Fittipaldi Automotive

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fittipaldi
Nama resmi Fittipaldi Automotive
Kantor pusat Reading, Berkshire, United Kingdom
Pendiri Wilson Fittipaldi
Emerson Fittipaldi
Staf terkenal Richard Divila
Pembalap terkenal Emerson Fittipaldi, Keke Rosberg
Sejarah tim dalam ajang Formula Satu
Mesin Ford
Lomba pertama Grand Prix F1 Argentina 1975
Ikut lomba 119
Gelar
konstruktor
0 (terbaik: posisi 7 1978, 1979)
Gelar
pembalap
0 (terbaik: Emerson Fittipaldi posisi 10 1978)
Menang 0 (Terbaik: posisi 2 Grand Prix Brazil 1978)
Posisi pole 0 (terbaik: Posisi 5 Grand Prix Brazil 1976)
Lap tercepat 0
Lomba terakhir Grand Prix F1 Caesar Palace 1982

Fittipaldi Automotive, kadang kala disebut Copersucar setelah nama sponsor utama pertamanya, adalah satu-satunya tim dan konstruktor formula satu yang berbasis di Brazil. Tim ini didirikan tahun 1974 oleh pembalap Wilson Fittipaldi dan adiknya, juara dunia dua kali Emerson, dengan uang dari perusahaan gula dan alkohol Brazil Copersucar. Tahun 1976 Emerson mengejutkan dunia balap formula satu dengan meninggalkan tim juara McLaren untuk membalap di tim keluarga yang gagal. Juara masa depan Keke Rosberg memperoleh podium pertamanya di Formula satu dengan tim ini.

Tim berbasis di São Paulo, sekitar 6,000 mil (10,000 km) dari pusat industri formula satu di Britania Raya, sebelum pindah ke Reading, UK tahun 1974. Tim ini mengikuti 119 grands prix antara tahun 1975 dan 1982, menggunakan total 156 mobil. Tim ini memperoleh tiga podium dan 44 poin.

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Fitti-Vee: Fittipaldi membangun mobil balap pertama mereka untuk Formula Vee tahun 1967

Tahun 1960 keluarga Fittipaldi muda, Wilson dan Emerson, mengoperasikan bisnis yang sukses dalam industri lokal pembuatan kart dan tuning mesin. Mereka kemudian membangun mobil balap Formula Vee dan beberapa jenis mobil sport, termasuk mesin ganda, berbahan fiberglas Volkswagen Beetle, selain menjaga bisnis aksesoris balap dan perawatan mobil.[1] Mereka juga juara nasional balap di Brazil dan pergi ke Eropa pada akhir dekade 1960an, dimana mereka berkembang dari tingkat junior untuk mencapai formula satu, kategori balap tertinggi balap kursi tunggal. Saudara yang lebih muda, Emerson, lebih sukses; tahun 1970 dia membalap untuk Lotus di Formula Satu dan memperoleh juara dunia pertamanaya pada tahun 1972.[2] Wilson membalap untuk tim Brabham di Formula Satu tahun 1972 dan 1973, memperoleh hasil finish terbaik di posisi ke-5. Di akhir 1973 kedua bersaudara memutuskan untuk memulai tim formula satu sendiri.[3]

Musim balap 1974 dihabiskan untuk memulai tim baru, yang memiliki ciri khas Brazil yang kuat. Wilson mampu untuk menarik perusahaan gula dan alkohol Brazil Copersucar untuk menjadi sponsor tim.[butuh rujukan] PembalapMcLaren Emerson menjadi konsultan untuk tim. Mobil bermerek Copersucar dirancang oleh perancang Brazil Richard Divila, yang bekerja untuk Fittipaldi Empreendimentos merancang mobil Formula Vee, dan kemudian untuk tim Formula Dua Eropa Bardahl Fittipaldi, memodifikasi sasis Lotus dan Brabham.[4][5] Perusahaan penerbangan nasional Embraer juga terlibat, memasok material untuk tim dan menyediakan terowongan angin. Jo Ramirez dipilih sebagai manajer tim.[6] Tim awalnya berbasis di Brazil, hampir 6,000 mil (10,000 km) dari Britania Raya, kepindahan ke Inggris membuat budaya Inggris masuk ke formula satu mulai tahun dan seterusnya. Copersucar FD01 yang panjang dan lambat, dengan tonjolan di dekat mesin dan radiator belakang yang tidak biasa, di cat perak dengan corak pelangi di bagian samping, diluncurkan pada Oktober 1974 di depan Senat Federal di Brasilia dengan kehadiran presiden Ernesto Geisel.[butuh rujukan] Seperti Brabham seri BT pada mobil buatan (Brabham dan Tauranac), pembuatan mobil FD mencerminkan pembalap dan perancang (Fittipaldi and Divila).

