Camar-kejar arktika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Camar-kejar arktika
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
S. parasiticus
Nama binomial
Stercorarius parasiticus
(Linnaeus, 1758)
Stercorarius parasiticus

Camar-kejar arktika (Stercorarius parasiticus) adalah spesies burung dalam famili Stercorariidae. Burung ini berbiak di utara Eurasia dan Amerika Utara, dan bermigrasi pada musim dingin ke daerah tropis dan di samudera bagian selatan.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Stercorarius parasiticus berukuran sekitar 42-54.5 cm. S. parasiticus dewasa yang tidak berbiak ditandai dengan pita dada berbintik-bintik. Tubuhnya lebih kecil dan ramping daripada camar-kejar pomarin. Bagian penutup ekor berjeruji, dan tampak lebih kusam dibandingkan saat berbiak. Pada saat berbiak, S. parasiticus memiliki pita ekor yang lebih runcing. Pada saat remaja, waranya tampak lebih hangat dari camar-kejar pomarin dan pada bagian bawah primernya jarang memiliki bercak ganda [2].

Perilaku[sunting | sunting sumber]

S. parasiticus memiliki pola penerbangan yang serupa dengan camar-kejar pomarin tetapi biasanya lebih cepat dan lebih mirip elang. Sesekali S. parasiticus juga menunjukkan gerakan [2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Stercorarius parasiticus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 104.