Daftar burung Taiwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ini adalah daftar spesies burung yang tercatat di Taiwan . Avifauna Taiwan mencakup total 696 spesies, 30 di antaranya endemik, dan 16 telah diperkenalkan oleh manusia. Dari jumlah tersebut, 43 spesies terancam secara global.

Perlakuan taksonomi daftar ini (penunjukan dan urutan ordo, famili dan spesies) dan nomenklatur (nama umum dan ilmiah) mengikuti konvensi The Clements Checklist of Birds of the World, edisi 2021. Catatan famili di awal setiap judul mencerminkan taksonomi ini, seperti halnya jumlah spesies yang ditemukan di setiap rekening famili. Spesies yang diperkenalkan dan tidak disengaja termasuk dalam jumlah total untuk Taiwan.

Penanda berikut telah digunakan untuk menyoroti beberapa kategori. Spesies asli yang umum terjadi tidak termasuk dalam salah satu kategori ini.

  • (A) Kebetulan - spesies yang jarang atau tidak sengaja muncul di Taiwan
  • (E) Endemik - spesies endemik Taiwan
  • (I) Diperkenalkan - spesies yang diperkenalkan ke Taiwan sebagai konsekuensi, langsung atau tidak langsung, dari tindakan manusia

Bebek, angsa, dan unggas air[sunting | sunting sumber]

Ordo : Anseriformes   Famili : Anatidae

Anatidae termasuk bebek dan sebagian besar unggas air seperti bebek, seperti angsa dan angsa . Burung-burung ini beradaptasi dengan kehidupan akuatik dengan kaki berselaput, paruh pipih, dan bulu yang sangat baik dalam menumpahkan air karena lapisan berminyak.

Burung pegar, belibis, dan sekutu[sunting | sunting sumber]

Ordo : Galliformes   Famili : Phasianidae

Phasianidae adalah keluarga burung darat. Secara umum, mereka gemuk (walaupun ukurannya bervariasi) dan memiliki sayap yang lebar dan relatif pendek.

Flamingo[sunting | sunting sumber]

Ordo : Phoenicopteriformes   Famili : Phoenicopteridae

Flamingo adalah burung pengarung yang suka berteman, biasanya 3 hingga 5 kaki (0,9 hingga 1,5 m) tinggi, ditemukan di belahan bumi barat dan timur. Flamingo menyaring-makan kerang dan ganggang. Paruh mereka yang berbentuk aneh secara khusus disesuaikan untuk memisahkan lumpur dan lumpur dari makanan yang mereka konsumsi dan, uniknya, digunakan terbalik.

Burung Grebe[sunting | sunting sumber]

Ordo : Podicipediformes   Famili : Podicipedidae

Grebe adalah burung penyelam air tawar kecil hingga sedang-besar. Mereka memiliki jari-jari kaki yang melengkung dan merupakan perenang dan penyelam yang sangat baik. Namun, kaki mereka ditempatkan jauh di belakang tubuh, membuat mereka cukup canggung di darat.

Merpati dan Dara[sunting | sunting sumber]

Ordo : Colmbiformes   Famili : Columbidae

Merpati dan dara adalah burung berbadan kekar dengan leher pendek dan paruh pendek ramping dengan cere berdaging. Ada 308 spesies di seluruh dunia dan 12 spesies yang ada di Taiwan.

Kukuk[sunting | sunting sumber]

Ordo : Cuculiformes   Famili : Cuculidae

Keluarga Cuculidae termasuk cuckoo, roadrunners dan anis . Burung-burung ini berukuran bervariasi dengan tubuh ramping, ekor panjang dan kaki yang kuat. Cuckoo Dunia Lama adalah parasit induk .

Nightjar dan sekutu[sunting | sunting sumber]

Ordo : Caprimulgiformes   Famili : Caprimulgidae

Nightjars adalah burung nokturnal berukuran sedang yang biasanya bersarang di tanah. Mereka memiliki sayap panjang, kaki pendek dan paruh yang sangat pendek. Sebagian besar memiliki kaki kecil, jarang digunakan untuk berjalan, dan sayap runcing panjang. Bulu lembut mereka disamarkan menyerupai kulit kayu atau daun.

Walet[sunting | sunting sumber]

Ordo : Caprimulgiformes   Famili : Apodidae

Burung walet adalah burung kecil yang menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk terbang. Burung-burung ini memiliki kaki yang sangat pendek dan tidak pernah menetap secara sukarela di tanah, melainkan hanya bertengger di permukaan vertikal. Banyak burung walet memiliki sayap panjang menyapu ke belakang yang menyerupai bulan sabit atau bumerang.

Rel, gallinule, dan coot[sunting | sunting sumber]

Ordo : Gruiformes   Keluarga : Rallidae

Rallidae adalah keluarga besar burung berukuran kecil hingga sedang yang meliputi rel, crakes, coot, dan gallinules . Biasanya mereka menghuni vegetasi lebat di lingkungan lembab dekat danau, rawa atau sungai. Pada umumnya mereka adalah burung yang pemalu dan tertutup, sehingga sulit untuk diamati. Sebagian besar spesies memiliki kaki yang kuat dan jari kaki yang panjang yang dapat beradaptasi dengan baik pada permukaan lembut yang tidak rata. Mereka cenderung memiliki sayap yang pendek dan bulat dan menjadi penerbang yang lemah.

Bangau[sunting | sunting sumber]

Ordo : Gruiformes   Keluarga : Gruidae

Burung bangau adalah burung yang besar, berkaki panjang dan berleher panjang. Berbeda dengan bangau yang tampak serupa tetapi tidak berhubungan, bangau terbang dengan leher terentang, tidak ditarik ke belakang. Sebagian besar memiliki tampilan pacaran atau "tarian" yang rumit dan berisik.

Egrang dan avocet[sunting | sunting sumber]

Ordo : Charadriiformes   Famili : Recurvirostridae

Recurvirostridae adalah keluarga burung rawa besar, yang meliputi avocet dan egrang . Avocet memiliki kaki yang panjang dan paruh yang melengkung ke atas. Egrang memiliki kaki yang sangat panjang dan paruh yang panjang, tipis, dan lurus.