Sejarah balap[sunting | sunting sumber]

Copersucar-Fittipaldi (1975 - 1977)[sunting | sunting sumber]

Copersucar-Fittipaldi FD04: Emerson kualifikasi di posisi 5 pada debutnya di tim tahun 1976. Ini merupakan Fittipaldi terakhir yang dibangun di Brazil.

Tim, awalnya dikenal sebagai Copersucar-Fittipaldi, tidak memperoleh keberhasilan pada musim balap pertamanya tahun 1975. Wilson menabrak dengan sasis FD01 pada lap 13 dalam balapan pertama mereka, Grand Prix Argentina, dimana saudaranya memenangkan balapan ini dengan McLaren.[7] Sasis nomor FD02 dan FD03, digunakan pada sisa musim, memiliki desain sama dengan mobil awal namun mengubah hampir semua desain body.[8] Wilson adalah pembalap tunggal dengan hanya finish lima kali, hasil finish terbail adalah posisi ke 10yang merupakan posisi terakhir di Grand Prix AS di Watkins Glen, dan gagal kualifikasi dalam tiga kesempatan. Pembalap Italia Arturo Merzario tidak memperoleh hasil yang lebih baik pada Grand Prix Italia setelah Wilson mematahkan dua tulang lengan pada kecelakaaan saat sesi latihan Grand Prix Austria.[9] Meskipun tidak memperoleh sukses, tim kecil mendapat berita besar pada musim berikutnya: Emerson Fittipaldi bergabung dengan tim dari McLaren, dimana dia memperoleh juara dunia keduanya tahun 1974. Kakaknya mengundurkan diri dari menjadi pembalap untuk masuk dalam manajemen tim.

Emerson berkomentar: "Saya menyadari bahwa saya tidak memiliki kesempatan untuk memperoleh juara dunia musim depan... ini akan menjadi awal yang sulit, namun saya sangat bersemangat dan saya yakin bahwa dengan usaha setiap orang kami akan mendapat hasil positif pada paruh musim kedua tahun depan. Saya pikir dalam satu atau dua tahun berikutnya Brazil akan memiliki salah satu tim formula satu terbaik di dunia."[10]

Emerson adalah pembalap utama tim tahun 1976 meskipun pembalap Brazil Ingo Hoffmann bergabung dengan tim untuk empat musim. Fittipaldi lolos kualifikasi di posisi kelima pada debutnya, di Interlagos. Dalam balapan ini dia hanya bisa finish di posisi 13 – sebuah hasil yang menggambarkan sisa musim dimana dia hanya mencetak tiga poin. Hasil kualifikasi ini menjadi hasil kualifikasi terbaik yang pernah dicapai tim. Uji coba menempatkan basis tim di Brazil tidak berhasil - posisinya terlalu jauh untuk penyedia mesin dan gearbox dan tidak memiliki komunitas pesar dalam pembuatan komponen yang banyak tersedia di Inggris. Meskipun FD04 pertama dibangun di sana, mobil berikutnya dibangun di basis tim yang baru di Reading, Inggris, yang kemudian disebut sebagai 'lembah motorsport'.[butuh rujukan]

Tim melanjutkan dengan setting yang sama untuk tahun 1977. Fittipaldi beberapa kali mampu memperoleh peringkat 4 dan 5 dalam tahun tersebut. Hoffman hanya tampil dalam dua balapan awal, finish posisi ke 7 pada Grand Prix Brazil. F5 yang baru, berwarna kuning daripada perak, (Divila meninggalkan posisinya sebagai direktur teknik, huruf 'D' dihilangkan dari nama kendaraan) diperkenalkan pada tengah musim.[butuh rujukan]

Fittipaldi Automotive (1978 - 1979)[sunting | sunting sumber]

Fittipaldi F5A: Versi modifikasi aerodinamika dari F5 yang dirancang oleh Giacomo Caliri.

