Daftar doa dalam Yudaisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berdoa dan permohonan berkat adalah bagian penting dalam Yudaisme. Dalam kepercayaan kaum Yahudi terdapat beberapa doa dan permohonan berkat (Berakhah) yang dilakukan dalam corak budaya Ibrani. Hal ini banyak dilakukan oleh kaum Yahudi sebagai bagian dari Yudaisme yaitu liturgi peribadatan permohonan berkat kaum Yahudi, pada umumnya dimulai dengan rumusan sebagai berikut:

ברוך אתה ה' א‑לוהינו מלך העולם...‏

Transliterasi: Barukh ata Adonai Eloheinu melekh ha‑olam...

Terjemahan: "Terpujilah Engkau, Tuhan, Allah, Tuhan kita, Raja semesta ..."

Amidah עמידה "berdiri [berdoa dalam keadaan berdiri]", juga dikenal sebagai Shemoneh Esreh, doa ("kedelapanbelas") , adalah komponen penting dari ibadat Yahudi. Dilakukan tiga kali dalam sehari (empat kali pada hari-hari libur, dan lima kali pada Yom Kippur).
Anim Zemirot אנעים זמירות Biasanya lebih dikenal sebagai "Nyanyian Kemuliaan," ini adalah lagu dinyanyikan pada akhir doa pada pagi hari Shabbat.
Shema Yisrael שמע ישראל Sebuah doa kaum Yahudi di tengah-tengah meja dari layanan yang merujuk pada kepercayaan yaitu kepercayaan hanya dalam Satu Tuhan, Shema yang terdiri dari tiga bagian diambil dari Taurat.
Kaddish קדיש Sebuah doa Aramaik yang mengagungkan dan menguduskan nama Tuhan. Hal ini biasanya terkait sebagai doa untuk orang yang telah meninggal, tetapi ada beberapa versi. (Kaddish orang yang berkabung itu sendiri sebenarnya tidak menyebutkan kematian.)
Aleinu עלינו Aleinu adalah berdoa memuji Allah karena membolehkan orang Yahudi untuk melayani Dia, dan mereka berharap bahwa seluruh dunia akan mengenal Tuhan dan meninggalkan berhala.
Berkah Kohanim ברכת כהנים Pembacaan permohonan berkat, merujuk pada Yahudi Kohanim (imam-imam) pada hari libur (setiap hari di Israel).
Ein Keloheinu אין כאלהינו Sebuah doa liris memuji Allah dalam bacaan kitab suci Yudaisme di akhir ibadat pada Shabbat dan liburan.
Hallel הלל Mazmur 113-118, bacaan kitab suci sebagai doa dan memuji syukur pada hari-hari libur Yahudi. Hallel dapat diucapkan dalam dua bentuk: Hallel lengkap dan Hallel parsial.
Kol Nidre כל - נדרי Sebuah doa membaca kita suci di sinagoga pada awal malam layanan dan pada Yom Kippur (יום כיפור), disebut sebagai Hari Raya Pendamaian. Ini merupakan deklarasi untuk pengampunan dari nazar diambil, secara berjemaat dari yang bersalah karena tak dipenuhi nazar selama sebelumnya (dan kedatangan) tahun.
Shehecheyanu שהחינו Permohonan berkat secara khusus dilakukan dalam setahun(sekali dalam setahun), pembacaan kitab suci pada hari-hari libur dan acara-acara khusus lainnya.
Berkah HaMazon ברכת המזון permohonan berkat setelah makan kepada Allah untuk makanan dan dukungan-Nya secara umum.
Tefilat HaDerech תפלת הדרך Doa bagi mereka yang melakukan perjalanan agar mendapatkan perjalanan yang aman.
Berkah HaBayit ברכת הבית Sebuah permohonan berkat yang sering ditemukan di dalam rumah pada dinding plaques atau hamsas.
Ma Tovu מה טובו Sebuah doa untuk penghormatan untuk sinagoga, pembacaan kitab suci pada saat memasuki pagi hari.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]