Friends and Heroes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Friends and Heroes
GenreSerial televisi anak-anak
PembuatBrian D. Brown
Eric J. Danenberg
PemeranAustin Di lulio
Sarah Gadon
Cedric Smith
Tony Daniels
Penggubah lagu temaMark Topham
Lagu penutup"Looking for a Hero"
by Lauren Waterworth
Negara asalBritania Raya
Bahasa asliInggris
Jmlh. episode39
Produksi
Produser eksekutifAlison Dorricott
David Dorricott
ProduserGary Kurtz (seri 1)
Naomi Jones (seri 2 & 3)
Lokasi produksiAleksandria, Yerusalem dan Roma
Durasi25 menit (per episode)
Rilis asli
JaringanCBBC & TBN
Rilis12 Maret 2007 (2007-03-12)

Friends and Heroes adalah suatu serial televisi Kristen untuk anak-anak yang ditayangkan pada TBN, Smile of a Child TV, serta BBC TV. Acara ini memuat baik animasi tradisional (untuk cerita petualangan) maupun animasi komputer (untuk cerita Alkitab). Mengambil latar belakang waktu tahun 69-71 Masehi, serial ini terdiri dari 3 seri masing-masing 13 Episode: Seri 1 berfokus di Aleksandria, Mesir; Seri 2 di Yerusalem dan Seri 3 di Roma. Serial ini dibuat oleh Brian D. Brown dan Eric J. Danenberg, yang juga mengerjakan The Story Keepers.

Format[sunting | sunting sumber]

Acara dimulai dengan ringkasan episode sebelumnya, diikuti oleh lagu tema. Bagian 1 (Act 1) dimulai dengan nama episode. Biasanya sekitar 10 menit cerita petualangan kemudian satu cerita Alkitab. Bagian 2 (Act 2) berisi lanjutan petualangan dan cerita Alkitab lain. Kadang-kadang ada tiga cerita Alkitab dalam satu episode.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Seri 1 - Aleksandria, 69 M[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 69 M di Aleksandria, sebagai respon terhadap kabar adanya pemberontakan orang Yahudi dan Kristen di wilayah Yudea yang berdekatan, sang gubernur, Tiberius, memerintahkan orang-orangnya di bawah pimpinan Brutacus dan Tobias, untuk menangkapi orang Yahudi dan Kristen di kota itu.

Dalam episode pertama diperkenalkan keluarga Samuel, Diana, putra mereka Macky, dan burung beo mereka yang jarang terlihat, Pontius, yang tinggal di Delta Quarter pada pelabuhan Aleksandria. Mereka adalah pemberontak yang menyembunyikan pemberontak lain di rumah mereka. Sahabat Samuel, seorang komandan pemberontak di Yudea, mengirim putri-putrinya, Leah dan Rebecca, untuk tinggal bersama keluarga Samuel.

Dalam episode dua, Macky dan Rebecca bertemu dengan seorang gadis bernama Portia ketika menunggang kuda. Setelah bercakap-cakap, mereka mengetahui bahwa ia adalah keponakan perempuan Gubernur. Segera ia menjadi teman karib keluarga Samuel, tetapi mereka tidak memberitahukannya bahwa mereka adalah pemberontak.

Dalam episode ketiga diperkenalkan Miriam dan Nathan, para sahabat Samuel dan Diana, yang sama-sama pemberontak, beserta putra angkat mereka asal Afrika, Sollie.

Seluruh musim pertama merupakan urutan petualangan untuk melindungi para pemberontak tanpa sepengetahuan Gubernur atau kaki tangannnya. Namun dalam episode ketiga dari belakang, Tobias, seorang pembantu Gubernur, menemukan hal yang sebenarnya dan mereka semua terpaksa melarikan diri dari Aleksandria.

Seri 2 - Yerusalem, 70 M[sunting | sunting sumber]

Macky dan Portia tiba di Yerusalem pada masa orang Romawi mengepung kota itu. Penduduk kota kelaparan, sementara orang Romawi semakin tidak sabar membobol tembok kota tersebut.