Karena tidak memperoleh sukses tahun 1977, tahun 1978 F5A, midofokasi untuk mengimplementasikan prinsip ground effect yang telah didemonstrasikan oleh Lotus, membuat mantan juara dunia formula satu tersebut memperoleh beberapa hasil yang baik. Hasil terbaik adalah posisi kedua, setelah bertarung dengan Mario Andretti dan Gilles Villeneuve,[11] di balapan tuan rumah mereka di Brazil. Fittipaldi finish tahun tersebut dengan 17 poin dan tim, yang sekarang dikenal sebagai Fittipaldi Automotive,[12] berada di posisi ke 7 dalam klasemen konstruktor – satu tempat di atas tim lama Emerson, McLaren.

Musim 1979 melihat harapan yang sudah ada tahun sebelumnya menghilang. Penggunaan ground effect secara sukses menjadi faktor keseuksesan utama dalam lintasan balap namun pengenalan dalam fenomena tersebut masih kecil dan F6 rancangan Ralph Bellamy menjadi salah satu kegagalan di lintasan.[13] Fittipaldi kembali menjadi satu-satunya pembalap, meskipun Alex Ribeiro mengikuti balapan non kejuaraan dunia yang meresmikan pembukaan sirkuit Imola tahun tersebut,[14] sebelum mencoba dan gagal kualifikasi dalam akhir musim di balapan di Amerika Utara.

Skol Fittipaldi Team (1980)[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 1979 Copersucar memutuskan menghentikan sponsoship mereka.[15] Tim menjadi dekat dengan tetangga Wolf Racing, dan mengoperasikan dua mobil untuk pertama kali. Tim mengganti nama dengan Skol Team Fittipaldi untuk musim 1980 untuk menggambarkan sponsorship baru dengan Skol Brasil (sekarang sebuah produk AmBev). Emerson dan pembalap Wolf Racing Keke Rosberg membalap bagian pertama musim dengan sasis wolf tahun sebelumnya yang dikembangkan. Mobil, yang diberi nama F7, memberikan tempat ketiga bagi kedua pembalap sebelum digantikan sasis yang lebih buruk F8. Desain tim tahun tersebut dipimpin oleh Harvey Postlethwaite, aset lain yang diambil dari Wolf, dan juga termasuk teknisi aerodinamika muda Adrian Newey[16][17] - keduanya kemudian merancang mobil juara dunia di tim lain.

Fittipaldi Automotive (1981 - 1982)[sunting | sunting sumber]

Fittipaldi F8: Mobil dirancang oleh Harvey Postlethwaite dan Adrian Newey muda.

Emerson Fittipaldi memutuskan pensiun dari balap pada akhir tahun 1980. Dia menyatakan bahwa dua tahun terakhirnya di formula satu sangat tidak menyenangkan: "Saya terlalu terlibat dalam masalah mencoba membuat tim bekerja, dan saya mengorbankan pernikahan dan kehidupan pribadi saya", meskipun pada waktu tersebut dia menyatakan bahwa kematian koleganya menjadi alasan.[18] Dia baru berumur 33 tahun, namun telah membalap di formula satu selama satu dekade. Dia gagal untuk finish tujuh kali dalam sepuluh kesempatan terakhir dan beberapa kali dikalahkan rekennya dari Finlandia. Dia pindah ke dalam manajemen tim[19] dan pembalap muda Brazil Chico Serra menggantikannya untuk tahun 1981. Tim, yang namanya kembali menjadi Fittipaldi Automotive setelah dukungan dari Skol berakhir, mengalami penurunan tajam mulai tahun 1981 ke depan. Postlethwaite pergi menuju Ferrari pada awal tahun dan tim mengembangkan kendaraan tahun sebelumnya, menggunakan ban dari Michelin, Avon and Pirelli - termasuk satu balapan dengan dua mobil dengan ban berbeda.[20] Rosberg berhasil finish di posisi keempat di balapan non kejuaraan dunia FOCA Grand Prix Afrika Selatan pada awal tahun meskipun tertinggal satu putaran dengan pimpinan balap[21] (lihat Perang FISA-FOCA), namun setelah itu pembalap tersebut mencatat DNQ dan gagal finish berurutan. Ketika mereka finish umumnya di urutan belakang dan tidak memperoleh point tahun tersebut.

