinas/cabang Flag Schutzstaffel.svg Schutzstaffel
Lama dinas 1938—1945
Pangkat Hauptsturmführer, SS (Kapten)
Komando Percobaan medis pada tawanan di Kamp konsentrasi Auschwitz, dan orang yang memilih siapa saja tawanan yang akan dimasukkan dalam kamar gas di Auschwitz
Perang Perang Dunia II
Penghargaan Iron Cross First Class
Black Badge for the Wounded
Medal for the Care of the German People
Istri/suami Irene Schönbein
Anak Rolf Mengele

Josef Mengele (16 Maret 19117 Februari 1979), adalah seorang perwira SS Jerman dan seorang dokter di kamp konsentrasi Auschwitz milik Nazi. Ia melakukan percobaan medis yang amat mengerikan kepada para tawanan di dalam kamp. Mengele dikenal sebagai Malaikat Kematian. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, ia pertama kali bersembunyi di Jerman, lalu lari dan tinggal di Amerika Selatan hingga mati tenggelam saat berenang di Brasil karena stroke.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Joseph Mengele menjadi termasyhur karena menjadi salah satu dokter SS yang mengawasi pemilihan tahanan yang datang, menentukan siapa yang harus dibunuh dan siapa yang menjadi buruh paksa, dan untuk melakukan eksperimen manusia di kamp tahanan tersebut, di antara orang-orang yang mengenal Mengele sebagai “Malaikat Maut.”

Di Auschwitz, Mengele melakukan sejumlah kajian pada anakkembar. Setelah percobaan selesai, anak kembar ini biasanya dibunuh dan tubuh mereka dibedah. Ia mengawasi sebuah operasi di mana dua anak-anak Gipsi dijahit menjadi satu untuk menciptakan kembar siam, tangan anak-anak menjadi sangat terinfeksi di mana urat-urat mereka telah rusak. Mengele sangat fanatik dengan darah dari anak kembar, terutama yang kembar identik Dia dilaporkan mengambil darah mereka sampai mati.

Quote: Tawanan Auschwitz Dekel Alex mengatakan:

“Saya tidak pernah bisa menerima kenyataan bahwa Mengele sendiri percaya dia melakukan pekerjaan yang serius – bukan dari cara dia kurang teliti tentang hal itu. Ia hanya menjalankan kekuasaannya. Mengele mengelola sebuah toko daging – bedah utama yang dilakukan tanpa obat bius. Sekali waktu, saya menyaksikan sebuah operasi perut – Mengele menghapus potongan-potongan dari perut, tetapi tanpa obat bius. Di lain waktu, itu adalah hati yang dikeluarkan, lagi-lagi, tanpa obat bius. Saat itu mengerikan. Mengele adalah seorang dokter yang menjadi gila karena ia diberi kekuasaan. Tidak ada yang pernah bertanya kepadanya – kenapa yang satu ini mati

Lihat pula[sunting | sunting sumber]