Di luar kota, Macky berkenalan dengan beberapa tokoh kunci. Salah satunya adalah Isaac, yang kebanyakan waktu pura-pura pikun, tetapi ia sebenarnya seorang anggota aktif pemberontak bawah tanah. Rumahnya penuh dengan kamar dan lorong rahasia, sebuah rumah aman untuk mereka yang ditindas. Di sini Macky terkait dengan para pemberontak (kaum Zelot) yang hidup di dalam Yerusalem dan segera menjadi kurir antara Yerusalem dan dunia luar.

Di dalam Yerusalem, Macky bertemu seorang gadis, Sarah. Macky tertarik kepada idealisme Sarah, dan ini mengakibatkan ketegangan pada hubungannya dengan Portia. Ia juga bertemu dengan seorang perwira Romawi bernama Lucius, seorang duda yang mempunyai dua anak kecil dan diam-diam adalah seorang Friend of Jesus ("Sahabat Yesus") – ia pernah menjadi salah satu prajurit yang menjaga Paulus, bertahun-tahun sebelumnya di Roma.

Macky belajar untuk mempercayai Lucius dan ia menjadi seorang sekutu rahasia yang berharga saat Macky menghadapi dua musuh lamanya dari Aleksandria: Tobias dan Brutacus. Menjelang akhir pengepungan, Macky mengambil risiko yang semakin besar dan akhirnya tertangkap oleh orang Romawi.

Portia mencoba menengahi, tetapi gagal membebaskannya. Sebaliknya ia memastikan bahwa Macky dikirim ke Roma, tujuan perjalanan Portia, dan satu-satunya harapan Macky untuk tetap hidup.

Seri 3 - Roma, 71 M[sunting | sunting sumber]

Setibanya di Roma, pusat kekuasaan, kebudayaan, peradaban dan juga sarang intrik dan penipuan, Macky ditempatkan di sekolah gladiator bagi Circus Maximus, di mana satu-satunya peraturan adalah membunuh atau dibunuh. Macky tidak ingin mengalami kedua hal itu, sehingga Portia meminta bantuan seorang Senator, Antonius, yang mengambil Macky sebagai budaknya.

Macky menemukan bahwa Antonius adalah seorang anggota rahasia Sahabat Yesus ("Friend of Jesus") yang pada malam hari memakai topeng keluar membantu anggota lain melarikan diri dari penjara atau dari para pemilik budak. Macky segera membantu sang Senator dengan penyamarannya sendiri.

Antonius mempunyai seorang musuh dalam Senat - Marcus, yang menimpakan penyebab semua kesusahan di Kekaisaran Romawi pada Friends of Jesus. Marcus berniat membuktikan bahwa pemberontak bertopeng yang dicari-cari itu sebenarnya adalah musuhnya, Antonius. Tetapi Antonius terlalu cerdik baginya. Marcus memperoleh bantuan Tiberius, Brutacus, Tobias dan ibu Tobias, Luciana, seorang manipulator dan pejuang politik yang ahli yang mempunyai teman-teman berpangkat.

Jerat Marcus semakin mengecil di sekeliling Macky dan Antonius sementara hubungan Macky dan Portia semakin mendalam dan matang melalui pilihan-pilihan sulit yang harus mereka ambil. Portia terpaksa barus mengambil keputusan tersulit di atas segalanya: kekayaan, kekuasaan dan kenyamanan atau cinta kasih dan iman?