Penangkap tiram[sunting | sunting sumber]

Ordo : Charadriiformes   Famili : Haematopodidae

Penangkap tiram adalah burung besar dan mirip cerek yang berisik, dengan paruh yang kuat digunakan untuk menghancurkan atau menghancurkan moluska terbuka .

Plovers dan lapwings[sunting | sunting sumber]

Ordo : Charadriiformes   Famili : Charadriidae

Keluarga Charadriidae termasuk plovers, dotterels dan lapwings . Mereka adalah burung berukuran kecil hingga sedang dengan tubuh kompak, leher pendek, tebal dan sayap panjang, biasanya runcing. Mereka ditemukan di negara terbuka di seluruh dunia, kebanyakan di habitat dekat air.

Painted-snipes[sunting | sunting sumber]

Ordo : Charadriiformes   Keluarga : Rostratulidae

Painted-snipes adalah burung berkaki pendek dan berparuh panjang yang bentuknya mirip dengan snipes asli, tetapi warnanya lebih cerah.

Jacana[sunting | sunting sumber]

Ordo : Charadriiformes   Famili : Jacanidae

Jacana adalah sekelompok penyeberang tropis dalam keluarga Jacanidae. Mereka ditemukan di seluruh daerah tropis. Mereka dapat dikenali dari kaki dan cakarnya yang besar yang memungkinkan mereka berjalan di atas vegetasi terapung di danau dangkal yang merupakan habitat pilihan mereka.

Sandpiper dan sekutu[sunting | sunting sumber]

Ordo : Charadriiformes   Famili : Scolopacidae

Scolopacidae adalah keluarga besar beragam burung pantai kecil hingga menengah termasuk sandpiper, curlews, godwits, shank, tattlers , woodcocks, snipes, dowitcher dan phalaropes . Mayoritas spesies ini memakan invertebrata kecil yang diambil dari lumpur atau tanah. Variasi panjang kaki dan paruh memungkinkan banyak spesies untuk mencari makan di habitat yang sama, terutama di pantai, tanpa persaingan langsung untuk mendapatkan makanan.

Burung puyuh

Ordo : Charadriiformes   Keluarga : Turnicidae

Puyuh kancing adalah burung kecil, menjemukan, berlari yang menyerupai puyuh sejati. Betina lebih terang dari jenis kelamin dan memulai pacaran. Jantan mengerami telur dan merawat anak-anaknya.

Pratincole dan kursus

Ordo : Charadriiformes   Keluarga : Glareolidae

Glareolidae adalah keluarga burung rawa yang terdiri dari pratincoles, yang memiliki kaki pendek, sayap runcing panjang dan ekor bercabang panjang, dan courser, yang memiliki kaki panjang, sayap pendek dan paruh runcing panjang yang melengkung ke bawah.

Skuas dan jaeger

Ordo : Charadriiformes   Famili : Stercorariidae

Famili Stercorariidae, secara umum, adalah burung berukuran sedang hingga besar, biasanya dengan bulu abu-abu atau coklat, seringkali dengan tanda putih pada sayap. Mereka bersarang di tanah di daerah beriklim sedang dan kutub dan merupakan migran jarak jauh.

Auks, murres, dan puffin

Ordo : Charadriiformes   Keluarga : Alcidae

Alcids secara dangkal mirip dengan penguin karena warna hitam-putih mereka, postur tegak dan beberapa kebiasaan mereka, namun mereka tidak terkait dengan penguin dan berbeda dalam kemampuan terbang. Auks hidup di laut lepas, hanya sengaja datang ke darat untuk bersarang.

Camar, tern, dan skimmer

Ordo : Charadriiformes   Famili : Laridae

Laridae adalah keluarga burung laut sedang hingga besar, burung camar, tern, dan skimmer . Camar biasanya berwarna abu-abu atau putih, seringkali dengan tanda hitam di kepala atau sayap. Mereka memiliki paruh kekar, agak gondrong, dan kaki berselaput. Tern adalah sekelompok burung laut berukuran sedang hingga besar yang biasanya berbulu abu-abu atau putih, seringkali dengan tanda hitam di kepala. Kebanyakan dara laut berburu ikan dengan cara menyelam, tetapi beberapa mengambil serangga dari permukaan air tawar. Tern umumnya burung berumur panjang, dengan beberapa spesies diketahui hidup lebih dari 30 tahun.

burung tropis

Ordo : Phaethontiformes   Famili : Phaethontidae

Tropicbirds adalah burung putih ramping dari lautan tropis, dengan bulu ekor tengah yang sangat panjang. Kepala dan sayap panjang mereka memiliki tanda hitam.

Loon

Ordo : Gaviiformes   Keluarga : Gaviidae

Loon, yang dikenal sebagai penyelam di Eropa, adalah sekelompok burung air yang ditemukan di banyak bagian Amerika Utara dan Eropa utara. Mereka seukuran bebek besar atau angsa kecil, yang agak mirip dengan mereka saat berenang, tetapi mereka sama sekali tidak berhubungan.

Albatros

Ordo : Procellariiformes   Famili : Diomedeidae

Elang laut adalah salah satu burung terbang terbesar, dan elang laut besar dari genus Diomedea memiliki rentang sayap terbesar dari semua burung yang ada.

Petrel badai utara

Ordo : Procellariiformes   Famili : Hydrobatidae

Petrel badai utara adalah kerabat petrel dan merupakan burung laut terkecil. Mereka memakan krustasea planktonik dan ikan kecil yang diambil dari permukaan, biasanya saat melayang. Penerbangannya berkibar dan terkadang seperti kelelawar .

Shearwater dan petrel

Ordo : Procellariiformes   Famili : Procellariidae

Procellariids adalah kelompok utama "petrel sejati" berukuran sedang, ditandai dengan lubang hidung bersatu dengan septum sedang dan primer fungsional luar yang panjang.

bangau

Ordo : Ciconiiformes   Famili : Ciconiidae

Bangau adalah burung besar, berkaki panjang, berleher panjang, burung pengarung dengan paruh yang panjang dan kokoh. Bangau itu bisu, tetapi gemerincing paruh adalah cara komunikasi yang penting di sarang. Sarang mereka bisa berukuran besar dan dapat digunakan kembali selama bertahun-tahun. Banyak spesies yang bermigrasi.

