Naomi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan Naomi mendesak rut dan Orpa untuk kembali ke tanah Moab karya William Blake
Wilayah Yehuda dan Moab pada zaman Hakim-hakim

Naomi (bahasa Ibrani: נָעֳמִי, nā·‘o·mî, artinya: "menyenangkan"; juga dieja "Noomi"; bahasa Spanyol: Noemí; bahasa Perancis: Noémie) adalah orang Efrata dari suku Yehuda, yang berasal dari Bethlehem, tanah Yehuda, yang merantau ke tanah Moab saat kelaparan hebat melanda Israel.[1] Ia adalah salah satu tokoh utama yang diceritakan dalam Kitab Rut. Nama Naomi artinya menyenangkan.[2] Ia berangkat ke Moab bersama suaminya, Elimelekh, dan dua orang anaknya, Mahlon dan Kilyon.[1] Di Moab, Naomi kembali mendapat musibah yaitu meninggalnya suami dan anak-anaknya.[1] Ia kemudian bermaksud untuk kembali ke tanah Yehuda karena tidak ada lagi bencana kelaparan di sana.[1] Naomi, melarang kedua menantunya yakni Rut dan Orpa yang ingin ikut bersamanya pulang ke tanah Yehuda.[1] Alasannya, dia sudah tidak memiliki anak laki-laki lagi yang bisa menjadi suami bagi mereka.[1] Akan tetapi, Naomi hanya berhasil meyakinkan Orpa untuk kembali ke Moab sedangkan Rut bersikeras mengikuti mertuanya itu.[3] Naomi bahkan sampai membujuk Rut hingga tiga kali namun Rut semakin tidak ingin meninggalkan Naomi.[3] Bersama Rut, Naomi pun kembali ke Bethlehem.[3] Kedatangannya membawa kegemparan bagi perempuan-perempuan di Bethlehem karena Naomi pulang dengan keadaaan susah.[3] Naomi merasa kemalangan yang dirasakannya berasal dari Tuhan.[3] Naomi kemudian berinisiatif mencarikan pasangan hidup bagi Rut.[3] Secara sengaja ia mengatur agar Rut dapat bertemu dengan Boas dalam sebuah pertemuan khusus.[3] Pada akhir Kitab Rut, Naomi digambarkan telah dipulihkan kembali kekecewaannya dengan kelahirannya Obed.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f {id} Retnowati. 2003. Perempuan-perempuan dalam Alkitab:Peran, Partisipasi dan Perjuangannya. Jakarta:BPK Gunung Mulia. hlm. 34.
  2. ^ {id} Dianne Bergant, Robert Karris (ed). 2002. Tafsir Alkitab Perjanjian Lama. Yogyakarta:Kanisius. hlm. 271.
  3. ^ a b c d e f g h {id} Yonky Karman. 2009. Tafsiran Alkitab:Kitab Rut. Jakarta:BPK Gunung Mulia. hlm. 12-14,91,97,100.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]