Sinopsis serial[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Penayangan perdana
Pertama Terakhir
1 13 2007
2 2008
3 2009

Episode[sunting | sunting sumber]

Seri 1 (2007)[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulTanggal tayang asli
11"Long Journey ("Perjalanan Panjang")"2007 (2007)
Macky dan keluarganya berisiko melanggar peraturan Romawi dengan melindungi dua gadis pelarian dari Galilea di rumah mereka. Melalui petualangan mereka dan cerita-cerita orang lain – Daniel di lubang singa (Daniel 6) dan Yesus dan tangkapan ikan yang berlimpah (Lukas 5) – kita mempelajari pentingnya bersikap berani menolong orang lain.
22"A Friend in High Places ("Teman di Tempat Tinggi")"2007 (2007)
Macky menolong seorang gadis bangsawan Romawi, Portia. Dengan bantuan Portia, Macky dan kelompoknya menggagalkan skema jahat penggelapan uang oleh Tobias dan Brutacus. Melalui petualangan mereka dan cerita dramatik Simson dan Delila (Hakim-hakim 16) serta Penglihatan Petrus Simon Petrus dan persahabatannya dengan Kornelius (Kisah Para Rasul 10), kita mempelajari pentingnya mematuhi Allah dan mengasihi sesama.
33"Leviathan ("Lewiatan")"2007 (2007)
Sebuah kapal perang raksasa berlabuh di dermaga Aleksandria. Macky mengetahui dari Portia bahwa kapal itu akan menyerang para pemberontak yang melawan Romawi di Galilea. Macky mengilhami temannya, Sollie, untuk berencana menenggelamkan kapal itu. Melalui petualangan mereka dan cerita orang lain – petualangan Daud melawan Goliat (1 Samuel 16 dan 17) serta cerita Allah membebaskan Petrus dari penjara (Kisah Para Rasul 12) – anak-anak belajar pentingnya merasakan perlindungan Allah, tidak takut maupun tidak putus asa.
44"False Heroes ("Para pahlawan palsu")"2007 (2007)
Macky dan keluarganya berisiko memberi tumpangan bagi dua orang yang diduga adalah pemberontak pelarian. Melalui petualangan mereka dan cerita orang-orang lain – Rahab dan para pengintai (Yosua 2) serta Petrus menyembuhkan Aeneas dan membangkitkan Tabitha dari kematian (Kisah Para Rasul 9) – dipelajari pentingnya menolong sesama dan tetap berharap.
55"True Heroes ("Para pahlawan sejati")"2007 (2007)
Setelah menerima laporan intelijen bahwa para pemberontak akan memasuki kota melalui laut, Tiberius memerintahkan pemadaman cahaya dari mercu suar yang terkenal di Aleksandria. Melalui petualangan Macky dan kelompoknya serta cerita mengenai Gideon melawan orang Midian (Hakim-hakim 7) dan Kelahiran Yesus serta pemberitaan kepada para gembala (Lukas 2), dipelajari pentingnya memilih yang benar dan menghargai semua orang.
66"Sweet Freedom ("Kebebasan yang manis")"2007 (2007)
Macky dan kelompoknya berencana menolong sejumlah budak yang dipaksa bekerja di lumbung orang Romawi. Melalui petualangan mereka dan cerita tokoh-tokoh - Musa dan orang Mesir pemilik budak (Keluaran 2) serta Saulus/Paulus dalam perjalanan ke Damsyik (Kisah Para Rasul 9) – diajarkan pentingnya berpegang teguh pada prinsip dan jalan yang benar.
77"Lost in Alexandria ("Tersesat di Aleksandria")"2007 (2007)
Si kecil Leah hilang di jalanan kota dan ditipu bekerja di tempat perbudakan anak yang dijalankan oleh Toadie. Dengan bantuan Portia, Macky menggagalkan perbudakan itu. Cerita mengenai Rut dan Naomi (Rut 1 dan 2), serta the Parable of the Good Samaritan (Lukas 10) membantu melihat pentingnya untuk menerima orang lain dan menjadi sahabat sejati.
