Camar-kejar pomarin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Camar-kejar pomarin
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
S. pomarinus
Nama binomial
Stercorarius pomarinus
Temminck, 1815

     Musim panas      Musim dingin
Stercorarius pomarinus

Camar-kejar pomarin (Stercorarius pomarinus) adalah spesies burung pantai dalam famili Stercorariidae. Burung ini berbiak di daerah tundra di Rusia utara, Alaska utara dan Kanada utara. Di musim dingin, camar-kejar pomarin bermigrasi ke lautan selatan dekat pantai, terutama lautan di antara khatulistiwa dan Garis Balik Utara dan di pesisir Australia. Camar-kejar ini adalah yang paling umum di lautan Indonesia, sewaktu bermigrasi melewati Selat Sunda, Sumatera Barat, dan Jawa Barat bagian Selatan, lautan Wallacea dan Papua bagaian utara.[2]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Stercorarius pomarinus berukuran sekitar 47-61,5 cm. Camar-kejar pomarin dewasa ditandai dengan warna coklat kehitaman dengan pola primer bagian bawah keputihan. Pada camar-kejar pomarin remaja dibedakan dari bulu ekornya yang berwarna coklat kehitaman dan bergaris pucat[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Stercorarius pomarinus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ "Camar-kejar pomarin". Kutilang Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-13. Diakses tanggal 11 April 2014. 
  3. ^ Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 114.