Mainichi Shimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mainichi Shimbun
TipeSurat kabar harian
FormatKoran
PemilikThe Mainichi Newspapers
PenerbitMasato Kitamura
DidirikanTokyo, 21 Februari 1872
Bahasabahasa Jepang
PusatJepang Chiyoda, Tokyo
Sirkulasi surat kabar4.003.116 eksemplar (pagi), 1.431.674 eksemplar (sore)[1]
Surat kabar saudariSports Nippon
Situs webwww.mainichi.co.jp
Kantor pusat Tokyo
Kantor pusat Osaka

Mainichi Shimbun (毎日新聞) adalah surat kabar nasional Jepang yang diterbitkan penerbit The Mainichi Newspapers. Harian ini terbit dua kali sehari, edisi pagi dan sore. Edisi pagi beroplah sekitar 4 juta eksemplar.[1]

Mainichi Shimbun memiliki saham di stasiun televisi/radio Tokyo Broadcasting System (TBS), Mainichi Broadcasting System (MBS), dan RKB Mainichi Broadcasting.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mainichi Shimbun adalah surat kabar tertua di Jepang. Harian ini berawal dari Tokyo Nichinichi Shimbun yang diterbitkan pertama kali oleh Nippo-sha pada tahun 1872. Pada tahun 1875, Tokyo Nichi Nichi Shimbun menjadi surat kabar pertama di Jepang yang diantar langsung ke rumah pelanggan.

Sementara itu di Osaka, surat kabar Nihon Rikken Seitō Shimbun terbit untuk pertama kalinya pada tahun 1882. Pada tahun 1888, harian tersebut berganti nama menjadi Osaka Mainichi Shimbun setelah sebelumnya sempat disebut Osaka Nippo pada tahun 1885. Pada tahun 1906, Osaka Mainichi Shimbun memperluas usaha ke Tokyo dengan membeli Dempo Shimbun yang kemudian berganti nama menjadi Mainichi Dempo.

Nippo-sha, penerbit Tokyo Nichi Nichi Shimbun melakukan merger dengan Osaka Mainichi Shimbun pada tahun 1911. Namun kedua surat kabar tetap diterbitkan terpisah dengan memakai nama semula. Keduanya baru sepakat memakai nama Mainichi Shimbun sejak 1 Januari 1943.

Pada tahun 1924, Mainichi Shimbun untuk pertama kalinya menyelenggarakan Turnamen Invitasi Bisbol Nasional Sekolah Menengah Pertama. Turnamen ini sekarang bernama Turnamen Invitasi Bisbol Nasional Sekolah Menengah Atas.

Terbitan lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "NSK's member news organizations". The Japan Newspaper Publishers & Editors Association (NSK). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-06. Diakses tanggal 28 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ini adalah surat kabar besar dengan sirkulasi ketiga setelah Yomiuri dan Asahi, dan berbasis di kota ketiga, Nagoya.