88"The One That Got Away ("Yang berhasil lolos")"2007 (2007)
Ketika Macky dan para anak perempuan menjaga toko, seorang pencopet mencuri sebuah ikan perak dengan informasi penting pergerakan para pemberontak diukir pada ikan itu. Dapatkah kelompok itu mengambil ikan itu kembali? Melalui petualangan mereka dan cerita para tokoh – Petrus dan Yohanes menyembuhkan seorang lumpuh (Kisah Para Rasul 3, 4 dan 5) serta Sadrakh dan dapur api (Daniel 3) – diajarkan pentingnya berlaku baik dan mempertahankan apa yang benar.
99"Doing Our Part ("Mengerjakan bagian kita")"2007 (2007)
Tibalah hari perayaan Purim. Sementara Macky, Sollie dan anak-anak memperagakan kisah Ratu Ester yang pemberani (Ester 2-6), Diana juga menunjukkan keberaniannya membawa para pelarian melintasi jalan-jalan berbahaya dan menceritakan tentang Yusuf dari Siprus (Barnabas) (Kisah Para Rasul 4) kepada orang Romawi yang memenjarakannya. Melalui petualangan teman-teman dan cerita Alkitab, dipahami pentingnya bersikap berani dan murah hati.
1010"Horseplay ("Bermain kuda")"2007 (2007)
Leah melarikan kuda Macky tanpa izin dan berpacu melewati seorang anak laki-laki Romawi yang manja, sehingga anak itu menantangnya untuk beradu cepat berkuda demi mengembalikan harga dirinya. Kisah Yusuf dan saudara-saudaranya (Kejadian 37, 41, 42-44 and 45) serta Filipus dan Simon sang penyihir (Kisah Para Rasul 8) membantu Leah dan teman-teman memahami pentingnya pengampunan dan memiliki nilai sejati.
1111"Exodus ("Eksodus")"2007 (2007)
Ketika keluarga Macky dan para tamu memperingati Paskah, Portia membawa tutor Romawinya ke jamuan makan malam tetapi Leah mengenali Lydia dari pertemuan sebelumnya. Akibatnya Lydia membuat Toadie mengintimidasi seluruh keluarga tetapi setelah mendengar cerita Musa dan Eksodus (Keluaran 3, 4, 5, 7 dan 8-14) serta Perjamuan Terakhir (Matius 26) keluarga itu terilhami untuk mengatasi rasa takut dan terus maju berjuang.
1212"No Way Out ("Tidak Ada Jalan Keluar")"2007 (2007)
Macky dan keluarganya meninggalkan Aleksandria dan aman bersembunyi di padang gurun, tetapi berita dari Sollie membuat para pahlawan kita kembali ke kota di mana mereka bertemu dengan musuh-musuh lama yang telah mendapatkan pelajaran penting. Cerita Yunus dan ikan besar (Yunus 1 & 2 and 3) and perumpamaan anak yang hilang (Lukas 15) mengajarkan teman-teman pentingnya untuk patuh dan berupaya memilih yang benar.
1313"No Turning Back ("Tidak dapat berbalik")"2007 (2007)
Karena Samuel dipenjara dan Caleb terluka, Macky, Portia dan kelompoknya berencana untuk menggunakan air hujan lebat untuk membanjiri penjara istana, dengan harapan memaksa para penjaga untuk membuka pintu-pintu penjara. Portia diberitahu kabar mencemaskan oleh Tiberius, sementara Macky harus mengambil keputusan yang sangat penting dalam hidupnya. Teman-teman bercerita tentang nabi Elia melawan nabi-nabi Baal (1 Raja-raja 17 dan 18) serta peristiwa Pentakosta (Kisah Para Rasul 2), yang menolong pemahaman mengenai nilai sejati untuk berteguh dalam iman serta ilham Allah.

