Sankei Shimbun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sankei Shimbun
Jenis Surat kabar harian
Format Koran
Pemilik Sankei Shimbun Company
Penerbit Hisakichi Maeda
Didirikan Osaka, 20 Juni 1933
Bahasa bahasa Jepang
Kantor pusat Bendera Jepang Chiyoda, Tokyo
Sirkulasi 2.208.524 eksemplar (pagi), 632.743 eksemplar (sore)[1]
Situs web resmi sankei.jp
Kantor Pusat Tokyo
Kantor Pusat Osaka di Gedung Namba Sankei

Sankei Shimbun (産経新聞?) atau nama lengkap: Sangyō Keizai Shimbun (産業経済新聞?) adalah surat kabar nasional Jepang yang diterbitkan oleh penerbit Sankei Shimbun Company dari Fujisankei Communications Group. Oplah edisi pagi sekitar 2 juta eksemplar[1], dan hanya menerbitkan edisi sore di Osaka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Surat kabar ini berawal dari Nihon Kōgyō Shimbun yang diterbitkan oleh pertama kali oleh Hisachi Maeda di Osaka, 20 Juni 1933. Penerbitnya waktu itu bernama Yūkan Osaka Shimbun-sha. Di masa Perang Dunia II, Pemerintah Jepang mengeluarkan perintah tentang penggabungan surat kabar. Nihon Kōgyō Shimbun merger dengan berbagai surat kabar ekonomi dan industri yang terbit di Jepang bagian barat, dimulai dari Prefektur Aichi. Pada 1 November 1942, surat kabar hasil merger tersebut terbit dengan nama Sangyō Keizai Shimbun.

Sejak Maret 1950, Sangyō Keizai Shimbun juga mulai dicetak dan diterbitkan di Tokyo. Harian ini diubah menjadi surat kabar umum dan tidak lagi berfokus pada berita ekonomi. Mingguan Shūkan Sankei (sekarang SPA!) mulai terbit bulan Februari 1952.

Pada tahun 1955, penerbit Sangyō Keizai Shimbun di Tokyo membeli surat kabar Jiji Shimpō. Terbitan sesudah merger disebut Sankei Jiji. Pada 11 Juli 1958, Sankei Jiji berganti nama menjadi Sankei Shimbun (産経新聞?). Tahun berikutnya, Sangyō Keizai Shimbun terbitan Osaka juga berganti nama menjadi Sankei Shimbun.

Pada bulan Mei 1969, penulisan nama surat kabar diganti dengan aksara katakana menjadi サンケイ新聞 yang tetap dibaca Sankei Shimbun. Nama surat kabar ini kembali ditulis dengan aksara kanji pada tahun 1988, dan sekaligus menjadi surat kabar pertama di Jepang yang dicetak berwarna.

Pada 30 Maret 2002, penerbitan edisi sore dihentikan. Sejak 1 April 2002, Sankei Shimbun terbitan Tokyo hanya terbit pagi hari. Sementara itu, Sankei Shimbun di Osaka bekerja sama dengan harian sore Osaka Shimbun yang sepakat terbit memakai nama Sankei Shimbun. Kerja sama ini membuat Sankei Shimbun tetap terbit dua kali sehari, edisi pagi dan edisi sore di Osaka. Pada 1 Desember 2004, penerbit Osaka Shimbun akhirnya dibeli oleh Sankei Shimbun.

Terbitan lain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "NSK's member news organizations". The Japan Newspaper Publishers & Editors Association (NSK). Diakses 28 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]