Frigatebirds

Pesanan : Suliformes   Famili : Fregatidae

Frigatebirds adalah burung laut besar yang biasanya ditemukan di atas lautan tropis. Mereka besar, hitam-putih atau benar-benar hitam, dengan sayap panjang dan ekor yang sangat bercabang. Jantan memiliki kantong tenggorokan tiup berwarna. Mereka tidak berenang atau berjalan dan tidak bisa lepas landas dari permukaan yang datar. Memiliki rasio lebar sayap dan berat badan terbesar dari burung mana pun, mereka pada dasarnya terbang di udara, mampu tetap tinggi selama lebih dari seminggu.

Boobies dan gannet

Pesanan : Suliformes   Keluarga : Sulidae

Sulid terdiri dari gannet dan boobies . Kedua kelompok ini adalah burung laut pesisir sedang hingga besar yang menyelam untuk mencari ikan.

Burung kormoran dan shags

Pesanan : Suliformes   Famili : Phalacrocoracidae

Phalacrocoracidae adalah keluarga burung laut pemakan ikan pesisir sedang hingga besar yang mencakup burung kormoran dan shags. Pewarnaan bulu bervariasi, dengan mayoritas memiliki bulu yang sebagian besar berwarna gelap, beberapa spesies berwarna hitam-putih dan beberapa lainnya berwarna-warni.

Burung Pelikan

Ordo : Pelecaniformes   Famili : Pelecanidae

Pelikan adalah burung air besar dengan kantong khas di bawah paruhnya. Seperti anggota ordo Pelecaniformes lainnya, mereka memiliki kaki berselaput dengan empat jari.

Bangau, kuntul, dan pahit

Ordo : Pelecaniformes   Famili : Ardeidae

Famili Ardeidae terdiri dari burung pahit, bangau, dan kuntul . Bangau dan kuntul adalah burung air sedang hingga besar dengan leher dan kaki yang panjang. Bitterns cenderung berleher lebih pendek dan lebih waspada. Anggota Ardeidae terbang dengan leher ditarik, tidak seperti burung berleher panjang lainnya seperti bangau, ibis, dan spoonbill.

Ibis dan sendok sendok

Ordo : Pelecaniformes   Famili : Threskiornithidae

Threskiornithidae adalah keluarga besar terestrial dan burung air yang meliputi ibis dan spoonbill . Mereka memiliki sayap yang panjang dan lebar dengan 11 bulu primer dan sekitar 20 bulu sekunder. Mereka adalah penerbang yang kuat dan terlepas dari ukuran dan beratnya, mereka sangat cakap.

Osprey

Ordo : Accipitriformes   Famili : Pandionidae

Famili Pandionidae hanya berisi satu spesies, osprey. Osprey adalah raptor berukuran sedang-besar yang merupakan spesialis pemakan ikan dengan distribusi di seluruh dunia.

Elang, elang, dan layang-layang

Ordo : Accipitriformes   Famili : Accipitridae

Accipitridae adalah keluarga burung pemangsa, yang meliputi elang, elang, layang- layang, harrier, dan burung nasar Dunia Lama . Burung-burung ini memiliki paruh bengkok yang kuat untuk merobek daging dari mangsanya, kaki yang kuat, cakar yang kuat, dan penglihatan yang tajam.

Burung hantu

Ordo : Strigiformes   Famili : Tytonidae

Burung hantu gudang adalah burung hantu berukuran sedang hingga besar dengan kepala besar dan wajah berbentuk hati yang khas. Mereka memiliki kaki yang panjang dan kuat dengan cakar yang kuat.

Ordo : Strigiformes   Keluarga : Strigidae

Burung hantu khas adalah burung pemangsa nokturnal soliter kecil hingga besar. Mereka memiliki mata dan telinga besar yang menghadap ke depan, paruh seperti elang dan lingkaran bulu yang mencolok di sekitar setiap mata yang disebut cakram wajah.

hoopoes

Ordo : Bucerotiformes   Famili : Upupidae

Hoopoes memiliki warna hitam, putih dan oranye-merah muda dengan jambul ereksi besar di kepala mereka.

Kingfisher

Ordo : Coraciiformes   Famili : Alcedinidae

Kingfisher adalah burung berukuran sedang dengan kepala besar, paruh panjang, runcing, kaki pendek, dan ekor gemuk.

pemakan lebah

Ordo : Coraciiformes   Famili : Meropidae

Pemakan lebah adalah sekelompok burung passerine dekat dalam keluarga Meropidae. Sebagian besar spesies ditemukan di Afrika tetapi yang lain terjadi di Eropa selatan, Madagaskar, Australia, dan Nugini. Mereka dicirikan oleh bulu berwarna kaya, tubuh ramping dan bulu ekor tengah biasanya memanjang. Semuanya berwarna-warni dan memiliki paruh yang panjang dan sayap yang runcing, yang membuat mereka terlihat seperti burung layang-layang jika dilihat dari jauh.

Rol

Ordo : Coraciiformes   Famili : Coraciidae

Roller menyerupai burung gagak dalam ukuran dan bentuk, tetapi lebih dekat hubungannya dengan kingfisher dan pemakan lebah . Mereka berbagi penampilan warna-warni dari kelompok-kelompok itu dengan dominasi warna biru dan cokelat. Kedua jari kaki depan bagian dalam terhubung, tetapi jari kaki bagian luar tidak.

Barbet Asia

Pesanan : Piciformes   Famili : Megalaimidae

Barbet Asia adalah burung montok, dengan leher pendek dan kepala besar. Mereka mendapatkan nama mereka dari bulu yang menutupi tagihan berat mereka. Sebagian besar spesies berwarna cerah.

Burung pelatuk

Pesanan : Piciformes   Keluarga : Picidae

Burung pelatuk adalah burung berukuran kecil hingga sedang dengan paruh seperti pahat, kaki pendek, ekor kaku dan lidah panjang yang digunakan untuk menangkap serangga. Beberapa spesies memiliki kaki dengan dua jari mengarah ke depan dan dua ke belakang, sementara beberapa spesies hanya memiliki tiga jari. Banyak burung pelatuk memiliki kebiasaan mengetuk dengan berisik pada batang pohon dengan paruhnya.