Seri 2 (2008)[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulTanggal tayang asli
141"One of Us ("Satu di antara kita")"2008 (2008)
Macky tiba di Yerusalem menyamar sebagai anggota rombongan Portia, dan segera berjumpa dengan musuh-musuh lama serta beberapa sahabat baru. Dalam kekagumannya atas pemandangan kota yang sedang dikepung oleh tentara Romawi itu Macky menceritakan Portia cerita Yesus di Bait Allah ketika berusia 12 tahun (Lukas 2), dan seorang tentara Romawi yang misterius memberitahu Macky bagaimana Raja Daud merebut Yerusalem (2 Samuel 5 dan 1 Tawarikh 11), mengingatkan bahwa halangan-halangan berat dapat diatasi.
152"Over Walls ("Melintasi tembok")"2008 (2008)
Macky sekarang menjadi seorang kurir andalan antara Yerusalem dan dunia luar. Namun, tugas yang diberikan oleh Sarah, seorang gadis Zelot, mungkin melampaui kemampuannya. Para sahabat mengisahkan kembali kehidupan Yakub dan Esau (Kejadian 25, 27, 32 and 33), serta bagaimana Paulus diturunkan dalam keranjang supaya lolos dari kota yang dikepung (2 Korintus 11), yang memberikan pelajaran perihal nilai sejati suatu kepercayaan.
163"The Ram ("Pendobrak tembok")"2008 (2008)
Tentara Romawi mendatangkan alat pendobrak tembok raksasa untuk membobol tembok pertahanan Yerusalem. Kaum Zelot di kota memupuk keberanian dari cerita Elia, Ahab dan kebun anggur Nabot (1 Raja-raja 21), sementara Macky mendapat bantuan dari Lucius yang terinspirasi oleh kisah Paulus dan kapal yang karam (Kisah Para Rasul 27), untuk menolong mereka yang tampaknya adalah musuh.
174"Rescue Strangers ("Menolong orang asing")"2008 (2008)
Tampaknya Macky menjadi agak besar kepala. Isaac menceritakan pengalaman Paulus dan Barnabas (Kisah Para Rasul 14) yang menolak diperlakukan seperti dewa di kota Listra tetapi kemudian keka seorang gadis asing bernama Tamar meminta Macky untuk menjalankan misi berbahaya, Macky langsung menerima. Portia marah kepadanya karena menolak nasihatnya dan lebih percaya perkataan orang asing. Isaac menceritakan bagaimana Mikhal menolong Daud dari Raja Saul (1 Samuel 18) untuk memotivasi Portia bertindak.
185"Prince for a Day ("Pangeran sehari")"2008 (2008)
Macky bertindak menolong Daniel yang sesungguhnya, kali ini dengan menyamar sebagai bangsawan Romawi. Isaac mengulangi kisah Paulus dan Elimas (Kisah Para Rasul 13) untuk menekankan bahayanya mencoba berpura-pura menjadi orang lain, sementara Macky membandingkan kelimpahan dan kurangnya rasa syukur orang Romawi dengan penderitaan umatnya sendiri ketika ia menceritakan kepada Portia kisah Musa dan Air Ajaib (Keluaran 15]], 16 dan 17).
196"Unwilling Guests ("Tamu yang tidak mau datang")"2008 (2008)
Toadie meyakinkan Jenderal Tiberius untuk mengizinkannya mengambil para sandera dari desa sebelah supaya dihukum mati jika Macky tidak menyerahkan diri. Macky harus masuk ke pusat perkemahan orang Romawi sekali lagi, untuk mencoba menghentikan hukuman mati. Para sahabat mengulangi kisah bagaimana Daud mengampuni nyawa Saul (1 Samuel 26) serta Paulus, Silas dan gempa bumi (Kisah Para Rasul 16), yang mengajarkan pentingnya belas kasihan dan melakukan apa yang baik.
207"Aid and Comfort ("Bantuan dan Penghiburan")"2008 (2008)
