Automobiles Gonfaronnaises Sportives

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Automobiles Gonfaronnaises Sportives ("AGS" atau Gonfaron sports car) adalah konstruktor balap kecil dari Prancis , yang mengikuti berbagai macam balap mobil selama 30 tahun, termasuk Formula 1 dari tahun 1986 sampai dengan 1991.

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Tim didirikan oleh mekanik Prancis, Henri Julien, yang mengoperasikan pompa bensin - the "Garage de l'Avenir" di sebuah desa yang bernama Gonfaron. Pada akhir 1950an dan awal 1960an, Julien secara rutin mengikuti balap di kelas kecil. Dia seorang pembalap medioker namun menunjukkan kemampuan tinggi dalam bidang teknik. Akhirnya, dia mengganti profesinya menjadi pembuat mobil balap.

Mobil Pertama[sunting | sunting sumber]

Mobil pertamanya, AGS JH1, muncul pada tahun 1969. Mobil ini didesain oleh bawahan Julien, Christian Vanderpleyn warga negara Belgia yang bergabung dengan tim sejak akhir 1950an hingga 1988. Segera, AGS membuat mobil formula 3 sendiri dengan sangat ambisius namun tidak cukup bagus untuk melawan Martinis yang mendominasi seri tersebut pada era 1970an.

Formula 2[sunting | sunting sumber]

AGS mengambil langkah maju pada tahun 1978 saat tim dengan berani mulai berkompetisi di Eropa (Formula 2), dengan tetap menggunakan kendaraan (AGS JH15) yang dirancang (oleh Vanderpleyn), dibangun, dan dikemudikan sendiri. Formula 2 merupakan tantangan sulit bagi tim kecil tersebut, pada tahun 1978 dan 1979 tidak memperoleh poin. Awal 1980an menunjukkan hasil yang lebih baik. AGS merupakan sedikit tim yang membangun mobil sendiri (bersama Maurer, Minardi, dan Merzario), dan memperoleh poin secara rutin, dan memperoleh kemenangan. AGS membuat sejarah saat pembalap mereka, Philippe Streiff memenangkan seri terakhir pada tahun 1984, menggunakan AGS JH 19C.

Formula 3000[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1985, AGS berpindah ke formula 3000 (dengan sasis yang dibuat oleh Duqueine bersaudara) namun Julien tidak tertarik dengan organisasi dan regulasi seri yang baru, sehingga dia berpikir untuk mengambil langkah ke depan menuju balap mobil kelas dunia.

Formula 1[sunting | sunting sumber]

Awal Mula[sunting | sunting sumber]

Pada akhir musim panas 1986, diputuskan AGS mengikuti Italian Grand Prix di Monza, seri pertama formula 1 yang diikutinya. struktur tim sangat mengejutkan, tim memiliki tidak lebih dari 7 pegawai dan masih beroperasi di garasi di Gonfaron. Dibandingkan dengan Williams, McLaren atau Ferrari dimana pada waktu itu memiliki fasilitas yang jauh lebih baik.

AGS hadir dengan mobil yang sekali lagi dirancang oleh Vanderpleyn. JH21C adalah paduan unik antara bekas mobil formula 3000 AGS dengan part Renault F1 yang digunakan sangat ekstensif. Mobil ditenagai dengan mesin turbo Motori Moderni (yang oleh Carlo Chiti-dikembangkan untuk tim pembeli) dan dikemudikan oleh pendatang baru Ivan Capelli. Beberapa minggu sebelumnya, mobil telah diuji oleh Didier Pironi yang mengemudikan mobil F1 pertama kali sejak kecelakaan tahun 1982, namun memutuskan untuk tidak kembali. Karena masalah teknik, tidak satu kalipun dalam seri pertama dan berikutnya kendaraan AGS mencapai finish.

pada tahun 1987, mobil yang mirip dengan mobil sebelumnya disiapkan untuk menggunakan mesin non-turbo Cosworth DFZ. Pembalap tim Pascal Fabre merupakan pendatang baru. Dia adalah seorang pembalap yang dapat diandalkan, finish di 7 seri pertama dan hanya gagal finish 2 kali selama masa kerjanya. Meskipun begitu, dia tidak pernah bersaing untuk mendapatkan poin dan gagal kualifikasi dalam 3 kesempatan. AGS berkembang dalam 2 balapan terakhir pada musim tersebut saat Fabre digantikan oleh pembalap Brazil Roberto Moreno (yang mendapat kesempatan pertama di F1 sejak 1982 dimana dia gagal kualifikasi dengan Lotus). pada seri Adelaide, Moreno mendapatkan poin pertama untuk AGS, yang berarti tim mengakhiri musim dengan tim yang kondisinya lebih baik Ligier dan March.

Pengambilalihan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1988, AGS memulai dengan mobil baru dan pembalap Philippe Streiff. Streiff mengemudikan dengan sangat bertenaga namun hanya finish 4 kali karena masalah teknis dan kecelakaan. Secara finansial, awaltahun dimulai dengan sangat baik dan berakhir dengan bencana. AGS memiliki sponsor yang sangat bagus - Bouygues group - yang menjanjikan tidak hanya mendukung balapan, namun juga penyelesaian markas baru di luar Gonfaron. Setelah AGS mulai bekerja di fasilitas yang baru, Bouygues mengundurkan diri dari tim, meninggalkan Julien tanpa dukungan. Untuk menyelamatkan tim, dia menjual kepada Cyril de Rouvre, enterpreneur Prancis dengan beragam ambisi.