Falcons dan caracaras

Ordo : Falconiformes   Famili : Falconidae

Falconidae adalah keluarga burung pemangsa diurnal. Mereka berbeda dari elang, elang, dan layang-layang karena mereka membunuh dengan paruhnya, bukan dengan cakarnya.

Pitta

Ordo : Passeriformes   Keluarga : Pittidae

Pitta berukuran sedang menurut standar passerine dan kekar, dengan kaki yang cukup panjang, kuat, ekor pendek, dan paruh kekar. Banyak yang berwarna cerah. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di lantai hutan basah, memakan siput, serangga, dan invertebrata serupa.

Cuckooshrike

Ordo : Passeriformes   Famili : Campephagidae

Cuckooshrikes adalah burung passerine berukuran kecil hingga sedang. Mereka didominasi keabu-abuan dengan putih dan hitam, meskipun beberapa spesies berwarna cerah.

Vireo, pengoceh, dan erpornis

Ordo : Passeriformes   Famili : Vireonidae

Sebagian besar anggota keluarga ini ditemukan di Dunia Baru. Namun, shrike-babbler dan erpornis, yang hanya sedikit menyerupai vireo dan greenlet "sejati", ditemukan di Asia Tenggara.

Orioles Dunia Lama

Ordo : Passeriformes   Famili : Oriolidae

Kepodang Dunia Lama adalah burung passerine berwarna-warni. Mereka tidak terkait dengan orioles Dunia Baru.

Vangas, helmetshrikes, dan sekutu

Ordo : Passeriformes   Keluarga : Vangidae

Keluarga Vangidae sangat bervariasi, meskipun sebagian besar anggotanya menyerupai shrike sejati sampai tingkat tertentu.

Ekor kipas

Ordo : Passeriformes   Famili : Rhipiduridae

Fantails adalah burung pemakan serangga kecil yang merupakan spesialis pengumpan udara.

Drongos[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Dicruridae

Drongo sebagian besar berwarna hitam atau abu-abu gelap, terkadang dengan warna metalik. Mereka memiliki ekor bercabang panjang, dan beberapa spesies Asia memiliki dekorasi ekor yang rumit. Mereka memiliki kaki pendek dan duduk sangat tegak ketika bertengger, seperti shrike. Mereka flycatch atau mengambil mangsa dari tanah.

  • Drongo hitam, Dicrurus macrocercus
  • Drongo abu-abu, Dicrurus leucophaeus
  • Drongo berparuh gagak, Dicrurus annectens
  • Drongo tembaga, Dicrurus aeneus
  • Drongo rambut jambul , Dicrurus hottentottus

Penangkap lalat raja[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Family: Monarchidae

Penangkap lalat raja adalah burung pemakan serangga berukuran kecil hingga sedang yang berburu dengan cara menangkap lalat.

  • Raja tengkuk hitam, Hypothymis azurea
  • Penangkap lalat surga Jepang, Terpsiphone atrocaudata
  • Penangkap lalat surga Amur, Terpsiphone incei (A)

Shrikes[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Laniidae

Shrikes adalah burung pengicau yang dikenal karena kebiasaan mereka menangkap burung lain dan hewan kecil dan menusuk bagian tubuh mereka yang tidak dimakan pada duri. Paruh khas shrike berkait, seperti burung pemangsa.

  • Tiger shrike, Lanius tigrinus (A)
  • Bull-headed shrike, Lanius bucephalus
  • Red-backed shrike, Lanius collurio (A)
  • Isabelline shrike, Lanius isabellinus (A)
  • Brown shrike, Lanius cristatus
  • Burmese shrike, Lanius collurioides (A)
  • Long-tailed shrike, Lanius schach
  • Gray-backed shrike, Lanius tephronotus (A)
  • Great gray shrike, Lanius excubitor (A)
  • Chinese gray shrike, Lanius sphenocercus

Gagak, jay, dan magpie[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Corvidae

Keluarga Corvidae termasuk gagak, gagak, jay, choughs, magpies, treepies, nutcrackers dan ground jays. Corvids berukuran di atas rata-rata di antara Passeriformes, dan beberapa spesies yang lebih besar menunjukkan tingkat kecerdasan yang tinggi.

  • Eurasian jay, Garrulus glandarius
  • Azure-winged magpie, Cyanopica cyanus (I)
  • Taiwan blue-magpie, Urocissa caerulea (E)
  • Gray treepie, Dendrocitta formosae
  • Oriental magpie, Pica serica
  • Eurasian nutcracker, Nucifraga caryocatactes
  • Daurian jackdaw, Corvus dauuricus (A)
  • House crow, Corvus splendens (A)
  • Rook, Corvus frugilegus
  • Carrion crow, Corvus corone (A)
  • Large-billed crow, Corvus macrorhynchos
  • Collared crow, Corvus torquatus (A)

Peri penangkap lalat[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Stenostiridae

Sebagian besar spesies dari keluarga kecil ini ditemukan di Afrika, meskipun beberapa mendiami Asia tropis. Mereka tidak berkerabat dekat dengan burung lain yang disebut "penangkap lalat".

Gelatik[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Paridae

Paridae terutama adalah spesies hutan kecil kekar dengan paruh pendek. Beberapa memiliki jambul. Mereka adalah burung yang mudah beradaptasi, dengan makanan campuran termasuk biji-bijian dan serangga.

  • Gelatik batu bara, Periparus ater
  • Gelatik dada perut kuning, Periparus venustulus (A)
  • Tit kastanye berangan, Sittiparus castaneoventris (E)
  • Tit variasi, Sittiparus varius (A)
  • Tit berpunggung hijau, Parus monticolus
  • Tit Jepang, Parus minor
  • Tit kuning Taiwan, Machlolophus holsti (E)

Tit penduline[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Remizidae

Penduline-tits adalah sekelompok burung passerine kecil yang terkait dengan payudara yang sebenarnya. Mereka adalah insektivora.