Pembalap Finlandia pindah ke Williams tahun 1982, dimana dia memenangkan juara dunia - satu-satunya pembalap yang mendapatkannya setelah gagal mencetak poin tahun sebelumnya.[butuh rujukan] Tim melanjutkan dengan F8 tunggal untuk Serra - sering menggunakan satu-satunya sasis tersebut pada musim 1981 season[22] - dan mencetak poin terakhir dari posisi keenam pada Grand Prix Belgia di Zolder, meskipun didapat setelah Niki Lauda didiskualifikasi. Mobil baru terakhir, F9, ditandat dengan kembalinya Divila dan Tim Wright dan dikenalkan di Grand Prix Inggris tahun tersebut, namun gagal memperbaiki situasi. Fittipaldi bersaudara berusaha mendapat dana untuk menuju musim 1983, namun tim ditutup di awal 1983.[23]

Aurora Formula One[sunting | sunting sumber]

Sebuah sasis Fittipaldi F5A digunakan oleh RAM Racing membuat satu-satunya kemenangan dalam Kejuaraan Formula Satu Aurora dalam Race of Champions di Brands Hatch pada 15 April 1979 dengan pembalap Guy Edwards, meskipun sebenarnya berada di posisi ke-7 di belakan 6 mobil lain peserta kejuaraan dunia yang tidak mengikuti seri Aurora.[butuh rujukan] Edwards dan rekannya Bernard de Dryver mencetak hasil yang baik lainnya dalam seri tersebut, termasuk finish podium berturut-turut.[24]

Valentino Musetti, seorang stuntman Inggris, membalap dengan pengembangan F5B di 1980 Aurora Formula One UK championship, namun dengan kesuksesan yang lebih kecil dari tahun sebelumnya.[25]

Hasil lengkap formula satu[sunting | sunting sumber]

Hasil kejuaraan dunia[sunting | sunting sumber]

(key)

Tahun Sasis Mesin Pembalap 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 Poin WCC
1975 Fittipaldi FD01
Fittipaldi FD02
Fittipaldi FD03
Ford Cosworth DFV ARG BRA RSA ESP MON BEL SWE NED FRA Wilson Fittipaldi Ret 13 GBR]] GER AUT ITA USA 0 NC
Bendera Brasil [[Wlor="#FFCFCF" align="center"| DNQ WD/Ret DNQ 12 17 11 Ret 19 Ret DNQ 10
Bendera Italia Arturo Merzario 11
1976 Fittipaldi FD04 Ford Cosworth DFV BRA RSA USW ESP BEL MON SWE FRA GBR GER AUT NED ITA CAN USA JPN 3 11th
Bendera Brasil Emerson Fittipaldi 13 17 6 Ret DNQ 6 Ret Ret 6 13 Ret Ret 15 Ret 9 WD/Ret
Bendera Brasil Ingo Hoffmann 11 DNQ DNQ DNQ
1977 Fittipaldi FD04
Fittipaldi F5
Ford Cosworth DFV ARG BRA RSA USW ESP MON BEL SWE FRA GBR GER AUT NED ITA USA CAN JPN 11 9th
Bendera Brasil Emerson Fittipaldi 4 4 10 5 14 Ret Ret 18 11 Ret DNQ 11 4 DNQ 13 Ret
Bendera Brasil Ingo Hoffmann Ret 7
1978 Fittipaldi F5A Ford Cosworth DFV ARG BRA RSA USW MON BEL ESP SWE FRA GBR GER AUT NED ITA USA CAN 17 7th
Bendera Brasil Emerson Fittipaldi 9 2 Ret 8 9 Ret Ret 6 Ret Ret 4 4 5 8 5 Ret
1979 Fittipaldi F6A
Fittipaldi F5A
Ford Cosworth DFV ARG BRA RSA USW ESP BEL MON FRA GBR GER AUT NED ITA CAN USA 1 12th
Bendera Brasil Emerson Fittipaldi 6 11 13 Ret 11 9 Ret Ret 12 Ret Ret Ret 8 8 7
Bendera Brasil Alex Ribeiro DNQ DNQ
1980 Fittipaldi F7
Fittipaldi F8
Ford Cosworth DFV ARG BRA RSA USW BEL MON FRA GBR GER AUT NED ITA CAN USA 11 9th
Bendera Brasil Emerson Fittipaldi NC 15 8 3 Ret 6 Ret 12 Ret 11 Ret Ret Ret Ret
Bendera Finlandia Keke Rosberg 3 9 Ret Ret 7 DNQ Ret DNQ Ret 16 DNQ 5 9 10
1981 Fittipaldi F8C Ford Cosworth DFV USW BRA ARG SMR BEL MON ESP FRA GBR GER AUT NED ITA CAN CPL 0 NC
Bendera Finlandia Keke Rosberg Ret 9 Ret Ret Ret DNQ 12 Ret Ret DNQ DNQ DNQ DNQ 10
Bendera Brasil Chico Serra 7 Ret Ret DNQ Ret DNQ 11 DNS DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ
1982 Fittipaldi F9
Fittipaldi F8D
Ford Cosworth DFV RSA BRA USW SMR BEL MON DET CAN NED GBR FRA GER AUT SUI ITA CPL 1 14th
Bendera Brasil Chico Serra 17 Ret DNQ 6 DNPQ 11 DNQ Ret Ret 11 7 DNQ 11 DNQ

hasil non kejuaraan dunia[sunting | sunting sumber]