Toadie menderita demam dan hanya Macky yang mampu mendapatkan obat untuk menyembuhkannya, tetapi apakah ia bersedia membantu? Setelah mendengar kisah Elisa dan Naaman (2 Raja-raja 5), Macky menerima bahwa seorang musuh pun seharusnya ditolong. Ketika Toadie mengalami mimpi yang aneh saat demam di tempat tidurnya, Macky melakukan perjalanan berbahaya ke perkemahan Romawi, hanya untuk menemukan bahwa Antonius kecil sekarang juga sakit. Lucius mengisahkan bagaimana Yesus menyembuhkan seorang perempuan yang sakit (Markus 5) untuk memberikan harapan bagi mereka semua. Macky menyerahkan obat berharga – dan berharap ia mempunyai cukup waktu untuk mengobati to baik Toadie maupun Antonius.
218"Hostages ("Para sandera")"2008 (2008)
Setelah mendengar cerita Macky mengenai Herodes dan Orang-orang Majus (Matius 2), Portia berencana memaksa pamannya dan tentara Romawi untuk mengizinkan anak-Ana kecil di Yerusalem melarikan diri dari kota yang terkepung itu, tetapi anak-anak itu tidak mau meninggalkan kota. Selagi Tiberius dan tentara Romawi bersiap menyerang, Macky bercerita pada anak-anak mengenai Samuel kecil dan Eli (1 Samuel 1 dan 3), untuk membantu mereka mengambil keputusan yang sulit.
229"The Big Lift"2008 (2008)
Ketika orang-orang di Yerusalem kelaparan, Macky menemukan penyimpanan makanan yang dicuri oleh Toadie dan disembunyikannya dalam perkemahan Romawi. Sambil mengenang cerita Yesus memberi makan lima ribu orang (Markus 6), Macky harus menemukan cara untuk membawa makanan ke dalam kota yang sedang dikepung itu. Sementara Toadie tercengang dan sadar bahwa ia mengakali diri sendiri, Macky dan para sahabatnya mendengar kisah Elisa dan seorang perempuan dengan minyak zaitun (2 Raja-raja 4) di mana minyak si janda bertambah-tambah melampaui segala pengharapan.
2310"Home ("Rumah")"2008 (2008)
Tentara Romawi membongkar rumah-rumah di luar Yerusalem untuk dijadikan bahan bangunan. Guna menenangkan Rachel, Isaac bercerita kepadanya bagaimana Yitro orang Midian menyambut Musa seorang asing (Keluaran 2). Sekarang Isaac harus menutup terowongan di bawah rumah mereka untuk mencegah Toadie menemukan jejak ke rumah-rumah pemberontak lainnya, sementara para sahabat menceritakan bagaimana Paulus melarikan diri dari orang banyak (Kisah Para Rasul 17) untuk menekankan nilai membantu orang lain dan mengatasi kesulitan.
2411"Desperate Measures"2008 (2008)
Orang-orang Zelot berupaya menculik Jenderal Tiberius. Melalui cerita kebijaksanaan raja Salomo mengenai seorang bayi (1 Raja-raja 3) dan Paulus naik banding kepada Kaisar (Kisah Para Rasul 24 dan 25), dipelajari pentingnya hikmat dan mencari jalan lain.
2512"Toadie on Trial"2008 (2008)
Toadie menuduh Portia bersimpati terhadap para pemberontak. Cerita hilangnya Paulus (Kisah Para Rasul 28) serta Musa dan Manna dari Sorga (Keluaran 16) mengingatkan pentingnya bersikap berani, dan bahwa Allah melindungi dan menyediakan.
2613"Hope ("Pengharapan")"2008 (2008)
Selagi Macky masih dipenjara, Tiberius melancarkan serangan terakhir atas Yerusalem. Pada sahabat mengenang kisah Nuh dan bahteranya (Kejadian 7, 8 and 9) yang memuat pesan pengharapan serta mendengarkan rasul Paulus berbicara di hadapan raja Agripa (Kisah Para Rasul 25 dan 26), yang mengingatkan untuk tetap percaya kepada Allah.