  • Tit penduline Tiongkok, Remiz consobrinus

Lark[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Alaudidae

Larks adalah burung terestrial kecil dengan lagu-lagu yang sering boros dan penerbangan pajangan. Kebanyakan larks cukup kusam dalam penampilan. Makanan mereka adalah serangga dan biji-bijian.

  • Lark berujung Mongolia, Calandrella dukhunensis (A)
  • Lark berujung Asia, Alaudala cheleensis (A)
  • Sanma Eurasia, Alauda arvensis (A)
  • Sanma oriental, Alauda gulgula

Cici padi dan sebangsanya[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Cisticolidae

Cisticolidae adalah warbler yang ditemukan terutama di daerah selatan yang lebih hangat di Dunia Lama. Mereka umumnya burung yang sangat kecil dengan penampilan coklat atau abu-abu menjemukan yang ditemukan di negara terbuka seperti padang rumput atau semak belukar.

Kerak basi dan sebangsanya[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Acrocephalidae

The members of this family are usually rather large for "warblers". Most are rather plain olivaceous brown above with much yellow to beige below. They are usually found in open woodland, reedbeds, or tall grass. The family occurs mostly in southern to western Eurasia and surroundings, but it also ranges far into the Pacific, with some species in Africa.

  • Thick-billed warbler, Arundinax aedon (A)
  • Booted warbler, Iduna caligata (A)
  • Black-browed reed warbler, Acrocephalus bistrigiceps
  • Streaked reed warbler, Acrocephalus sorghophilus (A)
  • Paddyfield warbler, Acrocephalus agricola (A)
  • Manchurian reed warbler, Acrocephalus tangorum (A)
  • Blyth's reed warbler, Acrocephalus dumetorum (A)
  • Oriental reed warbler, Acrocephalus orientalis

Grassbirds and allies[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Locustellidae

Locustellidae are a family of small insectivorous songbirds found mainly in Eurasia, Africa, and the Australian region. They are smallish birds with tails that are usually long and pointed, and tend to be drab brownish or buffy all over.

  • Gray's grasshopper warbler, Helopsaltes fasciolatus (A)
  • Sakhalin grasshopper warbler, Helopsaltes amnicola
  • Pallas's grasshopper warbler, Helopsaltes certhiola
  • Middendorff's grasshopper warbler, Helopsaltes ochotensis (A)
  • Pleske's grasshopper warbler, Helopsaltes pleskei (A)
  • Lanceolated warbler, Locustella lanceolata
  • Taiwan bush warbler, Locustella alishanensis (E)
  • Russet bush warbler, Locustella mandelli (A)

Cupwings[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Pnoepygidae

The members of this small family are found in mountainous parts of South and South East Asia.

  • Taiwan cupwing, Pnoepyga formosana (E)

Swallows[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Hirundinidae

The family Hirundinidae is adapted to aerial feeding. They have a slender streamlined body, long pointed wings and a short bill with a wide gape. The feet are adapted to perching rather than walking, and the front toes are partially joined at the base.

  • Gray-throated martin, Riparia chinensis
  • Bank swallow, Riparia riparia
  • Pale sand martin, Riparia diluta (A)
  • Barn swallow, Hirundo rustica
  • Pacific swallow, Hirundo tahitica
  • Red-rumped swallow, Cecropis daurica
  • Striated swallow, Cecropis striolata
  • Common house-martin, Delichon urbicum (A)
  • Asian house-martin, Delichon dasypus

Bulbuls[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Pycnonotidae

Bulbuls are medium-sized songbirds. Some are colourful with yellow, red or orange vents, cheeks, throats or supercilia, but most are drab, with uniform olive-brown to black plumage. Some species have distinct crests.

  • Collared finchbill, Spizixos semitorques
  • Styan's bulbul, Pycnonotus taivanus (E)
  • Light-vented bulbul, Pycnonotus sinensis
  • Sooty-headed bulbul, Pycnonotus aurigaster (A)
  • Black bulbul, Hypsipetes leucocephalus
  • Brown-eared bulbul, Hypsipetes amaurotis
  • Chestnut bulbul, Hemixos castanonotus (A)

Leaf warblers[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Phylloscopidae

Leaf warblers are a family of small insectivorous birds found mostly in Eurasia and ranging into Wallacea and Africa. The species are of various sizes, often green-plumaged above and yellow below, or more subdued with greyish-green to greyish-brown colours.

  • Wood warbler, Phylloscopus sibilatrix (A)
  • Yellow-browed warbler, Phylloscopus inornatus
  • Hume's warbler, Phylloscopus humei (A)
  • Chinese leaf warbler, Phylloscopus yunnanensis (A)
  • Pallas's leaf warbler, Phylloscopus proregulus
  • Radde's warbler, Phylloscopus schwarzi (A)
  • Yellow-streaked warbler, Phylloscopus armandii (A)
  • Tickell's leaf warbler, Phylloscopus affinis (A)
  • Dusky warbler, Phylloscopus fuscatus
  • Buff-throated warbler, Phylloscopus subaffinis (A)
  • Willow warbler, Phylloscopus trochilus (A)
  • Mountain chiffchaff, Phylloscopus sindianus (A)
  • Common chiffchaff, Phylloscopus collybita (A)
  • Eastern crowned warbler, Phylloscopus coronatus (A)
  • Ijima's leaf warbler, Phylloscopus ijimae (A)
  • White-spectacled warbler, Phylloscopus intermedius (A)
  • Bianchi's warbler, Phylloscopus valentini (A)
  • Alström's warbler, Phylloscopus soror (A)
  • Greenish warbler, Phylloscopus trochiloides (A)
  • Two-barred warbler, Phylloscopus plumbeitarsus (A)
  • Pale-legged leaf warbler, Phylloscopus tenellipes
  • Sakhalin leaf warbler, Phylloscopus borealoides (A)
  • Japanese leaf warbler, Phylloscopus xanthodryas
  • Arctic warbler, Phylloscopus borealis
  • Kamchatka leaf warbler, Phylloscopus examinandus (A)
  • Chestnut-crowned warbler, Phylloscopus castaniceps (A)
  • Sulphur-breasted warbler, Phylloscopus ricketti (A)
  • Blyth's leaf warbler, Phylloscopus reguloides (A)
  • Claudia's leaf warbler, Phylloscopus claudiae (A)
  • Hartert's leaf warbler, Phylloscopus goodsoni (A)
  • Kloss's leaf warbler, Phylloscopus ogilviegranti

Bush warblers and allies[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Scotocercidae

The members of this family are found throughout Africa, Asia, and Polynesia. Their taxonomy is in flux, and some authorities place some genera in other families.

