Yomiuri Shimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yomiuri Shimbun
Jenis Surat kabar harian
Format Koran
Pemilik Yomiuri Group
Didirikan Tokyo, 2 November 1874
Bahasa bahasa Jepang
Kantor pusat Bendera Jepang Chiyoda, Tokyo, Osaka, Fukuoka
Sirkulasi di atas 10 juta eksemplar[1]
Kembaran The Daily Yomiuri, Hochi Shimbun.
Situs web resmi www.yomiuri.co.jp
Kantor pusat Tokyo
Kantor pusat Osaka

Yomiuri Shimbun (読売新聞?) adalah surat kabar nasional Jepang yang diterbitkan kantor pusat Yomiuri Shimbun di Tokyo, Osaka, dan Fukuoka. Di halaman utama, nama surat kabar ini ditulis dengan kanji bentuk lama sebagai 讀賣新聞 yang juga dibaca Yomiuri Shimbun. Harian yang didirikan tahun 1874 ini terbit dua kali sehari, edisi pagi dan edisi sore. Selain itu, harian ini diterbitkan di daerah sebagai edisi regional.

Surat kabar ini beroplah di atas 10 juta eksemplar[2] yang menjadikannya harian beroplah terbesar di Jepang sekaligus terbesar di dunia.[3] Oplah edisi pagi sejumlah 8.337.000 eksemplar dan edisi sore 3.970.020 eksemplar. Total pembaca diperkirakan 26.214.305 orang.[4]

Kelompok Yomiuri memiliki penerbit Chuokoron-Shinsha, stasiun televisi Nippon Television, dan tim bisbol Yomiuri Giants, sementara Nippon Television memiliki tim sepak bola Tokyo Verdy.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Yomiuri Shimbun (讀賣新聞?) pertama kali diterbitkan oleh penerbit Nisshu-sha pada 2 November 1874. Pada 1 Desember 1917, penerbit Nisshu-sha mengganti nama menjadi Yomiuri Shimbun-sha. Matsutarō Shōriki membeli surat kabar Yomiuri yang sedang mengalami kesulitan keuangan, 25 Februari 1924.

Pada 26 Desember 1934, Yomiuri mendirikan tim bisbol Dai Nippon Tokyo (sekarang Yomiuri Giants). Setelah Yomiuri merger dengan Hochi Shimbun, 5 Agustus 1942, surat kabar ini berganti nama menjadi Yomiuri Hochi. Seusai Perang Dunia II, Matsutarō Shōriki diadili sebagai penjahat perang kelas A, namun dinyatakan bebas tidak bersalah. Nama surat kabar ini dikembalikan menjadi Yomiuri Shimbun sejak 1 Mei 1946. Pada 12 November 1946, Yomiuri Shimbun dalam editorialnya mendukung penghapusan aksara kanji dari sistem penulisan bahasa Jepang.

Pada 1 Juni 1950, penerbit Yomiuri Shimbun dijadikan perseroan terbatas. Tahun berikutnya, setelah larangan bekerja di penerbitan yang dikenakan untuknya dicabut, Matsutarō Shōriki kembali bekerja untuk Yomiuri Shimbun.

Dalam rangka ekspansi ke Kansai, Yomiuri Shimbun menerbitkan Osaka Yomiuri Shimbun di Osaka sejak 25 November 1952. Setelah membuka dua kantor cabang di Sapporo (1 Mei 1959) dan Takaoka (25 Mei 1961), edisi regional mulai dicetak di Sapporo dan Takaoka. Setelah Kantor Pusat Kyushu didirikan di Kitakyushu, edisi regional Kyushu mulai dicetak di Kitakyūshū.

Terbitan lain[sunting | sunting sumber]

Yomiuri Shimbun menerbitkan harian berbahasa Inggris beroplah terbesar di Jepang, The Daily Yomiuri dan harian olahraga Hochi Shimbun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ World Association of Newspapers: World's 100 Largest Newspapers, 2005
  2. ^ "NSK's member news organizations". The Japan Newspaper Publishers & Editors Association (NSK). Diakses 28 September 2008. 
  3. ^ "The newspaper with the highest daily circulation", Guinness World Records, oplah edisi pagi dan edisi sore selama bulan Januari 2002 tercatat 14.323.781 eksemplar
  4. ^ "The Yomiuri Shimbun Media Data 2006-2008". The Yomiuri Shimbun. Diarsipkan dari aslinya tanggal 9 March 2006. Diakses 28 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]