Tahun Event tempat Pembalap Hasil Catatan
1975 BRDC International Trophy Silverstone Wilson Fittipaldi Ret International Trophy merupakan jadwal rutin dari tahun 1950 menuju 1970
1978 BRDC International Trophy Silverstone Emerson Fittipaldi 2
1979 Gran Premio Dino Ferrari Imola Alex Ribeiro Ret Balapan non kejuaraan dunia untuk peresmian Autodromo Dino Ferrari
1980 Spanish Grand Prix Jarama Emerson Fittipaldi 5 Balapan tidak dihadiri tim 'FISA' (lihat Perang FISA-FOCA)
dan kemudian dinyatakan tidak dapat dimasukkan ke kejuaraan dunia.
Keke Rosberg Ret
1981 South African Grand Prix Kyalami Keke Rosberg 4 Korban lain perang FISA-FOCA
Chico Serra 9

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ludvigsen (2002) pp.26–29
  2. ^ Donaldson, Gerald. "Emerson Fittipaldi". Formula One Administration Ltd. Diakses 13 July 2010. 
  3. ^ Ludvigsen (2002) p.132
  4. ^ Richard Divila www.grandprix.com Retrieved 28 February 2006
  5. ^ Ricardo Divila www.teamdan.com Retrieved 7 March 2006
  6. ^ Jo Ramirez (2005): Memoirs of a Racing Man. Haynes Group.
  7. ^ Gill (ed.) 1976 pp.19-22
  8. ^ Hodges (1990) p.103
  9. ^ Barrie Gill John Player Motorsport Yearbook 1976 - The World Championship 1975 page 78. Queen Anne Press Ltd ISBN 0-362-00254-1
  10. ^ Fittipaldi eager to put Brazil on world map (November 27, 1975) The Times p. 10
  11. ^ Reutemann turns on heat that is too much for other's comfort (January 30, 1978) The Times page 8
  12. ^ Fittipaldi team name history www.formula1results.com Retrieved 18 November 2009
  13. ^ Fittipaldi Automotive www.grandprix.com Retrieved 28 February 2006
  14. ^ Jesus Saves Racing 8w.forix.com Retrieved 28 February 2006
  15. ^ Copersucar www.grandprix.com Retrieved 28 February 2006
  16. ^ GrandPrix.com Retrieved 18 November 2009
  17. ^ Official: Adrian Newey joins Red Bull F1 (Nov. 2005)
  18. ^ Fittipaldi to Retire (December 12, 1980) The Times page 20
  19. ^ Emerson Fittipaldi 8w.forix.com Retrieved 28 February 2006
  20. ^ Fittipaldi 8C ChicaneF1.dyndns.org Retrieved 7 March 2006
  21. ^ The one that didn't count 8w.forix.com Retrieved 20 March 2006
  22. ^ Fittipaldi F8C/3 www.oldracingcars.com Retrieved 8 March 2006
  23. ^ Nye (1986) p.188
  24. ^ Autocourse Formula One 1979-1980 Aurora Formula One
  25. ^ Val Musetti forums.atlasf1.com Retrieved 10 April 2006

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Gill, Barrie (1976). Player, John, Motor Sport Year Book 1976. London: Queen Anne. ISBN 0362002541. 
  • Hodges, David (1998). A-Z of Formula Racing Cars. City: Elmar. ISBN 1901432173. 
  • Nye, Doug (1986). The Autocourse History of the Grand Prix Car 1966-1985. Richmond: Hazleton. ISBN 0905138376. 

Semua hasil formula satu diambil dari:

  • Official Formula 1 Website. Archive: Results for 1972–1982 seasons www.formula1.com Retrieved 28 February 2006
  • The Formula One Archives - Non-Championship & Aurora www.silhouet.com/motorsport Retrieved 23 March 2006