  • Asian stubtail, Urosphena squameiceps
  • Rufous-faced warbler, Abroscopus albogularis
  • Japanese bush warbler, Horornis diphone
  • Manchurian bush warbler, Horornis borealis
  • Brownish-flanked bush warbler, Horornis fortipes
  • Yellowish-bellied bush warbler, Horornis acanthizoides

Long-tailed tits[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Aegithalidae

Long-tailed tits are a group of small passerine birds with medium to long tails. They make woven bag nests in trees. Most eat a mixed diet which includes insects.

  • Black-throated tit, Aegithalos concinnus

Sylviid warblers, parrotbills, and allies[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Sylviidae

The family Sylviidae is a group of small insectivorous passerine birds. They mainly occur as breeding species, as the common name implies, in Europe, Asia and, to a lesser extent, Africa. Most are of generally undistinguished appearance, but many have distinctive songs.

  • Asian desert warbler, Curruca nana (A)
  • Lesser whitethroat, Curruca curruca (A)
  • Taiwan fulvetta, Fulvetta formosana (E)
  • Vinous-throated parrotbill, Sinosuthura webbiana
  • Golden parrotbill, Sinosuthura verreauxi

White-eyes, yuhinas, and allies[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Zosteropidae

The white-eyes are small and mostly undistinguished, their plumage above being generally some dull colour like greenish-olive, but some species have a white or bright yellow throat, breast or lower parts, and several have buff flanks. As their name suggests, many species have a white ring around each eye.

  • Indochinese yuhina, Staphida torqueola (A)
  • Taiwan yuhina, Yuhina brunneiceps (E)
  • Chestnut-flanked white-eye, Zosterops erythropleurus (A)
  • Warbling white-eye, Zosterops japonicus
  • Swinhoe's white-eye, Zosterops simplex
  • Lowland white-eye, Zosterops meyeni

Tree-babblers, scimitar-babblers, and allies[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Timaliidae

The babblers, or timaliids, are somewhat diverse in size and colouration, but are characterised by soft fluffy plumage.

  • Rufous-capped babbler, Cyanoderma ruficeps
  • Taiwan scimitar-babbler, Pomatorhinus musicus (E)
  • Black-necklaced scimitar-babbler, Erythrogenys erythrocnemis (E)

Ground babblers and allies[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Pellorneidae

These small to medium-sized songbirds have soft fluffy plumage but are otherwise rather diverse. Members of the genus Illadopsis are found in forests, but some other genera are birds of scrublands.

  • Dusky fulvetta, Schoeniparus brunneus

Laughingthrushes and allies[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Leiothrichidae

The members of this family are diverse in size and colouration, though those of genus Turdoides tend to be brown or greyish. The family is found in Africa, India, and southeast Asia.

  • Morrison's fulvetta, Alcippe morrisonia (E)
  • Masked laughingthrush, Garrulax perspicillatus (A)
  • Chinese hwamei, Garrulax canorus (I)
  • Taiwan hwamei, Garrulax taewanus (E)
  • Rufous-crowned laughingthrush, Pterorhinus ruficeps (E)
  • Black-throated laughingthrush, Pterorhinus chinensis (I)
  • Rusty laughingthrush, Pterorhinus poecilorhynchus (E)
  • White-whiskered laughingthrush, Trochalopteron morrisonianum (E)
  • White-eared sibia, Heterophasia auricularis (E)
  • Steere's liocichla, Liocichla steerii (E)
  • Taiwan barwing, Actinodura morrisoniana (E)

Kinglets[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Regulidae

The kinglets, also called crests, are a small group of birds often included in the Old World warblers, but frequently given family status because they also resemble the titmice.

  • Goldcrest, Regulus regulus (A)
  • Flamecrest, Regulus goodfellowi (E)

Nuthatches[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Sittidae

Nuthatches are small woodland birds. They have the unusual ability to climb down trees head first, unlike other birds which can only go upwards. Nuthatches have big heads, short tails and powerful bills and feet.

  • Eurasian nuthatch, Sitta europaea

Wrens[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Troglodytidae

The wrens are mainly small and inconspicuous except for their loud songs. These birds have short wings and thin down-turned bills. Several species often hold their tails upright. All are insectivorous.

  • Eurasian wren, Troglodytes troglodytes

Dippers[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Cinclidae

Dippers are a group of perching birds whose habitat includes aquatic environments in the Americas, Europe and Asia. They are named for their bobbing or dipping movements.

  • Brown dipper, Cinclus pallasii

Starlings[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Sturnidae

Starlings are small to medium-sized passerine birds. Their flight is strong and direct and they are very gregarious. Their preferred habitat is fairly open country. They eat insects and fruit. Plumage is typically dark with a metallic sheen.

  • Asian glossy starling, Aplonis panayensis (I)
  • European starling, Sturnus vulgaris
  • Rosy starling, Pastor roseus (A)
  • Daurian starling, Agropsar sturninus
  • Chestnut-cheeked starling, Agropsar philippensis
  • Black-collared starling, Gracupica nigricolis
  • White-shouldered starling, Sturnia sinensis
  • Chestnut-tailed starling, Sturnia malabarica (I)
  • Red-billed starling, Spodiopsar sericeus
  • White-cheeked starling, Spodiopsar cineraceus
  • Common myna, Acridotheres tristis (I)
  • Jungle myna, Acridotheres fuscus (I)
  • Javan myna, Acridotheres javanicus (I)
  • Crested myna, Acridotheres cristatellus

Thrushes and allies[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Turdidae

The thrushes are a group of passerine birds that occur mainly in the Old World. They are plump, soft plumaged, small to medium-sized insectivores or sometimes omnivores, often feeding on the ground. Many have attractive songs.

