Chunichi Shimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chunichi Shimbun
Jenis Surat kabar harian
Format Koran
Pemilik Chunichi Shimbun Co., Ltd.
Penerbit Torao Ohshima
Didirikan 1886
Bahasa Jepang
Kantor pusat Nagoya
Sirkulasi 2.779.597 (pagi), 654.374 (sore)[1]
Kembaran Chunichi Sports, Tokyo Chunichi Sports
Situs web resmi www.chunichi.co.jp
Kantor pusat Chunichi Shimbun di Nagoya

Chunichi Shimbun (中日新聞 Chūnichi Shimbun?) adalah surat kabar regional Jepang. Harian umum ini mendominasi pangsa pasar surat kabar di kawasan Prefektur Aichi dan sekitarnya.

Chunichi Shimbun adalah surat kabar beroplah terbesar nomor 4 di Jepang setelah Yomiuri Shimbun, Asahi Shimbun, dan Mainichi Shimbun. Oplah edisi pagi sekitar 2 juta 800 ribu eksemplar. Bila digabung dengan oplah edisi Tokyo Shimbun yang juga diterbitkan Kantor Pusat Tokyo Chunichi Shimbun, maka total oplah edisi pagi sekitar 3 juta 520 ribu eksemplar (data Agustus 2008).[2]

Mulai terbit 1886 sebagai hasil merger Shin Aichi dan Nagoya Shimbun, hingga kini kepemilikan saham surat kabar ini dibagi antara keluarga Ohshima dan keluarga Koyama. Chunichi Shimbun memiliki tim bisbol Chunichi Dragons yang bermarkas di Nagoya Dome.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Surat kabar ini berawal dari terbitan zaman Meiji bernama Mudaigo (無題号?) dan Kinjōtayori (金城たより?). Keduanya pertama kali diterbitkan pada tahun 1886. Mudaigo diganti namanya menjadi Shin Aichi, sementara Kinjōtayori diganti namanya menjadi Nagoya Shimbun. Berdasarkan peraturan penggabungan surat kabar, Chubu-Nippon Shimbun lahir sebagai hasil merger Shin Aichi dan Nagoya Shimbun pada 1 September 1942. Selanjutnya Chubu-Nippon Shimbun mulai menerbitkan harian olahraga Chunichi Sports sejak 25 Februari 1954.

Pada tahun 1956, harian ini melakukan ekspansi ke Tokyo dengan menerbitkan Tokyo Chunichi Shimbun. Di wilayah Hokuriku, harian ini bekerja sama dengan Penerbit Hokuriku Shimbun-sha untuk menerbitkan Hokuriku Chunichi Shimbun.

Pada tahun 1963, Chunichi berpartisipasi dalam manajemen perusahaan Tokyo Shimbun-sha yang menerbitkan Tokyo Shimbun (hasil merger Miyako Shimbun dengan Kokumin Shimbun pada tahun 1942). Pada 1 Januari 1965, nama surat kabar ini diganti dari Chubu-Nippon Shimbun menjadi Chunichi Shimbun. Sejak 1 Oktober 1967, penerbit Chubu-Nippon Shimbun sepenuhnya mengambil alih penerbitan harian Tokyo Shimbun. Pada tahun 1970, Tokyo Chunichi Shimbun berganti nama menjadi harian olahraga Tokyo Chunichi Sports. Pada tahun berikutnya, penerbit Chunichi Shimbun berganti nama dari Chubu-Nippon Shimbun-sha menjadi Chunichi Shimbun-sha.

Edisi lokal Chunichi Shimbun di Prefektur Shizuoka mulai terbit pada tahun 1981 setelah didirikannya Kantor Pusat Tōkai di Hamamatsu. Di Prefektur Fukui, Chunichi Shimbun melanjutkan penerbitan harian Nikkan Fukui pada tahun 1993 sebelum berganti nama sebagai Nikkan Kenmin Fukui pada tahun berikutnya.

Terbitan lain[sunting | sunting sumber]

Media elektronik[sunting | sunting sumber]

Surat kabar ini berafiliasi dengan beberapa stasiun televisi dan radio.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NSK's member news organizations". The Japan Newspaper Publishers & Editors Association (NSK). Diakses 10 Oktober 2008. 
  2. ^ "Chūnichi shimbun-sha kōkokukyoku media guide (中日新聞社広告局メディアガイド)" (dalam bahasa bahasa Jepang). 中日新聞社広告局. Diakses 4 Oktober 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]