Seri 3 (2009)[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulTanggal tayang asli
271"Gladiator School"2009 (2009)
Macky dan Portia akhirnya tiba di Roma, tetapi dalam keadaan yang berbeda: Portia disambut sebagai keponakan perempuan jenderal Romawi terkenal, Tiberius, sedangkan Macky dibelenggu... dan ini masih merupakan permulaan masalahnya. Ia dijual ke sekolah gladiator! Macky menceritakan kisah Amos yang berani bicara (Amos 7), dan mengenang kotbah Yohanes Pembaptis (Lukas 3), untuk mengingatkan kita mengenai para pemberani yang berbicara menentang korupsi.
282"School’s Out ("Sekolah selesai")"2009 (2009)
Ketika Macky menolak membunuh trainee lain dalam latihan, manajer sekolah gladiator memutuskan mengirimkannya ke arena pada esok harinya. Karena ia tidak mau membunuh, ia hampir pasti akan mati dibunuh. Portia pergi ke Senator Antonius, yang berbicara membela Friends of Jesus di Senat. Tetapi Antonius tampaknya tidak bersedia membantu. Kita mendengar cerita tentang Raja Daud dan Tiga Prajurit (2 Samuel 23) serta Antonius menceritakan kepada Portia mengenai Yesus berbicara di Nazaret (Lukas 4).
293"Friends, Romans and Mystery Men"2009 (2009)
Macky sekarang menjadi budak di rumah Senator Antonius. Setelah menceritakan tentang Yesus meredakan angin ribut (Markus 4) kepada kedua anak-anak Senator, untuk membantu mereka tidur sewaktu ada angin ribut, Macky menemukan sesuatu yang luar biasa mengenai ayah mereka. Kita mendengar mengenai perjanjian antara Daud dan Yonatan (1 Samuel 18 and 20), sementara Macky berhasil menggagalkan jebakan yang diletakkan oleh Brutacus serta sang Pemberontak Bertopeng yang misterius mempertimbangkan untuk mengambil seorang partner muda yang pemberani.
304"Sowing the Seeds ("Menabur benih""2009 (2009)
Toadie mendapat pekerjaan baru: menjadi manajer seorang gladiator, dan ia harus kembali kepada kebiasaannya berbohong. Macky bercerita mengenai Daud dan Mefiboset (2 Samuel 4, 5 dan 9) untuk menjelaskan mengenai pentingnya menolong orang lain. Antonius menceritakan Perumpamaan seorang penabur (Matius 13), dan cerita tentang Rumah yang dibangun di atas batu karang (Matius 7) untuk menekankan perlunya landasan yang kokoh dalam hidup ini.
315"Senators Only ("Hanya para senator")"2009 (2009)
Marcus merancang rencana jahat, dan menyuruh Toadie membantunya. Sementara, Antonius menceritakan kepada Macky mengenai Abraham dan tiga orang asing (Kejadian 18 dan 21) serta mengingatkan cerita Yesus dan Zakheus si pemungut cukai (Lukas 19), dan bagaimana Zakheus segera mengubah cara-cara ketidakjujurannya. Bertekad untuk mengetahui apa yang terjadi, Portia berangkat melakukan penyelidikan seperti detektif pada suatu gudang misterius di mana ia berjumpa dengan Macky, yang saat itu mengalami masalah serius.
326"Senators First ("Para senator terlebih dahulu")"2009 (2009)
Macky lolos dari gudang bersama Portia, tetapi ia terluka parah. Berusaha untuk menjaga Macky tetap sadar dalam perjalanan pulang, Portia membuatnya berfokus pada cerita Yusuf dan Mimpi Firaun (Kejadian 40 and 41). Kemudian Portia menyadari bahwa ia harus mengambil insiatif untuk menggagalkan rencana jahat Marcus, sementara Macky berbaring sakit di tempat tidur dan Sophia bercerita kepada Felix yang ketakutan bagaimana Yesus membawa anak perempuan Yairus kembali hidup (Lukas 8).
337"Rome Alone ("Sendirian di Roma")"2009 (2009)
