Auk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Auk
Rentang fosil: Eocene - Recent 35–0 Jtl
Auk parkit (Aethia psittacula)
Auk parkit (Aethia psittacula)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Charadriiformes
(tidak termasuk) Pan-Alcidae
Famili: Alcidae
Leach, 1820
Anak suku


Auk adalah burung-burung yang tergolong suku Alcidae dari ordo Charadriiformes. Tampilan auk secara visual mirip dengan penguin terutama warnanya yang hitam dan putih, posturnya yang tegak, dan habitatnya, namun sebenarnya burung ini tidak terlalu dekat kekerabatannya dengan penguin.

Tak seperti halnya penguin, burung auk dapat terbang, kecuali jenis auk besar yang punah baru-baru ini. Burung ini juga perenang dan penyelam yang baik, namun cara berjalannya canggung. Karena sayapnya pendek, auk perlu lebih cepat mengepakkan sayapnya itu agar dapat terbang. Ukuran tubuhnya bervariasi; jenis yang terkecil sepanjang 15 cm dan seberat 85 g, sedangkan yang terbesar mencapai 45 cm dan 1 kg.

Kecuali beberapa jenis, kebanyakan auk hidup mengembara di laut terbuka dan hanya pulang ke daratan untuk berbiak. Sebagian jenisnya membangun koloni besar untuk bersarang di tebing-tebing pantai; sebagian lagi bersarang dalam kelompok kecil, atau membuat liang berdekat-dekatan. Hanya satu jenisnya yang bersifat penyendiri.