  • White's thrush, Zoothera aurea
  • Scaly thrush, Zoothera dauma
  • Siberian thrush, Geokichla sibirica
  • Orange-headed thrush, Geokichla citrina (A)
  • Chinese thrush, Otocichla mupinensis (A)
  • Chinese blackbird, Turdus mandarinus
  • Taiwan thrush, Turdus niveiceps (E)
  • Japanese thrush, Turdus cardis
  • Gray-backed thrush, Turdus hortulorum
  • Eyebrowed thrush, Turdus obscurus
  • Brown-headed thrush, Turdus chrysolaus
  • Pale thrush, Turdus pallidus
  • Island thrush, Turdus poliocephalus
  • Red-throated thrush, Turdus ruficollis (A)
  • Dusky thrush, Turdus eunomus
  • Naumann's thrush, Turdus naumanni

Old World flycatchers[edit source][sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Muscicapidae

Old World flycatchers are a large group of small passerine birds native to the Old World. They are mainly small arboreal insectivores. The appearance of these birds is highly varied, but they mostly have weak songs and harsh calls.

  • Gray-streaked flycatcher, Muscicapa griseisticta
  • Dark-sided flycatcher, Muscicapa sibirica
  • Ferruginous flycatcher, Muscicapa ferruginea
  • Asian brown flycatcher, Muscicapa dauurica
  • Brown-breasted flycatcher, Muscicapa muttui (A)
  • Spotted flycatcher, Muscicapa striata (A)
  • Oriental magpie-robin, Copsychus saularis
  • White-rumped shama, Copsychus malabaricus (I)
  • Hainan blue flycatcher, Cyornis hainanus (A)
  • Chinese blue flycatcher, Cyornis glaucicomans (A)
  • Hill blue flycatcher, Cyornis whitei (A)
  • Brown-chested jungle-flycatcher, Cyornis brunneatus (A)
  • Fujian niltava, Niltava davidi (A)
  • Rufous-bellied niltava, Niltava sundara (A)
  • Vivid niltava, Niltava vivida
  • Blue-and-white flycatcher, Cyanoptila cyanomelana
  • Zappey's flycatcher, Cyanoptila cumatilis
  • Verditer flycatcher, Eumyias thalassinus (A)
  • Lesser shortwing, Brachypteryx leucophris (A)
  • Himalayan shortwing, Brachypteryx cruralis
  • Taiwan shortwing, Brachypteryx goodfellowi (E)
  • Rufous-tailed robin, Larvivora sibilans (A)
  • Japanese robin, Larvivora akahige (A)
  • Ryukyu robin, Larvivora komadori (A)
  • Siberian blue robin, Larvivora cyane
  • Bluethroat, Luscinia svecica (A)
  • Taiwan whistling-thrush, Myophonus insularis (E)
  • Blue whistling-thrush, Myophonus caeruleus
  • Little forktail, Enicurus scouleri
  • Siberian rubythroat, Calliope calliope
  • White-tailed robin, Myiomela leucura
  • Red-flanked bluetail, Tarsiger cyanurus
  • White-browed bush-robin, Tarsiger indicus
  • Collared bush-robin, Tarsiger johnstoniae (E)
  • Yellow-rumped flycatcher, Ficedula zanthopygia
  • Narcissus flycatcher, Ficedula narcissina (A)
  • Ryukyu flycatcher, Ficedula owstoni
  • Mugimaki flycatcher, Ficedula mugimaki (A)
  • Slaty-backed flycatcher, Ficedula erithacus (A)
  • Snowy-browed flycatcher, Ficedula hyperythra
  • Taiga flycatcher, Ficedula albicilla
  • Red-breasted flycatcher, Ficedula parva (A)
  • Blue-fronted redstart, Phoenicurus frontalis (A)
  • Plumbeous redstart, Phoenicurus fuliginosus
  • White-capped redstart, Phoenicurus leucocephalus (A)
  • Black redstart, Phoenicurus ochruros
  • Daurian redstart, Phoenicurus auroreus
  • White-throated rock-thrush, Monticola gularis (A)
  • Blue rock-thrush, Monticola solitarius
  • Siberian stonechat, Saxicola maurus
  • Amur stonechat, Saxicola stejnegeri
  • Pied bushchat, Saxicola caprata (A)
  • Gray bushchat, Saxicola ferreus (A)
  • Northern wheatear, Oenanthe oenanthe (A)
  • Isabelline wheatear, Oenanthe isabellina (A)
  • Desert wheatear, Oenanthe deserti (A)
  • Pied wheatear, Oenanthe pleschanka (A)

Burung sayap lilin[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Famili: Bombycillidae

Waxwings adalah sekelompok burung dengan bulu halus seperti sutra dan ujung merah yang unik untuk beberapa bulu sayap. Pada waxwings Bohemian dan cedar, tip ini terlihat seperti sealing wax dan memberi nama grup tersebut. Ini adalah burung arboreal di hutan utara. Mereka hidup dari serangga di musim panas dan buah beri di musim dingin.

  • Bohemian waxwing, Bombycilla garrulus
  • Japanese waxwing, Bombycilla japonica

Burung pelatuk[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Dicaeidae

Burung pelatuk sangat kecil, kekar, sering berwarna cerah, dengan ekor pendek, paruh melengkung tebal pendek dan lidah berbentuk tabung.

Burung madu pemburu laba-laba[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Nectariniidae

Burung matahari dan pemburu laba-laba adalah burung pengicau yang sangat kecil yang memakan sebagian besar nektar, meskipun mereka juga akan memakan serangga, terutama saat memberi makan anak-anak. Penerbangan cepat dan langsung pada sayap pendek mereka. Sebagian besar spesies dapat mengambil nektar dengan cara melayang seperti burung kolibri, tetapi biasanya hinggap untuk mencari makan.

Burung daun[sunting | sunting sumber]

Order: Passeriformes Family: Chloropseidae

Burung daun adalah burung kecil seperti bulbul. Jantan berbulu cerah, biasanya berwarna hijau dan kuning.

  • Burung daun berperut oranye, Chloropsis hardwickii (A)

Waxbill dan sebangsanya[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Estrildidae

Finch estrildid adalah burung pengicau kecil dari daerah tropis Dunia Lama dan Australasia. Mereka adalah pemakan biji yang suka berteman dan sering kolonial dengan paruh pendek tebal tapi runcing. Mereka semua serupa dalam struktur dan kebiasaan, tetapi memiliki variasi yang luas dalam warna dan pola bulu.

