The Neighbor's Wife and Mine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Madam to Nyōbō
(The Neighbor's Wife and Mine)
SutradaraHeinosuke Gosho
ProduserShirō Kido
Ditulis olehKomatsu Kitamura
PemeranAtsushi Watanabe
Kinuyo Tanaka
Mitsuko Ichimura
DistributorShochiku
Tanggal rilis
1 Agustus 1931
Durasi64 menit
NegaraJepang
BahasaJepang

Madam to Nyōbō (マダムと女房, Nyonya dan Istriku) (Inggris: The Neighbor's Wife and Mine) adalah film cerita Jepang yang diedarkan pada tahun 1931. Film ini disutradarai oleh Heinosuke Gosho, dan merupakan film bersuara pertama produksi Jepang.[1] Ketika film ini dibuat, tidak ada tempat untuk melakukan dubbing atau rekaman suara. Semua suara (dialog, efek suara, dan musik) harus direkam pada saat pengambilan gambar.[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dengan adegan dramawan bernama Shibano (Atsushi Watanabe) bertengkar dengan seorang pelukis. Ketika sibuk adu mulut, ia bersenggolan di jalan dengan seorang nyonya (Satoko Date) yang baru keluar dari sebuah rumah mandi. Wanita itu kemudian menengahi pertengkaran antara Shibano dan pelukis. Shibano sedang dikejar tenggat, tetapi juga mengalami kebuntuan menulis. Ia lalu mengajak istri dan anaknya pindah ke rumah kontrakan di Den-en-chōfu yang merupakan tempat tinggal para seniman. Naskah drama tidak bisa ditulisnya karena ia suka menunda-nunda, dan terganggu suara berisik dari istri (Kinuyo Tanaka), anak perempuan (Tokio Seki), dan tetangga yang tidak berhenti latihan main band jazz. Shibano makin frustrasi dan pergi ke rumah tetangga untuk menghentikan sumber kebisingan. Tetangganya itu ternyata nyonya yang pernah disenggolnya dulu. Shibano tidak jadi marah, malah akhirnya mendengarkan band jazz tetangga sambil minum-minum. Ia akhirnya tertular demam jazz yang sedang melanda pada zaman itu. Lagu berjudul "Age of Speed" akhirnya menjadi inspirasi baginya untuk menulis.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Nolletti, Arthur (2005). The Cinema Of Gosho Heinosuke: Laughter Through Tears. Indiana University Press. hlm. 18. Diakses tanggal 2013-02-25. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Shitte Okitai Eiga Kantoku 100/Nihon Eiga-hen (知っておきたい映画監督100・日本映画編)=100 Directors of Japanese Films, Tokyo: Kinema-Junposha, 2009.
  • Masumoto, Yoshitoshi. Jinbutsu Shōchiku Eiga Shi: Kamata no Jidai (人物・松竹映画史蒲田の時代), Tokyo: Heibonsha: 1987.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]