Kesulitan[sunting | sunting sumber]

Kondisi segera memburuk. manajemen tim berganti berkali-kali (Vanderpleyn berpindah ke Coloni) dan menyebabkan banyak ketidakteraturan. Yang terburuk terjadi saat Streiff tidak sadarkan diri saat kecelakaan di Brazil sebelum musim 1989 dimulai.

Dia digantikan oleh Gabriele Tarquini, yang mengejutkan dengan performa baik dalam paruh pertama musim. Dia sangat dekat dengan poin di 1989 Monaco Grand Prix dan 1989 United States Grand Prix, namun gagal finish di kedua seri. Kondisi menjadi lebih baik di 1989 Mexican Grand Prix, dimana dia finish di posisi keenam dan memperoleh poin pertama. Namun setelah kondisi tersebut, tim kembali tidak kompetitif.

Pada paruh kedua musim 1989, tim harus mengikuti prakualifikasi, kondisi yang tidak pernah diselesaikan oleh Gabriele Tarquini dan Yannick Dalmas. AGS kemudian finish di peringkat 15 konstruktor, sama dengan Larrousse. Saat musim panas, muncul rumor bahwa AGS akan segera menggunakan mesin W12 yang dikembangkan oleh desainer Prancis Guy Nègre. Mesin MGN (Moteurs Guy Nègre) muncul pada akhir 1988 dan diuji pada sasis AGS lama pada musim panas 1989. Kemudian diketahui bahwa AGS tidak terkait dengan tes, yang merupakan usaha pribadi dari Negre. Mesin tersebut tidak pernah mengikuti balap F1, namun diumumkan akan mengikuti Le Mans 1990 dengan nama Norma M6.

Akhirnya, AGS menggunakan mesin Cosworth lagi pada tahun 1990. tahun itu tidak menunjukkan perkembangan sama sekali, dimana hasil terbaiknya adalah finish ke-9 di 1990 Spanish Grand Prix dengan pembalap Dalmas dan pada awal musim 1991 tim terlihat akan segera berakhir. Tim hanya memiliki sedikit uang. Pada seri pertama musim 1991 di Phoenix, tim tidak memiliki cukup uang untuk membeli makan siang dan anggota tim harus membeli sendiri. Dalam seri tersebut Tarquini finished ke-8, yang merupakan finish terakhir bagi AGS. De Rouvre menjual tim kepada enterpreneur Italia, Patrizio Cantù dan Gabriele Raffanelli. Keduanya mengubah sedikit dari tim dimana Stefan Johansson digantikan oleh pendatang baru Fabrizio Barbazza dan mengganti warna tim dari putih menjadi biru, merah dan kuning. Mobil baru muncul di awal musim semi, namun tim dalam masalah lagi, sehingga dibubarkan setelah 1991 Spanish Grand Prix.

AGS bertahan sebagai sekolah formula 1 di Le Luc, dekat Gonfaron). Garage de l'Avenir masih tetap ada.

Hasil Lengkap Formula 1[sunting | sunting sumber]

(key) (results in bold indicate pole position)

tahun Sasis Mesin Ban Pembalap 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Points WCC
1986 AGS JH21 Motori Moderni V6 (t/c) P BRA ESP SMR MON BEL CAN DET FRA GBR GER HUN AUT ITA POR MEX AUS 0 NC
Ivan Capelli Ret Ret
1987 AGS JH22 Ford V8 G BRA SMR BEL MON DET FRA GBR GER HUN AUT ITA POR ESP MEX JPN AUS 1 12th
Pascal Fabre 12 13 10 13 12 9 9 Ret 13 NC DNQ DNQ Ret DNQ
Roberto Moreno Ret 6
1988 AGS JH23 Ford V8 G BRA SMR MON MEX CAN DET FRA GBR GER HUN BEL ITA POR ESP JPN AUS 0 NC
Philippe Streiff Ret 10 Ret 12 Ret Ret Ret Ret Ret Ret 10 Ret 9 Ret 8 11
1989 AGS JH23B
AGS JH24
Ford V8 G BRA SMR MON MEX USA CAN FRA GBR GER HUN BEL ITA POR ESP JPN AUS 1 15th
Philippe Streiff WD
Gabriele Tarquini 8 Ret 6 7 Ret Ret DNQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ
Joachim Winkelhock DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ
Yannick Dalmas DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ
1990 AGS JH24
AGS JH25
Ford V8 G USA BRA SMR MON CAN MEX FRA GBR GER HUN BEL ITA POR ESP JPN AUS 0 NC
Gabriele Tarquini DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNQ Ret DNPQ 13 DNQ DNQ DNQ Ret DNQ Ret
Yannick Dalmas DNPQ Ret DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ 17 DNPQ DNQ DNQ DNQ NC Ret 9 DNQ DNQ
1991 AGS JH25B
AGS JH27
Ford V8 G USA BRA SMR MON CAN MEX FRA GBR GER HUN BEL ITA POR ESP JPN AUS 0 NC
Gabriele Tarquini 8 Ret DNQ Ret DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ
Olivier Grouillard DNPQ
Stefan Johansson DNQ DNQ
Fabrizio Barbazza DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ DNQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ DNPQ

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]