Posisi pole

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pole position)
Penanda pole position di Nürburgring, Jerman
Penanda pole position di Nürburgring, Jerman

Dalam olahraga otomotif, pole position (atau posisi pole), adalah posisi mulai yang biasanya paling bagus dan "secara statistik paling menguntungkan" di trek.[1] Dalam olahraga motor sirkuit, pengemudi memiliki posisi terdepan ketika mereka memulai balapan di bagian depan grid. Driver ini disebut sebagai pole-sitter. Grid posisi biasanya ditentukan oleh sesi kualifikasi terpisah di mana driver mencoba untuk mengatur putaran tercepat, atau berdasarkan posisi mereka di perlombaan sebelumnya. Olahraga motor seri yang berbeda menggunakan format yang berbeda untuk menentukan driver mana yang memiliki kesempatan untuk mulai dari posisi terdepan.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Istilah ini berasal dari balap kuda, di mana kuda yang paling cepat dalam kualifikasi akan ditempatkan di bagian dalam gelanggang, di samping tiang.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Holpe, Jason (2022-07-01). "How Often Does The Pole-Sitter Win In F1? | F1 Chronicle". f1chronicle.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-23. 
  2. ^ "pole position". Lexico.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 April 2021. Diakses tanggal 2022-12-23.