Asahi Shimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Asahi Shimbun
Jenis Surat kabar harian
Format Koran
Pemilik Michiko Murayama, Shoichi Ueno
Penerbit Kotaro Akiyama
Redaktur utama Yoichi Funabashi
Didirikan Osaka, 25 Januari 1879
Bahasa bahasa Jepang
Kantor pusat Bendera Jepang Osaka dan Chūō, Tokyo
Sirkulasi 8.225.032 eksemplar (edisi pagi)[1]
Kembaran Kanagawa Shimbun, Nikkan Sports, International Herald Tribune/The Asahi Shimbun, The Asahi Evening News (20 Januari 1954-2 April 2001)
Situs web resmi www.asahi.com
Kantor pusat Tokyo
Kantor pusat Osaka

Asahi Shimbun (朝日新聞?) adalah surat kabar nasional Jepang yang diterbitkan oleh penerbit The Asahi Shimbun. Surat kabar ini pertama kali terbit pada tahun 1874. Oplahnya sekitar 8 juta eksemplar[1] yang menjadikannya harian beroplah terbesar nomor dua di Jepang setelah Yomiuri Shimbun. Harian ini terbit dua kali sehari, edisi pagi dan sore.

Asahi Shimbun memiliki stasiun televisi/radio Asahi Broadcasting Corporation (ABC) di Osaka. Sementara itu, TV Asahi Corporation memiliki All-Nippon News Network (ANN) dan TV Asahi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asahi Shimbun pertama kali terbit di Osaka pada bulan Januari 1879. Bantuan modal diterima Asahi dari pemerintah dan Bank Mitsui pada tahun 1882. Sebagai perluasan usaha ke Tokyo, Asahi membeli surat kabar Mesamashi Shimbun pada bulan Juli 1888 dan mengganti namanya menjadi Tokyo Asahi Shimbun. Tahun berikutnya, surat kabar Asahi yang diterbitkan di Osaka diganti namanya menjadi Osaka Asahi Shimbun.

Pada tahun 1915, Osaka Asahi Shimbun untuk pertama kalinya menerbitkan edisi sore. Pada tahun yang sama, Asahi mulai menjadi sponsor Kejuaraan Bisbol Sekolah Menengah Pertama (sekarang Kejuaraan Nasional Bisbol Sekolah Menengah Atas). Pada tahun 1940, surat kabar Asahi terbitan Osaka dan terbitan Tokyo keduanya menanggalkan nama kota tempat terbit, dan kembali memakai nama Asahi Shimbun sejak tahun 1940.

Terbitan lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Japan's morning begins with the newspaper". The Asahi Shimbun. Diakses 28 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]