Haggis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Haggis
Haggis yang dijual di pasar
Bahan utamaJeroan domba (hati, jantung, dan paru-paru) dan lambung sebagai pembungkusnya; bawang merah, oat, suet, rempah-rempah
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Haggis adalah adonan yang terbuat dari jeroan domba yang dicincang bersama dengan bawang merah, oat, suet, rempah-rempah, dan garam, yang dicampur dengan sedikit kaldu, dibungkus dengan lambung domba, lalu direbus dengan temperatur di bawah titik didih air selama tiga jam. Haggis modern biasanya dibungkus dengan bahan selain lambung. Larousse Gastronomique menjelaskan bahwa meski makanan ini bukan berasal dari bahan yang "terlihat menyenangkan", tetapi rasanya cukup gurih.[1] Haggis merupakan makanan nasional Skotlandia dan menjadi sajian utama saat jamuan Burns (Burns supper).

Haggis tersedia sepanjang tahun di Skotlandia, dan haggis sesungguhnya yang terbuat dari jeroan domba dan terbungkus lambung hewan, memiliki harga lebih mahal. Haggis yang lebih murah biasanya dibuat secara massal dari jeroan babi dan terbungkus bahan selain lambung hewan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meski menjadi masakan nasional Skotlandia, tetapi catatan sejarah paling awal mengenai haggis datang dari Lancashire, pada tahun 1430 di mana ketika itu sebuah buku resep makanan Liber Cure Cocorum menuliskan nama masakan hagese yang terbuat dari jeroan dan rempah daun.[2] Namun makanan serupa dengan haggis sudah ada sejak zaman Romawi Kuno.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Montagné, Prosper (2001). Larousse Gastronomique. hlm. 592. 
  2. ^ "Liber cure Cocorum - A Modern English Translation with Notes, -Based on Richard Morris' transcription of 1862". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-06. Diakses tanggal 2014-04-25. 
  3. ^ Davidson, Alan (2006). The Oxford Companion to Food. UK: Oxford University Press. ISBN 0-19-280681-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]