Setelah yakin ia tahu siapa Masked Rebel itu, Marcus memerintahkan Toadie untuk memata-matai Antonius. Felix mendengar cerita Yesus menyembuhkan Bartimaeus yang buta (Markus 10) dan mempelajari pentingnya mempunyai iman. Sementara, Absolom menguatkan Macky dengan mengisahkan tentang Samuel mengurapi Saul (1 Samuel 9 dan 10). Toadie menyelinap ke dalam rumah Antonius percaya bahwa tidak ada orang di rumah, tetapi dikejutkan bahwa ternyata ada orang di rumah!
348"Give and Take"2009 (2009)
Macky dan Masked Rebel menolong sejumlah budak dari kematian di Circus Maximus, dan ketika budak-budak yang ketakutan bersembunyi dari para pengajar, Absolom meyakinkan mereka dengan cerita mengenai Elia dan seorang Janda Miskin (1 Raja-raja 17). Marcus marah-marah menyuruh Aemelia dipenjarakan, merencanakan untuk menjadikan Babatunji sebagai umpan. Kemudian, Babatunji mendengar Perumpamaan domba yang hilang (Matius 18) dan membantu Antonius dengan berani menukar orang tahanan, setelah memahami bahwa Allah peduli kepada setiap orang.
359"Spies and Lies ("Mata-mata dan kebohongan")"2009 (2009)
Macky mendorong Antonius bersaksi melawan Marcus di Senat, tetapi Antonius ragu-ragu untuk mengkonfrontir Marcus secara terbuka, mengingatkan Macky pentingnya melakukan apa yang baik ketika ia bercerita tentang Yesus dielu-elukan di Yerusalem (Markus 11). Macky merespons dengan cerita mengenai Yesu dan para penukar uang dalam Bait Suci (Markus 11). Kemudian Antonius secara keliru ditahan akibat tuduhan Marcus. Untuk menguatkan Macky dan Portia, Felix dan Sophia bercerita tentang Yesus menyemburkan seotang lumpuh (Markus 2).
3610"Conflict ("Konflik")"2009 (2009)
Karena mengharapkan pujian dan bayaran, Toadie memberitahu Antonius bahwa Marcus merencanakan merampok perbendaharaan Roma. Antonius menceritakan Perumpamaan penyewa di kebun anggur (Markus 12) untuk mengingatkan Macky bahwa banyak hal dapat dilihat secara berbeda. Ketika Toadie muncul meminta hadiahnya, Macky menceritakan kepadanya kisah Yesus dan Persembahan Seorang Janda (Markus 12) untuk menjelaskan bagaimana perempuan miskin itu diam-diam mempersembahkan semua yang dimilikinya. Kemudian Macky dan Pemberontak Bertopeng menghadapi Marcus dan orang-orangnya di dalam rumah perbendaharaan dan Antonius bercerita kepada Macky kisah Yesus dan Pajak Romawi (Markus 12).
3711"Betrayal ("Pengkhianatan")"2009 (2009)
Datang berita bahwa Felix terkena masalah dan kemudian Antonius ditahan. Melalui kisah Yesus membasuh kaki para murid (Yohanes 13), Yesus dan para penderita kusta (Lukas 17) dan Perjamuan Malam Terakhir serta Penangkapan Yesus (Markus 14) kita belajar pentingnya kerendahan hati.
3812"Trials and Tribulations ("Pencobaan dan penganiayaan")"2009 (2009)
Portia meminta pertolongan Kaisar untuk melepaskan Antonius, tetapi memutuskan tidak melibatkan diri. Para sahabat mengingat bagaimana Yesus diadili di hadapan Pilatus, Yesus dicambuki, diejek dan peristiwa-peristiwa yang terjadi sewaktu Yesus memanggul salib-Nya, dan pada Penyaliban (Markus 15).
3913"The Road Ahead ("Jalanan di depan")"2009 (2009)
Macky akhirnya memutuskan ia harus meninggalkan Roma. Sekarang Portia harus memutuskan masa depannya! Kita mendengar kisah Yesus menampakkan diri di jalan ke Emaus (Lukas 24), Orang Muda Yang Kaya (Markus 10) dan Sepuluh Perintah Allah (Keluaran 20) mengingatkan kita untuk memilih dengan baik dalam hidup.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Peran utama[sunting | sunting sumber]

Peran pembantu[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]