Aksennya[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Prunellidae

Aksentornya ada di satu-satunya keluarga burung, Prunellidae, yang benar-benar endemik di Palearctic. Mereka kecil, spesies yang cukup menjemukan yang mirip dengan burung pipit.

  • Aksen alpine, Prunella collaris
  • Aksennya siberia, Prunella montanella (A)

Burung pipit Dunia Lama[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Passeridae

Burung pipit Dunia Lama adalah burung pengicau kecil. Secara umum, burung pipit cenderung kecil, montok, coklat atau abu-abu burung dengan ekor pendek dan paruh pendek kuat. Burung pipit adalah pemakan biji, tetapi mereka juga memakan serangga kecil.

  • Burung pipit rumah, Passer domesticus (A)
  • Burung pipit Russet, Passer cinnamomeus
  • Burung pipit pohon Eurasia, Passer montanus

Kicuit dan pipit[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Motacillidae

Motacillidae adalah keluarga burung pengicau kecil dengan ekor sedang hingga panjang. Mereka termasuk wagtails, longclaws dan pipits. Mereka adalah pemakan serangga pemakan tanah yang ramping dari negara terbuka.

  • Wagtail hutan, Dendronanthus indicus (A) Wagtail abu-abu, Motacilla cinerea Wagtail kuning barat, Motacilla flava Wagtail kuning timur, Motacilla tschutschensis Citrine wagtail, Motacilla citreola Wagtail Jepang, Motacilla grandis (A) Wagtail putih, Motacilla alba Pipit Richard, Anthus richardi Pipit sawah, Anthus rufulus (A) Pipit Blyth, Anthus godlewskii (A) Pipit padang rumput, Anthus pratensis (A) Pipit merah, Anthus roseatus (A) Pipit pohon, Anthus trivialis (A) Pipit yang didukung zaitun, Anthus hodgsoni Pechora pipit, Anthus gustavi Pipit tenggorokan merah, Anthus cervinus Pipit air, Anthus spinoletta (A) Pipit Amerika, Anthus rubescens

Finch, euphonia, dan sebangsanya[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Fringillidae

Finch adalah burung pengicau pemakan biji, yang berukuran kecil hingga sedang dan memiliki paruh yang kuat, biasanya berbentuk kerucut dan pada beberapa spesies sangat besar. Semuanya memiliki dua belas bulu ekor dan sembilan bulu primer. Burung-burung ini memiliki penerbangan memantul dengan serangan bolak-balik mengepak dan meluncur dengan sayap tertutup, dan sebagian besar bernyanyi dengan baik.

  • Brambling, Fringilla montifringilla
  • Hawfinch, Coccothraustes coccothraustes
  • Grosbeak paruh kuning, Eophona migratoria
  • Grosbeak Jepang, Eophona personata (A)
  • Rosefinch, Carpodacus erythrinus
  • rosefinch Taiwan, Carpodacus formosanus (E)
  • 'Rosefinch Pallas, Carpodacus roseus (A)
  • Bullfinch coklat, Pyrrhula nipalensis
  • bullfinch Taiwan , Pyrrhula owstoni (E)
  • Bullfinch Eurasia, Pyrrhula pyrrhula (A)
  • Greenfinch Oriental , Chloris sinica
  • Linnet Eurasia, Linaria cannabina (A)
  • Redpoll tepung, Acanthis flammea
  • Crossbill merah, Loxia curvirostra (A)
  • Siskin eurasia, Spinus spinus

Longspur dan bunting salju[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Calcariidae

Calcariidae adalah sekelompok burung pengicau yang secara tradisional dikelompokkan dengan burung pipit Dunia Baru, tetapi berbeda dalam beberapa hal dan biasanya ditemukan di daerah berumput terbuka.

  • Bunting laplan, Calcarius lapponicus (A)
  • Bunting salju, Plectrophenax nivalis (A)

Bunting dunia lama[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Emberizidae

The emberizids adalah keluarga besar burung passerine. Mereka adalah burung pemakan biji dengan paruh berbentuk khas. Banyak spesies emberizid memiliki pola kepala yang khas.

  • Bunting berjambul, Emberiza lathami (A)
  • Bunting kepala hitam, Emberiza melanocephala (A)
  • Bunting kepala merah, Emberiza bruniceps
  • Bunting bertelinga kastanye, Emberiza fucata
  • Bunting padang rumput, Emberiza cioides
  • bunting pinus, Emberiza leucocephalos (A)
  • bunting ortolan, Emberiza hortulana (A)
  • Bunting paruh kuning, Emberiza elegans
  • Bunting berwarna oker, Emberiza yessoensis (A)
  • Bunting Pallas, Emberiza pallasi (A)
  • Bunting alang-alang, Emberiza schoeniclus (A)
  • Bunting dada kuning, Emberiza aureola
  • Bunting kecil, Emberiza pusilla
  • Bunting pedesaan, Emberiza rustica
  • Bunting kuning, Emberiza sulphurata
  • Bunting berwajah hitam, Emberiza spodocephala
  • bunting kastanye, Emberiza rutila (A)
  • Bunting alis kuning, Emberiza chrysophrys
  • Bunting Tristram, Emberiza tristrami
  • bunting abu-abu, Emberiza variabilis (A)

Burung pipit dunia Baru[sunting | sunting sumber]

Ordo: Passeriformes Famili: Passerellidae

Hingga 2017, spesies ini dianggap sebagai bagian dari keluarga Emberizidae. Sebagian besar spesiesnya dikenal sebagai burung pipit, tetapi burung ini tidak berkerabat dekat dengan burung pipit Dunia Lama yang termasuk dalam famili Passeridae. Banyak dari mereka memiliki pola kepala yang khas.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Daftar burung
  • Daftar burung per wilayah

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International. 2018. Nipponia nippon. The IUCN Red List of Threatened Species 2018: e.T22697548A132069229. https://dx.doi.org/10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22697548A132069229.en. Downloaded on 03 April 2021.