Departures

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Departures (おくりびと)
Okuribito (2008).jpg
Sutradara Yojiro Takita
Penulis Kundo Koyama
Pemeran Masahiro Motoki
Ryoko Hirosue
Tsutomu Yamazaki
Kimiko Yo
Kazuko Yoshiyuki
Takashi Sasano
Musik Joe Hisaishi
Sinematografi Takeshi Hamada
Penyunting Akimasa Kawashima
Distributor Shochiku
Regent Releasing (AS)
Tanggal rilis Bendera Jepang 13 September 2008
Durasi 131 menit
Negara Jepang
Bahasa bahasa Jepang


Departures (おくりびと Okuribito?) adalah film Jepang produksi tahun 2008 dari sutradara Yojiro Takita. Film ini memenangi Academy Award 2008 untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Selain itu, film ini memenangi Japan Academy Prize ke-32 untuk kategori Film Terbaik.[1]

Masahiro Motoki terkesan membaca novel Nōkanfu Nikki karya Aoki Shinmon, dan meminta sutradara untuk membuat filmnya. Sebelum filmnya beredar, manga karya mangaka Sasō Akira diterbitkan oleh penerbit Shogakukan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Daigo Kobayashi (Masahiro Motoki) adalah seorang pemain cello di sebuah orkestra di Tokyo. Pada suatu hari, ia kehilangan pekerjaan setelah orkestra tempatnya bergabung dibubarkan secara tiba-tiba. Setelah sadar kemampuannya bermain cello hanya biasa-biasa saja, ia memutuskan untuk mengakhiri karier sebagai pemusik. Cello yang dulu dibeli seharga \18 juta dijualnya. Bersama istri, ia pulang ke kota kelahirannya di Sakata, Prefektur Yamagata.

Ketika sedang mencari pekerjaan, ia melihat lowongan kerja dari perusahaan yang sedang mencari orang yang bisa membantu bidang "perjalanan", dan gajinya pun terbilang bagus. Nama perusahaan tersebut NK Agent. Daigo mengira NK Agent adalah sebuah biro perjalanan (travel agent). Ketika diwawancara, ia baru tahu bahwa NK adalah singkatan untuk noukan (納棺?) yang dalam bahasa Jepang berarti memasukkan ke peti mati. Di tengah kebimbangan, ia langsung diterima bekerja. Sebagai pemikat, ia langsung diberi uang \20.000 dan direktur langsung menawarkan gaji sebesar \500.000 per bulan. Daigo tidak bisa menolak lagi, dan setuju untuk bekerja sebagai perias jenazah. Ketika kembali di rumah, ia tidak berani berterus terang kepada istrinya. Ia hanya berkata diterima bekerja di perusahaan bidang "upacara". Di tempat kerjanya yang baru, Daigo ditugaskan berperan sebagai jenazah. Rumah duka tempatnya bekerja sedang membuat DVD tentang penjelasan tata cara penanganan jenazah. Pekerjaan pertamanya adalah menangani wanita tua yang meninggal dalam kesendirian, dan jenazahnya baru ditemukan dua minggu setelah meninggal. Daigo ingin minta berhenti. Sulit baginya untuk minta berhenti karena terus menerima uang setiap hari. Daigo akhirnya memutuskan untuk terus bekerja, dan mulai menyukai pekerjaan barunya.

Pada suatu hari, DVD berisi Daigo sedang berperan sebagai jenazah ditonton oleh istrinya, dan rahasianya sebagai petugas rumah duka terbongkar. Daigo lalu diminta berhenti bekerja. Permintaan sang istri tidak didengar Daigo hingga sang istri purik, pulang ke rumah orang tua. Salah seorang kawan dekat bernama Yamashita juga ikut tidak mau lagi berteman dengan Daigo. Setelah beberapa lama, sang istri kembali, dan memberi tahu dirinya sedang hamil. Istri Daigo ternyata masih meminta Daigo untuk berhenti bekerja. Tiba-tiba, ada telepon dari kantor tempat Daigo bekerja. Ibu Yamashita meninggal dunia, dan Daigo diminta untuk menanganinya.


Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Internasional[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 第32回 日本アカデミー賞  URL diakses pada 23 Februari 2009

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
The Counterfeiters
 Austria
Film Berbahasa Asing Terbaik
2008
Diteruskan oleh:
-